Categories

07 Januari 2021

6 Alasan yang Membuktikan Pentingnya Asuransi Kesehatan di Tengah Pandemi

 

Saat ini, total kasus Covid-19 di Indonesia hampir menyentuh 500 ribu dengan total yang meninggal dunia lebih dari 14 ribu orang. Sedihnya, kasus ini tidak menunjukkan tanda-tanda akan turun, malah rata-rata kasus baru berada di 2-4 ribu per hari. Untuk saat seperti ini, asuransi kesehatan bisa menjadi pahlawan. 

Deloitte menyatakan banyak orang mulai merasakan manfaat memiliki asuransi kesehatan. Hal itu dibuktikan dengan semakin meningkatnya jumlah peserta asuransi di Amerika Serikat, dan pasarnya diprediksi bakal terus merangkak naik sampai 2027 nanti. Kamu belum punya asuransi? Simak pentingnya asuransi kesehatan di tengah pandemi berikut.  

Menghemat pengeluaran

Tidak setiap hari pemerintah menyediakan tes swab atau rapid test gratis dan massal. Kebanyakan, masyarakat harus menyiapkannya secara mandiri. Tes mandiri ini bisa seharga Rp 300-700 ribu, lho! Tidak sedikit pula lembaga yang mewajibkan pesertanya tes berkali-kali. 

Sementara itu, biaya perawatan Covid-19 pun tidak bisa kamu remehkan. Beredar di media sosial, kalau biaya perawatan pasien terkena virus corona mencapai Rp 30 hingga 294 juta! Biaya sekali suntik obatnya bisa Rp 300-400 ribu, belum lagi pasien yang mempunyai penyakit bawaan seperti gagal ginjal, TBC, atau sakit jantung.

Nah, di sinilah asuransi kesehatan berperan. Kamu bisa mengajukan biaya tes laboratorium maupun perawatan inap pasien Covid-19. Perusahaan asuransi kesehatan akan menanggung biaya tagihan rumah sakit, apalagi untuk kamu yang apply asuransi kesehatan dengan sistem cashless. Kamu bahkan tidak perlu mengeluarkan uang sama sekali!

Maka dari itu, kalau kamu sedang cari asuransi untuk virus corona, pastikan asuransi kesehatan yang kamu pilih mempunyai jaminan untuk tes laboratorium dan cover tambahan virus COVID-19, ya.

Menjaga kesehatan fisik dan mental 

Peserta asuransi kesehatan akan selalu mendapat prioritas, terutama di rumah sakit rekanan. Kamu akan menerima fasilitas dan pelayanan kesehatan mumpuni, entah untuk tes laboratorium atau konsultasi virtual bersama dokter pilihan. Nah, privilege cek kesehatan rutin seperti ini kemungkinan besar tidak akan kamu dapatkan ketika tidak memiliki asuransi kesehatan. 

Agar lebih menyeluruh, ajukan asuransi kesehatan untuk keluarga. Kamu bisa memastikan tidak ada anggota keluarga yang positif karena pemeriksaan berkala dilakukan bersama. Selain itu, asuransi kesehatan keluarga lebih hemat daripada asuransi kesehatan individu karena kamu hanya membayar satu polis.

Kondisi kesehatan pun tidak hanya sekadar yang terlihat (fisik), melainkan juga kesehatan mental. Banyak artis sampai pekerja terdampak yang di-PHK bunuh diri karena stres, depresi dan cemas berlebihan. Kesehatan mental yang buruk malah bisa memperparah keadaan, lho! Dia bisa memunculkan berbagai penyakit semacam darah tinggi dan insomnia. 

Untuk mencegah hal ini terjadi, butuh terapi dari profesional yang bisa kamu dapatkan melalui asuransi kesehatan. Mereka akan membantumu melakukan stress management, mengelola emosi, bahkan memberikan pengobatan jika diperlukan. 

Meningkatkan awareness terhadap kesehatan

Setelah mengetahui jumlah tagihan rumah sakit untuk covid-19 di atas pun, kamu pasti berpikir sayang sekali uang yang kamu kumpulkan digunakan untuk diagnosis atau penyembuhan virus ini. Kamu pun menjadi lebih disiplin mengatur uang dan menyisihkannya untuk kebutuhan paling mendasar yaitu kesehatan. 

Biaya premi memang menambah pengeluaran, tapi itu lebih berharga daripada terlanjur positif tapi tidak memiliki jaminan sama sekali. Dengan mendaftar asuransi kesehatan, kamu bisa melindungi diri sendiri dan keluarga dari risiko yang muncul karena perusahaan asuransi kesehatan akan memberikan kompensasi.

Mencegah ketidakpastian risiko di masa depan

Masa depan adalah sebuah misteri bagi kita semua. Covid-19 bisa menyerang siapa saja tanpa memandang umur, jenis kelamin, maupun status sosial. Kamu juga tidak tahu apakah kondisi keuangan pribadi bakal makin sehat atau malah terkena dampak resesi, kan?

Dengan asuransi kesehatan, setidaknya kamu telah mendapatkan kepastian dan jaminan akan biaya kesehatan. Apalagi, biaya kseahatan akan makin tinggi. Ini dikarenakan orang-orang akan makin sadar tentang hal itu. Permintaan kebutuhan medis akan semakin melambung, yang berakibat pada naiknya harga dalam bidang medis, termasuk juga asuransi kesehatan.

Membuat perasaan lebih tenang 

Setelah mendapat kepastian dari asuransi kesehatan tersebut, kamu pastinya bakal lebih tenang, dong! Kamu jadi tidak terlalu stres dan panik ketika ada anggota keluarga yang terkena virus ini. Perusahaan asuransi kesehatan akan meng-cover biaya ratusan juta itu, dan pasien agar segera pulih karena mendapatkan prioritas sehingga cepat tertangani dengan pelayanan kesehatan terbaik.

Mempersiapkan warisan

Badan Penyedia Jaminan Sosial (BPJS) memang memberikan asuransi berbentuk JKN-KIS untuk meng-cover biaya beberapa jenis penyakit. Namun, hal itu tidaklah cukup kalau kamu mempunyai tanggungan anak atau pasangan. Bagaimana mereka bisa melanjutkan hidup jika tulang punggung keluarga terkena Covid-19 dan meninggal dunia?

Kabar baiknya, beberapa asuransi kesehatan telah dikombinasikan dengan asuransi jiwa. Jadi, jika yang tertanggung meninggal, pihak asuransi akan memberikan uang pertanggungan bagi pewaris. Santunan ini bisa digunakan untuk kelangsungan hidup keluarga yang ditinggal. 

Jadi, jangan sampai terlambat mendaftar asuransi kesehatan di tengah pandemi ini. Dapatkan proteksi menyeluruh produk asuransi kesehatan melalui https://www.cekaja.com/asuransi-kesehatan ! Mitra CekAja beragam sehingga bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan budget kamu. 

Salah satu fitur CekAja yang bisa memudahkanmu mengajukan asuransi kesehatan selama pandemi adalah kamu bisa mendaftar secara online. Selain itu, preminya juga bersahabat buat kamu yang penghasilannya terdampak corona. Premi setahun bisa hemat dua bulan, lho. Tunggu apa lagi? Ajukan asuransimu sekarang!

1 komentar :

  1. industri asuransi gesit menyesuaikan kebutuhan masyarakat saat ini ya. keren

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca ^^
Tolong berkomentar dengan sopan yaaa... Maaf kalau ada yang belum terjawab :*

Back to Top