Categories

17 Maret 2020

Tempat Refleksi Kaki di Sidoarjo, Segar Bugar Reflexology Namanya


Sejak menjadi istri dan tinggal serumah dengan suami, saya jadi tahu rutinitas beliau yang tak ada capeknya.
Pekerjaannya sebagai tenaga medis di salah satu pabrik di Kabupaten Sidoarjo membuatnya terus bergerak. Begitu dikabari ada kecelakaan kerja, misalnya jari pekerja yang kena pisau mesin ataupun terjepit, tak jarang langsung beliau datang ke lokasi.

Padahal area pabrik begitu luas, sedangkan sisi ruang medis di bagian depan. Bayangkan bila di bagian packing ada yang kena celaka, suami harus jalan kaki sejauh 1 km bila stok sepeda terpakai semua. Belum lagi suhu Sidoarjo yang tinggi, memberatkan kaki untuk melangkah keluar ruangan ber-AC. Tapi mau bagaimana lagi, pekerjaan beliau kan memang demikian, tanggap atas masalah kesehatan para pekerja.

Karena itulah setiap sampai rumah dan berganti pakaian, beliau langsung duduk selonjoran meluruskan kakinya sambil menghembuskan nafas. "Ha... capeknya...," selalu kata-kata itu yang keluar. Anak kami langsung memeluknya, sementara saya siapkan minuman untuknya. Setelah itu memijat kaku beliau.

Setelah istirahat sejenak, membersihkan diri dan ibadah, beliau lantas naik ke lantai 2 rumah kami. Di atas memang ada banyak ikan cupang yang merupakan usaha sampingan kami. Dengan sigap diberinya makan semua ikan, lalu membersihkan akuarium yang kotor. Kata beliau, harus setiap hari ada yang diganti airnya agar ikan-ikan tidak sakit.

Kalau saya yang naik turun tangga begitu, pasti tak akan sanggup. Apalagi setelah 8 jam bekerja di luar rumah. Namun begitulah tanggung jawab suami, demi memenuhi kebutuhan rumah tangga serta bisa membahagiakan anak istrinya. Sebagai istri, saya hanya mampu meringankan beban dengan merilekskan kakinya, yang jadi tumpuan tubuhnya.

Refleksi Kaki dan Manfaatnya

Pijatan yang enak untuk kaki adalah dengan refleksi. Pijat refleksi tidak hanya dapat membantu lebih rileks, tetapi juga dipercaya membantu menyembuhkan berbagai penyakit. Sebab pijat refleksi merupakan pijatan menggunakan tekanan pada bagian kaki yang juga terhubung dengan berbagai organ dalam tubuh. Jadi pijatan pada titik kaki tertentu tersebut dapat memberikan efek yang baik pada organ tubuh tertentu pula.

Meski sudah banyak orang kita yang bisa melakukan refleksi, sejatinya pijat refleksi kaki termasuk seni pijat kuno yang berasal dari Cina. Manfaatnya ada banyak, seperti bisa mengatasi nyeri, mengurangi stres, meningkatkan fungsi saraf serta sirkulasi darah jadi lancar, pun mampu atasi gangguan tidur. Pijat refleksi juga bisa untuk meningkatkan vitalitas dan kesuburan, mengatasi keluhan pre menstruasi syndrom (PMS) dan menopause serta dipercaya bisa untuk menurunkan tekanan darah. Tak hanya itu, refleksi juga memberikan efek pada bagian tubuh yang dipijat dengan merangsang otot kaki dan mengurangi rasa sakit pada pergelangan kaki dan tumit. Pijatan refleksi juga ampuh melatih otot kaki agar lebih kuat dan dapat terhindar dari cedera.

Saya pribadi kurang bisa refleksi dengan menekan titik-titik yang tepat. Pijatan saya lebih ke arah rileksasi karena hanya bisa melemaskan otot kaki yang kaku saja. Memang disarankan kalau mau refleksi lebih baik ke tempat refleksiologi dengan terapis berpengalaman. Sebab meski pijat refleksi dapat dilakukan sendiri, namun terapis lebih dapat menemukan mana titik yang lebih tepat sehingga manfaat refleksi lebih terasa.

Tempat Refleksi di Sidoarjo

Saya yang dulu pernah setahun tinggal di Jogja, pertama kali mengenal apa dan bagaimana itu refleksi dari sana. Pun pernah mencobanya. Walau sakit di awal karena banyaknya keluhan, namun berangsur membaik. Karena itu saya jadi percaya bahwa rutin refleksi sangat baik bagi kesehatan diri.

