19 Maret 2019

Ini Dia Beberapa Obat Penurun Panas Alami yang Bisa Anda Buat Dengan Mudah



Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa panas atau demam merupakan salah satu jenis penyakit yang umumnya sering dialami oleh semua kalangan masyarakat.

Ya, terlebih bagi kalangan anak-anak, dimana merekalah yang paling rentan terhadap serangan demam. Pada dasarnya, ada banyak sekali jenis obat penurun panas yang dapat kita jumpai di apotik maupun di warung-warung terdekat. Akan tetapi, pada kenyataannya demam itu buakanlah sebuah penyakit lho. Lantas, demam itu apa sih?

Menurut para peneliti terkemuka dunia, demam itu bukanlah sebuah penyakit, melainkan sebuah gejala. Demam itu merupakan reaksi tubuh yang muncul saat tubuh sedang melawan infeksi. Suhu
tubuh yang normal itu sekitar 36 derajat celcius, sedangkan saat demam, maka suhu tubuh kita akan meningkat menjadi 1 sampai 5 derajat. Tubuh dengan suhu 37,7 – 38,3 derajat celcius sudah termasuk
kedalam kategori demam ringan.

Lain halnya saat kenaikan suhu mencapai 39,4 – 40 derajat celcius, maka itu sudah termasuk kedalam demam tinggi. Apabila suhu tubuh melebihi 40 derajat celcius, itu
tandanya sudah termasuk kedalam demam yang berbahaya. Gejala demam juga kerap diikuti dengan gejala lainnnya seperti mual, muntah, hidung meler, hingga batuk.

Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya
lagi tentang obat alami untuk penurun panas, mari sama-sama kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini :

1. Menggunakan Jahe
Obat demam alami pertama yang bisa anda coba, yakni dengan menggunakan jahe. Ya, tumbuhan yang satu ini memang terkenal akan banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh, yang salah satunya dapat menurunkan demam. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, tanaman jahe ini juga sudah terbukti ampuh dalam mengobati pilek, batuk, hingga mual.

Mengapa bisa demikian? Pasalnya, jahe ini memiliki sifat antibakteri yang bertugas untuk membantu pemulihan berbagai macam jenis penyakit. Mengenai cara
menurunkan panas dengan jahe, yakni dengan cara menumbuk jahe tersebut sampai hancur, kemudian rebus dengan air mendidih. Tambahkan madu sebanyak 1 sendok makan, aduk-aduk, lalu minumlah
ramuan jahe tersebut sampai habis tak tersisa.

2. Menggunakan Kunyit
Selain menggunakan jahe, anda juga bisa menggunakan kunyit untuk meredakan demam. Ya, salah satu jenis bumbu masakan ini memiliki kandungan zat bernama kurkumin, yang mempunyai tugas untuk menangkal berbagai macam jenis penyakit. Zat kurkumin itu sendiri berperan sebagai antivirus, antibakteri, antifungal, dan antioksidan yang tentu saja sangat bagus untuk kesehatan tubuh.

Lantas, bagaimanakah cara menggunakannya?
Mengenai cara menggunakannya, siapkan 3 – 4 batang kunyit, parut halus, kemudian seduh dengan air yang mendidih. Diamkan air kunyit tersebut sampai dingin, lalu peras parutan kunyit tersebut dan
sisihkan air perasannya kedalam gelas. Campurkan air perasan kunyit ini dengan 2 sdm madu dan jeruk nipis, aduk-aduk, lalu minumlah sampai habis tak tersisa. Selain dapat menurunkan demam pada orang
dewasa, ramuan kunyit ini juga sangat ampuh dalam menurunkan demam pada anak lho.

3. Menggunakan Bawang Merah
Masih seputar dari bumbu masakan, dimana bawang merah ini juga sudah terbukti manjur dalam menurunkan demam pada anak maupun pada orang dewasa.  Kita langsung saja ke cara pengerjaannya, siapkan beberapa butir bawang merah, kupas kulitnya, kemudian tumbuk sampai hancur. Campurkan
dengan minyak esensial atau minyak telon, selanjutnya balurkan pada bagian dahi dan bagian tubuh lainnya secara merata. Meski menimbulkan aroma yang kurang sedang, namun ramuan bawang merah ini dapat melebarkan pembuluh darah sehingga akan menurunkan demam.

4. Menggunakan Air Kelapa Muda
Obat alami penurun demam berikutnya yang bisa anda coba, yakni dengan menggunakan air kelapa muda. Sejatinya, belum ada sebuah penelitian yang jelas mengenai khasiat dari air kelapa muda yang dapat menurunkan panas. Namun berdasarkan dari pengalaman banyak masyarakat, air kelapa muda ini
memang sudah terbukti manjur dalam menurunkan demam. Pasalnya, kandungan vitamin dan mineral pada air kelapa ini sangat bagus untuk menggantikan cairan tubuh dan mencegah dehidrasi saat demam.

Siapkan segelas air kelapa muda, campurkan dengan perasan air jeruk nipis, aduk-aduk, kemudian minumlah sampai habis tak tersisa. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, disarankan bagi anda
untuk langsung mencukupi waktu istirahat setelah meminum air kelapa muda tersebut.

