16 September 2019

Panduan Memilih Sabun Bayi yang Aman di Kulit


Kulit bayi sangat sensitif dan mudah iritasi jika terkena bahan yang cukup keras di kulit. Oleh karena itu, tentu BuuIbuu tidak bisa sembarangan menggunakan sabun mandi yang tidak didesain untuk kulit bayi. Ketika menggunakan sabun mandi yang tidak tepat, maka kulit bayi rentan mengalami iritasi dan menyakiti mata jika terkena cipratannya.


Sabun bayi yang tepat adalah sabun bayi tidak pedih di mata. Oleh sebab itu, pilihlah sabun bayi yang hypoallergenic atau tidak memicu alergi. Lantas, kriteria sabun seperti apakah yang cocok dipilih untuk si kecil?

Tips Memilih Sabun Bayi yang Tepat di Kulit1. Memiliki label pH Seimbang
Sebaiknya pilihlah sabun mandi cair bayi yang telah tertera label pH balanced atau pH seimbang. Tingkat pH seimbang sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit bayi dari iritasi. Sabun yang terlalu basa seperti kebanyakan sabun orang dewasa sangat rentan membuat kulit menjadi kering dan iritasi. Sementara pH pada sabun bayi telah di desain khusus agar pH sesuai dengan kulit bayi.

2. Bebas pewangi kimia berbahaya, alkohol dan paraben
Paraben umumnya terdapat pada sabun untuk mencegah kontaminasi bakteri maupun jamur di sebuah produk. Namun, kandungan paraben di dalam produk tersebut sangat rentan menyebabkan kulit terkena kanker dan iritasi. Selain itu, pilih pula sabun bayi yang bebas dari alkohol dan zat wangi buatan yang berbahaya.

3. Hypoallergenic
Label hypoallergenic atau tidak memicu alergi sangat penting diperhatikan ketika memilih sabun bayi. Label ini menunjukkan bahwa produk tersebut memiliki risiko yang sangat kecil menimbulkan reaksi alergi pada kulit.

4. Mengandung antibacterial alami
Kandungan antibacterial sangat baik untuk menjaga kulit bayi terbebas dari bakteri. Meski begitu, hati-hatilah ketika memilih sabun yang mengandung zat antibakteri. Sebisa mungkin pilihlah sabun yang mengandung natural antibacterial sehingga tetap aman di kulit si kecil.

Misalnya adalah Sleek Baby Natural Antibacterial 2 in 1 Hair and Body Wash yang mengandung natural antibacterial yang aman di kulit. Kandungan ini telah terbukti secara dermatological tested aman di kulit si kecil. Selain itu Sleek juga merupakan sabun bayi tidak pedih di mata.

16 komentar:

  1. Bener banget kalo buat bayi harus bener bener cari yang aman, wah sleek ya jadi pingin coba buat baby

    BalasHapus
  2. pilih sabun bayi emang tricky, jadiinget dulu sempet salah pilih sabun bayi, kulit si kecil jadi merah dan kering banget, kasin deh liatnya.

    BalasHapus
  3. Wah terima kasih sharingnya. Kebetulan anakku punya kulit yang sensitif jadi memang kudu milih sabun yang aman.

    BalasHapus
  4. Thank you mom informasinya berguna banget nih untuk emak2 kaya aku hehe

    BalasHapus
  5. betul, buat anak ga boleh coba2 ya mbak, harus benar2 melihat ingredientsnya karena kulit anak kita taruhannya :)

    BalasHapus
  6. Penting banget emang milih sabun bayi yang aman. Rata2 bayi kulit nya masih sensitif. Anakku juga cukup sensitif, kalau pake sabun sembarangan suka langsung merah2 kulitnya.

    BalasHapus
  7. Aku jg pas pny bayi ekstra hati2 milih produk. Tkt malah bikin alergi ke anakku.

    BalasHapus
  8. Untuk produk anak memang ibu harus lebih jeli memilih kandungan yg tepat ya supaya ga iritasi

    BalasHapus
  9. Kalau buat bayi jgn sampai deh salah pilih ya mbak. Waaah, beneran nih mbak gak pedih di mata? Jadi pengen rekomendasiin ke saudara yg anaknya masih bayi

    BalasHapus
  10. Anak saya pun termasuk pilah pilih masalah sarung bayi, kalau gak cocok pasti jadi kering kulitnya. Tapi kalau sleek Alhamdulillah dia cocok gak bikin kering kulitnya :D

    BalasHapus
  11. Betul banget Ka kulit bayi memang masih agak sensitif yaa makanya harus bener-bener milihnya, btw makasih tipsnya yaa Ka noted buat bekal ilmu aku kedepannya hihi

    BalasHapus
  12. Jadi keingetan dulu anakku kulitnya kering banget, sampe2 nggak bisa pake sabun kalo mandi mba... kemudian usia 3 bln baru deh pilih yang hypoallergenic

    BalasHapus
  13. waktu dulu adikku masih baby, sabunnya pake Sleek juga loh kak.. Soalnya adikku kulitnya lumayan sensitif, jadi mamah milih sabun yang aman ^^

    BalasHapus
  14. wahh bener tu mbak, memilih sabun mandi buat bayi itu gak boleh sembarangan ya. sebab kulit bayi itu masih lembut dan sensitif. thanks banget tipsnya mbak

    BalasHapus
  15. Noted semuanya dan memang sih kalau mau nyari untuk bayi harus detail, banyak yang harus diperhatikan yah gak bisa sembarang pakai.

    BalasHapus
  16. Memilih produk bayi memang harus sangat hati-hati ya, karena kulit bayi sangat sensitif ya

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca ^^
Tolong berkomentar dengan sopan yaaa... Maaf kalau ada yang belum terjawab :*