02 April 2019

Panduan Memilih Produk Kecantikan untuk Kulit Sensitif


Memiliki jenis kulit yang sensitif memang susah-susah gampang dalam merawatnya. Tapi bukan musthail untuk bisa merawat kulit sensitif agar tetap sehat. Kulit sensitif sendiri merupakan kondisi kulit dimana bereaksi secara berlebihan pada faktor lingkungan dibanding dengan kulit normal.

Biasanya ujung saraf pada kulit sensitif lebih rentan karena fungsi penghalang kulit yang rusak. Jika ujung saraf di lapisan atas kulit mengalami iritasi, maka lapisan kulit tersebut akan bereaksi. Bisa berupa kemerahan, gatal ataupun rasa seperti terbakar.

Kulit sensitif memang biasanya mengeluarkan respon yang lebih sensitif terhadap unsur-unsur tertentu terhadap zat yang dikonsumsi termasuk halnya dengan produk kecantikan, baik produk make up maupun produk skincare. Jangan sampai asal menggunakan produk karena nantinya akan berdampak lebih besar seperti mudah timbul jerawat.

Gak mau kan wajah cantikmu dihiasi jerawat hanya karena asal pilih produk?

Tapi, tak perlu khawatir. Kami telah merangkum 3 langkah mudah sebagai panduan dalam memilih produk kecantikan untuk kulit sensitif. Yuk simak!

Pilih Pembersih Wajah Non-alkohol
Zat alkohol dapat memicu terjadinya iritasi pada kulit terutama wajah. Pilih lah pembersih wajah yang alcohol free agar aman bila kamu gunakan setiap hari. Kamu bisa pilih micellar water sebagai pembersih wajah dari debu dan kotoran. Saat ini sudah banyak micellar water untuk kulit sensitif yang tersedia di drug store. Kamu bisa coba micellar water dari Nivea karena tidak mengandung alkohol sehingga aman untuk kulit sensitifmu.

Hindari Produk yang Mengandung Zat Eksfoliasi
Eksfoliasi memang bagus untuk kulit dalam mengangkat sel-sel kulit mati. Namun untuk kamu yang memiliki kulit sensitif sebaiknya hindari produk kecantikan yang mengandung zat eksfoliasi seperti AHA dan BHA. Zat eksfoliasi tersebut akan membuat pori-pori membesar sehingga lebih rentan menimbulkan komedo dan jerawat.

Cek Efek Pemakaian
Setelah memakai produk yang kamu rasa aman, jangan lupa cek efek pemakaian dari produk tersebut. Bila setelah dipakai kulitmu tidak menunjukkan reaksi apapun kamu bisa melanjutkan pemakaiannya. Tapi bila kulitmu menunjukkan ciri-ciri iritasi sebaiknya pemakaian dihentikan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca ^^
Tolong berkomentar dengan sopan yaaa... Maaf kalau ada yang belum terjawab :*