Atasi Perut Kembung Anak dengan Sleek Baby Telon Oil

"Duuut!"

Zril yang ada di sudut ruangan, menoleh pada saya sambil tertawa. "Ajil entut, Bun... Ajil entut!" serunya.

Walau usianya baru di 1000 Hari Pertama , tapi Zril terbiasa mengungkapkan apa yang terjadi padanya. Bukan hanya rasa gatal, buang gas pun laporan. Anak kecil itu lucu dan polos ya. Bikin gemas!

"Zril sini!" panggil saya.

Ia pun berlari ke arah saya yang sedang duduk di sofa depan televisi, sambil memegangi perutnya.

"Zril kenapa? Perutnya sakit ya?" tanya saya sambil mengelus perutnya. Ia mengangguk. "Perut Zril kembung, makanya kentut terus. Sini... Ibun kasih minyak, ya."


Anak lelaki semata wayang saya ini menurut. Dengan manja dibaringkan tubuhnya, kaki mungilnya di atas paha saya. Kaosnya lalu saya buka hingga sebatas dada, lalu mengoles minyak telon favorit keluarga: Sleek Baby Telon Oil. Aroma perlengkapan bayi ini khas, membuat Zril menghelanya tanpa rewel. Pantas saja, aromanya memang enak nan menenangkan.

Penyebab Perut Kembung pada Anak

Sejak kecil, Zril terbiasa berada di ruangan dengan suhu yang sejuk. Domisili kami di Sidoarjo, daerah yang memang terbilang bersuhu tinggi. Karena itulah rumah jadi tenpat ternyaman, apalagi bila kipas angin menyala. Angin semilirnya membuat udara panas menguar, berganti sejuk dengan hembusan angin sepoi-sepoi.

Kipas angin di rumah kami selalu menyala, kecuali bila kami di luar rumah. Hujan turun pun, bukan berarti kerja kipas angin terhenti. Malah rasanya aneh, ada gerah yang mendera bila kipas angin tak berputar ke kiri dan ke kanan. Di dalam kamar kami juga ada AC, menyala di kala kami tidur.

Sebenarnya saya tak kuat dingin. Bahkan seringkali berbalut selimut yang menutupi seluruh tubuh. Zril yang tidur di antara saya dan suami, menolak saya selimuti. Ia lebih suka tubuhnya dingin, meski terkadang saat terlelap, si kecil ini saya selimuti. Walau di pagi harinya, selimutnya terlepas jauh dari tubuhnya sih.

Dari kebiasaan ini, saya tidak heran lagi kalau Zril sering berperut kembung  Ada suara "bung bung" bila perutnya saya tepuk pelan ketika dia berbaring. Inilah yang jadi alasan mengapa Zril sering buang gas, juga kadang rewel karena memang area perutnya terasa kurang nyaman. Sampai sering enggan makan, membuat Ibun makin pusing karena mengkhawatirkan kondisinya

Perut kembung ialah kondisi dimana gas atau udara menumpuk di saluran ppencernaan Perut terlihat kaku dan sedikit membesar, tapi bukan karena kenyang berisi makanan. Ada berbagai penyebab perut kembung pada anak, di antaranya:

1. Cuaca dingin
Siapa sangka ternyata di balik cuaca dingin yang nyaman bagi sebagian dari kita, ternyata menyebabkan perlambatan gerak peristaltik usus. Akibatnya, gas tertampung di saluran cerna, itulah mengapa lalu perut terasa penuh (begah dalam bahasa jawa) dan kembung.

2.Makan yang tidak tenang
Dulu saat masih kecil, orang tua saya menekankan agar makan sambil duduk tenang. Saya kira agar makanan lekas habis, ternyata ini juga cara agar perut tak kembung. Bila kita menelan udara terlalu banyak ketika sedang makan, maka gas tertampung di saluran cerna. Seperti pada anak-anak yang suka makan sambil asyik bermain, lari-larian ataupun menonton televisi.

Semua kegiatan ini dilakukan oleh Zril, dan saya belum berhasil melarang anak berusia 2 tahun tersebut. Masih bandel bila diberi tahu. Pun pada mengunyah makanan terlalu cepat, bisa sebabkan kembung. Terburu-buru menghabiskan makanan demi agar kembali bermain.

