10 Juli 2019

Tak Perlu Pikir Panjang untuk Lasik




Operasi LASIK merupakan salah satu operasi yang sedang trend saat ini. Banyak penderita gangguan penglihatan seperti rabun jauh, rabun dekat, hingga silindris yang memilih tindakan ini untuk mengembalikan kesehatan matanya.

Namun, bagi sebagian orang, LASIK justru dikenal sebagai operasi yang mahal. Kenapa? Karena, biayanya yang bisa mencapai puluhan juta. Tapi, perlu kalian tahu kalau anggapan ini enggak sepenuhnya benar, lho.

Mahal? Bisa Jadi!
Operasi LASIK memang tergolong mahal. Tapi, sebetulnya ini kembali lagi ke kalian. Sebagian mungkin akan merasa mahal dan sebagian akan merasa harga yang dipatok untuk operasi tersebut termasuk pas.

Sebab, dibanding di luar negeri, rata-rata operasi LASIK di tanah air masih ramah di kantong. Biaya puluhan juta tersebut sudah mencakup keseluruhan. Mulai dari biaya konsultasi awal saat kamu ingin tahu kondisi kesehatan matamu, mengetahui apa saja yang menjadi masalah dan solusinya, biaya operasi, dan biaya pemulihan serta penyembuhan pasca operasinya.

Sedangkan di luar negeri, biaya puluhan juta ini hanya biaya operasinya saja. Selain biaya tambahan untuk proses pemeriksaan dan pasca operasi, untuk operasi di luar negeri juga membutuhkan biaya akomodasi yang lebih besar.

Jadi, kenapa harus jauh-jauh operasi LASIK ke luar negeri?

Lagi pula, karena sekarang ini LASIK sudah trend dan banyak ditawarkan oleh klinik mata di tanah air, maka biaya yang ditawarkan pun semakin beragam. Tinggal kita pintar-pintar saja memilih promo terbaik yang ditawarkan tersebut.

Sakit Gak Sih?
Ini nih yang selalu menjadi permasalahan para pasien ketika memutuskan LASIK. Bahkan, masalah biaya pun dikesampingkan.
Lasik merupakan singkatan Laser Assisted In-Situ Keratomileusis. Dari kepanjangannya tentu kita tahu bahwa operasi ini berkaitan dengan laser.  Karena menggunakan laser, operasi LASIK jauh lebih nyaman bagi pasien. Operasi akan berlangsung cepat dan tanpa rasa sakit.

Laser yang digunakan dalam LASIK dinamakan laser excimer. Laser tersebut akan bekerja secara tepat ke kornea mata pasien. Berkat perkembangan teknologi, cara kerja ini juga didukung dengan tingkat akurasi tinggi. Sehingga, segala resiko bisa diminimalisir.
Selama ini tidak pernah terjadi angka kebutaan yang terjadi karena LASIK, bukan hanya di Indonesia, tapi di seluruh dunia.
Namun memang untuk pasca operasinya, LASIK masih memiliki kemungkinan menimbulkan efek samping bagi pasien. Kemungkinan ini juga dalam presentase yang rendah dan bersifat ringan yang tidak perlu kamu takutkan. Misalnya, mata terasa kering. Efek samping ini dapat diatasi dengan mudah dengan obat tetes mata.

Apakah Lasik Bisa Gagal?
Resiko pada sebuah tindakan operasi salah satunya adalah kegagalan. Namun, jika melihat data yang ada, kegagalan LASIK bukanlah jenis kegagalan yang dapat membahayakan. Kegagalan operasi LASIK bisa dibilang cenderung ke hasil yang didapat tidak maksimal.

Misalnya, dari minus 12, setelah LASIK, berkurang jadi minus 2. Ini bisa disebut kegagalan, karena tujuan utama LASIK sendiri adalah melepaskan seseorang dari ketergantungan terhadap alat bantu baca. Kalau masih minus 2, berarti kan percuma dong LASIK?

Bisa dibilang, selain karena kondisi medis, resiko seperti itu bergantung juga pada tenaga medis yang menangani operasi kalian. Kalau tenaga medisnya sudah berpengalaman, ditambah lagi didukung oleh peralatan berteknologi canggih, maka semakin rendah risiko kegagalan.

Lagipula, LASIK bisa dibilang terhitung sebagai operasi kecil. Bahkan, LASIK hanya akan memakan waktu sekitar 10-20 menitan saja di dalam ruang operasi.

Nah, kalau kalian tidak mau ragu-ragu lagi dalam menyetujui prosedur operasi LASIK, coba kalian pilih operasi LASIK di KMN EyeCare atau dulu disebut sebagai Klinik Mata Nusantara. Di KMN EyeCare, kalian bisa melakukan pemeriksaan dan konsultasi terlebih dahulu untuk mengetahui permasalahan penglihatan yang kalian alami.
KMN EyeCare telah mendapat 98% tingkat kepuasan dari para pasiennya, termasuk para arits. Artinya, di KMN EyeCare kalian akan menemukan pengalaman terbaik dalam setiap prosesnya. Baik dari segi pelayanan maupun tim dokter yang menangani proses pemeriksaan dan operasi nanti.

