Makanan Populer Indonesia Yang Bisa Dibuat Sendiri di Rumah

 


Indonesia memang terkenal dengan bumbu rempah sehingga makanan yang enak dan lezat tentu banyak ditemui. Bahkan di Indonesia, setiap daerah memiliki makanan khas yang memiliki ciri khas tertentu. Banyaknya makanan ini membuat kita bisa memilih banyak resep makanan untuk dimasak sendiri di rumah.


Bahan bahan rempah alam yang ada di Indonesia juga terkenal sebagai baik untuk kesehatan. Bahkan banyak yang menggunakan bahan makanan sebagai salah satu cara menghilangkan jerawat, dan sebagainya. 


Pada kesempatan kali ini kita akan melihat beberapa makanan populer di Indonesia yang bisa dibuat sendiri di rumah. Berikut ini adalah daftar makanan populer untuk dimasukan di list daftar Anda sekarang juga. 


Nasi Goreng

Nasi goreng adalah masakan Indonesia yang sangat populer di berbagai negara yang ada di dunia. Ada banyak sekali versi resep bumbu untuk nasi goreng sesuai dengan daerah, namun pada dasarnya nasi goreng merupakan salah satu makanan yang mudah dibuat sendiri. 


Walaupun terkenal sebagai salah satu masakan lezat di Indonesia, sebenarnya hidangan satu ini berasal dari budaya Cina. Nasi goreng atau dikenal dengan panggilan Nasgor dibuat dengan bahan utama nasi yang dibumbui kemudian ditambahkan potongan daging dan sayur. 


Bahan pembuatan menu nasi goreng juga sangat mudah untuk didapatkan. Beberapa bahan bisa diganti dengan bahan makanan lainnya sebagai alternatif. Adapun beberapa bahan pembuatan nasgor terdiri dari: 

  • Nasi 
  • 20 gram Bawang Merah dan Bawang Putih 
  • Cabai 
  • Garam

Cara Pembuatan

Potong bahan bahan, kemudian tumis dengan minyak sampai harum. Tambahkan telur, potongan daging, ataupun potongan sayur sesuai dengan preferensi Anda. Sebelum matang, segera tambahkan nasi. Aduk, dan campur sampai merata, tambahkan kecap, dan aduk kembali. Nasi Goreng siap disajikan. 


Rendang

Rendang adalah salah satu masakan tradisional Indonesia yang berasal dari Minang, Sumatra Barat. Rendang sudah sangat populer di seluruh dunia karena kaya akan rasa bumbu rempah - rempah yang ada di dalamnya. Secara umum, Rendang merupakan olahan daging dengan bumbu bercita rasa. Berikut ini adalah beberapa bahan yang bisa digunakan untuk membuat rendang: 

  • Daging Sapi 
  • Santan 
  • Batang Serai
  • Daun Jeruk 
  • Lengkuas
  • Bawang Putih
  • Bawang Merah 
  • Cabai Merah 
  • Ketumbar 
  • Bubuk Kunyit 
  • Jahe 
  • Garam 
  • Gula 
  • Minyak Kelapa

Cara Pembuatan

Membuat rendang membutuhkan kesabaran. Pertama Anda harus menyiapkan semua bahan - bahan yang ada. Selanjutnya potong daging menjadi potongan kecil. Blender semua bahan yang bisa dibuat untuk kari sampai halus. Tumis bumbu kari dengan minyak kelapa sampai tercium bau harum dan masukan santan. 


Tambahkan batang serai, dan aduk rata dilanjutkan dengan masukan potongan daging sapi. Tambah sedikit air setiap rebusan mengering. Terus rebus sampai daging menjadi empuk. Kurang lebih setelah 3 jam rendang siap dihidangkan. 


