13 Februari 2019

Memulai Langkah Hebat dengan Investasi Aman di Modal Rakyat



Minggu lalu, saya dan Zril jalan-jalan ke sebuah pusat perbelanjaan. Seingat saya, tahun lalu tempat ini begitu ramai oleh pengunjung. Tak hanya itu, stand-nya juga penuh dan memiliki pernak-pernik unik yang menggambarkan usaha hingga menarik pengunjung untuk datang dan datang kembali. Namun ketika itu pemandangan berbeda yang saya dapat, banyak area yang kosong melompong. Terutama di bagian Hero Supermarket yang tak tampak lagi.

Saya bingung, “Ada apa? Mana mungkin perusahaan sebesar itu bisa gulung tikar?”


Tumbangnya Perusahaan Besar di Indonesia karena Masalah Modal Usaha

Sesampainya di rumah dan browsing sana-sini, tahulah saya bahwa memang benar perusahaan pusat ritel modern itu telah menanggung kerugian hingga Rp 163 miliar pada kuartal ketiga (akhir 2018). Hal ini karena penjualan makanan turun hingga 6 %, oleh karena banyaknya gerai yang tercatat tidak menghasilkan keuntungan lagi. Bila toko tidak ditutup maka akan menambah beban operasional karena akan butuh modal yang besar sedangkan kerugian sudah semakin besar. Itulah mengapa kemudian keputusan berat diambil, memutus kerja 532 karyawan yang bekerja di 26 toko yang tutup.

Keputusan ini tentu saja mengundang reaksi keras. Pada 11 Januari 2019 lalu sekitar 1000 buruh yang tergabung dalam Asosiasi Serikat Pekerja Indonesia (Aspek Indonesia) menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor pusat PT Hero Supermarket Tbk di Bintaro, Tangerang Selatan. Namun mau bagaimana lagi, ini demi efisiensi karena angka penjualan yang terus turun di tahun 2018. 

Beruntung bisnis non-makanan tetap menunjukkan pertumbuhan yang cukup kuat sehingga laju bisnis tetap berjalan. Meski berat menutup 26 toko dan melakukan Putus Hubungan Kerja (PHK) karyawan tapi ini semua agar tidak makin banyak lagi karyawan yang terdampak. Selain ritel yang terus mengalami tekanan, tidak hanya dari kompetitor retail namun juga dari online shop, kurangnya modal untuk ‘perputaran’ usaha menjadi alasan utama mengapa toko-toko terpaksa tutup.

Ternyata kasus serupa juga pernah terjadi pada gerai ritel modern Sevel atau 7-eleven yang bahkan sampai harus menutup seluruh operasionalnya di tahun 2017. Diikuti beberapa gerai Ramayana, walau kini mulai bangkit kembali. Memang benar, pemilik usaha besar pun bisa tumbang lantaran biaya operasional yang tinggi tidak sebanding dengan profit yang diterima. Selain itu adanya piutang macet juga bisa menjadi salah satu penyebab kegiatan operasional usaha jadi terhambat karena kekurangan modal usaha. 


Solusi Pengumpulan Modal Lewat Investasi Kaum Millenial

Kekurangan modal memang lumrah terjadi dalam dunia usaha. Solusinya dengan mengajukan permohonan kredit pada lembaga keuangan, mencari pendonor dana (permodalan dari luar), dan menutup atau menjual salah satu aset perusahaan. Sebenarnya alternatif termudah di era yang serba sosial media ini adalah dengan meminta bantuan permodalan dari luar. Caranya dengan menggandeng investor agar mau berinvestasi dalam bisnis. Tentunya dengan penawaran yang bagus, seperti dengan pembagian keuntungan bisnis.


Berkaca dari pepatah, “Sedikit demi sedikit, lama-lama jadi bukit” inilah yang membuat investasi sekecil apapun jadi begitu berarti. Bila dulunya kata ‘investasi’ lekat dengan pemberian modal yang cukup besar dan hanya bisa dilakukan oleh kaum borjuis, kini kaum millenial pun mampu melakukannya meski hanya memiliki modal minimum. Belajar berinvestasi jadi bisa dilakukan sedari dini. Awalnya memang bermodal puluhan ribu, namun makin lama tentu akan menanjak lagi.

