08 April 2019

Pengalaman Mencari Jasa MC Profesional


Hai Temans,
Saya lagi buka-buka album pernikahan nih. Tak sengaja saat berberes lemari pakaian, tampaklah sang album foto yang tersimpan. Ah ternyata sudah 2 tahun saya berumah tangga, tidak terasa ya. Rasanya baru kemarin saya dan Mama repot mencari MC pernikahan yang pas untuk acara gelaran resepsi pernikahan saya dan suami.


Jasa-MC-Pernikahan

Kata siapa mencari MC alias sang Master Of Ceremony (MC) itu mudah? Harus benar-benar yang berkualitas demi kesuksesan acara resepsi. Apalagi saya memakai adat Jawa yang riweuh, banyak sekali langkahnya. Mulai dari terima kedatangan keluarga mempelai pria dan lempar suruh hingga sungkeman di atas 'kuade'.

Keberadaan MC ibarat sang pemandu, kesuksesan susunan acara tertumpu padanya. Saya pernah salah memilih MC saat acara lamaran, memang baru terpikirkan perlu pakai MC di hari H. Akhirnya asal tunjuk sepupu yang kurang mengerti bagaimana dan apa itu acara lamaran. Hasilnya? Kurang mulus! Bersyukur masih dalam kesan sakral.

Karena pengalaman buruk itulah maka saya dan Mama memutuskan mencari MC profesional yang dapat mengendalikan dan membawa suasana pesta tetap meriah dan semarak. Memang terlihat mudah, tapi yaknilah tidak semua orang bisa melakukannya. Apalagi karena memakai adat jawa pastinya juga memakai bahasa jawa, bukan bahasa jawa ngoko kebanyakan.

MC yang baik ialah yang mampu memandu acara formal seperti wedding ataupun seminar. Mumpuni dalam berbahasa Indonesia dan memiliki nilai plus bila mampu pula berbahasa asing seperti bahasa inggris dan bahasa daerah seperti MC yang saya minta jasanya untuk memandu pesta pernikahan saya.


Jasa-MC-Pernikahan

Kemampuan berbahasa asing yang dikuasai oleh seorang MC adalah suatu nilai lebih. Di mana saja, di Jawa ataupun Kalimantan, bila tamu undangan dari sebuah acara formal adalah orang Indonesia, maka yang terpenting adalah memilih MC yang dapat berbahasa Indonesia dengan gaya bahasa yang baik, indah, dengan kualitas suara yang bagus. Tidak harus terlalu baku, yang penting enak didengar dan bisa menyesuaikan kondisi. Diselingi bahasa daerah boleh saja, malah akan terasa lebih akrab. Ditambah mampu menguasai dan menjiwai secara total dari acara yang bakal dipandunya, maka MC ini tidak akan pernah terlupakan oleh tamu undangan.

Selain itu acara informal seperti ulang tahun juga butuh MC ulang tahun loh. Kalau untuk perayaan ulang tahun anak, mudah saja. Biasanya memakai mereka yang komunikatif dan mengerti apa yang disuka anak-anak, yakni guru TK. Dan ini berbeda dengan MC ulang tahun kantor yang lebih formal lagi dan harus profesional.

Pengalaman saya memilih jasa MC yang tepat saya peroleh dari menghadiri acara resepsi pernikahan teman-teman dan mengumpulkan data siapa MC yang mereka gunakan. Tiap wanita dewasa pasti bercita-cita menikah, untuk itu saat teman mendapat jodohnya maka saya ikut bahagia dan hadir di resepsi pernikahannya. Saat itulah sekalian saya mengumpulkan data mana MC yang oke dan mana yang tidak akan saya lirik karena kegagalannya memandu acara.

Saya mencari MC yang komunikatif, semarak, kreatif dalam menghidupkan suasana, serta pandai mengatur waktu sehingga tidak terlalu molor membosankan juga tidak terkesan terburu-buru. Pembawaannya juga baik dan rapi, dengan senyum sumringah yang selalu terpampang di wajahnya.

MC yang profesional sikapnya harus elegan. Karena menghadiri acara resepsi itu tidak bisa berlama-lama, maka penilaian ini harus digali lagi lebih dalam. Salah satunya dengan melihat dokumentasi acara yang pernah dibawakan MC tersebut. Yakni lewat rekaman video. Mungkin MC tersebut sudah punya akun Youtube atau mungkin ada orang lain yang mengabadikannya. Kita bisa cari info ini lewat media sosial.

Cara ini juga bisa dipakai bagi yang memiliki sedikit waktu mencari MC yang tepat karena acara yang mendadak digelar. Menggali informasi mengenai MC yang menarik bisa dilakukan dengan browsing di website atau forum wedding terpercaya. Temans tahu tidak kalau sekarang bisa pesan MC di SociaBuzz juga loh. SociaBuzz adalah marketplace jasa kreatif dan salah satu jasa yang bisa didapatkan di SociaBuzz adalah jasa MC. Temans juga bisa menentukan pilihan untuk jasa MC berkualitas dengan cepat dan mudah di SociaBuzz.

