Categories

06 Desember 2021

Pengalaman Pencapaian Rencana Keuangan dengan Deposito BPR Komunal

 

Deposito BPR Komunal

"Kamu pinjam uang di BPR, ya? Buat apa?" pertanyaan suami saya yang tiba-tiba ini membuat saya bengong.

Belum sempat saya menjawab, beliau lalu menunjuk amplop besar berbungkus plastik merah muda di atas meja. Sontak saya tertawa saat paham apa maksudnya. Memang ada surat dari BPR yang dikirim oleh jasa ekpedisi pengiriman yang sehari sampai, tapi isinya bukan surat hutang atau semacamnya. Justru itu bukti bahwa saya punya Deposito BPR Komunal. Anggapan suami saya beralasan juga sih sebab kebetulan BPR itu lokasinya dekat pabrik tempat kerja suami, mungkin karena itulah beliau kira saya pinjam uang di sana.

"Ini bilyet deposito, kok. Bukan surat hutang, kali'. Memangnya BPR itu hanya bisa jadi tempat pinjam uang?" jelas saya. "Kita bisa naruh deposito juga di situ."

Deposito BPR Aman

"Deposito BPR aman?"

"InshaAllah aman."

Pertanyaan suami saya adalah pertanyaan umum, dimana semua orang pasti akan menanyakan soal keamanan di hal-hal yang berhubungan dengan keuangan. Sejatinya kita memang kudu aware dan melek literasi keuangan. Dengan begitu bisa lebih paham dan tidak terlalu paranoid dengan perkembangan baru di keuangan. Terlebih dengan pertumbuhan finance technology seperti saat ini, dimana perputaran uang begitu cepat terjadi, pun kita bisa menyimpan serta meminjam uang dengan waktu yang sangat singkat.


Berkenalan dengan BPR

BPR kependekan dari Bank Perkreditan Rakyat. Ini adalah lembaga keuangan yang berdiri berdasarkan undang-undang dan resmi terdaftar pada lembaga resmi negara. Memang sebagian besar kegiatan BPR itu untuk melayani usaha kecil dan masyarakat dengan cakupan layanan yang lebih sempit dari bank umum. Tapi BPR juga termasuk dalam industri perbankan Indonesia yang banyak digunakan oleh masyarakat.

Kalau mengacu pada Undang-undang tentang perbankan Nomor 10 Tahun 1998 (pasal 1), BPR merupakan bank yang melaksanakan usaha secara konvensional atau berdasarkan prinsip syariah dan di kegiatannya tidak bisa memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran. Berbeda dengan bank umum yang memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran seperti bisa untuk transfer antar bank, bisa untuk melakukan pembayaran aneka tagihan (e-money, PLN, PDAM, dan lain sebagainya), juga bisa untuk pengiriman uang ke luar negeri. Karena itu dilihat dari fungsi BPR yang bisa mengumpulkan dana masyarakat dan menyalurkan kembali ke masyarakat, BPR kemudian lebih dekat dengan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah). Mungkin karena ini pula maka BPR lebih dikenal masyarakat sebagai pemberi bantuan pinjaman (kredit) atau dalam bentuk lainnya dengan tujuan mendorong kegiatan usaha di masyarakat, seperti yang selama ini disalurkan pada usaha retail dan kredit kecil.

Bila dilihat dari bagaimana BPR melaksanakan kegiatan usahanya, BPR tidak seperti bank umum. Sebab BPR tidak diperkenankan menerima simpanan dalam bentuk giro, berkegiatan dalam valuta asing, pemberian  modal dengan prisnip prudent banking, juga melakukan usaha perasuransian. Akan tetapi BPR boleh menghimpun dana masyarakat di sekitarnya dalam bentuk simpanan, seperti berbentuk tabungan ataupun deposito berjangka. BPR juga boleh memberikan kredit dan pembiayaan bagi nasabahnya dengan prinsip bagi hasil.

Karena tinggal di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, saya jadi kenal dengan BPR karena kebetulan ada beberapa BPR di lingkungan tempat tinggal saya. Saya melihat bagaimana BPR begitu dekat dengan UMKM. Bahkan beberapa tetangga saya yang berjualan di Pasar Krian menceritakan bahwa mendapat bantuan modal dengan meminjam di BPR. Meminjam di BPR disebut prosesnya cepat.

Dari sini saya jadi terbesit untuk bisa berinvestasi di BPR. Saya merasa ini peluang besar karena pertumbuhan BPR terhitung cukup besar di Jawa Timur. Kalau menabung di BPR, berarti saya harus berkali-kali ke luar rumah sebab simpanan uang di BPR harus dilakukan secara langsung. Saya kemudian terpikirkan depositobpr, sepertinya bila ada deposito di BPR maka ini akan jauh lebih menguntungkan dibanding bila hanya melakukan simpanan uang.