Sekarang domisili saya di Sidoarjo, ikut suami. Kebetulan saat kami mencari tempat makan enak di kawasan Waru, ada rumah toko (ruko) 2 lantai yang berisi cafe dan tempat refleksi. Nama cafenya di lantai 1 The Cafetiere, sedangkan nama tempat refleksi di lantai 2 ialah Segar Bugar Reflexology. Lokasi di kawasan ruko Perumahan Delta Sari Baru blok AN-05, Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo. Untuk bagaimana suasana nyaman cafenya dan betapa lezat menu yang disajikan The Cafetiere, bisa dibaca di postingan sebelumnya di sini. Sekarang kami akan bahas bagaimana kesan refleksi kaki di sini.


Berada di lantai atas membuat suasana Segar Bugar jadi lebih tenang. Suara deru kendaraan tak begitu terdengar dari sini. Inilah salah satu kriteria tempat refleksi yang saya sukai. Dengan demikian bisa jadi lebih rileks saat mendapat refleksi kaki.

Tujuan ke mari agar suami bisa mendapatkan tekanan pada titik-titik saraf kakinya. Kebetulan terapis yang melayani di Segar Bugar ialah laki-laki. Jadi tenaganya lebih kuat dan pas untuk bisa merilekskan kaki suami. Pun tidak ada rasa risih karena punya gender yang sama.

Meski di sini terapisnya adalah para laki-laki, tapi yang datang ke Segar Bugar juga banyak kaum hawanya loh. Katanya sih karena pijatannya kuat nan nyaman, rasa pegal jadi hilang. Tak heran, sebab Segar Bugar Reflexology ini sudah 10 tahun berdiri, pemiliknya sekarang ialah generasi keduanya. Sudah terkenal, di perjalanan saja banyak yang tahu lokasinya saat kami menyebutkan nama cafenya.

Ruangan tempat refleksi ini ber-AC. Aromanya tidak pengap sama sekali meski tertutup. Lantainya kesat dan bersih. Tempatnya lapang, dengan 4 bilik kamar berpintu kain tebal bila ingin dipijat dengan cara berbaring. Juga ada 5 sofa empuk nan nyaman sebagai tempat untuk merefleksi kaki.




Lampunya temaran, dengan aromaterapi dan diiringi musik yang syahdu. Dibuat demikian agar tamu yang datang bisa lebih santai. Kami yang juga membawa serta di kecil, jadi bisa lebih santai mengawasinya karena dia duduk manis di atas sofa empuk. Walau sesekali memegangi hiasan di meja berbentuk pot dan sukulen imitasi.

Terapis kami namanya Mas David. Katanya baru kerja di sini. Tapi kata suami, pijatannya enak. Ternyata beliau memang sebelumnya sudah pernah jadi terapis dan bahkan ikut pelatihan untuk itu. Wah... berpengalaman dong. Pilihan kami tak salah, sebab tempat refleksi yang oke di Sidoarjo haruslah dengan terapis yang bersertifikat.


Begitu ditanya mau refleksi apa dan suami jawab refleksi kaki, Mas David minta suami mengganti celana panjangnya dengan celana pendek yang telah disediakannya. Suami yang ternyata sudah membawa celana ganti sendiri, lalu ke toilet untuk ganti celana. Setelah itu beliau duduk di kursi kecil depan sofa, sambil merendam kakinya agar lebih rileks dan bersih sebelum mulai direfleksi.

Mas David, terapis Segar Bugar ini sosok yang tak banyak bicara. Kalaupun kami tanyai, suaranya lembut. Meski demikian, pijatannya kuat. Suami meringis saat telapak kakinya ditekan, maklum biasanya kelas elus-elus ala saya. Jadi begitu direfleksi oleh ahlinya, rasanya jauh berbeda dan terasa efeknya.


Kata suami, saat kakinya ditekan, ada bagian dalam perutnya yang juga ikut sakit. Tapi lama kelamaan rasa itu berkurang, bersamaan dengan rasa sakit di telapak kaki. Berarti sebenarnya suami ada keluhan di saluran cerna, akibat bandel tak mau makan teratur meski sudah susah payah dimasakkan istri tercinta ini.  Tuh...biar tahu rasa. Kalau tak direfleksi, mana sadar beliau kalau ada masalah di saluran cernanya.

Selama setengah jam kedua kaki suami dipijat dan ditekan-tekan. Bahkan tak hanya telapak kaki, tapi juga betis dan atas lutut. Suami duduk santao sambil bersandar di sofa, memainkan ponselnya. Sementara saya mengawasi si kecil sambil sesekali memijatnya karena mau kembar dipijat, sama dengan ayahnya.



