24 Mei 2019

Resep Mudah Takjil Sate Bola Pukis Kacang Skippy ala IbunZril




BuuIbuu,
Bagaimana puasanya? Alhamdulillah separuh Ramadhan sudah kita lampaui yah. Melewati bulan suci bersama keluarga sungguh menyenangkan. Apalagi peran kita sebagai istri dan ibu, jadi yang nomor satu.

Bagaimana tidak penting kalau sebagai perempuan, tugasnya menyiapkan menu sahur dan buka puasa. Tentunya sesuai dengan kesukaan seluruh anggota keluarga, agar puasa makin lancar dan bermakna. Banyak perempuan yang lebih suka membeli makanan di luar, lebih praktis. Tapi ada juga yang suka mengolah sendiri, lebih hemat.

Mengolah makanan sendiri untuk sahur dan buka puasa itu sensasi bahagianya lain bila makanan ludes tak tersisa. Sungguh bahagia luar biasa. Namun tetap harus pandai memilah mana menu yang dibuat, terlebih untuk buka puasa. Sajian buka puasa tidak hanya manis, tapi juga yang bisa kembalikan stamina setelah seharian berpuasa.

Untuk takjil buka puasa, saya seringnya membuat sendiri di rumah. Biasanya yang mudah saja, yaitu gorengan. Namun kalau kebanyakan makan pisang goreng, singkong goreng, tahu isi dan teman-temannya, kolesterol tubuh bisa naik. Jadi sesekali buat yang tanpa minyak tapi rasanya gurih, manis nan mengganjal perut sebelum diisi makanan utama saat buka puasa.

Saya ini tak pandai memasak. Membuat jajanan pun sebisanya. Namun karena saya membeli Skippy saat big Ramadhan sale dari sebuah marketplace, saya jadi ingin menjajal kemampuan diri. Coba ah berkreasi dengan membuat jajanan yummy, dengan bahan yang mudah didapat dan rasanya enak.

Karena di rumah ada tepung, susu, santan, juga telur, saya jadi kepikiran membuat pukis, cemilan yang biasa saya beli tiap Minggu sebelum bulan Ramadhan. Ada rasa cemas bakal gagal, mengingat ini kali pertama saya pegang mixer dan mengolah adonan kue. Tapi coba sajalah. Bismillah.

Alhamdulillah jadi loh. Dan ternyata rasanya pas. Pas manisnya, pas empuknya, pas yummy-nya karena sentuhan akhir rasa kacang dari Skippy. Akhirnya saya namai: Sate Bola Pukis Kacang Skippy ala IbunZril.

Mau nyontek resepnya gak? Mohon maaf nih kalau saya tidak pakai timbangan untuk ukur berapa banyak tepung yang terpakai. Belum punya, sih. Jadi pakai takaran dari sendok makan. Dan bentuknya juga tak seperti pukis pada umunya. Karena saya tak punya jadi pakai cetakan takoyaki, hehe.


Ini dia bahan-bahannya:

- 5 sdm tepung terigu
- 2 sdm gula (kalau suka manis, tambahkan takarannya)
- 2 sdm susu bubuk
- 1 sdm santan bubuk
- 2 sdm margarin yang dicairkan
- 2 butir telur
- 1 sdm ragi kue yang sudah direndam air hangat
- air secukupnya
- Skippy Peanut Butter


Alat yang dibutuhkan:
- wadah untuk mencampur adonan
- mixer
- cetakan pukis
- sendok
- kuas margarin
- tusuk sate


Cara Membuat Sate Bola Pukis Kacang Skippy ala IbunZril:
1. Mixer 2 butir telur hingga berbusa, lalu masukkan gula
2. Tambah margarin dan ragi kue, tambah kecepatan mixer hingga tercampur sempurna
3. Matikan mixer. Masukkan terigu, susu bubuk, santan, dan air secukupnya, lalu aduk memakai sendok
4. Hidupkan kembali mixer. Campur adonan hingga kekentalannya sesuai
5. Istirahatkan adonan selama 15 menit dan tutup dengan lap makan yang bersih agar ragi kue bekerja dan adonan jadi sedikit mengembang
6. Panaskan cetakan di atas kompor dengan api kecil
7. Oles cetakan dengan margarin
8. Dengan bantuan sendok makan, tuang adonan ke dalam cetakan. Jangan sampai penuh