Bakso

Bakso juga merupakan salah satu masakan populer dari Indonesia. Hidangan bakso selalu populer terlebih di bulan Ramadhan. Bakso berbentuk bulat berasal dari budaya China. Menurut sejarah masakan yang berasal dari Cina satu ini merupakan tambahan bahan makanan, namun di Indonesia diadopsi menjadi salah satu hidangan utama. Sayangnya sampai sekarang masih belum diketahui kapan menu bakso kuah diadopsi di Indonesia. 


Saat ini di setiap daerah juga terdapat sentuhan menu bakso yang menjadi ciri khas mereka masing - masing. Malang, menjadi salah satu tempat yang memberikan ciri khas bakso bakar, kemudian Bandung, yang terkenal dengan bakso cuanki. 


Demikian beberapa makanan populer dari Indonesia yang bisa dicoba untuk dibuat sendiri di rumah. Apakah anda memiliki resep masakan lezat lainya? Mungkin bisa share dengan kami ya? Selamat mencoba berbagai masakan menu populer yang ada di Indonesia ini ya? 


Raih Banyak Untung dengan Buka Toko di Blibli



Banyak keuntungan dengan jualan ikan hias dan kebutuhannya Di Blibli. Tidak hanya itu, langkah jualan online di Blibli juga mudah. Wajib banget punya akun Blibli.

Di masa serba online, bak mengharuskan kita untuk cepat beradaptasi agar tidak kehilangan banyak kesempatan. Bila apa-apa bisa didapatkan dengan online, kehidupan akan lebih mudah dijalani karena bisa penuhi aneka kebutuhan dengan sekali klik. Tidak hanya bisa beli apa saja, jualan apa saja pun tentu lebih mudah dan bisa raup lebih banyak untung. Seperti saya yang kini mencoba luaskan penjualan dengan memilih jualan di Blibli. Kebetulan saya jualan ikan hias dan segala keperluannya, untungnya di Blibli begitu mudah untuk mengoperasikan fiturnya sehingga saya yang sedikit gaptek (gagap teknologi) ini tetap bisa jualan online.


Bisa dibilang, usaha jualan ikan hias ini merupakan iseng-iseng berhadiah. Sebab berawal dari hobi suami yang suka piara aneka ikan hias, lalu jumlahnya semakin banyak sehingga jadi kerepotan bila harus mengurus semua ikannya. Karena itu kemudian diputuskan untuk menjual beberapa, eh ternyata laku. Lambat laun toko ikan kecil di samping rumah pun terbentuk dan dilengkapi dengan penjualan aneka kebutuhan ikan hias. Jadi pembeli tidak hanya bisa beli ikannya saja, tapi lengkap dengan makanan, saringan ikan dan obatnya sekalian.

Pembeli ikan hias memang rata-rata datang sendiri ke toko. Namun karena kami juga promosikan lewat media sosial, banyak yang lokasinya di luar kota jadi ingin membeli ikan hias kami. Angka permintaan terus bertambah. Dari situlah kemudian terbesit ide untuk meluaskan area penjualan secara online agar bisa memenuhi kebutuhan pembeli dari luar daerah. Tidak hanya lewat sosial media, kami pun mulai buka toko di marketplace, salah satunya di Blibli.


Seperti yang kita tahu, Blibli termasuk pelopor marketplace di Indonesia, sudah ada sejak beberapa tahun lalu. Kemudian sekarang juga sudah ada Blibli Seller yang merupakan kumpulan dari berbagai penjual di Blibli, dan saya ikut bergabung di dalamnya. Blibli merupakan marketplace terkemuka, jadi dengan bergabung jualan online di sini maka produkmu akan lebih mudah ditemukan. Utamanya tidak merepotkan penjual sebab toko di Blibli mudah dioperasikan, punya berbagai fitur menarik serta membuat kita juga bisa memberikan pelayanan yang terbaik.  


