Categories

15 November 2021

Mendidik Anak Pintar Menabung

 

Guru pertama dalam kehidupan anak-anak adalah orang tua. Karena orang tua lah yang mengajarkan segala hal pertama kali. Mulai dari mengajarkan cara bersosialisasi, tolong menolong, percaya diri, hingga menanamkan sikap gemar belajar dan menabung.


Kali ini, akan dibahas mengenai cara mendidik anak agar gemar menabung. Karena semua orang tua pasti menginginkan anaknya menjadi orang yang bertanggung jawab atas apa yang mereka miliki di kemudian hari. Kemudian mengajarkan anak menabung juga berarti mengajarkan anak agar lebih mandiri, yang mana semua orang tua pasti menginginkan anaknya menjadi pribadi yang dapat mengandalkan dirinya sendiri dan tidak bertumpu pada orang lain, alias mandiri.


Kenalkan Kepada Anak Terlebih Dahulu Manfaat Menabung

Namun sebelumnya, orang tua harus mengajarkan kepada anaknya mengenai manfaat menabung terlebih dahulu. Hal tersebut bertujuan agar anak dapat membayangkan dan mengimajinasikan suatu keadaan. Disadur dari betterparent berikut adalah berbagai manfaat melatih anak untuk menabung sedari kecil yang bisa diberikan kepada anak anda.

  • Masa Depan yang Terjamin

Anda bisa mengatakan bahwa dengan menabung sedari kecil, maka di masa depan, anak anda akan memiliki banyak uang dan bisa menggunakannya untuk hal-hal yang berguna. Misalnya, uang tersebut bisa dibelikan buku ensiklopedia atau alat tulis lainnya. Dengan begitu, anak akan mengetahui bahwa dengan menabung, suatu saat dia mampu membeli apa yang dibutuhkan di masa depan tanpa perlu meminta uang terlebih dahulu kepada siapapun.


  • Agar Lebih Mandiri

Manfaat dari menabung adalah menumbuhkan sikap mandiri. Anda bisa mulai dari mempercayai anak anda dalam mengelola keuangannya sendiri dan mengatakan bahwa uang yang diberikan adalah milik anak anda dan anak anda harus bisa menyisihkan uang ini untuk ditabung. Dengan begitu, anak akan berpikir bagaimana cara agar bisa menyisihkan uang tersebut.


  • Agar Memiliki Dana Darurat

Tidak ada salahnya untuk mengajarkan kepada anak anda mengenai dana darurat. Dengan bahasa yang santai seperti sehari-hari, anda bisa melakukannya secara perlahan. Anda bisa memberitahu bahwa dengan menabung, dana tersebut dapat digunakan sewaktu-waktu dibutuhkan secara darurat.


Cara Mendidik Anak Pintar Menabung

Setelah anda mengajarkan manfaat yang akan dituai dari kegiatan menabung, selanjutnya anda bisa mulai praktik menabung. Tidak harus dengan cara yang kaku, anda bisa mulai dari hal-hal yang menyenangkan. Selain itu, anda juga bisa menggunakan bahasa yang ringan agar anak anda paham.


  • Berlatih Menabung Sambil Bermain

Anak-anak tidak bisa lepas dari kegiatan bermain. Maka dari itu, anda harus bisa mengimplementasikan kegiatan menabung saat anak anda bermain. Misalnya, saat anak anda bermain peran jual-beli di pasar, anda akan berperan menjadi penjual dan anda memberikan uang kembalian kepadanya dan berpesan untuk ditabung.


Anda bisa lakukan hal tersebut secara berulang sampai uang tabungan anak anda terkumpul. Kemudian, dari sana anda bisa menjelaskan bahwa anak anda telah berhasil mengumpulkan banyak uang. Dan anda juga bisa menjelaskan bahwa uang akan terkumpul menjadi banyak jika ditabung.


  • Berikan Celengan Kepada Anak

Anda bisa memberikan sebuah celengan sebagai salah satu upaya. Celengan lucu berbentuk dan bergambar karakter yang disukai anak anda akan membuatnya bersemangat untuk mulai menabung. Anda bisa memantaunya saat anak anda menabung.


  • Tidak Menuruti Semua Keinginan Anak

Kebanyakan anak-anak pasti merengek meminta dibelikan mainan yang diinginkannya. Namun, tidak ada salahnya jika sesekali anda menolak secara perlahan sambil mengajarkan bagaimana cara memperoleh mainan tersebut. Anda bisa mengajarkan anak anda untuk menyisihkan sebagian uang jajannya dan ditabung ke dalam celengan, dan jika sudah terkumpul, anda bisa mengajaknya kembali untuk membeli mainan tersebut dengan hasil uang tabungannya.


Dengan begitu, secara tidak langsung, akan tertanam pada diri anak bahwa jika menginginkan sesuatu, maka harus berusaha terlebih dahulu. Namun demikian, anda harus mengajarkannya dengan nilai-nilai yang baik, misalnya dengan cara menyisihkan uang jajan, atau dengan cara membantu membereskan kamar tidurnya secara mandiri, atau mengerjakan PR tepat waktu, kemudian anda bisa memberinya uang jajan tambahan sebagai hadiah yang bisa disisihkannya lagi. Dengan begitu, anak akan lebih bersemangat melakukan kegiatan penuh manfaat tersebut sebelum mendapatkan keinginannya.


  • Mulai Menabung di Bank

Jika anak anda sudah mulai beranjak remaja dan sudah rajin menabung serta perlahan mengerti cara mengalokasikan keuangan dengan bijak, maka tidak ada salahnya jika anda mengajaknya untuk mulai menabung di bank. Anda bisa memberitahu terlebih dahulu mengenai manfaat serta konsep menabung di bank. Hal ini juga bisa menjadi pelajaran bagi anak untuk menabung lebih serius.


Anda bisa membuatkannya rekening khusus anak atau khusus pendidikan. Dengan begitu, fitur atau layanan yang tersedia juga sesuai dengan kebutuhan anak. Seperti bebas biaya administrasi dan setoran awal yang tidak terlalu besar.


  • Beri Hadiah Jika Anak Berhasil Menabung

Setiap anak pasti sangat senang bila diberi hadiah oleh orangtuanya. Maka dari itu, anda bisa memberikan hadiah saat anak anda telah berhasil menabung. Dengan begitu, anak anda pasti akan lebih bersemangat dalam menabung.


Anda juga bisa menargetkan kapan anda akan memberikan hadiah kepada anak anda. Misalnya, jika dalam satu minggu telah berhasil mengumpulkan sejumlah yang disepakati, maka anda akan memberikan hadiah kepadanya. Dalam memberikan hadiah pun juga tidak perlu yang mewah, anda bisa memberikan apa yang anak anda sukai, seperti coklat atau permen.


Itulah tips bagaimana cara membentuk pribadi gemar menabung pada anak. Walaupun kelihatannya mudah, namun dalam menerapkannya kepada anak-anak memang membutuhkan kesabaran serta ketelatenan. Karena pada dasarnya, menabung adalah hal penting yang harus diajarkan orangtua kepada anaknya agar kelak menjadi pribadi yang disiplin dan lebih menghargai uang.


Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca ^^
Tolong berkomentar dengan sopan yaaa... Maaf kalau ada yang belum terjawab :*

Back to Top