9. Tutup dengan tutup kaca agar terlihat
10. Bila terlihat adonan mengembang dan matang, angkat
11. Oles sisi atas pukis yang matang dengan Skippy

12. Karena bentuknya setengah lingkaran, satunya kedua sisi atas yang telah ber-Skippy
13. Masukkan dalam tusuk sate

14. Untuk dressing, siram dengan saos Skippy yang dilarutkan dengan air panas
15. Sajikan dan makan hangat-hangat.


Zril menemani saya membuat takjil buka puasa ini. Reaksi awal saat pukis matang, Zril sudah ingin mencobanya. Saya suapkan setengah, eh dia minta tambah. Saat saya tambah Skippy, nagih mau lagi dan lagi.

Nantikan versi videonya ya. Bakal saya unggah di youtube channel saya. Belum diedit, nih. Hahaha. Lupa.


Wohooo...
Bagaimana hati saya tak girang menyaksikannya? Pukis pertama saya dan Alhamdulillah langsung jadi kegemaran sang buah hati. Pun pada suami, komentar beliau, "Enak. Apalagi ada rasa kacang Skippy-nya. Minggu depan kalau masuk sore, bikinin lagi." Yap! Nagih untuk bekal beliau saat dinas sore.

Ternyata nekad membuat sajian buka puasa bagi keluarga itu pasti bisa dan sukses asal yakin. Selain itu bahan-bahannya juga harus sesuai. Resep pukis yaa pukis, jangan sampai ditambah kentang yang jadinya nanti kue lumpur. Hihi.

Saya dapatkan resep ini asli dari olah pikir saya sendiri. Tanpa contek-contek. Sebab saat tanya Pak Penjual Pukis dulu, bahannya cuma ragi kue, gula, telur sama terigu. Maka resep dasarnya saya kombinasi dengan susu dan santan agar lebih sehat. Plus Skippy yang menambah kelezatannya.

Nah itu tadi inspirasi resep takjil buka puasa memakai SKIPPY. Semoga BuuIbuu bisa membuat lebih jago daripada saya ya. Dan temukan banyak inspirasi sajian nikmat dengan Skippy. Karena rasanya yang kacang banget sungguh lembut di lidah, bikin semuanya jadi enak.





10 komentar:

  1. Pukis unik nih, rasa kacang. Jadi ngiler pengen nyoba. Mau juga deh ikutin resepnya

    BalasHapus
  2. Pasti enak ya bun klo anak udah nambah2 gitu makannya, apalagi pakai Skippy jadi gurih2 lezat. Boleh juga nih ide nya buat bikin di rumah.

    BalasHapus
  3. Kelihatan enak bgt dan jadi pengen coba dirumah jg resepnya

    BalasHapus
  4. bahannya ngga repot sama sekali, membuatnya juga gampang. bisa jadi cemilan akhir minggu nih. ditambah skippy udah pasti tambah enak dan juara banget. jadi pengen coba kan yak

    BalasHapus
  5. Kelihatannya enak nih kue. Bahannya juga mudah didapatkan dan gak mahal banget. Cocok nih buat cemilan sore

    BalasHapus
  6. aku suka pukis kak, kayaknya enak banget yaa kalo dipadankan sama skippy

    BalasHapus
  7. Kreatif bangeett. Baru tahu loh skippy bisa buat varian macem-macem. Mau ah kapan2 coba utak-atik resep pakai skippy. Bikin pukis varian skippy juga seru ini

    BalasHapus
  8. gampang banget cara buatnya, mungkin bakal aku ganti selainya karna gak suka kacang hehe

    BalasHapus
  9. wah asik, harus dicoba nih buat cemilan anak dirumah pasti suka. biasanya dirumahku skippy cuma buat olesan roti. makasih resepna kak

    BalasHapus
  10. numpang promote ya min ^^
    ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
    Promo Fans**poker saat ini :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
    Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca ^^
Tolong berkomentar dengan sopan yaaa... Maaf kalau ada yang belum terjawab :*