Alasan Jualan Di Blibli

Marketplace merupakan salah satu media pemasaran dan penjualan yang termudah serta bisa ditemukan secara online. Dengan demikian, pembeli tidak datang hanya dari satu daerah, namun bisa sampai senusantara, bahkan hingga dari luar negeri. Dengan begitu, memanfaatkan penjualan lewat marketplace akan jauh lebih menguntungkan sebab penjualan bisa meluas. Jumlah permintaan bisa jadi lebih besar dan akan terus bertambah, inilah hal yang membuat saya kemudian memutuskan menjadi bagian di Blibli Seller.


Siapa sangka bila berjualan online terasa jauh lebih ringan dibanding harus melayani pembeli yang datang ke toko secara langsung. Dengan penjualan online, pembeli juga jadi lebih mudah memilih ikan hias apa yang ingin dibeli, berikut kelengkapan piara ikan hiasnya. Pembayarannya juga lebih praktis karena lewat online dan bisa dilakukan seketika itu. Penjual pun jadi bisa lebih santai, bahkan ibu rumah tangga seperti saya tetap bisa jualan meski di rumah saja bersama anak-anak tercinta.


Kamu pun tidak perlu merasa ragu untuk merambah jualan online di marketplace, karena jualan di Blibli tidak ribet. Ini adalah langkah mudah jualan online di Blibli. Caranya harus punya akun Blibli Seller. Buka akun toko di Blibli  lalu langsung bisa jualan online. Tenang, di Blibli Seller sudah ada panduan yang lengkap bagi seller baru, kok. Bahkan tersedia media untuk beriklan juga. Keren kan?

Yang pasti jualan di Blibli Seller tidak perlu bayar apapun, gratis! Asyik yaaa. Dengan demikian, jualan online bisa dimulai dengan modal kecil karena tidak perlu bikin budget untuk stand toko. Tidak perlu pusing memikirkan biaya sewa toko, buka toko di Blibli kan gratis. Seperti saya yang jadi bisa buka toko ikan dan keperluannya lewat jualan di Blibli. Kamu juga bisa download aplikasi Blibli Seller lalu ikuti panduan cara daftar jualan di blibli, jangan lupa lengkapi kelengkapan data dan dokumen yang diminta.


Salah satu kunci sukses jualan online adalah foto produk yang menarik. Dengan foto produk yang bisa memikat banyak pembeli, maka toko akan laris manis kebanjiran order. Syukurlah di Blibli juga ada fasilitas foto produk yang gratis. Hasilnya jadi terlihat lebih rapi dan toko pun banyak dikunjungi pembeli.


Saya jadi gemas sendiri saat melihat foto ikan-ikan hias yang saya jual. Lucu-lucu. Tentunya saya juga mengirimkan yang sesuai kepada pembeli. Jangan sampai foto produknya bagus, eh saaat sampai kok ikannya berbeda dengan yang di foto. Kalaupun dikirim random, maka harus ditulis di deskripsi produk agar pembeli tahu dan mengerti serta tidak mengecewakan pembeli.

Tidak hanya soal bagaimana agar produk mudah ditemukan, branding juga jadi salah satu tips jitu agar produk jadi incaran pembeli. Dengan bergabung di Blibli Seller, tersedia training dan e-learning gratis bagi para seller pemula seperti saya yang basic-nya hanya ibu rumah tangga ini. Jadi tidak kagok untuk jualan, makin PD (percaya diri) dan terus upload produk baru di katalog jualan online di Blibli.


Pengiriman barang tidak jadi masalah karena di Blibi juga tersedia aneka jasa ekspedisi pengiriman. Pembeli tinggal pilih mau dikirim pakai ekspedisi apa yang mmenurut mereka terpercaya dan terjangkau. Dengan demikian pengiriman produk jualan saya juga bisa jadi lebih cepat dan sesuai keinginan pembeli. Estimasi pengiriman jadi lebih jelas, pembeli pun tak perlu harap-harap cemas.


