16 Februari 2019

Paxel, sang Jasa Pengiriman Beretika yang Sigap Antarkan Kebaikan



Paket!”

Satu kata yang diteriakkan nyaring ini selalu membuat hati buncah bahagia. Lekas saya membuka pintu dan menyambut ‘Mas Kurir’, demikian saya menyebut sang pengantar barang, dengan senyum merekah. Paketan yang datang bukan hanya berupa barang belanjaan online, seringkali malah hadiah dari kuis yang saya ikuti di media sosial. Dulu semasa saya masih dijuluki ‘Ratu Kuis’, hampir setiap hari beragam ekspedisi pengiriman mampir ke rumah mengantar hadiah. Kini sudah tak seberapa, hanya beberapa kali saja dalam sebulan. Alhamdulillah, masih dapat berkah gratisan. Hehe.

Karena banyaknya ekspedisi pengiriman yang langsung berhubungan dengan saya inilah, yang membuat jadi pintar memilah mana jasa kirim paket terbaik.  Tidak hanya di proses pengirimannya, namun juga cara menyampaikannya pada alamat tujuan. Meski terdengar sepele, sesungguhnya lontaran ujaran, “Paket!” yang begitu keras di siang hari itu cukup mengganggu. Meski mungkin karena Mas Kurir terburu-buru akan antar ke alamat tujuan lainnya, bagi yang tak biasa berhadapan dengannya akan langsung mencap, “Gak sopan!”


Perlunya Etika dan Sikap Sopan Santun dalam Bekerja
Temans, ada yang tahu PMP tidak? Ini singkatan dari Pendidikan Moral Pancasila, sebuah mata pelajaran di bangku sekolah sebelum Pendidikan Kewarganegaraan muncul. Saat sekolah bukan saya yang mendapatkan mata pelajaran PMP karena nama dan kurikulumnya berganti, melainkan kakak-kakak sepupu. Dari mereka saya mendapat buku-bukunya dan mempelajarinya sendiri. Dan mungkin karena itulah sampai sekarang saya memegang prinsip untuk selalu beretika dan bertingkah sopan.

Misalnya mengetuk pintu dan ucapkan salam tanpa terlalu kencang karena dikhawatirkan mengganggu. Bila tidak jua dibuka, langsung hubungi lewat telepon dan mengabarkan bahwa sudah ada di depan rumah. Cara ini lebih praktis daripada mengetuk pintu keras-keras, berteriak, mengintip ke dalam rumah dan memutari rumah mencari keberadaan sang empunya rumah. Juga berusaha selalu mengucapkan 3 kata ajaib; maaf bila memiliki salah, tolong bila meminta bantuan, dan terima kasih bila merasa telah terbantu.

Saya pikir, bila kita semua punya prinsip demikian pasti dunia akan jauh lebih indah. Terutama dalam bekerja, tidak peduli profesi apa yang disandang tapi bila berhadapan dengan orang lain dan mampu bersikap baik maka segalanya jadi lebih berkesan. Termasuk pada kurir ekspedisi pengiriman. Andai sikapnya memiliki etika yang baik, tentu pihak pengirim dan penerima paket kiriman akan senang. Mereka tidak akan memiliki rasa kapok dan kembali memakai jasa pengiriman tersebut.

Sayangnya mungkin karena pendidikan para Mas Kurir kurang sehingga belum mengerti tentang pentingnya etika dan sopan santun, profesi ini kemudian dipandang sebelah mata. Mereka diremehkan karena dianggap kerjanya hanya antar-antar barang. Padahal sesungguhnya justru karena pekerjaan mereka demikian, merekalah pahlawan di bidang jasa pengiriman.

Andai mereka tak ada, siapa yang bisa mendatangkan tas-tas keren dari Batam lalu menjualnya lagi di wilayah Jawa? Andai mereka tak ada, siapa yang mengirimkan kerupuk Palembang langsung ke rumah saya di Sidoarjo? Andai mereka tak ada, siapa yang antarkan hadiah-hadiah saya dari menang kuis? Merekalah sang pembawa kebahagiaan, karena pihak penerima menantikannya dengan gembira.


