Makanan Tambahan Ibu Hamil dari Puskesmas




Assalamualaikum …

Holaaa… Sudah lebih dari seminggu sejak acara Sosialisasi PPIA yang diadakan Puskesmas Krian di kantor Kelurahan Kemasan, Krian, Kabupaten Sidoarjo. Dari acara tersebut, saya mendapat makanan tambahan ibu hamil berupa biskuit lapis (sandwich) untuk 6 hari. Pembagian biskuit ini gratis, sebab masuk program Dinas Kesehatan untuk perbaikan gizi ibu hamil demi menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI).


Saya suka sekali rasa biskuit ini. Walau namanya “makanan tambahan”, tetapi karena dikemas dalam bentuk biskuit maka mengkonsumsinya jadi lebih mudah dan menyenangkan. Nyemil nyemil … ibu hamil tidak bisa lebih dari kegiatan ini. Rasanya memang selalu lapar, maklum saja sebab harus berbagi dengan si kecil yang ada dalam kandungan. Jadi dengan adanya biskuit ini rasanya sangat membantu para ibu hamil. Di mana dan kapan saja, bisa menikmati biskuit ini sebagai pengurang rasa lapar dan penambah tenaga.

Kebutuhan kalori harian pada wanita normalnya 1500 hinggga 2000 Kkal. Ketika hamil, maka kebutuhannya naik sekitar 300 – 500 Kkal. Nah pada biskuit lapis seberat 100 gram ini energi totalnya ada 500 Kkal, cukup sekali menambah asupan kalori disamping makan nasi, sayur dan buah yang diharapkan juga lebih dari 3 kali sehari. Iyah, ibu hamil harus makan jauh lebih banyak dari sebelum hamil. Kalau bisa bukan hanya menambah nasi sebagai sumber karbohidrat, tetapi juga memperbanyak konsumsi sayur dan buah. Dengan adanya camilan gratis ini, kebutuhan kecukupan kalori terbantu. Lebih baik nyemil  ini daripada gorengan. Jauh lebih sehat dan jumlah kalorinya jelas.


Dalam sebungkusnya yang seberat 100 gram, ada 10 keping biskuis berlapis gula rasa stroberi. Biskuitnya termasuk lumayan tebal, saya juga cukup terkejut saat pertama kali membukanya. Ukurannya sekitar 6 x 4 cm dengan tebal 1,5 cm termasuk lapisan gula. Karena namanya sandwich, biskuitnya ditumpuk dua-dua. Akhirnya jadi 5 sandwich isi gula rasa stroberi. Dengan ukuran sebesar itu, saya kira akan sulit menggigitnya. Tekstur juga sepertinya kasar. Ternyata … saya salah.

Biskuitnya lunak dan rasanya langsung lumer di mulut. Teksturnya sangat lembut, tanpa kesulitan mengunyah bisa dengan mudah ditelan. Tidak ada rasa serik sama sekali. Begitu gurih, dengan aroma khas biskuit susu. Pada lapisan gula berwarna pink, seperti ada rasa kacangnya. Benar-benar nak dan tidak bikin eneg.


Saat saya baca komposisi biskuit buatan PT Indofarma Global Medika Jakarta ini, ternyata benar ada selai kacang tanahnya. Selain itu juga terbuat dari tepung terigu, lemak nabati, gula, susu bubuk skim, premiks vitamin dan mineral, bubuk buah stroberi, perisa alami dan artifisial susu vanilla. Pada informasi nilai gizi juga lengkap kandungan vitamin mineralnya. Ada vitamin A, D, E, B6, B12, C, asam folat, iodium, zat besi, fosfor juga kalsium. Lemak totalnya 25 gram, proteinnya 15 gram dengan natrium yang hanya 390 miligram. Para ibu hamil yang tekanan darahnya tinggi dan ada indikasi yang mengarah pada pre eklampsia yakni keracunan kehamilan, tidak perlu takut mengkonsumsinya karena kandungan garamnya sangat sedikit.


Pemberian Makanan Tambahan (PMT) berupa biskuit bergizi tinggi ini sebagai sampingan makanan gizi seimbang. Jadi para ibu hamil tetap harus makan nasi, sayur dan buah serta kalau bisa mengkonsumsi susu secara teratur. Bagi para ibu hamil yang mengalami mual muntah di masa kehamilan, biskuit ini bisa jadi salah satu solusi pemenuhan nutrisi. Tinggal diemut atau langsung kunyah telan, sedikit-sedikit agar tidak merangsang mual. Biskuit ini tidak perlu dikonsumsi lagi oleh ibu hamil yang kenaikan berat badannya melebihi batas, mengingat jumlah kalorinya yang tinggi. Aturan kenaikan berat badan dari sebelum hamil hingga hamil tua ialah sekitar 10 hingga 15 Kg.