Dengan membantu pemberian modal, kaum millenial bak pahlawan yang mampu mengurangi tingkat kejadian PHK. Secara tidak langsung juga membuat peluang usaha baru, karena investasi juga merupakan penanaman modal dengan harapan mendapatkan keuntungan di masa depan. Di samping itu, juga membantu pergerakan ekonomi Indonesia terus menanjak sehingga dapat pula meningkatkan kesejahteraan rakyat. Yakin deh #2019GantiNasib.

Kaum millenial yang lekat dengan hobinya ber-sosial media adalah penggerak teraktif dalam penggalangan dana untuk modal usaha. Apalagi apabila ada influencer yang mampu mengedukasi pentingnya investasi di era kini. Ditambah praktis dan mudahnya mendapat informasi mengenai mana investasi yang tepat menjadi keunggulan kaum millenial dalam hal ini. Namun jangan sampai kepraktisan berinvestasi mengenyampingkan keamanannya, lalu terjebak dalam investasi bodong.


Salah satu cara untuk berinvestasi dengan aman meski masih memiliki modal yang minimal adalah dengan investasi di Modal Rakyat. Ini adalah platform penyaluran modal ke dua segmen produktif, yakni segmen Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Kebetulan nih masih ada sekitar 57 juta UMKM yang butuh bantuan kita di akses pendanaan atau permodalan usaha. Bagi yang mau membantu investasi, ada penawaran keuntungan hingga 18% per tahunnya.


Keunggulan Modal Rakyat sebagai Tempat Memulai Langkah Hebat dalam Berinvestasi 

“Tapi kan gak tahu secara langsung bagaimana usahanya? Bagaimana bisa sepercaya itu memberi bantuan modal lewat investasi. Ingat, banyak usaha abal-abal di zaman sekarang!”

Rangkaian kalimat seperti di atas pasti terbesit saat pertama kali memulai investasi. Untuk itulah Modal Rakyat hadir dengan inovasi yang dikhususkan bagi kaum millenial. Di sini ada fitur streaming video seperti Instagram Televisi (IG TV) ataupun youtube sehingga kita bisa tahu seperti apa usaha yang dijalankan dan butuh bantuan dana tersebut.


Selain itu juga ada FactSheet yang berupa data dari UMKM. Dengan demikian arah investasi jadi lebih jelas dan detail. Nah untuk mengurangi resiko pendanaan, ada anggunan dan asuransi. Jadi tidak perlu ragu lagi untuk investasi. Senangnya lagi, platform ini juga membantu kita untuk lebih mengerti bisnis karena bisa mempelajari banyak informasi finansial, peluang investasi dan informasi umum lainnya seputar ekonomi.


Seperti yang sudah saya lakukan. Saya memilih peluang pendanaan pada PT Red dalam pembiayaan invoice pengadaan barang untuk payor prusahaan service pertambangan. Awalnya saya tidak mengerti usaha jenis apa yang dijalankan. Namun setelah menonton sampai habis video yang ditampilkan serta FactSheet dan surat perjanjian Modal Rakyat dengan pendana, saya memantapkan diri untuk menginvestasikan Rp 25.000,-. Apalagi tenornya 90 hari dengan bunga efektif 15%. Tertulis jelas bagaimana proyeksi pengembalian di jatuh tempo 13 Mei 2019.



Modal Rakyat telah terdaftar dalam Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Selain itu untuk membuktikan kepatuhan terhadap peraturan POJK Nomor 77/POJK.01/2016, Modal Rakyat juga telah memiliki ISO 27001. Ini adalah salah satu standar terbaik yang telah diterapkan pada bank-bank ternama. Tidak mudah untuk mendapatkannya karena ada audit bertahap selama berbulan-bulan, dan Modal Rakyat dapat membuktikan standar tinggi dalam mengelola risiko keamanan informasi dalam penjagaan data pengguna dan data perusahaan.