Berkenalan dengan Paxel yang bisa #AntarkanKebaikan
Temans, pada Kamis, 14 Februari 201g lalu, saya menghadiri Paxel Opening Surabaya di Satu Atap Co-working Surabaya. Mungkin ada yang belum mengenal Paxel, ya. Dengan tagline Make First Move, jasa pengiriman ini berprinsip untuk menjadi yang pertama melayani, berkontribusi, memberikan solusi dan mengerti kebutuhan kita dalam bidang layanan jasa pengiriman. Asal katanya dari akronim Pax yakni packages or people dan El yakni acc[el]erate or begin tomove quickly. Maksudnya Paxel ini menjadi paket barang yang cepat ‘bergerak’ atau sampai di tempat tujuan.

Mas Kurir di Paxel dipangggil dengan sebutan Happiness Hero. Kerjanya mengirim barang dengan baik dan penuh perhatian,tidak sembarangan main lempar karena tahu apa yang dibawanya adalah amanah. Hero ingin konsumennya senang, dengan niat mengantarkan kebaikan dengan servis yang memuaskan. Itulah mengapa di Paxel apabila barang kiriman sampai melebihi jadwal, maka ongkos pembayaran akan dikembaikan ke saldo Paxel. Pun bila barang rusak, akan ada kompensasinya.

Untuk bisa menggunakan Paxel, kita harus mengunduh aplikasinya terlebih dahulu. Nah pada kode refferal, masukkan : arthaamalia dan dapatkan saldo Rp 100.000,-. Saldo Paxel ini bisa langsung kita gunakan untuk kirim paket. Tujuan Paxel memberikan saldo sebesar itu agar kita yang mengunduh dan menggunakannya bisa mulai ikut bantu antarkan kebaikan dengan modal saldo yang dipunya. Karena kebaikan itu sifatnya menyebar, kalau kita baik maka orang lain akan baik dan ikut menyebarluaskan kebaikan tersebut ke orang lainnya lagi.



Keunggulan Paxel dibandingkan Jasa Pengiriman lainnya
1. Sameday Service
Yap, Temans tidak salah baca. Paxel memberi batas  jam sampai untuk pick up sebelum jam 1 siang. Solusi nih untuk order frozen food. Bila biasanya kita diribetkan aturan ini itu saat menggunakan logistik lainnya, di Paxel malah bisa banget. Karena prinsipnya sameday, bisa delivery frozen food tidak akan rusak, kan. Hebatnya lagi, bila kiriman terlambat diantar karena faktor kendala di jalan,saldonya akan dikembalikan oleh Paxel.

2. Your Package, Your Rules
Dulu semasa saya masih jualan online, saya pernah memakai jasa logistik lain yang jam pengambilan barang oleh Mas Kurir bisa saya tentukan sendiri. Sayangnya opsi terbatas dan terkadang tidak diambil sesuai jadwal. Parahnya Mas Kurir pernah muncul tiba-tiba, tanpa pemberitahuan eh sudah ada di depan pintu. Padahal saya sedang tidak ada di rumah.

Hal ini tidak akan terjadi bila pakai Paxel. Ada opsi kapan mau kiriman barang bisa diambil Hero. Mau hari ini jam  pagi atau besok jam 6 sore, bisa diatur lewat penjadwalan. Nanti juga ada notifikasi bahwa Hero sedang ada di jalan menuju tempat pengambilan paketan. Bisa dilacak via google map, loh. Semua jeas dan rinci di aplikasi Paxel. Selain itu, biasanya Hero juga akan telepon dulu untuk memastikan apakah kiriman sudah siap diambil.

Begitupun untuk jadwal sampainya. Memang secara otomatis akan sampai sebelum  jam. Namun bila penerima sedang tidak ada di rumah, pengirim bisa menjadwalkan kembali. Tidak ada batas sampai kapan, asal ada kabar mau dikirim ke penerima seminggu lagi pun tidak masalah. Hero juga akan menelepon sang penerima, bertanya apakah bisa menerima kiriman sesuai jadwal. Apabila tidak bisa, maka bisa dijadwalkan kembali.

Seperti apa yang saya alami. Saya yang kebetulan ada di area jangkauan Paxel di Surabaya, mengirim surat untuk Alex, teman saya di Jakarta pada Kamis jam 4 sore. Karena sudah lebih jam 1 siang, maka sameday tidak bisa dipakai. Jadilah saya jadwalkan dikirim ke alamat Jakarta pada Jumat jam  malam. Ternyata saat ditelepon Hero, Alex bilang bahwa dia tidak ada di alamat tujuan hingga Senin. Hero lalu bertanya apa bisa Senin saja diantar, dan Alex setuju. Ah senangnya. Dengan demikian bisa dipastikan menggunakan Paxel, semua kiriman akan sampai pada tujuan.

