Categories

26 Mei 2021

Cloud Kitchen! Solusi Cerdas Mulai Bisnis F&B

 

Bagi sebagian orang memulai bisnis F&B adalah hal yang sulit karena bisnis tersebut cukup rentan dan rumit apalagi pada bidang pengelolaan dapur. Ada banyak hal yang perlu dipikirkan terlebih jika bisnis tersebut baru berkembang sehingga membutuhkan tenaga ekstra. Namun kini tak perlu khawatir karena ada cloud kitchen sebagai solusi cerdas untuk membuka bisnis food delivery. 


Apa itu cloud kitchen dan bagaimana cara kerjanya?


Pengertian cloud kitchen

Cloud kitchen merupakan dapur yang bisa digunakan secara bersama-sama dimana ia berperan penting dalam bisnis F&B delivery. Dapur ini dirancang khusus untuk melayani kebutuhan delivery sehingga setiap bagian dapur memiliki bagian-bagian tersendiri dengan ukuran yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.


Uniknya, ia bukan hanya sebagai dapur biasa namun juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang mampu menunjang serta membantu operasional bisnis tersebut. Di era persaingan bisnis yang semakin ketat ini Anda perlu menggunakan cara yang praktis dan efektif agar brand F&B tersebut bisa menjangkau pasar semakin luas.


Menyewa cloud kitchen

Cara kerja membangun bisnis dengan cloud kitchen yang pertama yaitu Anda bisa menyewa kitchen cloud terlebih dahulu. Dalam satu transaksi tersebut Anda sudah mendapatkan peralatan standar yang umum dibutuhkan dalam berbisnis F&B. Setelah itu, Anda bisa menambahkan peralatan tambahan yang sekiranya belum ada dan dibutuhkan pada bisnis tersebut.


Dapur khusus pesanan layar antar ini memiliki desain yang pas sehingga para pekerja di dalamnya bisa bekerja dengan kondusif dan bekerja dengan cepat. Jika Anda sudah mengisi peralatan yang dibutuhkan maka tim akan mengurus kebutuhan untuk proses selanjutnya. 


Konsumen melakukan pesanan

Jika kebutuhan sudah diselesaikan dan semuanya siap, berikutnya yaitu melayani konsumen yang memesan makanan/minuman. Anda bisa memperoleh notifikasi pesanan dengan cepat melalui berbagai jenis aplikasi yang digunakan oleh konsumen. Notifikasi yang cepat dan akurat ini memungkinkan proses bisa ditangani tepat waktu.


Selain itu, proses pemesanan akan jauh lebih cepat karena ditangani oleh 1 atau 2 staff di dapur. Jumlah staff yang terbatas ini membuat pengerjaan menjadi lebih kondusif dan terorganisir karena masing-masing dari mereka diharuskan paham tanggung jawab pekerjaan masing-masing. Jadi bisa dikatakan bahwa dapur dan staff jumlah staff dapur dapat mempengaruhi kinerja suatu bisnis.


Tim memproses pesanan hingga sampai ke konsumen

Saat pesanan sudah selesai diproses dan siap untuk dikirim ke konsumen, tim cloud kitchen akan mengurus proses tersebut. Tim akan mengirim produk yang Anda jual ke mitra pesan antar terkait yang digunakan oleh konsumen untuk mengirimkan pesanan hingga sampai dengan selamat ke tangan konsumen.


Dengan memanfaatkan yang canggih dan modern, memungkinkan pesanan konsumen datang lebih cepat dan aman hingga tujuan. Dengan layanan cepat dan praktis tersebut pelanggan mendapatkan kepuasan dan Anda selaku pemilik bisnis bisa mendapatkan peningkatan pendapatan.


Bagaimana menarik bukan, memulai bisnis dengan menggunakan cloud kitchen? Dengan memanfaatkan dapur modern ini Anda turut mengikuti perkembangan bisnis F&B pesan antar agar bisa menjangkau pelanggan lebih luas, sebab ekspansi bisnis satu ini membuat produk tetap memiliki daya saing dan nilai jual tinggi. 


Jika Anda tertarik menggunakan cloud kitchen sebagai langkah awal merintis usaha bisa menggunakan everplate.co.id. Anda cukup membuat dan mempersiapkan pesanan dan tim akan mengurus hingga pesanan tersebut sampai ke tangan konsumen. 



Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca ^^
Tolong berkomentar dengan sopan yaaa... Maaf kalau ada yang belum terjawab :*

Back to Top