Untuk pengiriman ikan hias, saya lebih menyarankan memakai ekspedisi yang sameday. Sebab namanya makhluk hidup, bila pakai ekspedisi yang estimasinya lebih dari sehari khawatir ada kematian ikan di perjalanan pengiriman. Untuk packing sudah diusahakan seaman mungkin karena pakai styrofoam yang tahan panas dan dingin sehingga suhunya tetap stabil dan ikannya bisa bertahan hidup. Lalu dilapisi kardus tebal agar packing semakin kuat.

Ah ternyata jadi seller baru di Blibli menyenangkan juga ya. Bergabung jadi Blibli Seller merupakan langkah mudah jualan online loh. Saat ada kendala pun, ada fasilitas Seller Care yang tersedia. Dengan cepat tanggap, segala permasalahan jadi ada jawaban dan solusinya, apalagi Seller Care melayani setiap saat. Yang namanya masalah pasti bisa saja tiba-tiba muncul kan, karena itu lega banget di Blibli Seller ada layanan Seller Care yang selalu memberikan solusi.


Agar toko makin laris, strategi yang wajib dilakukan adalah sering promosi. Tanpa promosi, jualan online akan sulit berkembang, karena promosi atau iklan lah yang membuat dagangan kita dikenal serta ditemukan calon pembeli. Nah ada bonus nih bagi yang jualan di Blibli, yakni modal promosi sampai 5,4 juta bagi seller baru yang buka toko di Blibli Seller pada periode 1 sampai 30 April 2022. Woaaa! Jadi nantinya dikasih saldo Bliklan gratis gitu. Nah Bliklan ini tuh fitur untuk  pemasangan iklan produk yang bisa digunakan untuk memasarkan produk jualan online kita.



Langkah Mudah Jualan Online di Blibli

Bagi kalian yang tertarik untuk gabung dan memulai jualan di Blibli usai baca tulisan ini, saya kasih bocoran soal bagaimana cara mudah jualan online di Blibli nih. Caranya sungguh mudah kok, saya yang gaptek saja bisa. Jadi, kalian pasti juga bisa.


Hal utama yang dilakukan bila ingin jualan online di Blibli adalah harus punya akun blibli terlebih dahulu,  ini buat akunnya di http://blib.bli/BL06. Untuk prosesnya tinggal isi lokasi alamat toko, tujuannya untuk cek ongkos kirim dari toko online kita ke alamat pembeli. Lalu lengkapi dokumen untuk legal dan pembayaran dengan memasukkan nomor rekening, nama bank dan nama penerima, yakni seller. Karena saya cuma toko biasa yang skalanya kecil, isi bagian ini. 


Tapi kalau berbentuk UMKM yang punya PT maka yang diisi nomor rekening PT lalu upload legalitas dari bisnis misalnya sertifikat BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). Lalu lanjutkan dengan upload produk jualan online di Blibli. Mudah kan? Semua ini bisa dilakukan meski lewat aplikasi di handphone saja loh.


Makin Laris dan Untung Saat Lebaran dengan Jualan di Blibli

Alhamdulillah sebagai umat muslim, senang sekali bisa menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Siap-siap untuk momen lebaran juga nih. Tidak hanya sandang dan pangan yang laku, untuk keperluan hiasan rumah juga paling dicari pembeli. Salah satunya ikan hias.


Semoga saja toko ikan hias saya di Blibli laris manis. Kalian bisa cek toko Bettazril di Blibli ya. Jual ikan hias berupa ikan cupang, ikan guppy dan ikan channa. Ikan-ikan ini bisa dikirim menggunakan ekspedisi karena termasuk ikan yang tangguh. Selain ikan, juga ada obat-obatan, pakan dan juga serok ikan. Lengkap deh!


Belanja online di Blibli jadi pilihan yang tepat sebab di saat Ramadhan juga ada promo luar biasa. Seperti promo Brand Deals up to 85%, Cashback dan Flash Sale. Jangan lewatkan 4.4 Early Ramadhan Sale yak, ini berlaku dari tanggal 4 sampai 8 April 2022 saja loh. Lumayan kan jadi bisa belanja ikan cupang di Bettazril dengan harga promo! Belinya di toko Blibli saya ini ya. 