3. Pick Up and Smart Loacker
Karena menggunakan penjadwalan yang sistematis, pengambilan kiriman barang oleh Hero Paxel tidak akan terlambat. Pun karena selalu ada pemberitahuan di aplikasi, jadi lebih mudah untuk bertemu dengan Hero. Dengan sapa dan salam, Hero yang menemui saya memperkenalkan dirinya. Lalu saya memberikan surat yang hendak diantar, Hero sigap melakukan pengukuran untuk memastikan memang masuk dalam small size sesuai besar paket yang saya pilih di aplikasi.


Setelah itu, Hero mengecek kembali alamat dan mencetak label alamat memakai alatnya yang tergantung di pinggang. Kemudian Hero meminta izin bolehkan surat tersebut dilapisi dengan plastik Paxel agar jauh lebih aman dan terjaga dari air dan kelembaban lainnya. Saya pun setuju, lalu surat dibungkus plastik ungu. Sebuah alat kembali dikeluarkan, kali ini fungsinya untuk meminta tanda tangan saya. Lalu saya juga difoto, memastikan benar saya yang mengirim beserta surat yang dikirim. Wah … transparan sekali prosesnya. Setelah mengucap terima kasih, Hero pergi. Saya lalu memantau status kiriman lewat aplikasi.

Tidak hanya foto pengirimnya, di aplikasi Hero juga ada foto siapa penerima kiriman beserta tanda tangan. Ini yang saya alami saat mengirim paket baju untuk Om yang beralamat di Kota Surabaya. Dengan cara ini jadi tidka bingung lagi pada siapa paketan diterima. Menyenangkan sekali ya memakai Paxel. Dan kalaupun penerima di alamat tujuan tidak ada, akan disimpan di loker Paxel. Dijamin tidak akan hilang dan pasti sampai ke penerima.

Demikian pengalaman seru saya memakai Paxel. Sama sekali tidak ada ruginya. Apalagi pihak Paxel begitu terbuka dan mau menghubungi terlebih dahulu untuk memastikan pengiriman apabila ada gangguan. Seperti apa yang saya alami saat mengirim surat ke Jakarta, pihak Paxel menelepon apakah tidak apa-apa sampainya lebih dari  jam karena sudah melebihi jam pick up, yakni lewat jam 1 siang. Mereka juga meminta maaf duluan karena kiriman juga tidak bisa sampai sesuai jadwal karena penerima surat saya sedang tidak ada di alamat tujuan.

Ah senangnya sudah mengenal Paxel, sang Jasa Pengiriman Beretika yang Sigap Antarkan Kebaikan.



47 komentar:

  1. Yayayaya kurir is a hero ya.. dan hero happiness kalo di Paxel. Emang menbahagiakan kedatangannya.. hahah. . Semoga semakin banyak konsumen yang merasakan jasa Paxel ini yaa

    BalasHapus
  2. Makin enak ya sekarang mbak kalau mau kirim pakai ada jasa sameday service dan dijemput ke rumah dengan tarif flat kaya Paxel ini. Aku pernah lho kirim koper segala :)

    BalasHapus
  3. Sejak pindah, syaa suka kepikiran mau kirim apa gitu buat orang tua. Enak kalau udah ada Paxel. Bisa kirim dengan cept dan waktunya lebih jelas

    BalasHapus
  4. Yang saya suka dari Paxel adalah packingnya yang terapi dan petugasnya atau sang Hero yang super ramah n santun

    BalasHapus
  5. Wuihh mantepp emang Paxel ni... Ramah pula kurirnya yak

    BalasHapus
  6. wah Paxel ada di Surabaya juga ya? Baru tau nih aku, padahal dulu sempet meeting sama orang Paxel di kantor lama.

    BalasHapus
  7. Makin gak sabaran nih nunggu area rumahku tercover layanan Paxel. Mau kirim2 barang gak perlu repot lagi

    BalasHapus
  8. Aku juga merasakan kebaikan mas Paxel saat nyobain kirim paket kapan hari.
    Pas dia datang ambil barang, kebetulan barangnya belum siap. Belum dibungkus. Aku jadi merasa bersalah kan ke masnya itu.
    Eh mas heronya malah bilang tak apa2 bu nanti kami bantukan bungkus jika memungkinkan. Aaahh senangnya pake Paxel.