Berkenalan dengan Deposito

Beberapa bulan terakhir ini, literasi keuangan saya semakin baik sebab saya selalu memikirkan perencanaan keuangan dan masa depan. Saya sudah punya beberapa tabungan uang di bank umum, tabungan emas baik fisik maupun digital, main saham, reksa dana dan juga kripto. Nah salah satu impian saya ialah punya deposito. Deposito merupakan uang yang disimpan dalam suatu rekening bank. Setelah menimbang-nimbang, maka saya putuskan untuk punya deposito di BPR.

Deposito memiliki keunggulan:
- Tabungan Lebih Aman
Deposito bisa jadi tabungan dan bahkan jauh lebih aman dibanding tabungan lainnya sebab tidak bisa diambil sebelum kurun waktu yang ditentukan. Deposito BPR aman dan baru bisa dicairkan sesuai dengan tanggal jatuh temponya, yang biasanya deposito punya jatuh tempo 1, 3, 6, atau 12 bulan.

- Pilihan Investasi Termudah
Deposito berjangka di bank punya suku bunga yang lebih tinggi dibandingkan produk perbankan lainnya. Ditambah kalau di bank umum, bunga deposito untuk tenor 1 sampai 3 bulan rata-rata 2.5%, sedangkan di BPR bisa sampai 6%! Tentu ini jadi sangat menguntungkan karena semakin besar uang yang disimpan maka makin besar pula suku bunga yang didapatkan.

- Investasi Rendah Resiko
Bila ada juga yang main saham dan kripto seperti saya, pasti akan sedih bila tahu kondisi seminggu terakhir ini. Kondisinya merah, harus hodl entah sampai kapan. Karena itulah investasi deposito jauh lebih membuat hati senang sebab memiliki tingkat gagal investasi yang lebih rendah daripada jenis investasi lain. Selain itu punya deposito jauh lebih tenang sebab lebih aman dari kerugian karena tidak perlu melihat harga pasar yang bisa fluktuatif, berubah sewaktu-waktu.


Berkenalan dengan Deposito BPR Komunal

Dulu saya berpikir bahwa untuk deposito haruslah dengan nominal yang besar, minimal 10 juta. Ternyata sekarang punya uang sejuta pun langsung bisa dipakai untuk deposito loh. Karena itulah saya merasa tepat sekali bisa berkenalan dengan deposito BPR Komunal. Bayangkan, hanya dengan deposito 1 juta dengan tenor mulai 1 bulan saja sudah bisa dapat hasil yang memuaskan.

Komunal adalah perusahaan berbasis teknologi finansial yang bisa memberikan layanan peer-to-peer (P2P) dan membantu menciptakan hubungan antara UMKM berpotensi dengan para pemberi dana untuk mendukung pertumbuhan perekonomian di negara kita. Seperti yang kita tahu, kondisi BPR saat ini terus berkembang dengan jumlah yang sudah begitu banyak. Namun agar terus bisa berkembang, tentunya BPR harus terlibat dalam proses digitalisasi perbankan sehingga dapat semakin mudah dijangkau semua lapisan masyarakat. Terlebih kini edukasi masyarakat terhadap keamanan menabung di BPR dan Bank Umum adalah sama, di mana keduanya dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), semakin digalakkan.

Komunal

Komunal terdaftar di OJK dan punya sertifikat keamanan. Jadi tidak perlu ragu untuk memiliki deposito BPR Komunal.

Komunal di OJK

Komunal aman

Masalahan umum BPR yang jumlahnya hampir 1500 unit se-nusantara ini adalah kurang optimal dari segi penggalangan dana (funding) maupun penyaluran dana (lending) ketika menerbitkan instrumen deposito. Komunal yang berbasis di Surabaya tampil sebagai agen pendanaan (funding agent) dan menyediakan platform yang bisa menghubungkan antara calon deposan dengan BPR yang menawarkan berbagai produk pendanaan deposito yang sangat menarik. Nah dengan platform Komunal DepositoBPR, maka semakin banyak pula dana masyarakat yang ditempatkan ke BPR kemudian komunal.id bisa membantu UMKM mendapatkan pendanaan dari BPR dengan lebih mudah dan proses yang lebih cepat. Dengan demikian diharapkan juga roda pertumbuhan ekonomi dapat terus berputar. Saat ini telah ada 32 BPR yang bergabung dengan deposito BPR Komunal, yang mana semua BPR ini berlokasi di Jawa Timur loh. Tentunya nanti cakupan akan lebih luas lagi se-Indonesia.

Pengalaman Membuka Deposito BPR Komunal
Awalnya saya kenal Komunal dari akun media sosialnya di Instagram. Ternyata Komunal punya depositobpr. Saya lalu mendaftar di situ, dengan mengisi data diri sesuai apa yang diminta. Kebetulan juga saya sudah punya akun Privy yang mana memudahkan dalam tandatangan dokumen, dan akun Komunal saya pun langsung terhubung dengan Privy.

