25 Agustus 2019

5 Tips Manjur Dalam Membeli  Mobil Baru


Mobil pribadi murah semisal harga terios sendiri dapat didapatkan dengan 2 alternatif, yakni mobil baru dan mobil bekas. Memang betul tidak tidak banyak yang lebih suka mengerjakan pembelian mobil baru karena kualitasnya yang tentu terjamin dan meminimalisasi penipuan. Tetapi kelemahannya tentu harganya yang jauh lebih mahal daripada mobil bekas.


Tetapi tidak semua paham soal mobil dan salah mengerjakan pembelian mobilnya. Akhirnya, tidak bisa ganti karena saat dijual harganya sudah turun jauh. Jika Anda juga seorang pemula dalam mengerjakan pembelian mobil baru, jangan khawatir. Melalui artikel ini, bakal diserahkan sejumlah tips manjur dalam mengerjakan pembelian mobil baru guna pemula.

  • Konsumsi Bahan Bakar (Irit atau Tidaknya Mobil)
Jujur saja deh, tentu bahan bakar menjadi salah satu beban utama dalam memiliki kendaraan. Bagaimana tidak? Biaya bahan bakar semakin lama semakin naik, ditambah dengan macetnya jalan akhir-akhir ini, tentunya pemakaian bahan bakar pun semakin boros.

Dengan demikian, penting untuk mengecek konsumsi bahan bakar sebuah mobil sebelum Anda memutuskan untuk membelinya.
Memang betul sih sebuah mobil dengan tenaga besar pasti membutuhkan bahan bakar yang lebih tidak tidak banyak juga, tetapi cek kembali kebutuhan Anda. Jangan sampai Anda salah pilih mobil bertenaga super padahal kebutuhan tenaga tidak terlalu dibutuhkan.



  • Memilih Desain yang Baik

Selain dari segi fungsinya, mobil juga harus indah dipandang. Namun biasanya selera orang tentang kendaraan memang berbeda-beda. Ada yang menyukai tipe elegan dan mewah, ada juga yang menyukai desain imut dan compact.

Bagi anda yang masih bingung dengan kendaraan seperti apa yang sesuai untuk Anda, sebaiknya tanyakan kembali tipe orang seperti apa Anda. Pertimbangkan juga ya desain mobil yang dipilih cukup umum, supaya lantas dapat dipasarkan lagi dengan harga yang cukup tinggi.



  • Teliti dalam Memilih Kendaraan

Banyak orang berlalu dengan mobil yang salah karena tidak teliti mengecek spesifikasinya. Biasanya pemula dalam mengerjakan pembelian mobil hanya mengecek body dan mesin, atau mungkin hanya tergiur harga yang murah. Padahal, biasanya harga menjadi salah satu indikator kualitas yang cukup kuat.

Nah, untuk mencegahnya, berikut sebanyak tips dalam memilih kendaraan:
• Pilih yang jenisnya sesuai kebutuhan (city car, SUV, family car, dan lain-lain)
• Seperti apa spesifikasi dan kualitasnya? Apakah baru launching atau sudah terbukti kualitasnya di pasaran?
• Apakah harganya cocok dengan kualitasnya? Apa ada opsi lain yang lebih sepadan?
• Apa harganya sesuai dengan keterampilan keuangan Anda?
• Perhatikan pun ongkos service dan spare parts-nya, pajak, dan lainnya

Jangan sampai kecerobohan membuat penyesalan besar guna Anda, karena harga mobil tidaklah murah. Setidaknya dibutuhkan ratusan juta rupiah untuk jenis kendaraan yang satu ini.



  • Bagi Siapa Kendaraan Ditujukan?

Pertanyaan kedua yang perlu Anda tanyakan pada diri sendiri sebelum memutuskan memilih sebuah mobil merupakan “Untuk siapa kendaraan tersebut ditujukan?” Misalnya saja, bila Anda masih single tentunya membutuhkan kendaraan yang berbeda dengan mereka yang sudah berumah tangga. Sebagai contoh mobil keluarga biasanya berukuran lebih luas.



  • Utamakan Keamanan dan Kenyamanannya

Jika kita memiliki sebuah keluarga, tentu kendaraan bukan hanya sebatas melindungi diri dari hujan dan terik matahari. Kendaraan yang dipilih haruslah terbukti keamanan dan kenyamanannya. Sebagai contoh, mobil harus bisa mengakomodasi jumlah penumpang dan barang bawaan yang biasa dibawa.

Beberapa ciri utama dari kendaraan multi fungsi yang tidak jarang dijadikan mobil keluarga antara lain sebagai berikut:
• Kapasitas penumpang besar
• Ukuran kabin luas
• Nyaman, aman, dan fungsional guna keluarga
• Adanya fitur entertainment (radio atau TV) untuk buah hati Anda

22 komentar:

  1. Nah!
    Kudu di-share nih, artikel penting semacam ini.
    Apalagi buat Bapak2 yg doyan otomotif
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  2. Kalau aku biasanya lihat dulu uangnya, hahahahaa... Ini paling penting, habis itu cek ricek deh mana yang lebih hemat, sparepartnya gampang dan yang pasti kudu mobil keluarga banget yang bisa ngankut bebawaan banyak.

