Categories

18 April 2020

Bahagia Jalani Hidup Apa Adanya


Banyak yang bertanya tentang bagaimana sih cara jalani pernikahan dengan bahagia?
Rasanya hal ini sesuatu yang mudah untuk dijawab. Saya rasa semua orang, yang telah menikah, tahu jawabannya. Hanya saja belum tersadar kalau untuk hidup bersama dengan bahagia ialah tanpa syarat ketentuan.

Memang benar bila komunikasi ialah yang utama. Namun itu bukanlah syarat tertulis yang wajib ada. Sebab secara tersirat pun komunikasi dengan pasangan selalu kita lakukan, bukan. Bahkan hingga akhirnya berumah tangga pun itu karena komunikasi yang baik.

Saya pribadi memutuskan menerima pinangan lelaki yang kini jadi suami saya ialah karena kami memiliki kecocokan dalam mengobrol. Dari hal receh sampai serius yang bak mengurus negara pun bisa kami bicarakan dengan baik. Padahal dulu kami terpisah kota, meski berasal dari kota tempat lahir yang sama. Ah zaman sekarang kan jarak bukan penghalang untuk selalu merasa bersama, bukan?


Kecocokan dalam komunikasi itu berawal dari kami yang menunjukkan sisi diri apa adanya. Tanpa ditunjukkan sisi baiknya saja tapi dengan menyebutkan kekurangan diri yang dimiliki. Saya baperan, juga sensitif yang dibentak sedikit saja langsung menangis. Pun beliau yang juga menceritakan kekurangannya, padahal kami saat itu hanya dekat dengan status teman curhat.

Pernah nih kami tanpa tedeng aling-aling menceritakan masa lalu masing-masing. Sejatinya kisah ini tidak perlu diceritakan, tapi ada beban moral yang rasanya sesak bila dipendam sendiri. Apalagi topik yang membuat kami jengah sama-sama tentang mantan, sosok yang pernah mengisi hati meski akhirnya terpisah karena satu dan lain hal. Tanpa basa-basi hal ini kami ceritakan, sebatas berkisah melepas kejengahan hati.

Awalnya kami saling sapa via pesan singkat tanpa modus apapun. Berteman, teman yang cocok untuk menceritakan hidup masing-masing. Hingga lama kelamaan timbul rasa nyaman dan menjadi candu untuk terus berkomunikasi. Semesta mendukung, karena komunikasi kami tak terhalang sinyal. Mungkin juga karena sesama IM3 Ooredoo, komunikasi lintas daerah pun aman terkendali.

Saya pribadi memakai IM3 Ooredoo sejak di bangku SMA. Pertama kalinya punya telepon genggam, pertama kalinya beli kartu perdana. Entah mengapa saya tertarik pada kesan provider yang punya icon ceria warnanya ini. Juga karena saya mendapatkannya tanpa tipu-tipu promosi yang ditawarkan, sih.

Saya ingat sekali saat itu nomor saya sempat ditertawakan teman-teman. Katanya saya pakai yang murahan, padahal harusnya kalau mau dianggap keren yaa pakai nomor telepon provider ternama dan termahal. Ah masa di bangku sekolah memang begitu kan, gengsi yang dinomor satukan. Padahal yang penting itu kualitasnya, bukan pencitraan saja yang ditonjolkan.

Hingga kini di masa media sosial, di mana jepret ini-itu memiliki value tersendiri sehingga membuat adanya pencitraan palsu. Ingin dianggap wah dengan feed yang menampilkan kemewahan dan keglamoran gaya hidup. Pun ingin dianggap hits dengan banyaknya like, komentar dan followers yang didapat. Padahal bukan artis, bukan aktivitis, apalagi politikus, rasanya hal ini akan susah didapat bila tanpa followers palsu.

Jangankan kita yang bukan siapa-siapa, artis yang ingin dianggap top saja melakukan banyak cara agar 'dianggap'. Bahkan melakukan banyak pencitraan palsu demi mengangkat namanya. Padahal andai jalani hidup apa adanya, fokus berkarya hingga melejit karena disukai banyak orang niscaya pamor positif yang didapat. Tanpa kepura-puraan akan mendapatkan bayaran atas kerja keras selama ini.