Kalian juga ikutan jualan di Blibli yuk! Ada info yang lebih detail dengan cek langsung di akun media sosial Blibli: Instagram @blibliseller  dan Tiktok @blibliseller.  Update promo Blibli yang sedang berlangsung pasti di-share di sana. Ayoo ikutan berbisnis dengan jualan di Blibli! 




Masak Menu Sahur dan Buka Puasa jadi Mudah Berkat Kobe


Alhamdulillah bisa bersua dengan bulan puasa kembali. Ramadhan yang luar biasa, sebab di rumah kami nambah 1 personil. Ada baby Dzaky yang kini usianya 10 bulan, masih menyusu dan membuat saya kudu ekstra pintar bagi waktu. Termasuk soal menyiapkan menu sahur dan buka puasa.


Kebayang kan bagaimana ribetnya kalau ada 1 balita dan 1 bayi di rumah? Apalagi saya dan suami mengasuh sendiri karena kami tinggal di rantau, jauh dari orang tua. Saya yang kurang bisa masak, jujur jadi bingung mau menyediakan menu apa untuk buka puasa dan sahur. Plus kudu tetap siapkan menu untuk sarapan dan makan siang si sulung, kalau makan malamnya kan kami makan bersama-sama saat buka puasa.


Untung saja saya punya stok banyak tepung Kobe. Bak dewa penolong, masak apa saja jadi lebih mudah. Paling gampang yaa goreng ayam pakai Kobe Tepung Kentucky SuperCrispy. Dijamin enak, krispy dan si sulung auto doyan. Nasinya habis, gak pakai rewel. 

Memang yaa ini tepung yang tiada duanya. Apalagi sudah terjamin mutunya karena Kobe memulai perjalanannya sejak tahun 1979, dimulai dari industri rumahan di Semarang. Wow, keren bisa berkembang pesat seperti sekarang! Tahu tidak, ternyata produk pertama Kobe adalah Tepung Bumbu yang jadi pencetus tepung bumbu pertama di Indonesia loh.


Ada yang unik nih. Tidak hanya saya, banyak yang mengira Kobe asalnya dari Jepang. Namanya begitu sih, khas negeri sakura. Siapa sangka ternyata asli buatan anak negeri kita sendiri dan rupanya Kobe merupakan kependekan dari Kata Orang Banyak Enak. Serius! Kobe punya tagline Kobe Ahlinya Tepung Bumbu! Tagline yang bukan omong kosong belaka. Coba sendiri saja bila tak percaya.


Balik ke ayam goreng, tapi kan kurang seru kalau masaknya cuma goreng ayam melulu. Bulan puasa begini maunya menu variatif jadi selera makan meningkat untuk sahur dan buka puasa. Nah di saat bingung mau masak apa, saya menemukan link Inspirasi Menu 30 Hari Bulan Ramadhan. Pas lihat-lihat pilihan menunya, ternyata mudah di-recook nih. Boleh lah ya ikutan nyontek resep di sini.


Enaknya lagi dengan Inspirasi Menu 30 Hari Bulan Ramadhan selain tak bingung lagi mau masak apa, bisa mempermudah untuk belanja stok bahan makanan loh. Kudu komplitin varian tepung Kobe nih, biar gampang dan cepat buat recook menu-menu lezatnya. Oiya, varian tepung Kobe ada: Kobe Tepung Tempe Kriuk, Kobe Tepung Kentucky SuperCrispy, Kobe Tepung Bumbu Putih, Kobe Tepung Serbaguna, Kobe Tepung Bakwan Kress dan juga Kobe Tepung Pisang Goreng Crispy.