5. Kompres Dengan Menggunakan Air Hangat
Saat masih kanak-kanak, biasanya orangtua kita langsung mengompreskan kain atau handuk yang telah diberi air hangat saat kita mengalami demam. Ya, cara menurunkan demam yang satu ini memang sudah ada sejak dari dulu, dan menjadi pengobatan tradisional secara turun-temurun.

Cara mengompres dengan air hangat ini bertujuan untuk melebarkan pembuluh darah, agar produksi keringat meningkat sehingga dapat menurunkan demam. Apabila air kompresan pada handuknya sudah dingin, anda jangan lupa untuk mengambil lagi handuk tersebut untuk digantikan dengan air yang hangat. Selain dengan cara mengompres, anda juga bisa melakukannya dengan mandi air hangat.


Itulah beberapa obat alami yang terbukti efektif dalam menurunkan panas demam. Bagaimana, apakah anda tertarik untuk mencobanya?

19 komentar:

  1. Wah ternyata linyot, jahe, dan air kelapa muda juga bisa menurunkan panas dan ya, Mbak.
    Dulu itu, ibu saya seringnya pakai baluran bawang merah dan kompres.

    Terima kasih sharingnya, Mbak.

    BalasHapus
  2. jahe itu suka ku minum... misal di udara yang dingin banget... pas ujan ujan gitu.. bikin anget perut... di sekitar kita emang banyak bahan yang manfaatnya luar biasa

    BalasHapus
  3. Wah ada kelapa muda, saya dan anak2 sukak :)

    BalasHapus
  4. Jadi ingat orang tua jaman dulu, kalau di Sunda namanya pupuk suhun, bawang merah dicampur sama minyak kelapa lalu ditempel di ubun-ubun. Eh ternyata kunyit juga bisa ya buat obat demam? Baru tau nih.

    BalasHapus
  5. Setuju dengan ke 5 penurun panas alami ini. Soalnya anakku kalau demam sebelum ke dokter pasti pake cara ini.

    BalasHapus
  6. Aaaah resep ibuku banget nih kak. Tapi kalau jauh gini udah susah hehe

    BalasHapus
  7. Kompres air hangat, minum air kelapa muda dan baluran bawang merah adalah 3 obat andalan saya di rumah kalau si kecil panas

    BalasHapus
  8. Ternyata banyak resep herbal disekitaran kita yang bisa digunakan untuk penurunan demam. Terimakasih infonya

    BalasHapus
  9. Ibuku dulu bekelin aku resep-resep ini...Yang paling sering kompres pakai air hangat dan bawang merah kalau ke anak. Dan Alhamdulillah memang berkurang demamnya

    BalasHapus
  10. Waktu anak-anak saya masih kecil kalau mereka lagi demam juga saya kasih ramuan bawang putih di sekujur badannya. Dilap pakai air hangat. Sesekali mandi juga gak apa-apa. Asalkan pakai air hangat

    BalasHapus
  11. Minum jahe memang enak banget. Diminum waktu sehat ataupun sakit. Khasiatnya juga banyak.

    BalasHapus
  12. Mengandung murni bahan2 herbal ya
    Sepengetahuan saya jahe memang bagus dan ampuh dalam mengobati pilek, batuk, juga deman

    BalasHapus
  13. Pernah nyoba yang efektif itu air kelapa muda. Jadi ingat sewaktu anakku campak dan demam diminumkan air kelapa muda. Demamnya turun dan campaknya juga perlahan menghilang.

    BalasHapus
  14. Kalau jahe aku belum pernah Mbak. Tapi yang lainnya selalu kugunakan. Biasanya kalau panas disertai kembung aku balur sama bawang merah. Tapi minyaknya pakai minyak telon yg gak terlalu panas. Kalau air kelapa biasanya pas belum minum obat. Nah, kompres ini yang wajib banget. Di ketek, leher sama jidat. ALhamdulillah, sangat membantu.

    BalasHapus
  15. Pas banget nih baca tulisan ini. Kebetulan anak-anak lagi pada demam. Awalnya si kakak, eh keesokan harinya adeknya juga ikutan demam. Hiks...

    BalasHapus
  16. Nah biasanya kalau buat buka say suka pakai bawang merah. Kalau untuk ayahnya suka buat ramuan jahe

    Alhamdulillah panas setidaknya menjadi reda dan kekhawatiran pun berkurang

    BalasHapus
  17. Beberapa poin sering kami pakai di rumah karena memang menjadi warisan ilmu pengobatan tradisional dari orangtua. Selain aman juga bahannyamudah didapatkan.

    BalasHapus
  18. Air kelapa ijo yang selalu jadi andalanku...buat aku pribadi, kalau lagi alergi langsung lari beli kelapa ijo. Daripada pake obat kimia mending ini khaan...

    BalasHapus
  19. Wah beberapa bahan kayak jahe, kunyit dan juga bawang merah ini udah ak buktikan sendiri hingga sekarang mba. Bahkan aku aja ini habis kena demam, trus minumin jahe plus susu hehe

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca ^^
Tolong berkomentar dengan sopan yaaa... Maaf kalau ada yang belum terjawab :*