Categories

13 Desember 2019

Sekolah Internasional sebagai Jawaban dari Tantangan Era Millennium


Saya menyukai pagi, awal yang indah untuk memulai hari. Apalagi suasana pagi di rumah begitu tenang, tidak seperti tetangga kanan-kiri yang riuh dengan teriakan, "Cepat sarapannya! Lekas berangkat! Nanti telat!"

Namanya juga keluarga baru, tinggal bertiga dengan suami dan seorang putra yang masih 2 tahun. Setelah suami berangkat kerja, saya dan Azril belajar sambil bermain di dalam rumah. Saya sudah siapkan banyak buku, mainan edukasi dan juga video-video yang mengajarkan banyak hal baik. Ia selalu saya bimbing, sambil mengoceh ini itu sehingga Zril ada rangsangan untuk berpikir, berbicara dan bergerak. Interaksi sangatlah penting untuk pendidikan anak balita.

Saya rasa tidak hanya untuk seumuran di bawah lima tahun saja. Hingga melewati masa remaja, seorang anak butuh pendidikan yang disertai interaksi. Saya teringat masa sekolah di mana dulu seringnya didekte ini dan itu. Keingintahuan dan kreativitas jadi kurang terasah. Saya dan teman-teman jadi sosok yang hanya pasrah dan tidak tahu selanjutnya mau ke mana. Karenanya setelah lulus SMA, banyak yang salah jurusan pun tidak bisa mencetus ide-ide cetar.

Pendidikan yang berfokus pada guru yang mendikte seperti itu tidak lagi bisa digunakan di masa era millenium seperti sekarang. Anak zaman sekarang sangatlah kritis, rasa ingin tahunya besar. Ditunjang dengan berbagai gadget yang mengisi hari-harinya, anak zaman sekarang butuh pendidikan yang tepat. Salah satu cara agar bisa mendapatkan pendidikan yang tepat ialah dengan bersekolah di sekolah internasional.

Pilihan sekolah internasional di Surabaya adalah Sampoerna Academy. Lokasinya ada di Jalan Lontar, Pakuwon Indah No PK 01-10, Kota Surabaya. Saat ini dibuka pendaftaran siswa untuk tahun kedua. Seusia Zril sudah boleh masuk Playgroup, nanti saat usia 5 tahun masuk Kindergarten lalu masuk kelas Elementary. Karena merupakan sekolah yang baru dibangun, dibuka Elementary dari Grade 1 hingga 3. Seiring berjalannya waktu akan menyesuaikan, jadi tidak hanya setara kelas 3 Sekolah Dasar (SD) saja.

Yang saya suka dari sekolah internasional terbaik Surabaya ini adalah filosofi pendidikannya memusatkan siswa pada kurikulum Cambridge, sehingga mengukur kesuksesan siswa dalam uji internasional. Karena itu Sampoerna Academy memberikan pendidikan multibahasa menggunakan 3 bahasa, yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Bahasa Mandarin. Uniknya, kelebihan sekolah internasional ini adalah metode belajar Science, Technology, Engineering, Arts and Mathematics (STEAM) sehingga siswa tumbuh menjadi individu yang kreatif, penuh inisiatif dan Inovatif. Mengikuti perkembangan zaman yang serba digital, siswa dipandu untuk menggunakan dan menerapkan teknologi lebih dari sekedar sarana sosial untuk hiburan. Jadi gadget juga wajib digunakan sebagai alat untuk mengakses informasi, sumber daya, dan kerja tim.

Sampoerna Academy masuk dalam daftar sekolah internasional terbaik Indonesia. Lembaga pendidikan naungan Yayasan Putra Sampoerna yang didirikan sejak 2015 ini sudah tersebar di sejumlah wilayah di negara kita. Sudah ada 3 sekolah di Jakarta dan 2 sekolah lainnya di Medan. Sedangkan Surabaya Campus menjadi yang keenam.

Pada Oktober 2018, walikota Surabaya, Ibu Tri Rismaharini menjadi peletak batu pertama dalam pembangunan Sampoerna Academy di area Pakuwon City, Surabaya. Fasilitas sekolah internasional di sini berbeda dengan sekolah lainnya, sebab ada fasilitas indoor gym yang komplit dan juga dance room. Predikat memuaskan membuat Sampoerna Academy menjadi satu-satunya sistem terpadu berbasis Asia yang menawarkan banyak jalur ke gelar Amerika yang diakui secara internasional. Keren, kan.