Setelah akun saya aktif, saya memilih untuk menjadi deposan dari sebuah BPR yang berlokasi di Sidoarjo, yang dekat dekat pabrik tempat kerja suami saya. Lalu saya deposan 1 juta rupiah pada BPR tersebut, setelah itu menunggu ACC dari pihak BPR. Tak sampai 24 jam, saya diterima menjadi deposan dan langsung transfer dana ke rekening Komunal. Taraaa... langsung aktif dan saya menunggu pengiriman bilyet secara fisik ke rumah saya.

Macam Deposito BPR Komunal

Bilyet deposito merupakan bukti kepemilikan yang diberikan BPR kepada nasabah atas simpanan dalam bentuk deposito berjangka. Jadi bila kita menyimpan uang dalam bentuk deposito, maka akan menerima bilyet deposito ini. Deposito BPR Komunal cukup transparan, tidak hanya berupa bilyet deposito secara fisik, juga ada tampilan PDF-nya di daftar deposan akun Komunal saya.

Seru sekali ya bisa punya deposito dengan cara mudah dan terjangkau. Dengan investasi minimal 1 juta rupiah, bisa memilih mau jadi deposan BPR di Komunal. Pilihan BPR-nya banyak, dengan tenor beragam mulai 1 bulan. Nah kalian juga bisa ikutan jadi deposan, loh... Apalagi Komunal sering membuat promo yang menguntungkan kita sebagai deposan. Seperti ini contohnya:

Promo Deposito BPR Aman


Selain itu di bulan Desember lagi ada promo Komunal Deposito BPR BrrBr! Hadiah. nih. Asyik loh, untungnya ganda! Sebab setelah daftar dan masukan kode referal AA1369 maka ada cashback sebesar Rp 100.000,- dan bakal langsung ditransfer ke akun DANA. Sip, lumayan banget kan?

Langsung saja buka rekening Deposito BPR Komunal ya selagi masih ada promo BrrBr! Ada hadiah akhir tahun iPhone 13 yang wow! Selain itu juga aneka hadiah langsung menarik lainnya menanti kita. Plus... Aman, dan bahkan bisa 6% dari manapun.

112 komentar :

  1. BPR komunal sudah terdaftar di OJK ya Mom, InsyaAllah aman dan bikin nasabah tenang kalo uda terdaftar di OJK. Bukan bank abal2 lagi. Jadi gak khawatir uangnya dibawa kabur orang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalaupun ada masalah setidaknya ada jaminan dari lembaga pemerintah ya
      Jadi bikin tenang nasabahnya

      Hapus
  2. Boleh juga nih naro deposito di BPR. Baru dengar juga sih. Lumayan tenornya nggak lama-lama. Mudah dapat cuan. 😄

    BalasHapus
  3. aku belum tau banyak tentang BPR dan juga deposito, makasih banyak infonya ya mbak, jadi tercerahkan dan ada info baru jadinya

    BalasHapus
  4. Hehe karena namanya BPR alias Bank Perkreditan Rakyat jadi masyarakat awam masih menganggap produknya hanya berupa hutang kredit .
    Padahal sekarang sudah ada deposito di BPR komunal.
    Alhamdulillah bakalan aman karena sertifikasi OJK.

    BalasHapus
  5. Wah baru tau nih mbak deposito BPR Komunal. Biasanya kan kalau deposito itu minimal di 10jt ini boleh ya mulai dari 1jt, terjangkau banget. Terus juga ini sistemnya investasi yang bisa bantu UMKM yang butuh dana cepat dan mudah. Saling menguntungkan jadinya.

    BalasHapus
  6. Bener ya...kalau denger BPR ingetnya pasti kredit.
    Tapi kini BPR sudah ada investasi nya dan ini membuat nasabah bisa memercayakan keuangannya agar "ditabung" secara berjangka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi iya ya kak lendy. Tadinya saya juga mikir gitu . Tapi sekarang BPR semakin lengkap jasa keuangannya .

      Hapus
  7. Waah ternyata sekarang ada BPR dengan sistem investasi yaa dan ber-deposito pun terjangkau banget ini

    BalasHapus
  8. Deposito minimal 1 juta, emang bisa ya? Ternyata bisa lho di BPR komunal. Jadi deposan gak harus ratusan juta

    BalasHapus
  9. Aku belum pake ini Tha, pengalaman seru ya buat investasi bisa nih jadi penasaran pengen juga nyoba

    BalasHapus
  10. Aku termasuk orang yang kalau investasi pasti carinya yang resiko rendah seperti menabung emas atau deposito. Cuma emang belum pernah coba deposito sih karena tahunya harus siapin 10juta dulu. Tahunya nggak yaa, sekarang dari 1 juta udah bisa deposito di BPR Komunal

    BalasHapus
  11. baru tau kalau BPR sudah bisa buka deposito ya.. jadi sebagian besar masyarakat punya pilihan yang dekat untuk invest juga. yang penting kudu dicek juga apakah sesuai dengan kondisi keuangan dan kebutuhan kita

    BalasHapus
  12. Senangnya kalau di BPR, berinvestasi dengan rendah resiko nya ya kak.
    Jadi kita pun gak terlalu khawatir kalau harga pasar berubah ubah.
    Apalagi BPR nya udah di awasi langsung oleh OJK.

