22 April 2019

Anak Anda Sudah Memasuki Masa MPASI? Persiapkan Hal Berikut Ya!


Hal yang mungkin ditunggu-tunggu oleh setiap orang tua adalah perkembangan anaknya. Termasuk masa-masa MPASI, dimana ibu bisa berkreasi untuk menyiapkan santapan pendamping ASI bagi anaknya. Berikut adalah beberapa hal yang bisa saja moms siapkan untuk MPASI anak anda.

1. Alat makan bayi

Persiapkan alat makan bayi, tidak hanya yang tampilannya lucu dan imut, namun juga perlu diperhatikan bahan yang digunakan. Pastikan moms memilih bahan foodgrade ya. Jangan lupa siapkan juga sabun cuci food grade. Biasanya sabun pencuci foodgrade tidak berbahaya untuk bayi dan tidak meninggalkan residu.


2. Blender

Banyak jenis mpasi, salah satunya adalah makanan yang dihaluskan. Pilih alat penghalus makanan atau blender yang memiliki kualitas baik, yang membuat makanan menjadi lembut sehingga mudah dicerna bayi anda. Pada usia 6 bulan, MPASI yang diberikan harus sangat cair sehingga menyerupai ASI. 

Jumlah yang diberikan juga dalam porsi yang kecil karena bayi butuh waktu untuk penyesuaian dengan makanan barunya. Puree (makanan yang dilumatkan) adalah makanan yang paling sesuai untuk bayi yang pertama kali menerima MPASI karena teksturnya sangat lembut. Moms tak perlu membeli yang khusus untuk si kecil. Blender biasa juga bisa menghaluskan pure dan bubur bayi. 

Peralatan MPASI bayi ini juga bisa digunakan untuk memotong bumbu-bumbu masakan. Misalnya, bawang putih saja masih aku cincang dengan halus. Tentunya, ini jadi mempermudah ibu mengolah MPASI bayi.


3. Kursi makan bayi


Kursi makan bayi juga berguna supaya anak anda tidak terlalu banyak bergerak saat proses pemberian makan brlangsung. Sabuk pengamannya akan membuat bayi dalam posisi yang sama selama ibu memberikan MPASI bayi sehingga makanan bisa dengan mudah masuk ke perut kecilnya. Posisinya yang lebih tinggi pun juga mempermudah ibu menyuapi si kecil. Itu sebabnya, peralatan MPASI bayi tersebut dibutuhkan.

Itulah sekiranya beberapa hal yang perlu dipersiapkan, jangan lupa kenali tanda-tanda anak jika merasa kekenyangan, jangan dipaksa makan ya moms.

17 komentar:

  1. bund, seberapa pentinh sih barang-barang tersebut. Soalnya, jika kita kebelakang, orang tua zaman dulu peralatannya sederhana. Dan ketika punya adik pun, menggunakan peralatan sederhana. Jadi, aku berfikirnya benda ini tidak wajib. Meskipun, dari segi manfaat sangat membantu.

    BalasHapus
  2. Kayaknya ibu saya tidak serumit itu deh waktu saya kecil apalagi ada gelindingan itu
    Maaf itu pendapat saya

    BalasHapus
  3. Zaman dulu berbeda dengan sekarang, dulu lebih simpel dan sederhana. Yang penting menurut saya niat seorang ibu memberikan mpasi terbaik untuk anaknya .

    BalasHapus
  4. Anak2ku sudah lewat masa MPASI hehehe dan ketiga kategori diatas saya beli semua sekitar 4 tahun yang lalu

    BalasHapus
  5. Wah peralatan ini sudah dimiliki semua mba sejak anak pertama dan kedua, jadi hanya tinggal turun temurun saja deh buat si adik ketiga ini nanti hehehe

    BalasHapus
  6. Waktu ke 3 anak sy MPASI sy cum siapin alat2 mkn aj, eh gak nyiapin sih, dpt dari kadoan,heheh
    Punya blender pas anak ke 3, emangsih jd rajin bikin puree, sblmnya seringnya di rebus/kukus trs di haluskan pke sndok.

    BalasHapus
  7. Jadi ingat masa MPASI dulu beli slow cooker, peralatan makan, sampai suami bikin kursi makan sendiri malah...segitu semangatnya dulu kami hihi

    BalasHapus
  8. next kalo punya bayi lagi aku mau prepare kursi bayi aah.. biar mengejarkan anak makan dengan duduk diam, gak sambil jalan2, ye kan mak ^^

    BalasHapus
  9. Alat makan bayi sudah pasti tapi saya pakenya blender bentuk chopper dan blender buah krena nggak beli blender khusus mpasi bayi. Kursi bayinya pun pake stroller sekalian atau dipangku mbak hihi

    BalasHapus
  10. Point satu oke, yang kedyanya, kalau saya pake saringan kawat saja soal rada beda ya tekstur MPASI yang diblender dan disaring. Kursi bayi juga nggak beli eh malah belinya baby walker

    BalasHapus
  11. no. 1 dan no. 2 dulu aku lakukan buat kedua anakku mbak, tapi yang no. 3 gak...ya dampaknya kedua anakku jadi seneng disuapi..gak mau makan sendiri..hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah aku jadi penasaran juga apa ada hubungan kursi makan dengan kebiasaan anak makan sendiri atau disuapi hehehehe

      Hapus
  12. aku nggak pernah pakai blender sama kursi makan itu, mbak. Tapi saya jadi tahu kalau ada Blender seperti itu. Tahunya blender philips atau Miyako aja yang untuk bikin juice.

    BalasHapus
  13. Seru ya kebayang masa ketika anak-anak kecil. Mereka menjadi kelinci percobaan untuk berusaha memberikan yang terbaik

    BalasHapus
  14. Kalau jaman dulu anak saya peralatan mkn aja bun yang dibeli. Benar cari yg lucu. Dulu blm ada blender mkanan kayaknya.. klo kursi anak saya mlh duduk dilantai hi hi. But thanks infonya bun.

    BalasHapus
  15. Semuanya penting ya, mba. Yang bercorak memang lebih menarik apalagi jika berwarna-warni. Sekalian anak mengenal bentul dan warna

    BalasHapus
  16. Wah, saya jadi teringat momen saat si kecil jelang MPASI juga. Saya jadikan tulisan di blog juga, nih. Yang mbak sebutin betul semua, tuh. Tapi si kecil saya dulu ga pake kursi khusus bayi, tapi stroller. Kadang dipangku juga sama si Abi, saat saya suapin.

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca ^^
Tolong berkomentar dengan sopan yaaa... Maaf kalau ada yang belum terjawab :*