Sistem pendidikan terpadu yang diberikan di Sampoerna Academy mulai dari akademik hingga pengembangan karakter jadi menumbuhkan semangat siswa untuk belajar seumur hidup. Dengan demikian siswa tidak merasakan belajar sebagai kewajiban, namun merupakan suatu kebiasaan yang menyenangkan. Sampoerna Academy memiliki lingkungan yang positif, mampu melindungi, dan mengasuh para siswa untuk dapat belajar dengan cara terbaik mereka dan tumbuh menjadi anak berprestasi tinggi. Sehingga diharapkan nantinya lahirlah generasi pemimpin baru yang mampu bersaing dan berjaya di tingkat internasional.

Apalagi Sampoerna Academy juga memiliki akses ke pendidikan kelas dunia yang memenuhi atau melampaui standar internasional. Lulusan Sampoerna University punya akses ke lebih dari 1000 Universitas di Amerika Serikat. Wow!

19 komentar :

  1. Sekarang arah pendidikan kita semakin terbuka ya mbak. Makin banyak pilihan. Semoga dg bnyk pilihan pendidikan kita semakin baik

    BalasHapus
  2. Sampoerna Academy ini luas biaasa kualitasnya dan masih banyak juga yang mendapat banyak ilmu dengan menuntut ilmu disana. Apalagi lingkungan belajar yang positif

    BalasHapus
  3. Ini yang bisa kita jadi sukses di masa depan. Pembangunan karakter yang di ajarkan di sekolah seperti sekolah Sampoena Academy

    BalasHapus
  4. Sampoerna Academy menjadikan belajar sebagai suatu kebiasaan yg menyenangkan ya mom, krn selain pendidikan akademik Sampoerna Academy juga mengembangkan karakter dan menumbuhkan semangat belajar siswanya.

    BalasHapus
  5. Sekolah internasional biasanya biayanya juga mahal tapi sebanding dengan yg ditawarkan

    BalasHapus
  6. Aku tahu lokasi dan sering lewat Sampoerna Academy yang di Jakarta. Memang keren baik bangunan maupun metode pendidikannya. Memang sepadan dengan biayanya.

    BalasHapus
  7. Wah keren ya Sampoerna Academy. Sekolah yang berkualitas seperti ini tentu akan mencetak generasi yang hebat pula.

    BalasHapus
  8. Ini ada biaya masuknya, gak kak?
    Pakuwon lumayan eksklusif tempatnya yaa..hihii~

    BalasHapus
  9. Surabaya ya mba..
    Sampoerna Academy ada di kOta lain juga gak ya mba? Aku tertarik dwngan Konsepnya.

    BalasHapus
  10. Sekolah sekolah international seperti Sampoerna Academy emang fasilitasnya lengkap ya mbak. Sepadan lah dengan biaya yang dikeluarkan.

    BalasHapus
  11. Sekolah internasional biayanya mahal tapi sepadan dengan fasilitas yang didapatkan dan juga pasti lengkap dengan pengajar yg berkualitas begitu juga pra sarana ,,

    BalasHapus
  12. Bagus nih sekolahnya bertaraf internasional. Pastinya kualitasnya terjamin ya mbak. Jadi nggak diragukan lagi tenaga pengajar dan proses pembelajaran yang diterapkan di sana. Dan tentunya sebagai orang tua kita pasti mendamba anak-anak bisa menempuh pendidikan di sekolah dengan kualitas terbaik seperti sekolah ini.

    BalasHapus
  13. Seandainya Sampoerna Academy menyediakan bis sekolah dari Lontar menuju Surabaya timur, saya nggak keberatan nyekolahin anak saya di sana.

    BalasHapus
  14. Wah kalau sekolah internasional pastinya kualitasnya nggak perlu diragukan lagi ya. Tinggal siapin uangnya aja nih orang tuanya

    BalasHapus
  15. Era globakisasi seperti ini, menjadikan sekolah internasional sbg sebuah pilihan ya mbak..

    Anak anak sudah disiapkan untuk menghadapi era global sejak dini

    BalasHapus
  16. Wah beasiswa nya menggiurkan banget bisa berkesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Jadi kepingin, bisa gak ya daku

    BalasHapus
  17. keren deh, memang betul banget yang sekarang dicari itu sekolah yang kualitas bagus dan bikin anak-anak semangat untuk belajar juga bisa mengembangkan karakter jg bakat mereka

    BalasHapus
  18. Lumayan juga ya materi pelajarannya ya. Terlebih harus belajar bahasa indonesia. Bahasa yang dijunjunh tinggi Indonesia.

    BalasHapus
  19. Sekolah dengan kualitas oke nih banyak dicari ya, ga sembarangan zaman sekarang masukin anak ke sekolah.

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca ^^
Tolong berkomentar dengan sopan yaaa... Maaf kalau ada yang belum terjawab :*

Back to Top