    BalasHapus
  13. wah kebetulan sasaya sedang ini membuat depoisto seperti ini, bisa daftar di BPR komunal ini ya kak

    BalasHapus
  14. Bagus juga program BPR ini. Bisa sekaligus mengajarkan investasi untuk masyarakat di daerah yang jauh dari kota. Soalnya yang aku tahu, BPR ini udah ada dimana-mana sampai pernah lewat di pedesaan, ada BPR ini. Jadi, lebih mudah menjangkau masyarakat bahkan yang tinggal di pedesaan sekalipun ya. Biar mereka investasinya di tempat yang aman dan terjamin

    BalasHapus
  15. Menarik ini, Kak. Kalau BPR sudah terdaftar di OJK dan punya sertifikat keamanan, deposan akan lebih aman dan nyaman. Apalagi minimal 1 juta saja sudah bisa.

    BalasHapus
  16. Mungkin karena ada kata 'Perkreditan' makanya udah langsung ingatnya pinjaman, ya. Bagus juga kalau bisa deposito di sana dengan proses yang mudah dan bisa dipercaya

    BalasHapus
  17. Keren, literasi keuangan nya banyak. Aku baru mulai belajar nih soal saham, Reksadana, emas digital, dan deposito... Ternyata bisa minim 1 juta ��

    BalasHapus
  18. deposito emang salah satu yang paling oke dan aman sih ya buat mulai belajar investasi.. aku sendiri punya deposito tp di bank negeri gt sih wkwk XD

    BalasHapus
  19. Punya uang ga punya uang kalau nabung di rumah selalu ludes saja. Nabung di bank, gatal saja setiap ada ATM pengen gesek gesek. Seharusnya didepositokan saja tuh ada benarnya. Jadi yang aman dan terkendali ya

    BalasHapus
  20. pilihan untuk buka deposito di bank adalah bisa dicairkan sesuai waktu yang direncanakan ya mak. deposito bpr komunal bisa dibilang aman ya

    BalasHapus
  21. Bunga deposito BPR kok tinggi sekali yah. bisa dua kali lipat dari pada deposito bank lain.. Menarik nih

    BalasHapus
  22. Betul nih, seru sekali bisa punya deposito dengan cara mudah dan terjangkau. Luar biasa ya dengan investasi minimal 1 juta rupiah tp bisa memilih mau jadi deposan BPR di Komunal. Jadi tertarik

    BalasHapus
  23. Deposito sekarang mulai dari sejuta sudah bisa ya. Ini sangat membantu mereka yang ingin menyimpan uang dengan aman tapi sulit genepin jadi 3 jutaan.
    Saya mau ambil aaah

    BalasHapus
  24. Deposito di BPR Komunal ini oke banget ya. Dengan adanya jaminan dari LPS hingga 2 Miliar, tentu masyarakat yakin dan percaya aman sekali menaruh uangnya di sini. Menarik banget deh, daripada simpan uang di bawah bantal kayak zaman doeloe, mendingan di BPR Komunal aja :D

    BalasHapus
  25. Kebetulan suamiku kerja di BPR tapi punyanya pemerintah daerah sih. Jadi sedikit banyak paham soal deposito dan penjaminan LPS ini.
    Yang jelas sih aku lumayan paham kalau keuntungan deposito di BPR tu termasuk tinggi di banding bank konvensional sekalipun. Nggak salah pilih pokoknya kalau mau deposito di BPR Komunal ini sih

    BalasHapus
  26. Wah, sama kayak suaminya nih mbak, aku juga baru tau kalo BPR bisa juga untuk deposito. Boleh juga sebagai salah satu pilihan kita untuk membuka deposito.

    BalasHapus
  27. Wih lumayan besar juga bunga depositonya di angka 6%. Emang deposito ini investasi rendah risiko. Kalau tujuan investasi jangka pendek, saya juga prefer untuk deposito. Senang tahu sekarang ini BPR juga makin berinovasi ya dalam memberikan fasilitas terbaik untuk nasabahnya.

    BalasHapus
  28. BPR Komunal canggih bener yaaakk
    Deposito ini bisa menjadi salah satu instrumen investasi yg bisa diandalkan.
    Kece!!