46 komentar:

  1. Keren ini memilih jasa MC saja bisa mudah sekali. Pas banget kalau lagi butuh MC untuk helatan tinggal ke marketplace jasa kreatif SociaBuzz penyedia jasa MC berkualitas yang cepat dan mudah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. MC profesional yang handal tentu bikin acara jadi lancar dan menyenangkan. Tuan rumah lega, tetamu bahagia:)

      Hapus
  2. Kalau di tempatku yang laris malah MC yang fasih berbahasa Jawa. Bahasa Jawanya sampe mlipit2 gitu, pake krama inggil yang kadang banyak orang malah enggak mudeng :))

    BalasHapus
  3. Ingeett....
    Pas menikah dulu sewa MC yang biasa jadi presenter di TVRI.
    Jadi tata bahasa dan suaranya enakeeun...

    Dan alhamdulillah alhamd acaranya.

    BalasHapus
  4. Baru tau kalau sociabuzz nyediain jasa MC juga. Kalau aku kayaknya belum minat sewa jasa MC hahahha, keluarga aja yg ada dulu dikaryakan :D

    BalasHapus
  5. Waah asyik banget nyari MC semudah menggenggam hape yak. Saya malah lupa MC nikahan itu yang mana, soalnya ada beberapa. Ada yang bahasa Jawa ada yang bahasa indonesia dan sering ngajak tamu untuk bernyanyi.

    BalasHapus
  6. Betul mb...MC itu penghidup acara...acara jadi ga seru kalau MC nya garing ya...
    Wah, keren ya, dengan sosiobuzz kita bisa lihat portofolio si MC dulu ya, jadi tidak salah pilih...tfs mb...

    BalasHapus
  7. Iya sekarang bnyak mba aku kmrin lihat sociabuzz Ada profile butuh MC,,, mudah sekarang klo nyari tinggal klik butuh mc-artist pasti bnyak pilihan

    BalasHapus
  8. Kunci utama di sebuah acara itu ada di tangan MC. 3 bukan yang lalu aku bagian cari MC untuk acara reuni, alhamdulillah dapet dan sukses besar acaranya.. Pecah banget. Sociabuzz nyediain jasa MC ternyata, baru tau.

    BalasHapus
  9. Kalo di kota pernikahan MC merupakan keharusan ya Mak. Kalo di kampung saya masih belum ada.

    BalasHapus
  10. Bener banget, MC itu bisa jadi penghidup suasana yang menarik bagi tamu yang hadir, salah memilih MC maka akan meninggalkan kesan yang tidak baik bagi para tamu

    BalasHapus
  11. Rajin sekali Mak ngumpulin referensi mc. Aku dulu pas nikahan pasrahin ama temen aja nyari mc mc karena emang gatau mc kondang di kampung halaman. Hehe. Untung sekarang dimudahkan sociobuzz ya jadinya yang pemalas kayak aku kebantu banget :D

    BalasHapus
  12. Oh iya mbak, bisa ya nemuin MC Professional untuk acara kita via Sociabuzz, heee baru tahu aku wkkwkw
    Aku pernag diundang jadi MC buat acara reuni keluarga cuman ya masih belajar2 doang wkwkwk

    Makasih buat sharingnya mbak

    BalasHapus
  13. Iya kadang asal pilih orang buat jadi MC yang ada acara jadi tambah kacau, kurang meriah. MC itu dapat berpengaruh banget untuk acara, bisa menjadi lebih heboh dan ceria tergantung orangnya.

    BalasHapus
  14. Mencari Jasa MC Profesional memang susah-susah gampang apalagi yang bisa klik dengan kita, tapi biasanya kalo EO sudah ada seh

    BalasHapus
  15. Wah makasih banyak info nya. Skrg bisa pilih mc di sociabuzz ya. Baru tau.

    BalasHapus
  16. Terima kansih informasinya :)

    Jadi mau liat2 di Sociabuzz, siapa tau ada yang cocok :)

    BalasHapus
  17. MC ini jantung acara, gimana MC nya itu bisa membuat acara rame, seru atau nggak. Selama ini untuk acara MC biasanya paketan sih sama EO, belum pernah nyari secara personal. Layanan di sociabuzz ini membantu banget dah.

    BalasHapus
  18. Wah ternyata sociabuzz nyediain jasac yah aku baru tau boleh nih buat yang mau adain acara butuh mc

    BalasHapus
  19. Iyes, aku sepakat untuk yang berikut ini:

    "... Seorang MC haruslah komunikatif, semarak, kreatif dalam menghidupkan suasana, serta pandai mengatur waktu sehingga tidak terlalu molor membosankan juga tidak terkesan terburu-buru. Pembawaannya juga baik dan rapi, dengan senyum sumringah yang selalu terpampang di wajahnya!"