Sama seperti IM3 Ooredoo yang dari dulu sampai sekarang selalu memberikan kesan yang apa adanya. Promo yang diberikan #TanpaSyaratKetentuan yang membingungkan. Pemakaiannya pun wajar dan tanpa membuat emosi karena kuota yang habis sesuai masanya. Juga tenggang waktu yang diberikan untuk pengisian pulsa lumayan lama sehingga tidak perlu buru-buru mengisinya karena memang pulsa telepon jarang saya gunakan.

Tonton deh videonya di sini biar makin kenal dan sayang dengan IM3 Ooredoo.



Oiya sudah tahu belum kalau IM3 Ooredoo punya lini produk telekomunikasi yang simple, bebas syarat ketentuan. Salah satunya ialah Freedom Internet yang saya pakai nih. Kalian yang belum pernah coba provider yang satu ini, yuk coba deh dan rasakan sendiri bagaimana simpel dan asyiknya pakai IM3 Ooredoo.



73 komentar :

  1. Jadi ingat lagu cinta tak bersyarat nih...

    BalasHapus
  2. menikah memang harus saling terbuka, tidak boleh ada yang ditutupi. ini menjadi langkah pertama untuk menjalani bahtera yang luar biasa beratnya. semoga samara yaaa ... amin

    BalasHapus
  3. setuju baget nih mbak, hidup itu emag harus dan wajib banget dijalani dengan apa adanya tanpa ada kepura puraan dan yang penting jadi diri sendiri yaa hihih

    BalasHapus
  4. Komunikasi yang cocok memang penting banget untuk kebahagiaan keluarga ya, Mbak. Apalagi bisa curhat apapun positif maupun negatif tanpa tedeng aling-aling ke pasangan dan mendapat respon yang baik.

    BalasHapus
  5. Saya pun pakai m3 juga, Mbak. Pakai freedom internet, cocok, sih. Sama juga ceritanya dulu saat menerima pinangan suami, karena merasa klik aja. Berasa udah lama kenal banget. Makanya memutuskan untuk menikah. Uniknya lagi jodoh saya itu tetangga, hehe

    BalasHapus
  6. Pakai IM3 nya buat nonton Netflix juga kenceng nih mba ehhehe setuju banget btw cari pasangan harus yang komunikasinya nyambung. Masih perjalanna menemukan, salah alamat, pindah orang ,tanpa ekspektasi gatau nanti berlanjut dengan siapa. Semoga selalu bahagia bersama ya mba :"

    BalasHapus
  7. Cerita romansanya bikin penasaran nih hihihi.. bisa requrest lanjutannya gak sih?

    BalasHapus
  8. wah kelihatan cocok banget mba sama si suami, semoga bahagia bersama selalu yaa dan tetap jalani hidup apa adanya :D

    BalasHapus
  9. Pada umumnya memang sebuah pernikahan adalah karena saling cocok dan enak diajak komunikasi, semoga seterusnya kelak.

    BalasHapus
  10. Hihihi emang harus terbuka ama Suami, walau pas buka bukaan ada rasa sakit di hati 😁😁😁

    BalasHapus
  11. Suka dengan campaign nya mengajak kita untuk hidup jujur tanpa tipu-tipu tanpa follower palsu..aih gue banget ini :D

    BalasHapus
  12. Setuju!

    Jujur adalah koentji pasangan pasutri.
    Bahkan menurutku itu adalah akar semua hubungan, meski harus bisa menempatkan sesuai keadaan.

    Misalnya, pas istri masak, agak asin, sebaiknya suami menunggu sesi makan berakhir, baru memberi masukan setelah acara menikmati hidangan kelar, atau mungkin menunggu momen yang tepat agar istri tidak tersinggung.

    BalasHapus
  13. Kejujuran emang penting banget sih dalam kehidupan rumah tangga ya.. salah satu koentji awet..