3. Konsumsi makanan yang tinggi kandungan gas
Saya paling suka membuat camilan dari sayuran. Kalau di Jawa Timur, ada yang namanya Ote-ote, jajanan yang terbuat dari gorengan irisan sayur dan tepung. Sayuran yang dipakai adalah kubis, salah satu yang memicu produksi gas di perut. Selain kubis, yang bisa membuat perut kembung adalah konsumsi lobak, brokoli, aneka bawang, dan kacang-kacangan.

4. Konsumsi minuman bersoda
Katanya kalau minum soda itu membuat lega, karena bisa sendawa. Ternyata peeut bisa kenbung bila terlalu banyak konsumsi minuman bersoda. Zril hanya pernah minum seteguk, sih. Lebih dari itu, dia menolak karena rasanya yang aneh menurutnya.

5. Menderita penyakit tertentu
Perut kembung pada anak juga bisa terjadi bila ada masalah di saluran cerna. Misalnya menderita penyakit tertentu, seperti sembelit, ada sumbatan di usus, ataupun menderita intoleransi laktosa.

Cara Mengatasi Perut Kembung pada Anak

Karena saat bayi dulu Zril pernah kembung, saya jadi sediakan produk bayi yang aman dan terus dipakai hingga usianya 2 tahun ini. Saya tak terlalu khawatir masalah perut kembungnya sebab dapat menanganinya dengan perawatan sederhana yang saya bisa. Maklum, belajar dari yang sudah-sudah. Tugas ibu kan memang harus terus belajar demi kebaikan diri dan buah hatinya.

Nah cara pertama yang saya lakukan agar Zril tak sering kembung adalah dengan menjaga konsumsi makannya agar tidak terlalu sering makan makananya penyebab perut kembung. Saya batasi jumlah makanan yang bisa memicu produksi gas di perut. Boleh makan Ote-ote, asal tak terlalu banyak. Juga tidak boleh coba minuman bersoda lagi. Selain bisa kembung, soda memang tak baik untuk anak-anak.

Selanjutnya juga meminta Zril tak makan terlalu cepat. Boleh makan sambil main, tapi harus duduk tenang dan tanoa lari-lari. Makanannya dikunyah perlahan-lahan. Memang di awal, Zril tak menggubris. Namun dengan terus mengulang permintaan tersebut, Zril jadi hapal dan menurut. Alhamdulillah.

Saya juga meminta Zril perbanyak minum air putih, tapi tak sampai terlalu banyak hingga muntah. Sewajarnya, secukupnya. Bukan sampai dia kenyang dan menolak makan nasi. Minum air putih secukupnya mampu mencegah konstipasi sekaligus mengurangi resiko kembung pada anak.

Yang terpenting ialah menjaga kehangatan tubuhnya. Salah satu cara mengatasi kembung pada anak iapah dengan mengompres perut pakai air hangat. Tapi Zril merasa risih, sehingga cara tersebut saya ganti dengan membalurkan minyak telon di area perut dan dadanya. Mungkin Zril merasa nyaman, dia tak pernah menolak sama sekali.

Tak hanya sebelum dia tidur dengan kipas angin ataupun AC yang menyala, setelah mandi pun saya balurkan minyak telon padanya. Saya jadi paham mengapa orangtua dulu suka sekali memberikan minyak telon pada buah hatinya. Tak hanya aromanya yang bayi banget, tapi memang hangat dan bisa bersama melindungi yang disayangi. Ini sudah jadi tradisi yang turun menurun dalam masyarakat kita, ya.

Produk Baru Sleek Baby: Telon Oil

Awal saya mengenal Sleek Baby, adalah ketika menemukan krim untuk mengatasi ruam popok yang pernah diderita Zril saat berusia 2 bulanan. Sleek Baby lalu jadi sahabat terbaik karena ternyata memiliki banyak produk yang tak hanya bisa melindungi dan menjaga kebersihan, tapi juga bantu meningkatkan daya tahan tubuh si kecil. Nah Sleek Baby Telon Oil ini salah satunya. Andalan banget, deh! Zril tak hanya tetap hangat tetapi juga bisa  terhindar dari perut kembung.

Oiya, telon itu diambil dari bahasa jawa yang berarti tiga, loh. Sebab minyak telon memang terdiri dari campuran 3 minyak yang kaya manfaat, yakni minyak kayu putih, minyak adas dan juga minyak kelapa. Kalau Sleek Baby Telon Oil itu terdiri dari 60% minyak kelapa, 20% minyak kayu putih dan 20% minyak anisi atau minyak adas manis.