    BalasHapus
  29. Baru tau juga nih kalo BPR bisa buat deposito juga, apalagi tenggang waktunya variatif ya bisa menyesuaikan dengan kebutuhan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ya mbak, pilihan jangka waktunya ada beberapa macam, jadi bisa memperkirakan kalau suatu saat dananya dibutuhkan, kapan bisa dicairkan

      Hapus
  30. keberadaan BPR ini sangat membantu sampai ke lapisan bawah untuk bisa mengatur keuangan dalam bentuk tabungan yah, cara bergabungnya juga mudah dan syaratnya bisa dipenuhi dengan mudah

    BalasHapus
  31. BPR Komunal ini baru bisa di daerah sekitarmu aja ya Tha? Mudah banget ya untuk punya deposito ga perlu nyiapin dana yang seabreg-abreg. Apalagi jangka waktunya ga terlalu lama, bisa untuk jagan-jagan keperluan penting keluarga.

    BalasHapus
  32. Ikut senang mba.. sudah punya deposito. Aku blm punya malahan. Baru tabungan biasa aja.

    Bener bngt, milih bank untuk naruh tabungan/deposito harus yang aman, ada penjamin/jaminan dr LPS

    BalasHapus
  33. Asal sudah terdaftar di OJK kita akan tenang. Termasuk BPR Komunal ini. Yang juga sudah legal, terdaftar di OJK. Investasi yang bagus menurutku.

    BalasHapus
  34. Wah ternyata terdaftar di OJK ya BPR komunal ini, bikin hati tenang mau investasi. Aku jadi penasaran pengen nyobain

    BalasHapus
  35. Iya nih kalau uang ngendon di rekening bank tuh suka gatal mau belanjain apalagi punya aplikasi ibanking hihi mending depositokan di bpr komunal ya nominalnya pun nggak mesti gede

    BalasHapus
  36. Wkkka suaminya ngira ngutang ya mbak. Padahal justru bikin investasi di BPR Komunal. Iya memang risiko investasi deposito termasuk rendah ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin karena lihat banknya itu ya mba. sepertinya memang kudu jeli dan lihatnya ya nama produknya, tidak semua sifat produknya berupa utang kan :D

      Hapus
  37. BPR komunal membantu menginvestasikan keuangan keluarga untuk masa depan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul Mas. Daripada uang akan sehari-hari akhirnya ngelayap ga tahu kemana mending dikumpulkan terus didepositokan ya ...

      Hapus
  38. Alhamdulillah berinvestasi sekarang lebih mudah lagi ya mbak dengan BPR Komunal. Sekarang deposito bisa dengan budget minimalis yaa

    BalasHapus
  39. Ibuku juga nabungnya di BPR, katanya bunganya lebih gede sih. Dan pasti aman karena sudaah terdaftar OJK juga, simpanannya jga dijamin LPS. Sekarang malah bisa buka deposito BPR secara online ya

    BalasHapus
  40. Deposito itu sebenarnya aman karena susah diutak-atik. Apalagi biasanya emak-emak ga bisa liat ada saldo mengendap hahaha bawaannya pengen jajan ke Orens aja

    BalasHapus
  41. tooos mbak
    aku juga sudah membuka deposito di BPR Komunal ini
    Belajar untuk lebih baik dalam mengelola keuangan keluarga

    BalasHapus
  42. Setelah suami paham, maka investasi di BPR komunal malah semakin di dukung yaa, kak Artha.
    Semoga dengan belajar instrumen investasi yang satu ini, kita bisa semakin bagus dalam mengatur keuangan keluarga.

    BalasHapus
  43. Wah iya BPR udah go digital juga. Dengan BPR Komunal, biaya untuk go digital jadi lebih ringan, jangkauan luas karena biasanya BPR hanya untuk masyarakat yang dekat situ aja.

    BalasHapus
  44. Wah..aku baru tau mba klo di BPR ada depositonya juga hehe selama ini taunya buat minjem aja. Klo untuk suku bunganya gimana Mba? Bersaing gak sama bank2 lain?

    BalasHapus
  45. Selama ini saya juga tahunya BPR tempat untuk meminjam dana tunai, ternyata bisa nabung deposito juga ya disana

    BalasHapus
  46. Betul banget mbk, kalo dengar kata BPR pasti langsung ingat UMKM. Ya karena mereka dekat banget, istilahnya saling membantu gitu ya.
    Deposito ini kayaknya cocok banget buat orang yg boros atau yg nggak bisa "pegang uang", kalo masuk deposito kan nggak bisa ambil sesukanya. Jadi minimal bisa nabung ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. BPR dan UMKM saling bersinergi gitu ya Mbak.
      saya udah lama pengen buka deposito juga tapi masih mikir kalau dana awalnyaa tuh harus puluhan juta, ternyata 1 juta pun udah bisa buka deposito di BPR, Bismillah moga dimudahkan dah nanti :)

      Hapus
  47. Deposito memang relatif lebih aman ya, cocok nih untuk orang yang enggak suka ngambil risiko kaya saya...
    Dengan bergabungnya 32 bpr, jadi semakin banyak umkm yang bisa dibantu ya...

