18 Oktober 2019

Tips Menggunakan Pembalut dengan Benar



Pembalut bisa dikatakan sebagai penolong bagi perempuan di saat datang bulan.
Ada beberapa jenis pembalut yang ada di pasaran, seperti salah satunya pembalut bersayap. Jenis apapun pembalutnya, jika salah saat menggunakannya, kemungkinan darah haid akan menembus di celana. Oleh karena itu, setiap perempuan wajib mengetahui cara memakai pembalut dengan benar.

1. Siapkan pembalut yang sekiranya nyaman saat digunakan
Untuk memilih jenis pembalut yang tepat dan di rasa nyaman, kita dapat mengetahui dari jumlah cairan menstruasi sebelumnya, apakah ringan, biasa atau deras? Seperti halnya beberapa pilihan dari jenis pembalut berikut ini:

  • