07 Oktober 2019

Menabung untuk Dana Darurat, Bagaimana Caranya?




Menabung dana darurat sebenarnya sangat mudah, asal ada niat dan kemauan yang bulat.
Di zaman sekarang, memiliki dana darurat merupakan hal yang wajib. Apalagi, dengan banyaknya kejadian yang tidak terprediksikan sebelumnya, dana darurat menjadi prioritas utama dalam menyusun rencana keuangan.

Tidak sulit untuk memiliki dana darurat karena sistemnya hampir mirip dengan tabungan biasa, hanya penggunaannya memang sewaktu-waktu untuk keperluan yang sangat mendadak dan tidak terduga. Kesulitan utama dalam menabung dana darurat biasanya karena faktor konsumtif. Penghasilan yang dimiliki habis hanya untuk makan, belanja, dan membayar tagihan kartu kredit, serta kebutuhan sekunder lainnya.

Menabung dana darurat tidak hanya diwajibkan kepada mereka yang memiliki gaji tinggi saja, tetapi untuk semua orang. Bagi Anda yang memiliki penghasilan menengah ke bawah, menabung dana darurat bisa dilakukan dengan beragam hal, seperti:


  • Jual Barang-Barang preloved

Kumpulkan barang-barang yang sudah tidak terpakai, tetapi masih bisa berfungsi dan dalam kondisi yang cukup baik. Barang-barang preloved ini bisa dijual lewat garage sale atau online shop. Hasil penjualan barang bisa dijadikan sebagai modal awal untuk menabung dana darurat.


  • Hemat dalam Berbelanja

Jika sudah serius ingin menabung dana darurat, maka berhenti atau kurangi belanja kebutuhan-kebutuhan yang tidak diperlukan. Pengeluaran belanja yang berlebihan ini yang membuat Anda akan kesusahan dalam menyisihkan sebagian uang untuk dana darurat. Kelola dengan baik uang yang dimiliki dengan belanja secara hemat. Bila belum bisa berhenti, maka kegiatan belanja bisa diagendakan di waktu-waktu tertentu saja untuk mengurangi pengeluaran yang tidak perlu.


  • Mencari Penghasilan Tambahan

Menabung dana darurat memang wajib diprioritaskan, tetapi bagaimana jika penghasilan saat ini pas-pasan? Solusinya adalah dengan mencari penghasilan tambahan. Honor dari penghasilan tambahan ini bisa Anda gunakan sebagai sumber utama untuk tabungan dana darurat yang tidak dapat diganggu gugat. Gunakan kemampuan yang Anda miliki untuk menghasilkan penghasilan tambahan.


  • Membuka Deposito

Menabung dana darurat di bank memang aman dan memiliki akses yang mudah. Namun, terkadang dana darurat tersebut masih saja terpakai atau tercampur dengan dana lainnya. Apalagi dengan adanya potongan adminsitrasi setiap bulan dari bank, dana darurat yang ada bisa berkurang terus menerus.

Bila tabungan dana darurat sudah mendekati nominal yang cukup, sebaiknya langsung buka deposito. Dengan deposito, risiko penggunaan dana darurat yang tidak sengaja atau tidak tepat guna akan kecil karena uang yang ada di deposito baru dapat diambil dalam jangka waktu tertentu.


  • Mulai Investasi

Menabung dana darurat dengan berinvestasi bisa menjadi pilihan yang terbaik. Investasi yang dilakukan dapat melalui berbagai macam cara, seperti emas, reksadana, atau lewat platform investasi syariah, seperti qazwa.id. Qazwa merupakan salah satu platform investasi syariah yang sudah terdaftar OJK.


Nah, itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar dapat menabung dana daruat dengan aman dan nyaman. Ingat, dana darurat itu sangat penting, baik Anda yang memiliki penghasilan tinggi atau rendah, tetap usahakan untuk memiliki dana darurat.