    BalasHapus
  20. waduh susah juga ya hhi persiapan nih buat nnti kalo nikah harus cari referensi mencari MC:D

    BalasHapus
  21. pastinya MC pas nikahan menjadi salah satu faktor yang penting yah.. tapi kayaknya klo aku bakal minta tolong EO aja wkwkwk

    BalasHapus
  22. Bener banget ka,MC berpengaruh banget sama suatu acara.. Dia yang menentukan hidup dan meriah nya acara

    BalasHapus
  23. Bener banget Mba. Gak mudah nyari MC yang bener2 bisa bikin suasana acara hidup, gak bikin boring gitu. Walo bisa cuap-cuap tapi gak semuanya mampu menarik penonton agar fokus padanya :)

    BalasHapus
  24. bener banget sii susah buat nyari MC, band, dan lain sebagainya, untung udah ada jasa MC

    BalasHapus
  25. Wah cari MC agak susah ya kak yang seru dan asik bawaannya hehehe. Untung ad jasa MC ya ka

    BalasHapus
  26. Membantu sekali ya sociabuzz sekarang juga menyediakan jasa profesional seperti mc ini.

    BalasHapus
  27. Wah membantu sekali yah sekarang semuanya tinggal cari aja diinternet. Seruu asyikk nih

    BalasHapus
  28. Iya benar banget mba. Mencari penyqnyi bisa..mencari MC yg bisa membuat Ice Breaking sebuah acara yg formal seperti wedding party ini tidak mudah.

    BalasHapus
  29. Wah kalau saya memiliki kakak yang berprofesi MC. Bisa menggunakan kakak saya sendiri atau teman-teman MC kaka saya

    BalasHapus
  30. Wah makasih banget infonya Kak, pas banget adikku mau wedding dan dia juga lagi nyari MC pernikahannya

    BalasHapus
  31. bru tau ternyata nyari MC buat wedding juga sutu hal krusial ya haha maklum belum kepikiran.-.

    BalasHapus
  32. MC ini emang harus harus serba bisa. Baca tulisan ini, akhirnya saya tahu kenapa saya gak bisa jadi MC.

    BalasHapus
  33. Cari MC juga nggak gampang ya ternyata. Harus yang komunikatif dan bisa mencairkan suasana juga.

    BalasHapus
  34. Loh sociabuzz bisa cari mc toh. Cuma kadang kan pengennya yang mc bisa ngobrol dulu nanya dulu apalagi buat nikahan. Mudah jadinya pakai ini ya dapete

    BalasHapus
  35. Kl mc nya gak aktif suasana acara juga gak meriah, dingin bgt aja

    BalasHapus
  36. Baru tahu ternyata Jasa MC juga bisa kita cari di Sociobuzz ya.. Wah, makin lengkap nih Sociobuzz sebagai platform untuk pekerja kreatif. Beruntung udah gabung sejak lama.

    BalasHapus
  37. Kalau di kampung MCnya selalu pakek kakak iparku sendiri, wkwkwkw. Sekarang giliran di Jakarta suka butuh emang. Kapan itu pas anakku ulang tahun akhirnya aku MCin sendiri. Bapak e bagian ngasih sambutan. Ya awalnya grogi,tapi trus lancar aja. Coba dulu tahu ada MC di Sociobuzz

    BalasHapus
  38. beneerrr kalo acara tuh mc nya kudu asik biar acaranya jadi lebih hidup dan ga ngebosenin

    BalasHapus
  39. Nyari MC nih kudu pinter menyesuaikan dengan acaranya, kalau aku biasanya suka survey dulu ke ig mereka atau biasanya minta video saat mereka ngemc.

    BalasHapus
  40. Wah Sociabuzz jg menawarkan jasa MC ya skrng? Memang yang namanya MC penting banget. Soalnya kalau garing, acaranya bakalan gak seru/ membosankan :D

    BalasHapus
  41. Wahhh sekarang bisa ya nyari MC sendiri, aku dulu udah model paket dengan periasnya sih. Jadi ya manut aja deh, untung sih orangnya pinter mencairkan suasana jadi tamu pun nggak boring. Karena dulu model resepsi nikah kami adalah tamu duduk dari datang sampai upacara selesai.

    BalasHapus
  42. saya dan suami dulu cari MC buat acara nikahan berdasarkan rekomendasi keluarga suami, ternyata sekarang bisa cari di Sociobuzz ya, menarik ini.

    BalasHapus
  43. sociobuzz bisa buat cari rekomendari mc, sekarang sudah ga sulit lagi tinggal klik sociobuzz aman deh

    BalasHapus
  44. disitu setau aku udah bisa nyari semuanya mba. MUA juga bisa kok. hehhe komplit banget di sociabuzz

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca ^^
Tolong berkomentar dengan sopan yaaa... Maaf kalau ada yang belum terjawab :*