19 Maret 2019

5 Manfaat Asuransi Secara Umum yang Penting Diketahui!




Minat masyarakat terhadap program asuransi ini masih rendah terutama untuk asuransi yang sangat vital seperti asuransi kesehatan, jiwa, maupun asuransi pendidikan. Hal yang diduga menjadi penyebab rendahnya minat masyarakat terhadap asuransi tersebut dikarenakan minimnya informasi yang mereka peroleh tentang manfaat asuransi tersebut. Terlebih lagi asuransi ini banyak dimiliki oleh lembaga keuangan non bank dimana banyak masyarakat yang tidak memahami informasi asuransi tersebut secara detail sehingga hanya mendapatkan informasi setengah-setengah saja dan belum tentu informasi yang didapatkan tersebut benar adanya.

Salah satu informasi yang didapatkan secara setengah-setengah adalah manfaat dari asuransi tersebut. Padahal semakin lengkap informasi yang didapatkan masyarakat tentang manfaat dari asuransi tersebut akan semakin banyak yang tertarik untuk menjadi nasabah asuransi.

Berikut ini adalah beberapa manfaat asuransi yang sangat penting untuk Anda ketahui:

Memberikan Ketenangan

Manfaat yang pertama adalah memberikan ketenangan. Tidak ada yang pernah tahu apa yang akan Anda alami esok hari. Setiap hari yang Anda lewati mungkin akan ada kemungkinan Anda bisa mengalami kejadian yang membutuhkan pengeluaran yang tidak terduga dengan jumlah yang banyak. Bila Anda merupakan orang yang siap dengan segala sesuatu maka risiko kerugian tersebut bisa diminimalisir dengan mudah. Bagi yang tipenya tidak seperti itu tentu asuransi ini akan memberikan jawaban ketika hal yang tidak terduga tersebut datang sehingga beban yang ditanggung tidak terlalu berat. Asuransi ini juga mampu memberikan manfaat dari berbagai macam ketidak pastian yang bisa terjadi di dalam kehidupan. Penggantian yang akan dilakukan oleh pihak asuransi ini bisa mengcover sebagian sampai seluruh kewajiban dari pembayaran Anda.

Investasi dan Tabungan

Manfaat umum dari asuransi yang penting untuk Anda pertimbangkan adalah bisa mendapatkan jaminan pengembalian Investasi pada akhir kontrak Anda dengan perusahaan. Asuransi yang juga ada investasi di dalamnya ini memberikan kelonggaran, fleksibilitas untuk memilih masa pertanggungan dimana bisa 5 tahun, 7 tahun, atau 10 tahun. Selain itu besaran preminya juga menjadi lebih terjangkau.

Meminimalisir Kerugian

Secara umum asuransi mampu digunakan untuk meminimalisir kerugian. Kerugian ini bisa berupa dari biaya yang tidak terduga yang harus Anda tanggung sewaktu-waktu. Sebagai contohnya adalah Anda memiliki rumah dengan pertanggungan 2 miliar, kemudian Anda juga memiliki investasi berupa bangunan yang dijadikan sebagai persewaan kamar kos yang dihuni oleh mahasiswa. Saat terjadi kebakaran di rumah Anda, Anda yang memiliki asuransi akan mendapatkan pengcoveran dari perusahaan asuransi karena Anda mengasuransikan rumah Anda. Namun jika terjadi di investasi, Anda harus menanggung kehilangan bangunan selain itu juga menanggung kerugian dari barang-barang milik mahasiswa. Dari kasus ini bisa terlihat bagaimana pentingnya asuransi untuk mengcover barang milik Anda sendiri maupun investasi yang Anda miliki.

Selain berhubungan dengan harta, asuransi ini juga mampu meminimalisir kerugian yang diakibatkan oleh penyakit. Saat sakit biaya yang Anda keluarkan ini bisa sangat besar terutama jika penyakitnya kronis. Saatsakit Anda juga berisiko kehilangan barang berharga bahkan uang Anda untuk mengobati penyakit Anda sampai sembuh.

Hidup yang Lebih Berkualitas

Banyak perbedaan yang ditemukan antara orang yang mengikuti asuransi dengan yang tidak memiliki asuransi. Orang yang memiliki asuransi terbukti akan memiliki kehidupan yang berkualitas. Yang dimaksud dengan berkualitas ini nasabah asuransi akan mampu menjalani kehidupan dengan baik karena rasa cemas dan khawatir yang bisa diakibatkan oleh kerugian maupun kemalangan tidak dirasakan lagi. Hal itu dikarenakan saat kemalangan tersebut terjadi pihak asuransi akan menjadi penanggung risiko dari kemalangan yang dialami.

Mampu Mengatur Keuangan

Manfaat asuransi yang terakhir adalah asuransi akan mampu membantu Anda dalam mengatur keuangan. Kewajiban Anda dalam membayar premi secara tidak langsung memaksa Anda untuk menyediakan dana cadangan untuk membayar biaya tidak terduga yang bisa sewaktu-waktu datang kepada Anda. Jika Anda belum memiliki asuransi tentunya Anda akan sulit untuk mengatur keuangan untuk dana darurat.

Untuk merasakan aman dengan mendapatkan penjaminan dari kejadian yang tidak terduga ada baiknya jika Anda mengikuti asuransi tersebut untuk menjamin kehidupan Anda. Ubah sudut pandang dan pola pikir tentang asuransi terutama tentang manfaat asuransi yang mana bermanfaat untuk para nasabahnya dan tidak hanya diperuntukkan oleh orang-orang tertentu saja.






0 kata para sahabat:

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca ^^
Tolong berkomentar dengan sopan yaaa... Maaf kalau ada yang belum terjawab :*