    BalasHapus
  48. Deposito BPR komunal sepertinya jadi suatu perencanaan keuangan nih, warga net cukup sering mengangkat topik investasi deposito dan juga pastinya menjanjikan

    BalasHapus
  49. Bagus ya Mbak, meskipun dafar/buka depositonya via online, tapi tetap dikirimin juga ke alamat bilyetnya ya sebagai bukti resmi kepemilikan deposito kita ini ya. Mantab nih, 1 juta udah bisa buka deposito ya, bungnyapun juga menjanjikan :)

    BalasHapus
  50. Rencana keuangan yang komplit,
    udah bisa bikin deposito dan buka tabungan online pula, ini fitur yang berguna buat jaman now

    BalasHapus
  51. Wah ini twaran menarik dari BPR bunga depositonya mayan tinggi udah gitu nominal uang yg dideposito sejuta jga bsa anggap aja punya tabungan yang bunganya lumyan nih

    BalasHapus
  52. Aku kira juga deposito itu harus ada dana yang besar, ternyata mulai 1 juta udah bisa ya, sekarang. Jadi tertarik deh.

    BalasHapus
  53. Ini kyk kembali ke masa lalu rasanya, soalnya para ortu zaman dulu kalau berinvestasi ya memilih deposito dengan tujuan jd simpanan jangka panjang yang akan diambil kelak kalau butuh.
    Memang lbh mudah dan gak ribet sih ya dna yang penting dikelola sama lembaga yg amanah dan terjamin.

    BalasHapus
  54. Ternyata semudah itu ya buka deposito dan apalagi dana yang dibutuhkan untuk investasi deposito pertama kali satu juta. Lumayan terjangkau untuk memulai investasi deposito ini.

    BalasHapus
  55. Enaknya yang udah nabung di bilyet deposito!
    dengan BPR punya pilihan tenor maka kita bisa punya deposito dengan cara mudah dan terjangkau.

    BalasHapus
  56. Deposito salah satu investasi yang rendah resiko
    Cocok buat para investor yang ga sanggup liat turun-naiknya harga kayak saham
    Cocok juga buat tujuan keuangan jangka pendek
    Misalnya, uang untuk daftar sekolah anak udah ada tapi setahun lagi baru dipakai, taro saja di deposito kalau takut terpakai keperluan lainnya

    BalasHapus
  57. Dengan BPR, simpan pinjam bahkan deposito jauh lebih mudah ya kak, apalagi jangka waktunya terbilang pendek, tidak seperti deposito lain yang pencairannya bisa di atas 5 tahun..

    BalasHapus
  58. Toss mbak
    aku juga mulai belajar mengatur keuangan keluarga dengan membuka deposito di BPR Komunal ini
    senang banget bisa punya deposito

    BalasHapus
  59. Diliat dari bunga deposito BPR ini mantap yaa , bisa nih jadi salah satu pilihan kalo mau deposito ya mba

    BalasHapus
  60. Risiko kecil dalam investasi kalau dipikirkan lebih baik deposito ya. Apalagi ini jangka panjang juga sih jadinya punya tabungan yang gak bisa dicolek sebelum waktunya tiba

    BalasHapus
  61. jadi hadirnya bpr deposito komunal ini memang timingnya pas ya mba. banyak masyarakat yang sudah melek dengan literasi finansial dan bagaimana mengelola keuangannya

    BalasHapus
  62. Saat ini memang penting banget menabung investasi demi masa depan yang terencana dengan baik. Untunga da komunal deposito BPR yang aman banget untuk investasi.

    BalasHapus
  63. Menabung sangatlah penting di jaman sekarang karena kalau investasi berupa barang susah di jual.di saat seperti ini, jadi paling aman adalah menyimpan uang yg fleksibel aman bisa di ambil kapan saja.

    BalasHapus
  64. Jadi lebih banyak tahu tentang brt. Mpo Tahunya brt itu pinjaman ke pedagang keliling di kampung kampung.