    BalasHapus
  14. Hidup yang penuh kepalsuan dan kepura-puraan tuh hanya membuat kita letih ... I don’t like that

    BalasHapus
  15. Iyess mba saya juga lebih suka hidup apa adanya, lebih nyaman tanpa harus banyak mikir mesti ini mesti itu :)

    BalasHapus
  16. kalau hidup penuh kepura2an malah jadi nggak nyaman ya, malah penuh ketakutan kalau kepalsuannya bakal kebongkar suatu hari nanti :)

    BalasHapus
  17. Jalani pernikahan dengan bahagia emang kuncinya tanpa tedeng aling-aling ya mbak, nggak perlu pencitraan. Aku juga gitu nih baik di dumay maupun dunia nyata, ga perlulah tipu2 hahaa

    BalasHapus
  18. sepanjang saya kuliah saya pakai M3 mba, dulu ngehit banget niy IM3 anak muda banget dan sekarang bergulir lagi paketnya yay suka deh

    BalasHapus
  19. m3 ini kartu pertama aku nih pas begitu punya hp awal smp kelas satu dulu, sayanngnya karna hape pernah ilang nomernya pun mau gamau harus diganti dulu tu huuhu

    BalasHapus
  20. Memang kalau cari suami ya tampilkan diri kita apa adanya ya, Mba. Biar dia juga tau baik buruknya kita. Kalau dia sudah tau buruknya dan bisa toleransi berarti klop. Begitupun sebaliknya. Jadi nggak usah tipu tipu dan pencitraan. Nyesek kalau ketauan jeleknya. ^_^

    BalasHapus
  21. Aku dulu zaman pacaran sama suami, dia malah sangat rendah hati. Masa bilang rumahku 6x6 aja hihihihi :D Udah bilang dari awal kalau mau hidup apa adanya mulai dari awal ketika kami berumah tangga. Senang ya hehehe.

    BalasHapus
  22. pastinya seneng sih mba kalo beli kuota tanpa syarat dan ketentuan, jadinya berasa puas gitu dengan kuota yang dikasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. jdi lebih leluasaaaa buat surfing inetnya yaaa..

      Hapus
  23. Skrg paketnya indosat menarik2 ya. Ga ada lagi deh alesan kuota abis 🤗

    BalasHapus
  24. aku tuh pengen deh pakai im3 ooredoo juga tapi nomor ku yang ini udah dipakai lama, cuma itu doang alasannya, sisanya udah kesel banget sama pulsa yang sering tiba2 ludes.

    BalasHapus
  25. aku lagi nonton a world of merried couple jadi khawatir sendiri buat berkeluarga mba:') pas baca ini jadi setuju juga kalo pernikahan itu harus apa adanya, jalani aja gitu ya mba

    BalasHapus
  26. samaaaa.. aku juga dari sma pake im3 ooredoo. dulu malah biar samaan sama temen2 yg juga pake im3 semua. jadi bisa nelepon gratis. hehe

    BalasHapus
  27. Alhamdulillah...
    Seneng banget bisa bertemu dengan tambatan hati yang bisa menerima dan mengerti diri kita apa adanya, ga ada yang ditutup-tutupi dan bebas menjadi diri sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Senengnya m3 ooredoo itu bener-bener tanpa syarat dan ketentuan yah..
      Jadi paketnya bisa dipakai sesuai kebutuhan data yang diperlukan.

      Hapus
  28. Hidup apa adanya itu memang lebih nikmat dan bikin happy, karena kita tidak harus berpura-pura jadi orang lain atau bahkan nanti keenakan jadi orang lain.

    BalasHapus
  29. lebih ringan ya kak kalau jadi diri sendiri, be real aja, biar nyaman juga berinteraksi sama orang lain tanpa menjadi orang lain

    BalasHapus
  30. Salah satu pernikahan yang bahagia itu dimulai dari memberi tanpa syarat ketentuan, tulus ya. Semoga pernikahan kita bahagia ya mba sampai ke jannahNya. Amin. Aku juga mu nikmati hidupku jalani apa adanya dengan rasa bahagia dengan orang terkasih 😍

    BalasHapus
  31. Kalau sama pasangan, saya lebih bisa menjadi diri sendiri. Biar pasangan juga bis amenerima kita apa adanya

    BalasHapus
  32. Sama banget nih mbak, akupun dulu pakai IM3 dan disebut kartu murah. Padahal bagi pelajar kartu IM3 itu cocok banget buat dipakai menghubungi pasangan. Hihi. Emang deh mending jadi diri sendiri aja daripada dengerin omongan orang. Bikin bahagia juga engga.. yang ada cuma jadi beban.