Btw, di KMN EyeCare juga banyak promo, lho! Khusus untuk LASIK, harganya jadi lebih terjangkau, Rp 27juta untuk kedua mata sudah termasuk biaya pemeriksaan. Cocok untuk kamu yang selama ini menunda LASIK gara-gara kemahalan.

Kalau bingung, KMN EyeCare menyediakan hotline untuk konsultasi secara online terlebih dahulu, melalui sosial media dan websitenya. Sedangkan bagi kalian yang penasaran dan ingin datang langsung ke kliniknya, kalian bisa mengunjungi KMN EyeCare yang terdapat di Jakarta maupun Semarang.

43 komentar:

  1. info bagus nih mbak buat teman saya, ijin share ya mbak, karena teman saya minus 18 mau lasik masih ragu2 :)

    BalasHapus
  2. aku kepingin banget deh ini, tapi memang masih maju mundur karena soal biaya itu... 27 Juta sudah termasuk pemeriksaan dan untuk kedua mata memang sebenarnya sudah pas sih biaya segitu. Mungkin dicoba2 dulu deh konsultasi langsung ke KMN EyeCare biar lebih jelas.

    BalasHapus
  3. Nabung dulu nih saya kalau harganya segitu. Kepikiran banget sih sama LASIK. Terutama untuk anak saya yang laki-laki. Di keluarga, dia yang minusnya paling tinggi. Jadi saya udah menekankan banget ke dia jangan sampai nambah lagi minusnya.

    BalasHapus
  4. Sempat terpikir buat LASIK tapi saya masih nyaman berkacamata, meski kadang serem juga sih karena tiap tahun pasti minus mata naik. Untung masih minus kecil, hanya minus 2 saja sekarang, jadi kayaknya belum terlalu urgent

    BalasHapus
  5. PSempet kepikiran pengen lasik sih, tapi nanti dulu setelah ikhtiar anak berikutnya dijeda dari yang skrg masih baby, hehe. KArena kan lahiran bisa nambah minus katanya ya Mak, plus aku kadang jadi main hp di kegelapan sambil nyusuin, hehe. Sudah pernah lasik juga ya Mak?

    BalasHapus
  6. Kudu spare budget lumayan juga ya kalo mau Lasik.
    Semoga ALLAH limpahkan rezeki untuk yg mau lasik
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  7. Baru tahu singkatan Lasik :Laser Assisted In-Situ Keratomileusis
    .katanya ummi mertua sih ngga sakit tapi dalam tiga hari dia matanya diperban supaya ngga terlalu mikir aja sih, takut kena debu atau gatal diucek ucek gitu

    BalasHapus
  8. Aku prnh kepikiran buat lasik krn mata udh silinder dan ngak nyaman kl pakai kacamata atau lensa kontak. Jadi makin mengukuhkn hati buat segera lasik nih habis baca tulisanmu mbak.

    BalasHapus
  9. proses lasik sekarang lebih nyaman berkat teknologi yang kian canggih. Trus prosesnya pun cepat dengan masa pemulihan yang terbilang cepat juga

    BalasHapus
  10. Aku masih maju mundur mba.. soalnya minusku pun udah tinggi, minus 8. Memang ada kekhawatiran kalau menyangkut operasi mata yaa

    BalasHapus
  11. Wah, setelah LASIK insya Allah mata kembali normal ya, sekarang tak ragu lagi untuk ambil tindakan, teknologinya aman ya

    BalasHapus
  12. Oh anggapan LASIK gagal itu jika dari minus 12, setelah LASIK, berkurang jadi minus 2. Sebab tujuan utama LASIK sendiri adalah melepaskan seseorang dari ketergantungan terhadap alat bantu baca. I see

    BalasHapus
  13. biaya..ini sih yg mungkin bikin lasik belum terlalu populer ya. tapi buat yang minusnya sangat tinggi bisa juga diusahakan pake bangeet

    BalasHapus
  14. lasik nih udah banyak orang tahu, tapi karena biayanya yang mahal makanya gak jadi pilihan utama, masih banyak yang memilih pakai kacamata atau softlens bagi yang matanya minus. oiya setahu aq katanya lasik hanya untuk menghilangkan minus pada mata yah dan kalau mata silinder ini gak bisa di lasik, bener gak sih ?

    BalasHapus
  15. Minusku juga sudah tinggi banget niih..
    Tapi takut saat pasca lasik, malahan...

    Denger-denger, pantangannya banyak yaa...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi bisa jadi salah satu pilihan yaa..
      Bahwa mata sehat tanpa pakai kaca mata bukan hanya impian lagi.
      Sekarang ada pilihan untuk operasi LASIK.

      Hapus
  16. Jadi nambah info nih tentang lasik. Ternyata ga sakit sama sekali yah malah proses operasi nya jg cepet hehe.

    BalasHapus
  17. Lumayan juga ya mak harganya, tapi sebandinglah dengan hasilnya, apalagi memakai kacamata terutama untuk anak-anak membuat kurang nyaman, pengalaman keponakan saya yang sejak SD memakai kacamata. Apalagi proses operasinya juga cepat dan bisa mengurangi mata minus lumayan banyak.

