Categories

20 Mei 2020

Umma.id Referensi Hiburan Keluarga Muslim



Tak terasa kita sudah ada di penghujung Ramadhan. Alhamdulillah walau berada di masa pandemi, namun kita mampu melaluinya dengan baik. Memang banyak sekali perubahan suasana dari tahun-tahun sebelumnya. Namun niscaya tidak akan mengurangi ketakwaan kita pada Yang Maha Esa.

Setelah pemerintah kita memberikan kebijakan agar masyarakat Indonesia bekerja, belajar dan beribadah hanya di rumah saja, tak lama kemudian pun Sidoarjo, sebuah daerah di Jawa Timur di mana tempat saya tinggal kini, diberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Kami tak bisa kemana-mana, meski memang tidak berani keluar rumah di masa seperti saat ini.

Nah sejatinya masa pandemi yang hanya di rumah saja ini mampu memaksimalkan ibadah kita di bulan Ramadan tahun ini. Toh waktu kita jadi tidak banyak terbuang dengan berada di jalanan. Kita jadi memiliki banyak waktu untuk bisa melafalkan Al Qur'an dan juga memperbanyak ibadah lainnya.

Namun yang namanya manusia tentu wajar bila memiliki rasa bosan. Apalagi bila melakukan rutinitas di tempat yang sama dengan suasana yang sama pula. Kemudian tentunya kita akan mencari cara bagaimana agar bisa mendapatkan hiburan di tengah pandemi seperti saat ini. Pun bagaimana agar bisa mendapatkan sesuatu yang bisa merilekskan pikiran walau posisi kita hanya di rumah saja.

Nah di saat senggang, dalam artian pekerjaan rumah tangga sudah saya lakukan, kewajiban beribadah juga sudah terselesaikan, anak pun sudah letih dan kemudian tertidur, maka saya melakukan sesuatu yang biasa saya lakukan semenjak masih single dulu. Kegiatan itu adalah membaca. Kalau dulu saat masih belia, saya suka membaca novel dengan bumbu romansa percintaan, namun jika sudah menjadi ibu seperti sekarang rasanya seperti kekanakan sekali membaca cerita cinta yang mendayu-dayu. Saya lebih suka membaca sesuatu yang inspiratif, yang tak hanya bacaannya ringan menyenangkan tapi juga memiliki pengetahuan di dalamnya.

Yang paling saya sukai adalah kisah tentang keislaman. Hal ini bisa menambah tingkat keimanan saya sebagai muslimah. Tentu rasa taat itu tidak selalu tinggi, kan. Jujur saja pasti ada saat ketika kita merasa keimanan berada di titik rendah kemudian naik, lalu turun lagi tapi tugas kita adalah menjaganya agar selalu stabil dan tetap memiliki rasa iman di dalam diri. Salah satu caranya adalah dengan membaca berita-berita Islami yang dapat menambah khazanah diri. Seringkali juga mampu meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

Kebetulan kemarin, saya iseng-iseng scroll Play Store. Lalu menemukan Umma.id. Ternyata Umma.id ini adalah aplikasi Muslim terbaik di Indonesia. Berhubung sekarang bulan Ramadan ada 1 channel di dalamnya yang khusus untuk Ramadan bernama Umma Ramadhan. Oiya selain dalam bentuk aplikasi, Umma.id ini juga bisa diakses lewat website loh.

Pertama kali membukanya, saya senang sekali karena banyak berita yang tidak berupa kabar burung. Jadi kredibilitasnya terjaga sehingga kita dapat mempertanggungjawabkan kebenaran berita yang kita sebar. Tidak hanya berupa artikel Islami, di sini juga ada banyak gambar-gambar yang berisi quotes atau kata-kata mutiara yang bisa kita jadikan status whatsapp ataupun disebar lewat postingan di media sosial. Kata-katanya unik menarik dengan bentuk gambar yang cocok nan instagramable. Tahu sendiri kan zaman sekarang apa-apa bisa di upload di sosial media. Kalau menarik pasti banyak yang baca dan menuai banyak like juga komentar.

Selain itu di sini juga ada Q&A. Kita bisa membaca berbagai pertanyaan yang bisa saja itu merupakan pertanyaan yang ada dalam benak kita. Jawabannya juga jelas lugas dan kita bisa memetik banyak hikmah dari pengalaman orang lain. Selain itu kita pun bisa bertanya di dalamnya.

Umma.id ini tidak hanya cocok dinikmati oleh kita, orang dewasa, tapi juga anak-anak karena di sini ada video menarik yang bisa ditonton oleh anak-anak. Video animasi yang disajikan adalah video pilihan yang berisi kisah-kisah Islami yang mampu mendidik sesuai usia. Salah satu animasi yang disajikan adalah Nussa. Animasi ini menceritakan seorang anak muslim bernama Nussa yang memiliki adik muslimah bernama Rara serta kucingnya yang lucu berwarna hitam bernama Anta.

Pasti betah deh menikmati waktu luang dengan membuka aplikasi terbaik Islami di Indonesia ini. Jangan lupa download Umma.id ya. Walaupun Ramadhan akan berakhir tapi bukan berarti ibadah yang rutin kita lakukan di bulan penuh rahmat ini juga berakhir. Kita harus selalu terjaga dan terus menjalankannya hingga bertemu dengan Ramadan di tahun selanjutnya. Semoga keimanan kita jadi lebih baik dan kita bisa menjadi muslim muslimah yang taat dan mendapat ridho serta surga-Nya di hari nanti. Aamin yaa robbal aalamin.


2 komentar :

  1. Dari ulasannya aja bagus, ngga salah kalau situs ini emang recommended banget sih

    BalasHapus
  2. ngomongin soal Nussa
    emang bener2 tontonan yang sangatt bagus

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca ^^
Tolong berkomentar dengan sopan yaaa... Maaf kalau ada yang belum terjawab :*

Back to Top