    BalasHapus
  33. setuju bgt memang paling nyaman tuh jadi diri sendiri lebih plong dan lebih bahagia

    BalasHapus
  34. Hehe jadi nostalgia ketemu suami ya, suami saya juga pakai Indosat IM3

    BalasHapus
  35. semoga rukun selalu ya mbak Artha...komunikasi dengan pasangan memang sangat penting dan harus sama2 mengusahakannya

    BalasHapus
  36. Wah keren banget ya im3, promonya apa adanya tanpa syarat dan ketentuan... Tapi saya udah terlanjur pakai provider lain, sayang kalau ganti, nomor lama jg dari jaman sma tahun 2002...

    BalasHapus
  37. Seru nih promo dari IM3 Ooredoo, tanpa syarat dan ketentuan ya. Tetap bahagia dong kalo dapat paket internetan yang seru seperti ini

    BalasHapus
  38. Paling enak punya pasangan yang bisa diajak ngobrol ngalir ngidul. Dulu tuh IM3 malah jadi pujaan anak-anak muda. Aku pemakainya juga sih pada zamannya

    BalasHapus
  39. Pokoke asyique kalo hidup apa adanya ya
    Ngga usah pakai "topeng" segala :)
    Semoga selalu SAMARA yaaa

    BalasHapus
  40. Ya ampun teman-teman Artha yang ngetawain itu koq lucu ya. Untungnya Artha apa adanya anaknya ya. 😘

    BalasHapus
  41. Ahahaha iya ya zaman dulu kastanya kalau provider mihil tu yg abang2 kuwi, aku jg pemakai yang lainnya sih tapi gak terlalu peduli. Eh pakai Indosat jg pernah di hape lawas sblm hapeku itu ilang hiks :D
    Skrng makin bagus jaringannya ya mak, apalagi buat inetan :D

    BalasHapus
  42. Bukannya zaman dulu nggak perlu pakai handphone cukup lihat rumahnya aja udah seneng banget hahaha BTW Semoga selalu rukun bahagia bersama suami ya

    BalasHapus
  43. Aku ingat banget zaman kapan itu ya awal-awal IM3 muncul di Indonesia duh aku telponan sama teman sampai berjam-jam nggak juga bosan haha.

    BalasHapus
  44. Sama dong, aku juga pakai no m3 ni sejak awal punya hape. No nya ganti2 sih, tapi sellau dr provider yang sama.

    BalasHapus
  45. Inti dari sebuah hubungan itu komunikasi yang baik. Memang seru kalau bisa ngobrol panjang dengan suami ya, Mbak.

    BalasHapus
  46. Hidup bahagia dengan tanpa pura-pura itu perlu dilanjutkan. Capek kalau mengikuti standar orang lain. Dizaman sekarang banyak orang hanya pencitraan, semoga kita menjadi orang yang jujur apa adanya.

    BalasHapus
  47. Setuju mba, jalani hidup apa adanya itu menenangkan sekaligus membahagiakan. Jaman ini menjadi diri apa adanya tanpa kepura-puraan memang perlu diupayakan

    BalasHapus
  48. pas banget salah satu nomor aku hangus nih mbak gara-gara aku kelupaan ngisi pulsa dan lewat deh masa tenggangnya. Tega banget, padahal itu nomor udah kesebar kemana-mana. Mana harga pulsanya mahal pula. Kayanya mau coba beralih ke IM3 oreedoo ini biar internetan aman.

