Solusi Sakit Gigi Berlubang


"Ayo gosok gigi, gosok gigi... Setiap hari. Sesudah makan dan sebelum tidur," itulah cuplikan lirik lagu Gosok Gigi. Lagu anak ini sering diputar di salah satu stasiun televisi. Tidak hanya membuat mudah menghapal dan menyanyikannya, anak juga jadi terdorong untuk sering menggosok giginya. Dengan kebiasaan baik ini maka bisa meminimalisir terjadinya sakit gigi berlubang.


Tidak sekedar hanya sikat gigi, rupanya peran fluoride dalam pencegahan gigi berlubang dan penggunaan produk perawatan gigi yang mengandung fluoride juga sangat penting. Fluoride merupakan salah satu jenis mineral alami yang terdapat dalam tulang dan gigi. Tugasnya ialah bantu cegah terjadinya gigi berlubang pada anak-anak dan orang dewasa dengan cara memperkuat permukaan luar gigi (enamel) dari serangan asam yang menyebabkan kerusakan gigi.


Karena merupakan mineral alami, fluoride memang juga bisa ditemukan di air, tanah, batu, tanaman, dan udara. Meskipun begitu hal ini tidak cukup untuk mencegah kerusakan gigi. Selain itu kebutuhan seseorang akan fluoride juga tergantung pada usia dan jenis kelaminnya. Oleh karena mineral alami ini menjadi senyawa terpenting dalam penyusunan tulang dan gigi maka memilih pasta gigi yang mengandung fluoride untuk menggosok gigi sangat dianjurkan.


Beberapa fungsi flouride adalah:

1. Mencegah risiko gigi berlubang

Kandungan flouride dalam pasta gigi bisa memicu remineralisasi dari gigi. Remineralisasi adalah proses pembentukan kembali lapisan mineral pada email gigi. Artinya kandungan mineral yang terus berkurang karena suasana asam dari bakteri yang menempel di gigi dapat tercukupi oleh flouride. Sehingga gigi jadi lebih sehat, kuat serta tidak mudah berlubang. 


2. Mempertahankan kekuatan gigi

Ada penelitian yang menyebutkan bahwa fluoride yang bersentuhan dengan email gigi bisa langsung bereaksi dengan kalsium dan fosfat. Dengan reaksi ketiganya maka tercipta sistem pertahanan yang kuat untuk mencegah gigi berlubang. Namun peran fluoride dalam menjaga kekuatan gigi tentunya harus diimbangi dengan upaya tertentu, misalnya membatasi konsumsi makanan manis agar bisa membatasi pula terjadinya pembentukan plak gigi. Fluoride juga bisa membunuh bakteri penyebab plak gigi.


3. Mengurangi rasa tidak nyaman pada gigi

Bila ada kerusakan email gigi maka akan timbul gejala seperti nyeri atau ngilu oleh karena gigi yang sensitif. Akan tetapi masalah ini akan sedikit demi sedikit menghilang kalau proses remineralisasi pada gigi maksimal. Kondisi email gigi membaik maka tidak sakit gigi lagi.

4. Mencegah perkembangbiakan bakteri

Salah satu penyebab sakit gigi berlubang adalah karena perkembangbiakan bakteri dalam rongga mulut. Saat ada sisa-sisa makanan, bakteri dalam mulut kemudian mengonsumsinya dan mengubahnya menjadi asam. Asam inilah yang menyebabkan lubang pada gigi. Namun dengan penggunaan pasta gigi yang mengandung fluoride dapat mencegah perkembangbiakan bakteri. Penggunaan pasta gigi berfluoride bisa menjadi upaya pencegahan gigi berlubang sejak dini.


5. Mengantisipasi lubang pada gigi agar tidak semakin parah

Lubang pada gigi dimulai dari lubang kecil yang tidak teratasi, kemudian membesar sedikit demi sedikit. Nah kemunculan lubang pada gigi yang terdeteksi sejak awal ini dapat diantisipasi dengan penggunaan pasta gigi dan perawatan gigi yang mengandung fluoride. Kandungan fluoride dapat memperbaiki lubang pada gigi sehingga lubang tersebut tidak berkembang menjadi lebih besar. Tetapi bila lubang gigi sudah telanjur parah maka tetap harus mendapatkan penanganan intensif berupa penambalan gigi ke petugas kesehatan terkait.