Pijat refleksi berakhir ketika Mas David membawa baskom berisi air bersih dan handuk. Dibersihkannya kedua kaki suami sambil dipijat-pijat erat. Ada senyuman yang melengkung di wajah suami, tanda beliau puas atas pelayanan terapis Segar Bugar. Kali pertama direfleksi kakinya, rupanya suami saya cocok dengan hasil kerja terapis tempat refleksi di Sidoarjo ini.

Setelah mengucap terima kasih, kami lalu keluar dari ruangan. Kemudian memakai alas kaki kami yang tertata rapi di rak sepatu dekat pintu masuk. Dengan perlahan kami turun ke lantai 1 untuk bisa menyantap menu istimewa di The Cafetiere. Ah senangnya.. kaki enteng, perutpun kenyang.

Kalau mau tahu daftar harganya, silakan lihat foto berikut yaaa...


Kunjungi instagram @segarbugar_reflexology akun tempat refleksi di Sidoarjo ini ya. Kalau mau tanya-tanya, bisa langsung DM juga kok. Yuk ke sini! Biar kaki enteng! Eits...ada body massage juga loh. Kalian yang workaholic wajib banget rileksasi di sini.

21 komentar :

  1. duh ngebayangin kalau di pijat di sini kayaknya enak banget ya :) capek langsung hilang berganti rileks

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya donk... apalagi untuk pekerja seperti kakak 😆

      Hapus
  2. Keren fasilitasnya, nyaman. Ditempat saya kursinya alakadar, jadi kakinya sembuh, badannya jadi remuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. yah... kudu empuk seempuk di sini seharusnya ya. kan biar bikin nyaman duduknya

      Hapus
  3. Sampai sekarang Blum pernah nih mba
    di refleksi mau coba deh suatu saat biar tmbah rileks y , enak ini Segar bugar Reflexology jd satu same cafe

    BalasHapus
    Balasan
    1. awalnya bakal terasa sakit. kan belum terbiasa telapak kakinya ditekan2. tapi jg jadi tahu ada keluhan di mana

      Hapus
  4. Aakk saya jadi pingin juga dipijat refleksiologi kaya gitu Mbak,, yang namanya kaki dipake terus kan ke mana²,, meskipun work from home buibu teteup mondar-mandir di rumahnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya kalau di rumah, naik turun tangga

      Hapus
  5. Tempat nya nyaman banget kalo deket mau da pijat refleksi sekalian pingin tahu kelemahan organ tubuh.
    Semakin dini ketahuan kan semakin baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyah tujuannya demikian. jd bs lebih aware dg kondisi tubuh ya

      Hapus
  6. Ini lokasinya di Deltasari ya?
    Hmm, kapan2 aku mau ajak bojoku ke sini ah.
    Apa kita meet up di sini aja? :)))
    Di situ ada warung Ayam Goreng Jayakarta yg endeusss markindes juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. lah ngapain nyari menu yg cm ayam goreng, di lantai 1 tempat refleksi ini kan ada cafenya. hihi, menunya variatif

      Hapus
  7. Ini sih deket banget ama rumahku mbaak haha aku kadang2 ke cafenya kalo lagi mau ngerjakan tugas yang butuh fokus tanpa gangguan anak2 wkwk

    BalasHapus
  8. Eh masa promosi ya, kok murah banget biayanya.
    Telapak kaki dan ujung-ujung jari saya biasanya dipijat sama suami mbak, bisa jerit-jerit karena sakitnya. Tapi lama kelamaan terasa enak

    BalasHapus
  9. Asiknya refleksi, enak juga nih kayanya udah lama gak refleksi, itu dipisah kan ya mba untuk perempuan sama laki-laki?

    BalasHapus
  10. Enak banget pastinya refleksi di sini ya mbak. Apalagi biayanya terjangkau banget.

    BalasHapus
  11. Wuihh enak banget yaa.. aku paling suka nih refleksi bagian kaki. Soalnya doyan jalan doyan aktifitas diluar. Kaki paling gampang cape.

    BalasHapus
  12. Adeudeu, kebayang gimana enaknya dipijit di sini. Harganya terjangkau pula.

    BalasHapus
  13. tempat refleksi yang sering aku lewatin juga nih :D

    BalasHapus
  14. Kaki saya rasanya agak ngilu pas baca ini. Hihihi. Kaki bisa mendeteksi aneka sakit dan menyembuhkannya. Kalau kaki saya ditekan di bagian tertentu rasanya sakit. Menurut yang saya baca karena masalah pencernaan dan itu benar.

    BalasHapus
  15. Pijat Refleksi seperti ini memang selalu ngangenin mba, tapi stay di rumah dulu aja masa2 virus yg satu ini

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca ^^
Tolong berkomentar dengan sopan yaaa... Maaf kalau ada yang belum terjawab :*

Back to Top