Nah kandungan minyak anisi pada Sleek Baby Telon Oil ini tuh 2 kali lipat lebih banyak dari minyak telon lainnya, loh. Pastinya jadi bisa lebih menghangatkan tubuh si kecil efektif melancarkan aliran pernapasan dan mencegah kembung loh. Sleek Baby Telon Oil memang pilihan terbaik untuk si kecil terutama di
1000 Hari Pertama Kehidupannya.



 #SleekBaby #BersamaMelindungi #SleekBabyTelonOil
#PerlengkapanBayi #ProdukBayi #MinyakTelon #MengatasiKembung

79 komentar:

  1. Bener Mbak Artha... kl perut si kecil banyak gasnya bs menyebabkan perut kembung ya.. Alhamdulillah Sleek udah ada minyak telon oil ya

    BalasHapus
  2. Baru tahu kalau Sleek punya produk telon oil juga. Saya juga selalu sedia minyak telon untuk si kecil, biasanya habis mandi selalu saya kasih sekalian dipijat juga.

    BalasHapus
  3. Kalau perut si kecil kembung, dia agak rewel juga kan ya, mba. Kita sebagai bunda harus sedia minyak Telon di rumah. Sekarang ada pilihan Telon dari Sleek baby juga. Anak terhindar dari kembung ya.

    BalasHapus
  4. Hihihi lucunya Zril, titip ciummm 😘😘

    Ngga hanya Zril, saya juga suka minyak telon, apalagi mau tidur, harumnya bikin nyaman banget 😊😊😊

    BalasHapus
  5. Saya baru baca profilnya, ternyata Mba Artha ini bidan. Wah, keren sekaliiiiiii. Pasti ingin selalu memberi yg terbaik untuk buah hati, salah satunya minyak telon Sleek ini ya mba.

    BalasHapus
  6. Perut kembung bikin nggak nyaman ya mbak, apalagi klo yg mengalami anak anak.

    Btw aq baru tahu klo sleek ada minyak
    Telonnya

    BalasHapus
  7. Ya menarik ini nih: kandungan minyak anisi pada Sleek Baby Telon Oil ini tuh 2 kali lipat lebih banyak dari minyak telon lainnya. Jadi lebih hangat dipakai yaa

    BalasHapus
  8. Aku pakai sleek dari bayi, tapi produk laundr nya. Baru tau ada telon juga

    BalasHapus
  9. Baru tau ada ada telonnya

    BalasHapus
  10. Baru tau ada ada telonnya

    BalasHapus
  11. Wah aku baru tau klu sleek trnyta pnya minyak telon ya kak

    BalasHapus
  12. Wah udah ada sleek minyak telon ya. Kirain hanya seputar toileter

    BalasHapus
  13. Wah baru tau nih, aku pengen cobain ke calon babyku nanti deh..

    BalasHapus
  14. Aku juga selalu pakaikan minyak telon ke anakku biar bebas kembung dan baru tau kalau sleek sekarang punya produk minyak telonnya jadi pengen nyobain juga

    BalasHapus
  15. Zril, untung bundanya langsung paham dan oles minyak telon ya, jadi Zril nyaman dan perutnya tidak sakit lagi.....

    BalasHapus
  16. Wah keren ya mba Sleek baby ini udah makin mengembangkan sayapnya dengan memproduksi minya telon juga. Soalnya biasanya aku tahu sleek baby itu cuma pembersihnya aja. Jadi pengen coba juga ikh untuk anak ke 2 nanti. Doain ya semoga segera di Acc ama Allahnya hihihi. Amin

    BalasHapus
  17. Hihihi zril lucu banget sih...
    Baru tau nih ada produk baru minyak telon dari sleek... Coba ah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Meski rashya udah bukan bayi lagi, tapi masih saya pakaiin minyak telon, wanginya enak sih...

      Hapus
  18. Iya kaalu kembung nggak nyaman banget ya biasanya dulu anakku dipijat ILU pakai minyak telon, enal banget...

