29 Januari 2019

Tips Membeli Kamera DSLR untuk Pemula




Bagi Anda yang baru mulai belajar fotografi dan butuh senjata yang mumpuni, kamera DSLR menjadi pilihan yang tepat. Mungkin Anda bisa mengandalkan smartphone, namun hasilnya tidak maksimal. Selain itu fitur yang terdapat pada ponsel pintar tidak lengkap. Keterbatasan itulah yang membuat Anda harus beralih ke Kamera DSLR untuk pemula.


Jenisnya sangat beragam, ada yang membutuhkan budget tinggi tapi ada juga yang bisa dibeli dengan harga murah. Jangan terlalu memaksa membeli perangkat yang mahal, belajar dulu dengan kamera yang mampu Anda beli. Memilih DSLR untuk pemula pun ada tipsnya. Ulasan singkatnya bisa Anda temukan dibawah ini.


5 Panduan Memilih Kamera DSLR untuk Pemula
Jangan sampai Anda menyesal nantinya karena salah membeli produk yang tidak sesuai dengan kebutuhan. Banyak fotografer pemula yang merasa kecewa sebab kamera yang dibeli memiliki fitur yang tidak diperlukan. Jadi budget yang dikeluarkan akan terbuang sia-sia.

Sebelum membeli Kamera DSLR murah, ada baiknya Anda memperhatikan panduan dibawah ini. Pilih dulu spesifikasi yang sesuai dengan keinginan agar mendapatkan produk yang pas.


1. Sensor
Secara umum, ukuran sensor kamera DSLR dibagi menjadi 3 yaitu Four-Thirds, Full Frame, dan APS-C. Ketiganya memiliki perbedaan yang mendasar. Kamera Four-Thirds memiliki sensor yang kecil sehingga bodynya menjadi lebih ringkas. Jenis DSLR ini sedang tren saat ini.

Meski bentuknya mungil namun tidak mengurangi kualitas gambar yang dihasilkan. Kamera Full Frame memiliki sensor dengan ukuran yang sama dengan jenis analog. Jadi apa yang dilihat di viewfinder, itulah yang tertangkap oleh sensor. Lain lagi dengan kamera APS-C, sensornya kecil dan ada bagian foto yang hilang. Nah dari penjelasan ini, manakah jenis DSLR yang Anda inginkan berdasarkan ukuran sensor?


2. ISO
Sensitivitas sensor kamera digambarkan dengan nilai ISO. Jadi semakin tinggi angka ISO maka semakin banyak pula cahaya yang bisa ditangkap oleh sensor. Kamera yang bagus memiliki nilai ISO yang cukup tinggi dan ini akan sangat membantu saat pengambilan gambar di tempat yang minim cahaya. Jika Anda membeli kamera dengan maksimal ISO tinggi, saat memotret di lokasi yang gelap maka hasil yang didapatkan tetap maksimal.


3. Image Stabilization
Untuk menghindari foto blur karena tangan bergetar, sebaiknya pilih merk kamera DSLR untuk pemula yang menghadirkan fitur Image Stabilization atau yang sering disingkat dengan “IS”. Saat memotret dalam kondisi yang minim cahaya, pengaturan speed lambat mau tidak mau harus dilakukan.

Agar foto tetap fokus, Anda harus menggunakan tripod ketika mengambil gambar. Namun jika Anda menggunakan DSLR yang dibekali fitur IS, tanpa menggunakan tripod hasil foto bisa tetap tajam dan tidak blur.



4. Ukuran
Jika Anda memiliki mobilitas yang tinggi, pilih kamera dengan body yang ringkas dan ringan. Untuk keperluan travelling pun sebaiknya menggunakan DSLR yang ramping agar mudah di bawa kemana-mana. Dari ketiga tipe kamera yang disebutkan diatas, Four-Thirds yang paling memiliki ukuran kecil. Contoh dari kamera tersebut diantaranya adalah Panasonic GF, Canon EOS-M, Fuji XE-1, dan lain sebagainya.

Tidak hanya cocok dipakai untuk menyalurkan hobi, perangkat tersebut juga bisa mendukung pekerjaan karena fitur yang disematkan didalamnya tak kalah hebat dengan DSLR berbadan besar.


5. Budget dan Kebutuhan
Jika saat ini Anda membutuhkan kamera untuk keperluan sehari-hari dan mengembangkan hobi, sebaiknya beli kamera DSLR untuk pemula dengan fitur yang sederhana saja. Jika budget yang dimiliki pas-pasan, sebaiknya jangan memaksa.

Pelajari dulu tekniknya dan terus belajar untuk meningkatkan kemampuan. Jika skill yang Anda miliki sudah mumpuni, kamera yang Anda miliki bisa dijadikan senjata untuk mengumpulkan pundi-pundi uang. Jika dana sudah terkumpul cukup banyak, baru membeli kamera DSLR pro untuk menunjang pekerjaan sebagai fotografer.


Tips membeli kamera DSLR untuk pemula adalah menyesuaikan dengan jumlah uang yang dimiliki dan juga tujuan pemakaian. Selain itu lakukan pembelian di tempat yang terpercaya seperti Bhinneka.Com. Kunjungi situsnya untuk mendapatkan rekomendasi harga kamera DSLR terbaik. Layanan yang diberikan super lengkap sehingga Anda bisa berbelanja dengan nyaman dan aman.

1 komentar:

  1. Lensa.

    Ini penting banget. Baru menyadari setelah mempunya kamera mirrorless. Beli kamera yang punya produk lensa yang bagus, banyak ragam, dan terjangkau. Punya kamera Sony tapi lensanya mahal. Hiks.

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca ^^
Tolong berkomentar dengan sopan yaaa... Maaf kalau ada yang belum terjawab :*