Jangan mau kalah dengan saya, ya. Yuk jadi kaum millenial yang keren dengan memulai langkah hebat ikut bantu UMKM yang kesulitan mengakses modal untuk kembangkan usaha mereka! Selain investasi yang menjanjikan dan pasti aman, bergabung dengan Modal Rakyat juga turut berkontribusi terhadap pertumbuhan perekonomian negara kita. Klik di sini : bit.ly/linkmodalrakyat untuk memulai berkenalan dengan Modal Rakyat.


39 komentar:

  1. wah seru banget ya mbak modal rakyat ini. Selain bisa membantu UMKM kita juga bisa berinvestasi. Emang anak milenial harus banget deh paham investasi uang. Karena investasi fisik kayak rumah dan tanah sekarang udah susah banget

    BalasHapus
  2. Wah bisa jadi alternatif berbisnis ini ya mbak, investasi. Apalagi ini utk permodalan UMKM jadi pastinya bermanfaat ��

    BalasHapus
  3. Banyak juga loh janji2 investasi yang ujung-ujungnya ternyata abal-abal. Memang kita harus jeli dalam hal ini, amannya cari yang sudah terdaftar di OJK dan terbukti aman seperti Modal Rakyat ini, ya.

    BalasHapus
  4. Aku baru tahu Modal Rakyat ini. Sekarang kita kudu melek soal investasi dan yang kaya gini bantu banget UMKM. Apalagi sudah terdaftar OJK

    BalasHapus
  5. Baru ngeh kalau Modal rakyat itu konsepnya modalin UMKM sebagai bentuk investasi.. saya pikir tadinya bentuk pinjaman online gitu.. Tapi namanya investasi seperti ini pasti ada risk ya, jadi kita juga harus benar - benar jeli melihat usaha mana yang terlihat menjanjikan.. supaya nggak rugi juga

    BalasHapus
  6. wah ada yes investasi kek gini saya taunya investasi emas batangan, dinar, dirham atau reksa dana wkwkwk. makasih mba sharingnya jadi nambah ilmu mengenai investasi nih.

    BalasHapus
  7. Modal rakyat itu punya kekuatan yang melebihi siapapun, bila dikelola dengan bijak

    BalasHapus
  8. toko obatku dulu tutup krna biaya operasional yg tll besar :D
    boleh nih modal rakyat diulik kalo pas mau buka usaha lagi. makasi infonya ya mba

    BalasHapus
  9. oh namanya produknya Modal Rakyat ya mba. jadi uangnya diputering buat modal UMKM sebagai bentuk investasi gitu?

    BalasHapus
  10. Hmmm. Akhir2 ini jadi bahasal mulu Modal Rakyat. Saya jadi...

    BalasHapus
  11. Investasi sekaligus bantu UMKM ini ya jadinya. Bagus idenya ya, saling mendukung jadinya

    BalasHapus
  12. Wah bagus nih ada modal rakyat, bisa untuk modal usaha pengusaha pemula ya....
    Makasih infonya mbak..

    BalasHapus
  13. Klobterdaftar di OJK sudah pasti aman ya Mak? Wah keren ini solusi untuk UMKM. Makasih infonya Mak.

    BalasHapus
  14. Iya ya.. Byk perusahaan besar tumbang gegara masalah modal usaha. Susah mmg memutar masalah ini. Aku baru tau loh ttg Modal Rakyat ini. Bagus deh buat membantu UMKM ya mba..

    BalasHapus
  15. Ini paket komplit investasi ya..Modal Rakyat pasti bisa menjadi salah satu solusi tentang modal yang seringkali membatasi kreasi para pelaku usaha khusunya pemula.

    BalasHapus
  16. Keren juga ya bisa ikut investasi Modal Rakyat seperti ini. Bagus nih bisa bantuin UMKM untuk modal usaha agar bisa berkembang lebih besar

    BalasHapus
  17. Kemajuan teknologi bila disikapi dengan cerdas memang dapat menjadi peluang usaha yang luar biasa. Salah satunya dengan Modal Rakyat ini.

    BalasHapus
  18. Akhirnya ada salah satu solusi permodalan yang aman yah buat para penggiat UMKM yaitu Modal Rakyat. Seneng mbak bisa tau info seperti ini

    BalasHapus
  19. oh ini P2P lending? Apa ada jaminan dari modal rakyat mengenai pengembalian dana bila salah satu pihak wanprestasi?