Kali ini saya mau pakai Kobe Tepung Bakwan Kress. Hasil nyontek Inspirasi Menu 30 Hari Bulan Ramadhan yang menu Bakwan Teri. Kebetulan saya suka teri dan inginnya suami juga anak-anak juga suka makanan yang simpel dibuat serta rasanya enak ini. Apalagi Bakwan Teri kan juga cocok sebagai menu takjil, orang jawa tidak akan jauh dari buka puasa pakai gorengan.


Ini dia resepnya:

Bahan:

- 150 gram teri basah (buang kepala dan perutnya agar tidak pahit)

- 1 bungkus Kobe Tepung Bakwan Kress

- 50 gram bawang bombay (cincang halus)

- 1 buah jagung manis (dipipil)

- 3 lembar daun jeruk (iris tipis-tipis biar keluar aromanya)

- 120 ml air

- minyak goreng secukupnya untuk menggoreng


Cara membuat:

1. Cuci bersih teri lalu diberi perasan jeruk nipis untuk hilangkan aroma amisnya. Setelah itu sisihkan.

2. Tuang Kobe Tepung Bakwan Kress ke dalam wadah lalu tambahkan air. Kemudian aduk dan pastikan tidak ada yang menggumpal. Adonan pun siap.

3. Lanjut masukkan ikan teri, bawang bombay cincang dan irisan daun jeruk lalu diaduk merata. Tambahkan pipilan jagung.

4. Panaskan minyak goreng dalam wajan, pakai api sedang. Goreng adonan. Saya pakai cetakan bulat biar bagus. Nah tinggal digoreng hingga berwarna kuning kecoklatan.

5. Angkat dan sajikan. Paling enak disantap selagi hangat, jadi gorengnya pas dekat-dekat waktu berbuka.

Hmmm... Rasanya enak! Gak cuma gurih tapi juga garing di luar tapi empuk di dalam. Itulah mengapa saya percayakan gorengan Bakwan Teri pakai Kobe Tepung Bakwan Kress karena sudah diformulasi untuk membuat bakwan dan menghasilkan gorengan yang kress renyahnya. Apalagi juga terbuat dari racikan bumbu rempah alami, jelas tanpa pengawet dan pewarna buatan sehingga aman disantap seluruh anggota keluarga, termasuk anak-anak. Praktis digunakan dan bisa dikreasikan untuk membuat aneka gorengan lainnya. Isian teri juga bisa diganti dengan sayuran seperti kubis dan wortel loh. 


Sepiring habis, goreng lagi.

Nah ini dia hasil recook masakan saya untuk buka puasa, yang saya liat di Inspirasi Menu 30 Hari Bulan Ramadhan. Menu ini dimasaknya simple banget karena cuma pakai produk Kobe dan rasanya enak. Jadi tak perlu bingung lagi mau masak apa besok, karena sudah saya print dan pajang menu 30 harinya di dapur. Ahaha. Yuk ikutan intip linknya Inspirasi Menu 30 Hari Bulan Ramadhan dan pastikan kamu juga unya resep-resepnya ya!





Pengertian Jaringan VoIP dan Kegunaannya untuk Bisnis

 

Beberapa tahun terakhir ini, pelaku bisnis menyadari mengenai penting dan manfaat penggunakan VoIP yang menggantikan sistem telepon tradisional mereka. Sebagai hasilnya, VoIP memang menjadi pilihan yang cukup populer sebagai landasan sistem telepon modern yang digunakan untuk berbagai industri saat ini. Namun apakah benar jaringan sistem telepon VoIP ini lebih punya banyak manfaat dibandingkan jaringan telepon tradisional? Pada tulisan kali ini akan dibahas lebih lanjut mengenai hal ini.

Bagi pelaku bisnis yang rutinitasnya menggunakan telepon pasti mengerti bahwa jaringan telepon yang murah, stabil, dan juga cepat merupakan salah satu solusi utama. Nah saat ini banyak sekali kebutuhan bisnis online yang bisa memenuhi berbagai kebutuhan customer. Misalnya saja untuk bisa membeli produk secara online, mulai dari barang kebutuhan pribadi sampai dengan kebutuhan industri seperti tyre changer dan sebagainya.