    BalasHapus
  19. ga enak banget kalo perut kembung. kasian anak jadi rewel. untung ada minyak telon sleek ya. wanginya enak banget. aku suka

    BalasHapus
  20. Kembung emang suka bikin anak jadi nggak nyaman yaa, aku aja yg orang dewasa kalau kembung rasanya uring2an apalagi anak2 yaa. .

    BalasHapus
  21. Tiap anak memang berbeda cara menikmati makanannya, anak sulungku juga dulu sambil main, lari-lari, main ayunan. Ternyata bikin kembung ya, aku gak ngeh loh. Lha anaknya dulu santai aja.

    Beruntung ya mba, ada Sleek baby telon yang bisa mengatasi perut kembung

    BalasHapus
  22. Kemarin ada nih anak Sodara yang perutnya kembung. Aku lihatnya kasihan banget deh karena pasti gak nyaman. Nanti diinfokan soal Sleek Baby Telon Oil ini biar kembung segera pergi

    BalasHapus
  23. Karena enggak punya balita lagi, jadi di rumah memang enggak pakai minyak telon. Tapi pas ke supermarket, aku iseng pernah hirup aroma minyak telon Sleek ini, dan wanginya, hmmm... duh, jadi pengen punya bayik lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah teteh udah pernah nyium ya aromanya. Jadi penasaran aku ama aroma minyak telon slekk baby ini. Soalnya tahunya cuma pembersihnya aja aku

      Hapus
  24. Saat anakku bayi juga beberapa kali kemdung biasanya karena dingin juga kalau gak salah makan yg bikin buang gas tapi susah keluar hehe.
    Minyak telon emang salah satu andalan kalau punya baby, selain buat mengatasi kembung jg buat anget2an kalau abis mandi atau pas cuaca dingin

    BalasHapus
  25. Sleek baby minyak telon andalan emak-emak buat si kecil. Buat atasin kembung dan untuk memberikan sensasi anget di kulit bayi, sleek baby emang juaranya!

    BalasHapus
  26. Minyak telon selalu stok, apalagi punya anak kecil. Baru tau Sleek Baby ada produk telon oil. Aku juga masih seting pake minyak telon, wanginya khas

    BalasHapus
  27. Sleek baby minyak telon ini cocok deh buat bayi dan anak-anak ya, untuk mengatasi perut kembung. Bikin mereka nyaman dan happy. Aku juga suka aroma minyak telonnya.

    BalasHapus
  28. iya nih kadang kita suka khawatir kalau anak nangis terus, begitu dia kentut2 baru tau deh perutnya kembung.. telon oil wajib banget nih prepared selalu

    BalasHapus
  29. Wah jadi keingetan sama anak ketigake deh. Dia dulu saat balita sering banget perutnya kembung. Tapi walopun sering, solusinya gampang. Cuma oleskan aja minyak telon. Langsung deh sembuh

    BalasHapus
  30. Memang banyak banget hal yang bisa bikin kembung ya. Salah2 dikit bisa kembung, mual dan jadi rewel deh. Jadi akupun selalu sedia minyak telon di rumah

    BalasHapus
  31. Sleek baby telon ini wangi dan hangatnya pas mba buat anak. Kami juga sedia dan pake ini

    BalasHapus
  32. Aku bum coba mba varian sleek minyak telon di rumah pakenya sleek yang diaper cream sama yang buat cuci botol hehehe

    BalasHapus
  33. Aku baru tahu kalau Sleek mengwluarkan varian minyak telon. Aku suka produk Sleek dari anak2ku kecil. Bolehlah dicoba beli. Soalnya anak keduaku ini masih suka pakai minyak telon

    BalasHapus
  34. Selalu suka dengan aroma minyak telon. Wangi dan sekaligus hangat gitu ya ketika diusapkan pada perut dan dada anak. Jadi pengin cium-cium terus.

    BalasHapus
  35. Senangnya...
    Anak sehat dan tumbuh cerdas. Yang bikin cemas kalau ada yang kurang nyaman di tubuhnya yaa... Sleek Minyak Telon harus selalu ada di rumah, di tas bahkan di dalam kendaraan, karena paling ampuh atasi ketidaknyamanan anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ada anak memang kesibukan jadi bertambah yaa, kak..
      Tapi kebahagiaan yang tak terkira pun...menjadi berlipat-lipat.
      MashaAllah~

      Hapus
    2. Zril menggemashkan...
      Sedia minyak telon Sleek bikin hati Mama pun ikutan hangat karena anak selalu ceria cerdas dan sehat.

