03 Mei 2019

Mengenal Mobil Matic Beserta Rem ABS


Perkembangan dunis industri mobil sekarang ini sangat pesat. Salah satu mobil terbaru yang banyak diminati semua orang adalah mobil matic. Sebenarnya mobil tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan sama seperti mobil manual. Sehingga dalam memilih mobil, sesuaikan dengan kebutuhan saat berkendara. Karena kenyamanan adalah faktor utama yang harus diperhatikan.



Mengenal Mobil Automatic atau Matic

1. Harga
Dari segi harga, mobil bertransmisi metic mempunyai harga yang lebih mahal daripada obil manual. Hal tersebut karena harga sparepart, dan komponen mobil tersebut juga lebih mahal. Selain itu, perawatan mobil tersebut juga lebih mahal.


2. Sistem pengoperasian
Pada mobil automatic hanya mempunyai dua pedal. Keduanya adalah rem dan gas. Sehingga kinerja tangan tidak banyak dilakukan saat berkendara. Mengendarai mobil matic lebih mudah daripada mobil manual. Namun yang paling penting adalah harus tetap fokus.


3. Bahan bakar
Mobil automatic lebih banyak memakan BBM daripada mobil manual. Hal tersebut disebabkan karena transmisi mesin bekerja lebih berat daripada yang manual. Hal tersebut juga dipengaruhi oleh komponen yang digunakan.


4. Kenyamanan
Mobil matic memang mempunyai kenyamanan yang baik. Karena dapat dikendarai dengan mudah. Oleh karena itu, mobil ini banyak dipilih oleh kalangan remaja atau yang baru belajar menyetir mobil.



Perawatan Tepat Untuk Rem ABS

Komponen mobil memang sangat penting. Salah satunya adalah rem. Saat ini rem sudah menggunakan teknologi ABS yang merupakan sistem rem agar tidak terjadi penguncian saat berkendara. Rem ABS banyak digunakan untuk kendaraan mobil, bahkan pesawat. Karena perawatan rem ABS lebih mudah.

Rem ABS mempunyai fungsi penting dalam kendaraan. Jika keempat roda terkunci, mobil akan meluncur dan tidak bisa dikendalikan. Sehingga rem ABS mempunyai fungsi penting dalam segi keamanan dan keselamatan saat berkendara. Oleh karena itu, Anda harus sering mengecek rem tersebut agar tidak mudah rusak. Untuk merawat rem tersebut meliputi:

1. Jangan menginjak pedal rem terlalu lama atau sering
Pemakaian rem yang terlalu sering akan mengakibatkan rem menjadi mudah rusak dan mengalami keausan.

2. Sering membersihkan sensor rem yang terletak pada kaliper rem
Selalu lakukan mengecekan pada sensor rem, jika terdapat kotoran harus segera dibersihkan dengan rutin agar tidak mengganggu kinerja rem dan komponen rem lainya.

3. Mengganti minyak pada rem secara rutin sehingga tidak mengganggu kinerja rem ABS tersebut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca ^^
Tolong berkomentar dengan sopan yaaa... Maaf kalau ada yang belum terjawab :*