18 Mei 2019

Beberapa Tips Untuk Mendapatkan Barang Murah



Mengurangi pengeluaran memang paling sulit, apalagi menjelang hari-hari besar. Seperti ebaran, misalnya, banyak sekali toko yang menjual produknya dengan harga khusus diskon lebaran. Tetapi berhemat ialah salah satu penyokong utama untuk mempersehat kondisi finansial Anda. Salah satu teknik untuk mengurangi pengeluaran ialah dengan mengurangi belanja. 

Jika kita merasa memang perlu berbelanja, ada sejumlah hal utama yang mesti diperhatikan sebelum berbelanja:
· Mempertimbangkan ulang perlu/tidaknya kita untuk melakukan pembelian barang tersebut.
· Ingat lagi apakah barang itu memang benar-benar diperlukan, atau bisa menunjang sumber pemasukkan kita atau tidak.
· Metode pembayaran yang bakal digunakan: tunai atau kredit. Jika memakai pinjaman, apakah kita akan dapat melunasi angsuran tersebut di hari selanjutnya.

Jika Anda merasa perlu untuk melakukan pembelian suatu barang, pastikan Anda dapat mendapatkan harga murah teruntuk jenis produk atau layanan yang serupa. Semakin budget bisa ditekan, maka kondisi finansial akan lebih cepat membaik. 

Berikut terdapat dua tipe melakukan pembelian barang yang dapat Anda kerjakan untuk menemukan harga murah:
1. Beli Barang secara Online
Sadar atau tidak, biasanya barang yang dipasarkan secara online dapat jadi lebih murah daripada di toko konvensional. Hal ini dikarenakan semua penjual tidak lagi harus mengeluarkan ongkos operasional untuk mencarter tempat penjualan. Cobalah tetap mencocokkan harga di toko biasa dengan dagangan yang dipasarkan secara online melalui sejumlah cara misalnya:
Mengecek Harga di Beberapa Portal Jual Beli
Cek harga barang sebelum kita berbelanja di portal-portal jual beli. Biasanya beragam sekali penjual yang memasarkan barang dagangannya dengan harga yang bersaing. Namun perhatikan pula kualitas penjaja tersebut, carilah penjaja yang telah mendapat pembahasan baik dari semua pembeli sebelumnya guna menghindari penipuan.
Setelah mendapatkani harga yang sesuai di satu toko, tidak boleh lupa untuk tetap mencocokkannya di portal jual beli lainnya. Lihat pula apakah di portal kompetitor ada potongan harga atau promo yang dapat Anda manfaatkan guna mendapatkan barang dengan harga yang lebih murah. Contoh website yang dapat Anda kunjungi: Tokopedia, Zalora, Elevenia, Lazada, BukaLapak, OLX, dan masih beragam lagi.
Mengecek Harga melewati #hashtag di Instagram
Jika kita mempunyai akun Instagram, kita dapat memakai akun media sosial. Metode ini bagus guna berbelanja. Instagram sekarang dimanfaatkan oleh semua pebisnis online guna menjualkan barangnya secara murah, di samping karena beragam pilihan, harga yang kompetitif, Anda pun tidak butuh repot-repot pergi ke toko. Anda bisa membuka akun media sosial yang notabene diakses nyaris setiap hari guna berbelanja.
Caranya dengan mengetik keyword tertentu di menu search hashtag Instagram. Misalnya Anda hendak mencari kacamata hitam merk Ray Ban, Anda dapat memasukkan keyword berupa #KacamataRayBan #KacamataHitamRayban #KacamataRayBanOri #KacamataHitamRayBanOri, berkreasilah dalam memakai kata kunci, sebab dari situ Anda dapat mendapatkan beragam pilihan. Setelah gambar-gambar produk tampil, Anda dapat mengklik satu per satu untuk memeriksa harga produk yang tercantum di caption, atau menghubungi penjaja untuk menanyakan harganya.
Saat mengklik gambar-gambar tersebut, Anda bakal terhubung pada toko. Klik tombol follow andai akun itu dikunci. Jika akun tidak terkunci, Anda bisa langsung menyaksikan barang-barang yang dijual. Selanjutnya, bila hendak melihat dagangan yang ditawarkan oleh kompetitor toko tersebut, lihatlah Suggested Profile. Cara untuk menyaksikan Suggested User: pilih tombol kecil di samping tombol follow.
Jika memang penjaja berada di lokasi berbeda, misalnya andai Anda bermukim di Tangerang dan toko penjaja di lokasi Jakarta, maka lebih baik memakai jasa pengiriman saja. Selain tepat guna secara bahan bakar, Anda pun dapat lebih tepat guna secara waktu. Di samping itu, andai Anda memerlukan barang itu dengan segera, maka manfaatkan saja jasa kurir ojek yang sedang populer layaknya layanan Instant Courier dari Go-Jek, Grab Express, maupun Deliveree.