20 komentar:

  1. Setuju soal barang2 preloved. Selama udah ga dipakai dan ga spark joy mending jual aja

    Tapi tapi, sekarang tiap beli sesuatu selalu mikir. Apakah benar2 butuh ? supaya nanti ga dijual preloved gitu.

    BalasHapus
  2. saya sudah lama berpikir untuk menabung dana darurat ini mbak tapi kok ga kekumpul2 ya hahahaa selalu ada aja yang bikin tabungannya kosong lagi :(

    BalasHapus
  3. aku lagi mulai banget bi buat jual jualin barang preloved dan beli keperluan yang bener bener dibutuhin aja biar ga menuh menuhin rumah juga

    BalasHapus
  4. Tabungan daruratku aman alhamdulillah, soalnya selalu bersikeras jangan pakai kalau memang ga mepet butuh banget huhuhu . Butuh konsistensi dan disiplin memang.

    BalasHapus
  5. Nah hampir semuanya lg kucoba nih kak hehe mau nabung soalnya. Barang2 ga kepakai kucoba preloved

    BalasHapus
  6. Kalau emang uda niat mau nabung mah, sumber dana bisa dari mana aja ya. Yang penting niatnya 😇

    BalasHapus
  7. Makasih banyak tipsnya, cuma memang untuk mempraktekkannya ribet juga yah hehe. Terutama jual barang preloved, aku orangnya gak sabaran, akhirnya kubagikan aja hehe..

    BalasHapus
  8. Aku kepikiran untuk menjual kembali barang-barang preloved, mbak. Tapi kayak bingung gitu malahan yang pilih-pilih barang. Endingnya malah aku kasih-kasihin ke saudara atau temen.

    BalasHapus
  9. Dana darurat sifatnya yang bisa diambil kapanpun setauku, tapi mungkin bisa beberapa cara di atas

    BalasHapus
  10. Investasi, dana tambahan, itu sudah aku lakukan, tapi masih ada 1 yang ga pernah nih yaitu jual barang-barang preloved. Entahlah ya, ada rasa malu. Mungkin mulai sekarang harus membiasakan.

    BalasHapus
  11. barang-barang preloved lumayan juga niy, sharingnya bermanfaat banget Mba, aku bookmarked deh, secara aku boros belom bisa simpan uang

    BalasHapus
  12. aku juga terkadang jual barang preloved biar bisa muterin uang lagi, dan beli barang baru lainnya XD

    BalasHapus
  13. memang bener menjual barang preloved bisa menjadi dana tambahan, sekarang udah banyak aplikasi yang bisankita pakai buat berjualaan hehe

    BalasHapus
  14. waaah kapan kapan aku mau coba ah, aku jarang banget jual barang preloved nih , gatau kenapa lebih seneng kasih ke temen atau sodara yg butuhin hehe

    BalasHapus
  15. aku juga lagi jalanin beberapa cara di atas, aku mulai investasi dan cari penghasilan tambahan yang ngebantu banget keuangan aku dan nambahin simpanan untuk jaga2 kalau sewaktu-waktu dibutuhkan.

    BalasHapus
  16. Wah asyik juga ya caranya, aku jadi pengen jualan barang preloved nih,Mayan banyak juga kayaknya . Tfs mbak

    BalasHapus
  17. Aku belum pernah lo mbak preloved barang, kebanyakan aku malah sering bagi-bagi aja dikasih, padahal lumayan juga duitnya ya

    BalasHapus
  18. Bener banget sih mba, barang2 preloved gitu sayang banget kalo sampai menumpuk, better dijual aja

    BalasHapus
  19. Bener nih, harus mulai investasi dari sekarang. Ngumpulin dana darurat itu emang susah banget. Huhu

    BalasHapus
  20. Bener banget, kita ga bisa menebak kedepannya nanti akan seperti apa maka dari itu penting banget untuk nyiapin dana darurat ini.

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca ^^
Tolong berkomentar dengan sopan yaaa... Maaf kalau ada yang belum terjawab :*