    BalasHapus
  65. Aku kemarin jg udah cobain depositokan di sini lhoo dan alhamdulillah praktis banget, sejauh ini aman jugaa. Akhirnya kesampaian bisa depositokan uang hihi untuk tabungan masa depan mah paling enak deposito

    BalasHapus
  66. Dulu saya pikir juga kalau mau deposito itu perdu dana besar, ternyata dengan sejuta aja, sudah bisa punya deposito di BPR Komunal

    BalasHapus
  67. Ternyata dengan uang satu juta saja kita udah bisa bikin deposito ya, kirain harus punya dana banyak

    BalasHapus
  68. Deposito di BPR KOmunal banyak manfaatnya. Cara buatnya juga mudah, praktis dan bisa online. Bagus nih terutama buat ibu2 rumah tangga supaya dapat mengelola keuangan lebih baik lagi, sehingga nilai deposito makin banyak hehehe :D

    BalasHapus
  69. Wah, kak bilyetnya udah dikirim yah? Aku masih nunggu bilyet nih. Jujur tertarik deposito di BPR Komunal karena emang udah banyak banget yang kasih saran soalnya asli terpercaya dan aman sih

    BalasHapus
  70. Bisa jadi pilihan investasi ya BPR komunal ini. Terima kasih infonya, bermanfaat sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kata mbanya aman yah klu deposito di BPR, pas banget duami juga mau investasi

      Hapus
  71. Tulisan ini menambah wawasanku ttg BPR juga deposito. Kalo aku pribadi hanya menjadikan bank sebagai tempat menabung. Ya lumayanlah misal kepepet masih ada simpanan gitu.

    BalasHapus
  72. Wah keren ya kalau ultah bisa dapat cashback juga. Programnya sampai kapan ya itu kak? Jadi pengen. So far aku puas juga sih coba deposito di sana. Nggak perlu keluar rumah bilyet diantar

    BalasHapus
  73. Saya juga baru tahu lho klo BPR tuh bisa nyimpen uang sistem deposito. Dulunya kan kupikir cuma buat simpan pinjam aja. Hihi

    BalasHapus
  74. Aku juga deposan di deposito BPR Komunal, pendaftarannya cukup mudah dan lumayan cepet, aku kemarin daftar waktu ada promo jadi dapet cashback deh...

    BalasHapus
  75. saya baru tahu kalau di bpr ada deposito juga, dan ada komunal ini
    btw cukup memudahkan ya daftarnya gak perlu datang offline, simpel banget , plus sudah terdaftar di ojk, jadi merasa aman dan terlindungi

    BalasHapus
  76. Semakin yakin yaa...kalau sudah mencoba investasi di BPR Komunal.
    Dengan begitu, alokasi dana bisa lebih matang untuk masa depan.

    BalasHapus
  77. Di masa pandemi gini, memiliki deposito memang bikin hidup lebih tenang ya, Mbak. Apalagi kalau lembaganya sudah terdaftar di OJK, makin tenang, deh.
    Makasih infonya Mbak

    BalasHapus
  78. deposito di komunal bisa jadi pilihan nih, apalagi cukup daftar online dan sudah terdaftar di ojk, hari gini cari yang aman aja sudah terdaftar di ojk ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, setuju mbak.. Jadi alternatif untuk berinvestasi juga. Menarik ini... Jadi pengen nyobain juga...

      Hapus
  79. Alhamdulillah sekarng makin mudah berinvestasi ya mbak. Deposito mulai 1 juta juga bener-bener jadi harapan buat kita yang pengen punya deposito berjangka.

    BalasHapus
  80. Molly blom pernah nyobain nabung deposito. kapan2 mau coba di brt komunal, biar bisa investasi deposito juga.

    BalasHapus
  81. Bener2 menerapkan prinsip "don't put your eggs ini one basket" ya mbak..
    wah aku jadi tertarik sama BPR komunal ini. Teringat zaman bbrp taun lampau, buka depositonya sih mudah dan waktu itu sudah bisa minimal 3 juta (di salah satu bank BUMN). Cuma masalahnya saat pencairan. Berhubung saya tinggal pindah2 kota, prosedurnya jd datang ke cabang bank di kota tinggal, trus berkas dikirim ke cabang bank tempat buka..Hii ribeeet yaa...maklum waktu itu produk keuangan digital belum seperti sekarang.

    BalasHapus
  82. Aku belum cek di daerahku ada BPR atau belum. Kapan hari kepikiran juga buat bikin Deposito. Lumayan daripada nabung aja. Tapi ya memang kudu sabar karena berjangka, gak asal ambil kaya tabungan biasa

    BalasHapus
  83. aku masih kurang paham tentang deposito ama bpr, banyak orang seh nyaranin invest di deposito, tapi apapun investasinya yang pasti harus terdaftar di ojk yaa biar tenang

    BalasHapus
  84. Mba makasih informasina. Aku belum buat Deposito. Padahal banyak keuntungan juga yang bisa diperoleh dengan adanya Deposito ini. Makasih rekomendasinya mba :)

    BalasHapus
  85. Hihihi udah dicurigai pinjam uang ya, ternyata bukan. Wajar aja sih kalau ditanya2 gitu berarti suami sayang istri nih. Deposito aman juga ya untuk investasi saat ini. Jadi bilyetnay dikirimkan lewat surat gitu ke rumah ya, aku pikri cukup di aplikasi aja. Boleh nih nanti ikutan coba deposito di BPR Komunal