      Hapus
  36. Baru mendengar kata minyak telon saja, hidung saya terasa mencium aroma bayi yang khas. Ngangenin banget momen itu Mbak.

    BalasHapus
  37. Aku langsung checkout di marketplace setelah tahu ada Telon Sleek
    Bukan fanatik sama Sleek, hanya saja sudah terlanjur tahu kualitas produknya, apalagi untuk bayi

    BalasHapus
  38. Sleek ini emang aromanya khas telon oil yang lembut banget. Hangat dan bisa ngobatin masuk angin gitu

    BalasHapus
  39. Telon tidak panas dan tidak bikin iritasi kulit bayi. Tenang kalau ada minyak telon dirumah. Anak jadi tidak rewel lagi

    BalasHapus
  40. Wah ini sekarang Sleek juga punya minyak telonnya ya mbak, aku baru tau. Soalnya anakku sampai sekarang usia 6 tahun masih aku pakaikan minyak telon juga, karena aku suka banget sama baunya minyak telon.

    BalasHapus
  41. Saya kemana aja ya? hehe baru tau kalau ternyata Sleek ada telon nya juga hehe. Mau cobain juga ah.

    BalasHapus
  42. Dari dulu paling senang dengan sleek mbak apalagi berbagai produknya sangat cocok untuk si kecil. Sekarang ada telon nya pula jadi bisa dibawa kemana-mana dan mengatasi kembung pada anak.

    BalasHapus
  43. Aku tahunya sleek itu produk buat cuci perangkat2 baby haha.. Ternyata ada sleek baby telon oil ya.. kalo dipake orang dewasa bisa ga ya Mbak hehe.. Aku kalo telat makan, atau keseringan kena kipas angin di malam hari suka gampang masuk angin. Apalagi suka melek malam pas nulis dan ga kerasa kena anginnya jadi lama..hehe..

    BalasHapus
  44. Wah produk terbaruku Sleek Baby yah Mbak? Dua kali dari minyak telon biasa. Btw ngomongin perut kembung anakku juga sering mengalaminya sampai kadang bingung harus apa

    BalasHapus
  45. Baru tahu sleek ada minyak telonnya
    Minyak telon bikin badan anak tetap hangat ya

    BalasHapus
  46. Minyak telon itu barang yang wajib kita punya ya mbak kalau punya anak kecil dirumah. Aku aja yg dewasa masih suka pakai minyak telon..

    Btw sleek sekarang punya produk minyak telon juga ya... Makin banyak produk dari sleek ya sekarang

    BalasHapus
  47. Baru tahu loh kalau sleek ada versi minyak telonnya. Emang ya kalau mau menghangatkan badan sikecil bisa pakai minyak telon. Wangi telon juga unik, gak semenyengat kayu putih.

    BalasHapus
  48. Aku kira sleek baby cuman punya produk sabun doang hihi
    Sejak bayi anakku juga ku olesin minyak telon, soalnya bikin wangii

    BalasHapus
  49. ga hanya anak kecil aja, akupun yang udah gede aja suka banget minyak telon heheheh

    BalasHapus
  50. Sekarang sleek berinovasi ke minyak telon ya, dan memang untuk minyak telon pun wajib ya di pakaikan pada baby agar tidak masuk angin

    BalasHapus
  51. Telon Sleek ini bikin saya penasaran, belum nyoba soalhya. Tar mau beli ah, soalnya anak saya masih pakai telon juga, ga kuat pakai minyak putih.

    BalasHapus
  52. Bagus nih kayanya, apalagi kl anak2 perutnya kembung pastinya gak nyaman banget, kita yg dewasa aja bakalan nggak nyaman ya mbak

    BalasHapus
  53. aku syukaaakkk aromanya minyak telon eniiihhh
    Kangennn ama Zril
    Sehat selalu yaaaa anak ganteeenggg

    BalasHapus
  54. Aku selalu suka telon bayi. Ternyata Sleek ada yang dalam bentuk telon. Jadi bayi aman terlindungi deh

    BalasHapus
  55. Suka banget wanginya minyak telon tuh, khas banget. Baru tau juga ternyata Sleek punya minyak telon, pastinya lebih aman untuk bayi yaaah

    BalasHapus
  56. Minyak telon ini andalan banget dari jaman anakku bayi, aku selalu pakaikan setiap habis mandi. Memang alasannya biar lebih hangat dan menghindari perut kembung atau masuk angin. Btw ini aku baru ngeh kalau Sleek Baby juga punya minyak telon.

