Menabung untuk Dana Darurat, Bagaimana Caranya?




Menabung dana darurat sebenarnya sangat mudah, asal ada niat dan kemauan yang bulat.
Di zaman sekarang, memiliki dana darurat merupakan hal yang wajib. Apalagi, dengan banyaknya kejadian yang tidak terprediksikan sebelumnya, dana darurat menjadi prioritas utama dalam menyusun rencana keuangan.

Tidak sulit untuk memiliki dana darurat karena sistemnya hampir mirip dengan tabungan biasa, hanya penggunaannya memang sewaktu-waktu untuk keperluan yang sangat mendadak dan tidak terduga. Kesulitan utama dalam menabung dana darurat biasanya karena faktor konsumtif. Penghasilan yang dimiliki habis hanya untuk makan, belanja, dan membayar tagihan kartu kredit, serta kebutuhan sekunder lainnya.

Menabung dana darurat tidak hanya diwajibkan kepada mereka yang memiliki gaji tinggi saja, tetapi untuk semua orang. Bagi Anda yang memiliki penghasilan menengah ke bawah, menabung dana darurat bisa dilakukan dengan beragam hal, seperti:


  • Jual Barang-Barang preloved

Kumpulkan barang-barang yang sudah tidak terpakai, tetapi masih bisa berfungsi dan dalam kondisi yang cukup baik. Barang-barang preloved ini bisa dijual lewat garage sale atau online shop. Hasil penjualan barang bisa dijadikan sebagai modal awal untuk menabung dana darurat.


  • Hemat dalam Berbelanja

Jika sudah serius ingin menabung dana darurat, maka berhenti atau kurangi belanja kebutuhan-kebutuhan yang tidak diperlukan. Pengeluaran belanja yang berlebihan ini yang membuat Anda akan kesusahan dalam menyisihkan sebagian uang untuk dana darurat. Kelola dengan baik uang yang dimiliki dengan belanja secara hemat. Bila belum bisa berhenti, maka kegiatan belanja bisa diagendakan di waktu-waktu tertentu saja untuk mengurangi pengeluaran yang tidak perlu.


  • Mencari Penghasilan Tambahan

Menabung dana darurat memang wajib diprioritaskan, tetapi bagaimana jika penghasilan saat ini pas-pasan? Solusinya adalah dengan mencari penghasilan tambahan. Honor dari penghasilan tambahan ini bisa Anda gunakan sebagai sumber utama untuk tabungan dana darurat yang tidak dapat diganggu gugat. Gunakan kemampuan yang Anda miliki untuk menghasilkan penghasilan tambahan.


  • Membuka Deposito

Menabung dana darurat di bank memang aman dan memiliki akses yang mudah. Namun, terkadang dana darurat tersebut masih saja terpakai atau tercampur dengan dana lainnya. Apalagi dengan adanya potongan adminsitrasi setiap bulan dari bank, dana darurat yang ada bisa berkurang terus menerus.

Bila tabungan dana darurat sudah mendekati nominal yang cukup, sebaiknya langsung buka deposito. Dengan deposito, risiko penggunaan dana darurat yang tidak sengaja atau tidak tepat guna akan kecil karena uang yang ada di deposito baru dapat diambil dalam jangka waktu tertentu.


  • Mulai Investasi

Menabung dana darurat dengan berinvestasi bisa menjadi pilihan yang terbaik. Investasi yang dilakukan dapat melalui berbagai macam cara, seperti emas, reksadana, atau lewat platform investasi syariah, seperti qazwa.id. Qazwa merupakan salah satu platform investasi syariah yang sudah terdaftar OJK.


Nah, itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar dapat menabung dana daruat dengan aman dan nyaman. Ingat, dana darurat itu sangat penting, baik Anda yang memiliki penghasilan tinggi atau rendah, tetap usahakan untuk memiliki dana darurat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca ^^
Tolong berkomentar dengan sopan yaaa... Maaf kalau ada yang belum terjawab :*