    BalasHapus
  49. ini paket kuota terbaru dari im3 ya?? kalo gak salah ada yang 28 GB juga

    BalasHapus
  50. paling baik memang apa adanya, bukan "ada apanya"

    BalasHapus
  51. Sip sipp setuju banget ama campaign yg didengungkan IM3 ini
    Mari jalani hidup apa adanya ya

    BalasHapus
  52. Ngomongin masa lalu atau rahasia sama orang lain emang ga mudah ya, Mak. Jangankan sama orang lain, yang deket aja kita berpikir ulang buat cerita

    BalasHapus
  53. aia setuju. dengan jalani hidup apa adanya, ga usah pura-pura rasanya lebih tenang dan bikin bahagia :)

    BalasHapus
  54. Hidup apa adanya memang paling pas buat hidup bahagia. Dan kalo sdh menikah jangan lagi ada kepura2an ya

    BalasHapus
  55. Menjalani hidup apa adanya memang bikin kita bahagia. Apalagi dengan pasangan, butuh adanya komunikasi dua arah terus menerus agar bisa langgeng.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju..setuju kalau mau langgeng emang kudu tampil apa adanya jadi sama2 bisa saling ngerti.

      Hapus
  56. Saya pertama punya hanphone juga pakai kartu dari Indosat,setelah kerja, sering dapat tugas ke daerah dan sinya indosat nggak ada. Akhirnya ganti kartu deh sampai sekarang

    BalasHapus
  57. Kalau sama pasangan memang harus apa adanya. Karena hubungannya kan jangka panjang. Jadi biar komunikasinya juga berjalan lancar

    BalasHapus
  58. Wah iya kudu lancar ya komunikasi dengan pasangan biar nyaman selalu, kalo kata Aa Gym ngga butuh pengakuan manusia yang penting Allah cinta, jalani apa adanya aja yaa

    BalasHapus
  59. Berawal dari teman curhat yang berujung jadi teman hidup. Uuuh so sweet Mbak. Semoga langgeng hingga jannah.

    BalasHapus
  60. Sepakat banget untuk hidup apa adanya. Karena kalau dlibuat buat itu berasa banget hidup jadi nggak tenang ya mba

    BalasHapus
  61. Jodoh ya mak ga kemana-mana.kalau dah jodoh cepet banget jalannya ❤❤❤langgeng kaliaaan

    BalasHapus
  62. Iya mbak Arta bener banget hidup harus apa adanya ya mbak..kalau ada ya ada..gak ada ya gak ada..

    BalasHapus
  63. Ini nulis kisah cintanya dulu apa gak sambil senyum2 mbak? hehe
    Aku kyknya pernah pakai m3 juga pas dulu hape ada dua, trus kalau gak salah kecopetan apa ya hehe
    Yes sepakat hidup apa adanya supaya lbh bahagia ya

    BalasHapus
  64. Hidup apa adanya lebih menyenangkan ya, seperti layanan IM3 Ooredoo yang bebas tanpa syarat. Aku dulu pernah juga pakai IM3 Ooredoo tapi hangus gara-gara berangkat haji enggak dipakai

    BalasHapus
  65. Boleh nih di cobain paketnya, di rumah ajakayak gini,butuh kuota yang banyak, hahaha. Nonton drakor dan nge yutub bisa boros

    BalasHapus
  66. Gaya hidup yang penuh kepuran-puraan sepertinya akan sangat melelahkan. Memang sebaiknya kita jalani hidup apa adanya ya...

    BalasHapus
  67. Bakalan terasa ringan langkah kita kalau melakukan banyak hal dengan apa adanya. Ya diri kita seperti itu adanya. Ada kelemahan, tapi tentunya juga ada juga lah sisi positifnya. Saling mengisi, saling menerima. *eh kok kayak lagu yaaa...

    BalasHapus
  68. Kadang kalau penuh kepura - pura an suka capek, enaknya sih jadi diri sendiri

    BalasHapus
  69. aku sejak sma juga pengguna im3 mbak, akrena di sana sinyalnya yang bagus dan murah. dan im3 ini bener-bener penolong komunikasiku dengan si dia hehehe

    BalasHapus
  70. Seneng banget lihatnya, keluarga sederhana namun tetap bahagia :)

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca ^^
Tolong berkomentar dengan sopan yaaa... Maaf kalau ada yang belum terjawab :*

Back to Top