    BalasHapus
  20. Pas banget ini aku tuh lagi berencana bahwa tahun 2019 ini kudu punya usaha. Apalagi mengingat peluang usaha makanan dan minuman masih menjadi andalan.

    BalasHapus
  21. Dulunya Hero Supermarket terkenal banget ya mbak, di tempatku juga udah tutup semua nih Hero.
    Kekurangan modal juga terjadi di industri kecil ya, dengan adanya permohonan modal bisa membantu banget para UMKM yang ada di Indonesia supaya bisnisnya tambah maju lagi.

    BalasHapus
  22. Hoalah kayak gini bisa dibilang invest juga ya mbak? Ini berarti aman ya?
    Trus ternyata jadi pendana gak perlu nominal besar ya? Tetep bisa yg dari recehan juga.

    Menarik juga nih

    BalasHapus
  23. Wah baru tau aku ada modal rakyat biasanya kalo infestasi beli saham aja aku mba

    BalasHapus
  24. Salah satu jenis investasi syariah ini yaa...
    Daripada invest ke perusahaan asing (saham), begini jauh lebih baik dan berkah.

    BalasHapus
  25. Waduh baru banget nih aku tahu. Harus baca pelan-pelan biar paham. Terima kasih infonya.

    BalasHapus
  26. Pengetahuan baru nih buatku. Setauku selama ini kita bisa investasi reksa dana ya lewat para manajer investasi yg selama ini sudah populer. Ternyata lewat Modal Rakyat juga bisa ya. Plus bantu UMKM juga.

    BalasHapus
  27. Wah, baru tahu tentang Modal Rakyat ini. Bisa jadi alternatif untuk investasi nih..tfs...

    BalasHapus
  28. Modal rakyat ini aman kan Mbak?
    Makin banyak jalan buat investasi jadinya...

    BalasHapus
  29. Saya masih trauma soal "per-uang-an", karena bukan lagi investasi, tapi tabungan pendidikan anak-anak yang tidak bisa kembali, duh, masih kepikiran rasanya...
    Semoga Modal Rakyat ini aman ya, Mbak.

    BalasHapus
  30. Wah info investasi model milenial. Cb saya bacs2 dulu y mb. Mksh sharingnya.

    BalasHapus
  31. Informasi menarik nih ttg modal rakyat, memang di era ini harus pintar2 berinvestasi...terjaga keamanannya. Makasih infonya mb

    BalasHapus
  32. nice informasi ... terima kasih infonya mbak ...

    BalasHapus
  33. Baru tau ada investasi mudah macam Modal Rakyat ini. Dengan modal terbatas pun kita masih bisa ya bantu UMKM, gak selalu harus dengan dana yg besar.

    BalasHapus
  34. Saya baru tahu investasi ini. Semoga sukses ya mbak. Semua pilihan akan menghasilkan apabila dijalani dg tekun dan serius

    BalasHapus
  35. Baru tahu tentang Modal Rakyat, nih. Penting banget generasi milenial Dan generasi Z melek tentang investasi ya. Makasih infonya

    BalasHapus
  36. Semoga bisa tepat sasaran dan membantu UMKM supaya bisa terus eksist dan bertumbuh ya mba.

    BalasHapus
  37. Kenal supermarket itu sejak aku kecil ya HERO sedih sekarang akhirnya tumbang juga :(

    btw modal rakyat ini aman ya mba terawasi OJK dan bisa memodali UMKM

    BalasHapus
  38. Saya juga baru tahu ada program Modal Rakyat begini dan kayaknya juga menjanjikan, saya baru ikut investasi macam BukaEmas di BukaLapak begitu..

    BalasHapus
  39. aku mau coba jd pemberi modal deh. prnh diceritain temen ttg platform ini. cm kemarin2 itu aku memang baru tertarik dgrin dulu. semakin banyak baca ttg ini, jd pgn daftar sih ;)

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca ^^
Tolong berkomentar dengan sopan yaaa... Maaf kalau ada yang belum terjawab :*