    BalasHapus
  3. Iya, betul. Kayak saya saat ini kayaknya butuh mobil yang lebih besar. Sebetulnya supaya kalau jalan-jalan ke luar kota lebih nyaman aja karena anak-anak udah besar. Kalau jalan-jalan di dalam kota, sekarang mulai sering naik transportasi umum

    BalasHapus
  4. Aku juga mikirnya budgetnya dulu nih...lalu kebutuhan...yang lain menyesuaikan..hehe dan emang harus hati2 kalo pilih mobil nih...

    BalasHapus
  5. Poin2 yg disampaikan memang sangat penting untuk dipertimbangkan dalam memilih mobil ya

    BalasHapus
  6. Salah satu check list kl beli mobil itu, yang irit bahan bakar hahaha. Desain juga harus oke sih. Jadi sebisa mungkin kalo cari mobil harus banyak tanya, biar nggak asal kebeli. Nanti nyesel

    BalasHapus
  7. mantap ini tipsnya, kalau saya pertimbangannya irit bahan bakar dan nyaman. Soalnya anak-anak itu kalau kena ac mobil bisa mabuk, jadi mobilnya harus nyaman.

    BalasHapus
  8. Hihi iya, pertimbangannya selain harga biasanya memang irit atau ngganya bensin, terus modelnya juga dan reputasi brandnya, takut susah diservis dll

    BalasHapus
  9. Sepakat banget kalau harus teliti terlebih dahulu sebelum membeli mobil baru. Jangan sampai malah merugi nantinya :)

    BalasHapus
  10. Mobil harus bisa mengakomodasi jumlah penumpang dan barang bawaan yang biasa dibawa. Ini prioritas aku dan suami saat memilih kendaraan pribadi, sesudah budget tentunya. Karena mikir bisa dipakai mudik dan ajakin Ortu dan Mertua. Maka pilihnya ya mobil keluarga.

    BalasHapus
  11. Semua hak di atas memang perlu dipertimbangkan yah mba, apalagi kepada siapa mobil itu ditujukan, yah kalau ntuk keluarga mestinya beli mobil yang family friendly juga

    BalasHapus
  12. aku butuh baca artikel ini mba, pengen ganti mobil juga, supaya gak sering mogok, hihihi. maklum mobil tua sih. nice tips mba

    BalasHapus
  13. Kalau saya suka dengan jenis mobil SUV dengan desain yang macho dan sporty. Karena memang hobbynya bertualang ke alam bebas, jadi kalau menggunakan mobil kayak begini rasanya lega dan gagah banget. Haha.

    BalasHapus
  14. Pilih yang berbahan akar irit penting banget ini mbak, jadi gak boros & pengeluaran gak tekor ya. Sama satu lagi pajaknya juga diperhatikan kalau sampai kemahalan banget beban eh itu sih buat aku hihihi

    BalasHapus
  15. Yup betul irit bahan bkar iu penting banget ya zaman skrng, biar pengeluaran buat mobil gak gede2 jg :D
    Penasaran pasaran Terios yang baru berapaan ya mbak? :D

    BalasHapus
  16. Bener kak nyaman no1 Dan harga juga pasti.. alhamdulillah nih awet punya Mobil adikku pakai terios udah cukup lama mba

    BalasHapus
  17. Awalnya happy banget mobil ada TV nya, lama-lama lelah mamak kalau anak-anak mulai berisiik rebutan.
    Hahha...mendingan dengerin radio aja yaak...uda paling aman.

    BalasHapus
  18. Mbak, sampai sekarang saya belum punya mobil karena masih mempertimbangkan mending sewa atau beli. Apa punya artikel tentang itu?

    BalasHapus
  19. Iya mbak, membeli mobil baru itu emang gampang gampang susah, aku juga memilih untuk keperluan keluarga, bukan sebab disainnya aja yang kece, syukur kalau semua itu ada semua di mobil baru tesebut dan terutama, harganya juga ahahha bsebanding gak sama budget.

    BalasHapus
  20. Saya kalau punya mobil penginnya yang gede karena keluarga besar. Tapi mesti nggak irit ya, Mak, hehehe. Tapi beli mobil itu ya jodoh-jodohan kok. Meskipun katanya murah kalau blm jodoh ya nggak kebeli-kebeli. Kayak aku, hahaha.

    BalasHapus
  21. Saya sama kayak Mak Helena. Kalau dihitung-hitung, sepertinya lebih bisa berhemat kalau sewa. Apalagi sekarang transportasi online juga melimpah.

    Cuma memang, kalau pergi berhari-hari, berasa banget borosnya. Hihi..

    BalasHapus
  22. Aku awam banget mbak soal mobil. Yang kutahu cuma nyaman dikendarai ga, sama harganya gimana, hiks. Kudu belajar bener, atau bawa orang yg paham saat mau beli mobil

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca ^^
Tolong berkomentar dengan sopan yaaa... Maaf kalau ada yang belum terjawab :*