    BalasHapus
  18. Lasik ini sebenernya sudah teknologi lama, tetapi sepertinya selalu diperbahrui, kayanya semakin aman ya, gak takut lagi..

    BalasHapus
  19. Akupun juga pengen operasi Lasik ini, minusku 5. Tapi ya mikirin biaya itu...

    BalasHapus
  20. Ku masih maju mundur buat lasik ini, tapi udah bosan juga pakai kacamata, dan nggak mau pakai softlens. Baca review ini, jadi pengen nerusin nabung buat lasik.

    BalasHapus
  21. Harga di KMN Eye Care terjangkau banget mba untuk LASIK nya. Benar ya daripada ke Luar Negeri, bisa kok LASIK di Indonesia

    BalasHapus
  22. Duh, aku nih masih pikir panjang untuk LASIK anak sulungku. Kepengen dia bisa normal tanpa kacamata atau lensa kontak. Tapi bayanginnya ngeri. :D

    BalasHapus
  23. hubby ku juga minus nih jadi pengen juga aku minta lasik , biar terbebas dari kacamata yaa, soalnya sia tu pelupa, sering banget ilang kacamata huhu

    BalasHapus
  24. lasik bolehnya untuk usia berapa ya? ponakanku masih SD tapi kacamatanya tebel nih. Apa boleh buat anak-anak?

    BalasHapus
  25. Temenku minusnya udah gede banget, dia bilang dia sudah konsultasi ke dokter, dan untuk LASIK untuk kasus dia, ada risiko buta l, bener nggak sih kalau gitu?

    BalasHapus
  26. Wah mahal ya, gak bisa pake BPJS juga hehe. Tapi memang mencegah lebih baik daripada mengobati,

    BalasHapus
  27. Kayaknya lasik emang skrng makin modern dan gak sakit jg efeknya hampir gk ada, cuma mungkin bikin sakit dompet hehe. Buat yg minus tinggi kyknya nih cocok apalagi yg udah pusing banget pakai kacamata ya

    BalasHapus
  28. Sepupuku dulu mau lasik tapi masih maju-mundur, mbak. Rada-rada ragu gitu. Wah, postingannya bermanfaat banget nih mbak biar dia baca-baca.

    BalasHapus
  29. Aku mau lasik ga jadi terus haha, takut. Tapi setelah baca postingan ini jadi mikir lagi buat lasik hehe soalnya males pake kaca mata terus.

    BalasHapus
  30. Wah lasik yaaa kayak nya aku perlu juga lasik .mata Ku lumayan rabun jauh . tap i sekarang lasik katanya gak sakit Dan enak juga yaaaa ,aku mau konsultasi ah Nanti

    BalasHapus
  31. Ak berdoa dan udah dikit2 ngilangin hbit yg menjadi penyebab nambahnya minus mataku ini. Masih ga sanggup kalo harus lasik :'(

    BalasHapus
  32. Sering dengar ttg operasi laser utk mata yg mengalami minus parah. Ternyata istilahnya LASIK ya mbak.

    BalasHapus
  33. Aku baru tau loh mba tentang Lasik ini.. makasih mba infonya

    BalasHapus
  34. Pengen nyobain lasik juga karna aku terlalu tergantung ama kacamata dan ini nggak asik :(

    BalasHapus
  35. Ini nih yang masih ditakutkan banyak orang ya. Takut LASIK itu sakit. Padahal relatif ya. Asal inget aja manfaatnya. Pasti lewat deh sakitnya

    BalasHapus
  36. Aku penasaran deh jadinya kalau opeasi lasik itu kita dibius total apa enggak ya? Keluargaku minusnya tinggi tinggi banget pengen kusaranin operasi lasik ini. Akupun juga bermata minus nih

    BalasHapus
  37. Lasik memang berguna banget buat yang punya rabun cukup besar, di keluarga saya sendiri ada 3 orang yang operasi lasik dan memang membantu sekali jadi nggak perlu pakai kaca mata lagi setelah operasi. Katanya pemandangan jadi jauh lebih cerah setelah lasik :D hehehehe.

    BalasHapus
  38. Pernah konsultasi soal lasik ini, tidak disarankan untuk mereka yang sudah usia 35 ke atas, karena biasanya minus akan berubah menjadi plus karena faktor usia. Bener nggak sih kayak gitu?

    BalasHapus
  39. Sy belum tertarik lasik lbh krn biayanya mba hahah...teman sma ada yg lasik abis kurleb 20 jt. Emang sih jd praktis ya ga ribet pake kacamata

    BalasHapus
  40. Waah operasi Lasik ternyata hampir sama dengan biaya lahiran Cesar di kelas 1 ya. Tadinya mau, tapi jadi mikir-mikir lagi....

    BalasHapus
  41. Pernah nanya tentang lasik ini, sebaiknya di usia sebelum 30 tahun kata dokternya.

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca ^^
Tolong berkomentar dengan sopan yaaa... Maaf kalau ada yang belum terjawab :*