    BalasHapus
  57. anakku juga pake telon sleek mba, wangi dan rasanya itu pas. aku juga suka make palaagi kalo habis kehujanan, jadi hangat

    BalasHapus
  58. Perut kembung itu rasanya nggak enak banget, bener bener mengganggu. Eh, baru tahu Sleek baby ada produk minyak telonnya. Tiap bulan wajib beli minyak telon, minyak wajib ini

    BalasHapus
  59. Aku kasih kado baby nya ponakan salah satunya Sleek Minyak Telon. Karena pernah mencium aromanya yang enak jadi aku kasih aja itu

    BalasHapus
  60. Iyaa kalau makan yang mengandung banyak gas jadi kembung ya kayak kol dan durian, jadi kuhindari..sleek ada produk telonnya juga ya penasaran aromanya..

    BalasHapus
  61. Kalau anak kembung mereka gak ngerti & gak bisa ngomong ya jadinya rewel. Untuung ya dioles sleek baby telon bisa membantu mengatasi kembung

    BalasHapus
  62. Harus selalu sedia ini kalo punya anak kecil. Di rumah juga selalu tersedia karena keponakan sering main ke rumah. Wanginya juga menenangkan

    BalasHapus
  63. Baru tahu banget ternyata minyak telon itu campuran dari kayu putih dan minyak adas atau anisi ya.

    BalasHapus
  64. Aku sampe tua gini juga masih mengandalkan minyak telon kalo lagi kembung. Enakan banhet di perut

    BalasHapus
  65. Wah, baru tahu kalau telon itu maksudnya telu. Karena terdiri dari campuran 3 minyak. Tapi sekarang minyak telon banyak pilihan aroma ya...jadi bisa pilih aroma yg disuka

    BalasHapus
  66. Iya mba kenapa ya kalau anak kecil ga suka diselimutin padahal emaknya aja kedinginan wkwk pasti itu lepas

    Duh jadi pengen cobain telon oil sleek deh mba hehehe

    BalasHapus
  67. Baru tahu soal kegunaan minyak adas manis atau anisi ternyata lebih efektif memberikan kehangatan utk anak ya?
    Ukuran kemasannya mungil ya minyak telon Sleek ini jd gampang juga lha masuk pouch kalau bawa anak traveling (ntar2) :D

    BalasHapus
  68. Jadi ingat jaman masih punya balita dulu. Senang banget oles-oles minyak telon ke perut anak-anak selepas mandi. Harumnya itu lhooo suka banget. Jadi pengin cium-cium terus gitu.

    BalasHapus
  69. Gemas sekali sama Zril. Meski enggak punya balita, kadang kalau pas ke supermarket aku suka nyoba2 cium aromanya minyak telon Sleek ini, lho. Moga-moga aja masih diberi kesempatan punya momongan lagi, aamiin

    BalasHapus
  70. anakku juga masih suka pakai minyak telon mba..apalagi kalau tidur di AC terus kan. AKu pun sukaa pakai niiih

    BalasHapus
  71. bener namanya anak apalagi masih kecil pasti sering banget namanya perut kembung atau sakit perut gitu salah satunya dengan minyak telon

    BalasHapus
  72. sama mbak, aku juga begitu ke anakku, kalau udah sakit dikit, aku kasih minyak telon dan pijat lembut. alhamdulillah cepet sembuhnya

    BalasHapus
  73. Barokallah bundanya selalu cepat tanggap.
    Zril sehat terus ya sayang, aku juga make minyak telon dua brand wkkwkw tapi untuk sleek belum make ga tau ada minak telonnya mau ahhh

    BalasHapus
  74. Wah sleek ada milonnya skrg ya? Jadi mau coba deh. Di rumah produk sleek baru sabun baby dan pencuci mainan aja. Kayak apa ya wangi milon sleek? Kepo.

    BalasHapus
  75. asyik banget sekarang sleek baby udah punya minyak telon-nya juga, makin lengkap varian produknya.

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca ^^
Tolong berkomentar dengan sopan yaaa... Maaf kalau ada yang belum terjawab :*