15 April 2019

Pengalaman Berjualan Tas dan Dompet Secara Online

Di zaman modern yang serba canggih ini, bekerja tidak lagi harus keluar rumah. Apalagi bagi ibu rumah tangga dengan seorang putra balita yang tak bisa ditinggal, saya contohnya. Kami (saya dan suami), yang tinggal merantau dari tempat asal, hanya hidup bertiga. Kalau saya juga bekerja di luar rumah, bagaimana nasib si kecil? Kami masih belum tega meninggalkan serta menitipkannya di tempat penitipan anak. Lebih baik saya yang mengalah, menjalani kodrat sebagai seorang ibu yang selalu berada di sisinya.

Atas ridho suami, saya tetap boleh bekerja. Tapi bukan sebagai pencari nafkah, hanya menambah tabungan dan dipakai untuk keperluan saya sendiri. Boleh kerja, asal dari rumah. Pasti banyak yang bertanya, “Bagaimana caranya?”

Berjualan via online, merupakan salah satu jalan membuka pintu rezeki. Salah satu cara bekerja yang termudah, karena hanya dengan bermain gadget. Mengapa demikian? Sebab media promosinya melalui gadget, akad jual beli pun komunikasinya lewat whatsapp atau SMS. Meski demikian, bukan melulu harus selalu melihat ponsel. Jam promosi ada sendiri. Dibantu dengan kecanggihan internet, semua hal jadi mudah.

Untuk menjual barang secara online perlu pemasaran lewat online pula. Karena sudah zamannya media sosial, media inilah yang menjadi pintu utama untuk melancarkan bisnis online. Produk yang saya pilih adalah tas dan dompet, impor dari Cina yang sudah saya tahu kualitasnya karena pecinta merek tersebut. Sebut saja mereknya JH... Ah, semua wanita pasti mengenalnya.

Merek ini amat laris di pasaran online. Kalau buka media sosial dan mencarinya via hastag, #jualtasJH misalnya, pasti langsung tampak ribuan hasilnya. Sebagai seorang penjual online, harus pandai membuat tampilan foto yang menarik dan menyolok agar pandangan pembeli langsung mengarah pada postingan saya. Selain desain dari media sosial yang menyenangkan, harus juga diperkuat dengan testimoni. Saya menggunakan screenshoot komentar pembeli yang saya peroleh tiap harinya. Dengan hastag #testiJH, maka inilah yang menjadi poin plus agar pembeli percaya bahwa toko saya bukanlah toko abal-abal.

Sudah bukan rahasia lagi kalau banyak penipuan berkedok penjual tas dan dompet impor. Pembeli yang tergiur harga murah, langsung transfer sejumlah uang ke penjual dan berharap barang impiannya segera dikirim. Nyatanya setelah dinanti-nanti, tak kunjung ada kiriman barang pesanan karena memang tak pernah dikirimkan oleh penjualnya. Itulah mengapa pembeli zaman sekarang harus cerdas dan mampu membedakan mana penjual abal-abal dan mana yang memang penjual sejati.

Penjual online sejati harus punya trik agar barang dagangannya laku. Dari pengalaman saya, dengan menjamurnya toko online via media sosial, postingan di facebook dan instagram saja tak cukup. Bagi mereka yang ingin membeli tas dan dompet import namun tak mengenal nama produk yang saya jual, membuat artikel mengenai bagaimana bagusnya kualitas adalah strategi yang jitu. Apalagi bila artikel tersebut bisa menjawab semua keingintahuan calon pembeli, maka tak butuh waktu lama untuk mengubahnya jadi pembeli setia. Untuk itulah keterampilan membuat artikel diperlukan. Bagaimana cara membuat artikel agar enak dibaca dan disuka ialah hal utama.

Namun tulisan yang bagus tidak akan ada artinya bila tak terbaca oleh di mesin pencari alias google search. Artikel yang muncul di halaman 1 menjadi yang lebih banyak dibaca dan dipercaya oleh pembaca. Hal ini bisa menaikkan traffic dan pasti meningkatkan penjualan juga. Karena itu diperlukan teknik SEO atau optimalisasi website. Dan bila tidak memiliki banyak waktu untuk memperlajari atau merasa ribet dengan rumus-rumusnya, lebih baik percayakan saja pada ahlinya, yakni Konsultan SEO Indonesia.

Memulai sebuah usaha tak akan sia-sia apabila dikerjakan dengan serius dan penuh doa. Apalagi bila berjualan sudah menjadi passion, maka bukanlah sebuah hal tak mungkin bila mampu menjadi sukses dengan berjualan online. Zaman yang serba canggih ini menuntut untuk jadi kreatif dan pandai melihat peluang. Tidak pandai olah kata ya tinggal minta bantuan ahlinya dan ti
dak akan lagi memusingkan cara membuat artikel blog. Jadi lebih berfokus pada pemenuhan permintaan yang tidak pernah berhenti dan semakin sukses lagi. Yuk pelajari dan memulai mencintai usaha online sepenuh hati.

0 kata para sahabat:

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca ^^
Tolong berkomentar dengan sopan yaaa... Maaf kalau ada yang belum terjawab :*