2. Beli Barang Langsung di Tempatnya
Beli barang langsung di tempatnya supaya mendapatkan harga lebih murah. Ada sejumlah jenis barang yang memang lebih baik dibeli langsung, walaupun barang tersebut tersedia secara online. Supaya menambahkan rasa percaya terhadap kualitas sebuah barang terkadang pembeli memang perlu menyaksikan dan mencobanya secara langsung. Satu-satunya teknik untuk menanggulangi hal ini hanya dengan teknik tradisional yakni pergi ke toko secara langsung.
Misalnya ketika Anda hendak membeli tas carrier (tas gunung), lebih baik jika Anda mencoba sendiri bagaimana kerangka tas di punggung Anda, dan bagaimana kenyamanan tas itu saat dipenuhi oleh beban berat. Anda mesti mencobanya sendiri untuk memahami ukuran serta jenis rangka tas yang tepat guna punggung Anda, karena setiap orang memiliki keperluan yang berbeda.
Untuk menemukan harga yang lebih murah saat melakukan pembelian barang langsung di tempat, kita dapat menggunakan proses tawar-menawar. Tentunya guna menawar harga, Anda mesti mempunyai bakat untuk mengerjakan proses ini supaya mendapatkan harga yang sesuai.
Saran lainnya ialah dengan selalu melirik barang di pusat penjualan supaya mendapat potongan lebih murah. Carilah smartphone di ITC Roxy Mas, barang elektronik di lokasi Glodok, atau kain di Pasar Mayestik/Pasar Baru, dsb. Selain guna mendapat opsi yang lebih banyak, seringkali penjual berlomba dengan sesama kompetitornya, maka seringkali harga yang mereka tawarkan juga lebih menarik. Jangan lupa guna mengelilingi lokasi terlebih dahulu untuk mengerjakan riset kecil-kecilan sebelum memutuskan melakukan pembelian barang di toko tertentu.

Tips Tambahan Agar Mendapatkan Harga yang Lebih Murah
Manfaatkan Kupon Online
Beberapa produk seringkali memberikan promo eksklusif yang dipasarkan dalam format kupon, yang butuh Anda lakukan ialah berlangganan portal-portal promo diskon layaknya Groupon (dulu mempunyai nama Disdus), Living Social (dulu mempunyai nama Deal Keren), OgahRugi. Situs-situs tersebut seringkali menjual kupon potongan harga sampai-sampai Anda dapat hemat hingga separuh harga untuk sebuah produk/layanan tertentu.
Manfaatkan Promo Kartu Kredit
Cara lainnya ialah dengan memanfaatkan promo kartu kredit, promosi yang diberikan dapat berupa beli 1 gratis 1, atau potongan tambahan andai melakukan transaksi dengan kartu kredit, dll. Namun tetap ingat bahwa barang semurah apapun bakal tetap terasa mahal andai kita tidak membutuhkannya. Misalnya, andai ada promo kartu kredit berupa potongan sampai 50% guna penghangat ruangan, maka bakal tetap terasa mahal. Pada permasalahan ini, Anda bakal tetap dirugikan karena (Indonesia ialah negara tropis, sampai-sampai tidak membutuhkan penghangat ruangan. Maka dari itu, Anda mesti dapat memakai kartu kredit dengan lebih bijak supaya setiap pembelanjaan tetap tepat guna.
Berbelanja di Bazaar atau Pameran
Belanjalah di bazar atau pameran guna mendapatkan harga lebih murah. Salah satu pilihan yang dapat dilakukan andai ingin melakukan pembelian barang dengan lebih murah ialah dengan mendatangi bazaar atau pameran yang sedang berlangsung. Saat ini telah terdapat beragam jenis pameran yang eksklusif memamerkan produk yang kita cari.
Misalnya saja pameran mobil di GIIAS atau IIMS guna kendaraan bermotor, Astrindo Travel Fair atau Garuda Travel Fair guna Anda yang sedang mencari tiket-tiket pesawat dengan harga miring. Jika Anda memerlukan pameran yang dipenuhi oleh beragam produk, kita dapat mendatangi pameran layaknya Pekan Raya Jakarta pada bulan-bulan tertentu. Pameran-pameran biasanya dilangsungkan 2-4 minggu, dan pastinya Anda memiliki peluang besar guna mendapatkan barang yang lebih murah.
Pertimbangkan Membeli Barang Bekas
Ini ialah salah satu urusan yang butuh Anda pertimbangkan. Mendapatkan barang dengan kualitas yang bagus tidak hanya harus dengan barang baru. Jika kita memiliki kemampuan finansial terbatas, tidak terdapat salahnya untuk melakukan pembelian barang bekas. Tidak jarang barang bekas yang masih bagus dan pantas dipakai, untuk melakukan pembelian mobil atau motor misalnya, kita dapat memakai portal jual beli mobil & motor bekas layaknya Mobil88, Otomart, Mobil123, dan website lainnya. Tidak melulu kendaraan bermotor, untuk barang umum lainnya juga dapat ditemukan di portal-portal yang disebutkan di atas layaknya Tokopedia, OLX, Lazada ataupun memakai hashtag di Instagram (bisa dengan menambahkan kata ‘preloved’ atau ‘bekas’ dalam hashtag).
Jangan Terburu-buru dalam Membeli
Salah satu penyebab seseorang tidak menemukan harga murah saat melakukan pembelian barang ialah karena terburu-buru dalam menyimpulkan untuk melakukan pembelian suatu barang. Apalagi ketika Anda telah mempunyai uang yang dikumpulkan, dan rasanya hendak langsung cepat-cepat melakukan pembelian barang tersebut.
Padahal dalam melakukan pembelian sebuah barang dibutuhkan kesabaran yang lumayan tinggi. Jangan ragu guna membanding-bandingkan harga antar online dan di toko asli. Pastikan Anda mencocokkan antara satu toko dengan toko lainnya, begitupun dalam toko online. Saat Anda terlampau terburu-buru seringkali Anda tidak sempat mencocokkan harga.
Pertimbangkanlah dengan matang apakah kita benar-benar perlu melakukan pembelian suatu barang, karena sepandai apapun keterampilan Anda dalam menemukan barang murah, barang/layanan yang kita beli bakal tetap terasa mahal bilamana barang itu tidak kita perlukan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca ^^
Tolong berkomentar dengan sopan yaaa... Maaf kalau ada yang belum terjawab :*