    BalasHapus
  86. Sekarang untuk membuka deposito tidak harus di bank besar ya, kita juga bisa membuat deposito di BPR

    BalasHapus
  87. aku senang banget ada deposito BPR Komunal ini mbak
    Sekarang punya deposito nggak harus punya banyak uang dulu ya
    Kita bisa punya deposito mulai dari nominal yg terjangkau dulu

    BalasHapus
  88. Bagus ini bisa bantu buat yang butuh nabung tanpa ribet, simpan pinjam dan juga aku support karena udah terdaftar di OJK

    BalasHapus
  89. Di Jogja banyak nih BPR. Tapi aku belum ketemu yang BPR komunal. Padahal lebih bagus ya kalo Bersinergi begini. Lebih luas juga jangkauannya dan pengawasannya bisa lebih intensif

    BalasHapus
  90. Terbaik sudah merencanakan keuangan dengan baik bersama investasi di BPR Komunal.
    Alhamdulillah, jadi memudahkan sekali karena semua via aplikasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener,, kalau di Jogja ada mau juga sih nyoba.. Menarik soalnya

      Hapus
  91. Aku penasaran nanti pengambilan dananya gimana ya mbak. Bisa online juga atau kudu ke kantor tempat kita naruh uang

    BalasHapus
  92. Tenornya mulai 1 bulan? Lumayan nih kalau masih baru belajar deposito. Proses pendaftaran juga mudah ya karena pakai sistem aplikasi. Jaman now merencanakan keuangan makin mudah, cuma harus pandai melawan godaan belanja aja yang jadi tantangannya.

    BalasHapus
  93. Aku baru tahu kalau bisa nabung dan deposito di BPR. Aku pikir BPR hanya melayani urusan kredit saja. Aku juga baru tahu sola BPR Komunal. Jadi kita bisa lebih diarahkan ke BPR yang terdekat dengan lokasi kita ya. Bisa lebih gampang kalau mau ngurus apa-apa. Meski segala urusan selesai dengan secara online juga sih. Lebih mudah dan cepat.

    BalasHapus
  94. Saya kira BPR hanya buat kredit gitu aja. Ternyata bisa juga dibuat tabungan deposito ya kak.

    BalasHapus
  95. jadi enak bpr sebenarnya lebih banyak dapete ya mba dibanding bank umum
    apalagi kalau bprnya terjamin lps ojk jadi tenang juga

    BalasHapus
  96. Nah iya punya deposito perlu dipertimbangkan juga ya, buat jaga-jaga di masa depan. Udah dijamin OJK, engga perlu khawatir punya deposito di BPR Komunal

    BalasHapus
  97. Deposito ini memang salah satu jenis instrumen finansial yang aman ya. Gak banyak risiko yang kita dapat jika invest/nabung di situ. Aku juga kepengen deh. Tapi dananya masih mobile. Masih belom bisa kalo didiamkan dalam jangka waktu tertentu. Semoga ke depannya bisa berdeposito juga. :D

    BalasHapus
  98. Satu juta udah bisa deposito...mayan banget ya dibanding tabungan biasa. pengen juga punya deposito di BPR Komunal

    BalasHapus
  99. Wahaha, saking ya BPR lebih banyak dikenal buat peminjaman, padahal jaman sekarang udah lebih maju, bisa buat menyimpan deposito, ga harus datang pula, cukup online aja, serba mudah ya

    BalasHapus
  100. Kirain deposito itu cuma bisa di bank umum gitu, ternyata di BPR juga bisa ya. Wah makin berkembang aja nih dan makin membantu orang yang membutuhkan kucuran dana. Apalagi sudah terdaftar di OJK juga

    BalasHapus
  101. Wah, ternyata ada ya deposito yang minimalnya 1 juta, selama ini aku juga mikirnya minimal 10 juta. Tenornya ada yang 1 bulan lagi. Jadi mirip P2P Lending ya ini, apalagi BPR juga menyalurkan dananya ke UMKM.

    Tapi karena namanya deposito, tentunya bakal lebih aman sih daripada P2P Lending, aku juga dah punya berbagai instrumen investasi nih tapi belum merambah ke deposito, jadi tertarik nih untuk beli deposito BPR Komunal

    BalasHapus
  102. Untuk urusan Cuan sih emang harus hati-hati dan mencari info yang lengkap. Tentunya biar gak was2 setelah nyimpen uangnya.

    BalasHapus
  103. Deposito adalah bentuk investasi yang pas, bagi kita yang ingin super aman ya kak. tentunya yang memiliki keuntungan optimal bagi pemilik deposito tsb.

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca ^^
Tolong berkomentar dengan sopan yaaa... Maaf kalau ada yang belum terjawab :*

Back to Top