    BalasHapus
  9. belum pernah kedatangan dan pake paxel. mau coba juga ah. tapi ngirim apa ke siapa ya hihihi

    BalasHapus
  10. Paxel ni enak bgt lho, aku nyoba pake ini pas temen kirim barang. Eeh lebih murah dan cepet sampenya, karena jarak rumah sebenerna ga jauh2 bgt. Tapi kalo pake ojek online lebih mihils.

    BalasHapus
  11. Paxel emang keren ya. Bukan cuma antar paket tapi juga antarkan kebaikan ��

    BalasHapus
  12. Memang pas Paxel ini mottonya #AntarkanKebaikan ya..layanan baik harga pun menarik. Jadi pengin coba pakai jasa pengiriman ini saya :)

    BalasHapus
  13. Enak ya mau kirim paket nggak usah keluar rumah lagi, kena panas hujan dan mungkin juga macet.

    BalasHapus
  14. Pengen banget nyobain kirim paket pake Paxel, sayangnya di Salatiga belum ada.
    Kalau toko-toko online gitu udah ada yang pake Paxel belum ya, mba?

    BalasHapus
  15. Buat para kurir time is money yaa mbak, makanya kadang mereka teriak2 bahkan ketok pintu lumayan keras he he he. Aku jadi penasaran sama service sameday, bisa untuk kirim makanan dong ya kalau sameday. Sayangnya di Makassar belum ada, pengen banget pesen mpek-empek dan baso aci karena di sini susah nyarinya. wkwk mon maap malah bahas makanan ��.

    BalasHapus
  16. Aku suka pakai paxel, happiness Hero nya sopan dan ramah, semoga makin luas jangkauannya seluruh Indonesia ya..

    BalasHapus
  17. Di hari yang sama pada saat mengirimkan barang, paket bisa diterima oleh si tujuan penerima. Cepat dan memuaskan kalau begini. Terus kalau orangnya gak ada bisa janjian di hari apa buat nganter, kan asyik gitu.

    Semoga di kota yang tinggal segera ada jangkaun paxel. Bisa mendukung yang jualan online agar pengiriman barang tidak tertunda.

    BalasHapus
  18. Paxel filosofinya manteb djiwa banget yak
    BarokAllah.... senang kalo ada bisnis kayak gini
    Kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com

    BalasHapus
  19. Antar kebaikan dengan Paxel sangat terbantu banget. Saya sering pake Paxel.

    BalasHapus
  20. Aku dah pernah makai paxel tapi msh kirim sesamaa Jakarta aja, sejauh ini memuaskan. Pengen jg nyoba ngirim ke luar kota gtu mbak. Keren ya inovasinya mengantarkan barang dengan cepat :D

    BalasHapus
  21. Aku tetap menanti kehadiran Paxel di Batam, semoga lekas hadir. Nggak sabar ingin segera mencoba layanannya.

    BalasHapus
  22. Semoga bisa segera mengepakkan sayap paxel, bisa menjangkau seluruh Indonesia.

    BalasHapus
  23. Kalau paling senang kalau orang dateng kerumah sambil teriak "pakeeetttt!!!" Btw sekarang semenjak ada Paxel ini jadi mempermudah sekali kita untuk pengiriman ya. Tinggal duduk cantik dirumah, sambil nunggu si abang Paxel dateng buat pick up paketnya. Dan yang paling yahud itu bisa sehari sampai tanpa rasa khawatir bakal delay.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dalam seminggu ini teringat sudah 4x pakai si Paxel untuk pengiriman barang. Dan sekarang kadang kalau pesan barang online via instagram suka bilang sama yang mau ngirim suruh pakai Paxel

      Hapus
  24. yang menarik dari Paxel ini program sameday-nya ya mbak. kalau kirim-kirim makanan yang basah begitu, bakal tertarik saya pakai Paxel. Karena kan pasti ngga awet kalau dikirim berhari-hari.

    BalasHapus
  25. Aku belum berhasil kirim paket dari Surabaya ke Bandung.
    Kalau dari Bandung ke Bandung, alhamdulillah uda pernah.

    Penasaran.
    Tetep sameday service gak...?