Ada aturan tertentu dalam pemberian produk perawatan gigi yang mengandung flouride. Pada pasta gigi misalnya, pasta gigi ber-fluoride dapat diberikan pada anak-anak usia 2 tahun ke atas. Alasannya agar bisa mencegah tertelannya fluoride dalam pasta gigi dalam jumlah besar. Ini juga yang menjadi alasan pentingnya memilih produk perawatan gigi yang mengandung flouride sesuai usia. Nantinya dosis fluoride pada pasta gigi dapat dinaikkan sedikit demi sedikit.


Ada beberapa manfaat dari pasta gigi yang mengandung fluoride untuk anak-anak antara lain:

  • Mencegah gigi berlubang.
  • Mencegah gigi keropos atau cariea gigi.
  • Memperkuat email gigi dan mencegah kekurangan mineral di gigi.
  • Membatasi dan mencegah pertumbuhan bakteri di dalam mulut.


Sayangnya meski sudah rajin menggosok gigi dan menggunakan produk perawatan gigi yang mengandung flouride, masih juga bisa terkena sakit gigi. Hal ini karena gigi berlubang yang terlanjur membesar dan kemudian menimbulkan masalah. Tidak jarang sakit gigi berlubang begitu menyiksa, hingga penderitanya mengeluh kesakitan dan labil emosinya. Lebih baik sakit hati daripada sakit gigi, katanya.


Memang sebaiknya bila ada masalah sakit gigi bisa segera dikonsultasikan pada petugas kesehatan terkait, utamanya dokter gigi. Dengan begitu masalah langsung tuntas terselesaikan. Namun ternyata tetap tidak semudah itu karena faktanya masih ada banyak orang yang enggan memeriksakan kesehatan giginya. Ada yang beralasan biaya, ada juga yang takut disuntik karena berpikir itulah penanganan yang dilakukan oleh dokter gigi. Atau bisa juga karena masalah waktu disebabkan jadwal antrean di dokter gigi yang lumayan panjang.


Beruntung di pasaran sudah ada beberapa obat yang bisa membantu mengurangi rasa sakit pada area gigi dan mulut. Dengan begitu rasa sakit gigi bisa teratasi dan tidak sampai menggangu aktivitas. Terlebih mudah didapatkan di apotek dengan harga terjangkau. Salah satu yang bisa dibeli secara bebas adalah Cooling 5 Plus. Ini adalah obat sakit gigi dalam bentuk semprot.


Cooling 5 Plus mengandung Benzocaine 3 mg dan Phenol 5 mg. Fungsinya bisa untuk mengurangi dan bahkan menghilangkan rasa sakit loh, tidak hanya sakit gigi berlubang tapi juga sariawan ataupun sakit saat pertumbuhan gigi. Cooling 5 Plus ini mudah digunakan karena tinggal disemprot ke arah gigi atau gusi yang sakit. Setelah itu kurang dari 1 menit, rasa sakit karena sakit gigi berlubang bisa berkurang karena Cooling 5 Plus mengandung anastesi lokal. Bila perlu bisa diulang pemberiannya 3 - 4 jam sekali. Ini dia solusi sakit gigi berlubang yang patut dicoba semua orang. Apalagi kan Cooling 5 Plus kemasannya mungil sehingga cocok untuk dibawa ke mana-mana.


Sudah paham kan kalau masalah gigi berlubang tidak akan terjadi bila telah merawat gigi secara tepat dan telaten. Tinggal maksimalkan manfaat pasta gigi serta perawatan kesehatan gigi dan mulut yang mengandung fluoride sehingga gigi jadi sehat, kuat, dan bersih setiap saat. Jangan lupa pilih obat pereda sakit gigi berlubang yang tepat, seperti Cooling 5 Plus yang nyata manfaatnya.




1 komentar:

Terima kasih sudah membaca ^^
Tolong berkomentar dengan sopan yaaa... Maaf kalau ada yang belum terjawab :*