Biskuit makanan tambahan ibu hamil ini biasanya dibagikan saat periksa di Puskesmas atau saat ada kegiatan Posyandu. Memang tidak setiap bulan karena stok dari pemerintah pusat.

Adakah yang pernah mendapat biskuit ini juga? Suka gak? Bagi cerita ya …



Salam manis,



tha_



20 komentar:

  1. Aku dapet 3 Dus masing-masing dus isi 3 pack.
    Itu dapet karena katanya aku kurang nutrisi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara dapetin nya gimana? aku selalu konsul di bidan swasta cuman di kasih vitamin biasa. baru tau ada biskuit itu. aku selama hamil berat badan malah turun terus :(

      Hapus
  2. Dalam 1 hari boleh nggak ya leboh dari 3 keping,soal nya enak

    BalasHapus
  3. Selain puskesmas dpt biskuit bgni dmn lgi

    BalasHapus
  4. Hamil pertama dulu q gk dapat padahal q kurus bgt hamil 9 bulan cuma 55kg pdahal tinggiku 155....skrg lagi mulai hamil kedua entah mw dikasih atau endak😅

    BalasHapus
  5. Kok tiap saya priksa ke puskesmas nggak pernah dikasih ya🙄

    BalasHapus
  6. Aku dapet dari temen tp belum nikah dulu, aku jujur aja doyan banget ya. Bener biskuit nya empuk, ga bikin mual, enak deh. Tp sekarang udah nikah dan lagi isi, ga dapet biskuit itu :( apa ga setiap daerah ya mom?

    BalasHapus
  7. Aku dapet 1 Dus isinya 4 pack 1 pack isinya 7 bungkus , bukan karena BBku kurang tapi karena HB ku kurang.Lumayan buat cemal cemil

    BalasHapus
  8. Saya mintak di puskesmas enggak di kasih dengan alasan khusus untuk ibu2 yang kurang gizi.

    BalasHapus
  9. saya dpt biskuit ini dr bidan ,krn saya kurng gizi,,bb ku cuman 35 kg,makanya aq d kasih bidan nya.doain ya teman2 smoga bb ku bisa ideal.aamiin

    BalasHapus
  10. Saya sdh prnah mendapatkannya 3kali 3 Dus,, satu Dusnya berisi 7 pack masing² pack berisi 3keping biscuit,,
    Makanan tambahan ini kami dapatkan setelah selesai mengukuti kelas BUMIL selama 3 periode dengan 4 materi yg kami dapat, pastinya sangat membantu sekali program ini untuk kami terutama ibu² hamil, apalagi setelah selesai materi kami dibekali selain ilmu juga biscuit makanan tambahan ini, rasanya sanaga luar biasa, mungkin karena MT ini khusus utk bumil dan tdk diperjual belikan jadi kandungan nutrisinya Juga di buat sedemikian rupa dan cukup bagus untuk ibu hamil dan janinnya, terimaksih team GASURKES kelurahan karanganyar Semarang, salam sehat selalu

    BalasHapus
  11. Saya pengen banget dapat biskuit, tapo ndak dapat-dapat, siapa yang dapat aq minta dong

    BalasHapus
  12. Ready ni biskuit nya

    089651943497

    BalasHapus
  13. Saya dapat biskuit itu di puskesmas waktu saya hamil. Dan skrg saya sedang menyusui dan bb saya menurun drastis. Untuk menambah bb saya, Bolehkah mkn biskuit itu?

    BalasHapus
  14. Sekarang lagi hamil 28 weeka terus pengen banget makan biskuit MT Bumil ini, cuma blum kesampaian

    BalasHapus
  15. boleh gak sih makan biskuit MT sama vitamin kehamilan dikonsumsi barengan

    BalasHapus
  16. Kata istri enak banget.klau beli di super market merk nya apa ya??

    BalasHapus
  17. Enakk... aq suka. Krn suami kerja d puskesmas. Dapat nya pas mau brojol. 😁 Telat. Gpp lah yg penting ada nyicipp...

    BalasHapus
  18. Cara dapetin gimana daerah sini gk ada

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca ^^
Tolong berkomentar dengan sopan yaaa... Maaf kalau ada yang belum terjawab :*