    BalasHapus
  26. Kalau petugasnya sopan dan beretika, kita juga senang menggunakan jasa pengirimannya ya, Mbak.

    BalasHapus
  27. Ternyata layanan Paxel beda ya, kirain sama dg yg udah ada. Semangat kebaikannya semoga membawa berkah

    BalasHapus
  28. Wah startup yang penuh inovasi ya

    BalasHapus
  29. Cekatan banget kurirnya ya Mbak. Aku mau dong kopiku diantar sama Paxel biar pelanggan setia ga lama nunggu. Moga segera masuk ke Lamongan. Keren!

    BalasHapus
  30. Sudah berapa kali pakai paxel,kurirnya baik dan sopan. Sampai kita ga repot packing, ga repot nulis alamat

    BalasHapus
  31. Terima kasih atas reviewnya kak 🙏

    BalasHapus
  32. Yang bikin aku suka sama paxel, layanannya cepat dan aman. Kurirnya juga ramah-ramah. Packingnya rapi

    Hanya sayang belum bisa ngirim jauh-jauh yang beda pulau. Mudah2an nanti bisa deh

    BalasHapus
  33. Semoga Paxel segera bisa diakses di Cianjur. Iya saat ini belum sampai nih.

    Kalau saya yg suka antusias itu anak. Setiap ada klakson sepeda motor langsung teriak hore si aa paket Bu... Katanya

    Hihi ... Semua senang terbyata kalau ada pakéan itu ya

    BalasHapus
  34. Aku blom prnha coba kirim paket pakai Paxel. Wah, bisa jadi alternatif pengiriman barang neh kebetulan saya jualan online juga hehehhe.

    BalasHapus
  35. Mantap nih Paxel udah nyampe Surabaya. Saya sudah pernah nyobain kirim paket pakai Paxel, puasss banget.

    BalasHapus
  36. Belum pernah nyobain paxel padahal aku di Jakarta, ini udah nyampe Surabaya ternyata. Cepet ga sih pakai paxel ini kalau buat kirim barang?

    BalasHapus
  37. Kemarin daku pas nginep padahal sesama jakarta, karena inget masih punya saldo dan memang males pulang berat-berat, jadilah barang-barangku di paket kan paxel aja, hihi, sameday dan bermanfaat buat daku

    BalasHapus
  38. Enak kalau Paxel ini udah ada di semua kota ya? Jdnya lbh hemat waktu buat pengiriman paketnya.
    Ini jg sangat membantu OS khususnya yg jualan makanan supaya bis akirim lbh cepat dagangannya ke pelanggan :D

    BalasHapus
  39. Aku udah nyoba Paxel buat olshop preloved aku mba. Dan emang recomended sih buat yg sering terburu-buru ngirimnya kayak aku ini haha. Langsung cepat sampai, beda beberapa jam doang. Masih d jabodetabek sih

    BalasHapus
  40. Kayaknya udah dua bulan ini deh, aku jadi percaya banget kalau kirim atau jemput barang pakai Paxel. Nyampenya hari itu juga, dan iya Mas Kurirnya sopan dan Profesional. Kalaupun misal ada keterlambatan sekian jam, pasti minta ma'af, biasanya karena hujan dan itu dapat dimaklumi apalagi belakangan memang lagi sering hujan yang ada angin kencangnya. Love Paxel deh.

    BalasHapus
  41. Wuah..bagus yaa inovasinya Paxel ini. Kayaknya saya harus segera undul aplikasinya nih. Eh tapi di Lombok layanannya udah ada belum ya?

    BalasHapus
  42. Kalau mau kirim-kiriman makanan ke orang tua atau sebaliknya, pakai Paxel kayaknya tepat, ya. Aman dan cepat

    BalasHapus
  43. Pacel udah terpercaya nih, pengiriman cepat dan harganya ga mahal juga ya

    BalasHapus
  44. Aku pengguna paxel juga nih, dan sangat tertolong banget pas ngirim barang berharga dan waktu pengirimanya juga tergolong cepat.

    BalasHapus
  45. Kalau di Tangsel mau pakai Paxel di daerah mana ya Mba?

    BalasHapus
  46. Belum pernah dapat paket dari Paxel sih, penasaran aja aku, review-nya pada cakep-cakep. Kayaknya ini terobosan banget di dunia ekspedisi.

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca ^^
Tolong berkomentar dengan sopan yaaa... Maaf kalau ada yang belum terjawab :*