Apa Itu Sistem Telepon VoIP?

Pada masa lalu, sistem telepon mengharuskan untuk provider menyimpan server pada mesin mereka sendiri. Dengan cara ini tentu investasi dan juga pembangunan infrastruktur sangatlah besar sehingga membutuhkan modal yang sangat besar.

Di jaman sekarang, solusi sedikit berubah karena munculnya teknologi komputasi awan atau cloud computing. Teknologi ini memungkinkan kita menyimpan berbagai data server di tempat virtual tidak perlu membangun infrastruktur fisik. Sehingga solusi ini sangat terjangkau dan bisa menghemat banyak sekali biaya.


Apa Kelebihan dan Kekurangan VoIP?

Untuk mengetahui secara garis besar penggunaan dari teknologi ini, mari kita bahas mengenai kelebihan dan kekurangan dari sistem telepon ini terutama untuk dampaknya terhadap sebuah bisnis.


Kelebihan VoIP

1. Teknologi VoIP Memberikan Penghematan Biaya Untuk Bisnis

Tujuan dari sebuah bisnis untuk lebih memilih sistem telepon VoIP adalah tentu untuk menghemat biaya operasional mereka. Teknologi VoIP ini biasanya memiliki biaya operasional yang lebih rendah dari sistem tradisional, baik untuk telepon lokal ataupun sambungan internasional.

Selanjutnya, kebanyakan dari jaringan sistem VoIP sendiri memiliki beberapa pilihan paket layanan dan produk sehingga tidak perlu membayar biaya yang seharusnya tidak digunakan. Tentu ada beberapa fitur tambahan yang harus dibayarkan seperti misalnya call forwarding, screening, caller ID, dan sebagainya.

2. Skalabilitas

Dari sisi skalabilitas, manajemen dari sistem telepon VoiP sangatlah tinggi. Mulai dari penambahan line baru untuk telepon baru, tidak membutuhkan tambahan kabel, sehingga tidak perlu ribet untuk menata kembali ruangan. Anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan bisnis dengan cepat, dan tidak perlu khawatir kebanyakan layanan sistem telepon VoIP memiliki kemampuan skalabilitas yang baik.

3. Solusi Untuk Pengguna Yang Memiliki Mobilitas Tinggi

Bisnis dengan sistem VoIP akan lebih fleksibel. Dengan menggunakan teknologi ini Anda bisa menggabungkan beberapa lokasi dengan satu sistem. Beberapa setup dan fitur akan memudahkan kita bekerja dari mana saja dan kapan saja.


Kelemahan VoIP

1. VoIP Sangat Bergantung Dengan Kecepatan Internet

Kecepatan internet bisa menjadi sebuah pedang bermata dua. Di Indonesia sendiri cukup populer mengenai koneksi internet yang sering ngadat dan tidak stabil. Tentu ini akan berpengaruh pada performa keseluruhan sistem VoIP. Solusinya, Anda bisa bekerjasama dengan penyedia layanan internet atau provider yang berkualitas jika benar - benar ingin mengedepankan koneksi yang cepat dan handal.

2. Telepon Darurat Harus di Konfigurasi Terlebih Dahulu

Beberapa kekurangan lainnya adalah mengenai konfigurasi telepon darurat seperti 911. Saat pertama kali menggunakan sistem ini kita harus mengatur terlebih dahulu karena dari sisi sistem, telepon VoIP tidak terintegrasi dengan lokasi fisik. Hal ini bisa menyebabkan kita salah lokasi ketika menelpon layanan telepon darurat


Itu dia beberapa informasi mengenai salah satu sistem yang bisa menjadi solusi untuk bisnis Anda. Tentunya ada juga beberapa sistem telepon lain seperti ip pbx solution  dan lain sebagainya untuk bisa dijadikan sebagai pilihan dan solusi bisnis. Semoga informasi ini bermanfaat ya? Terima kasih.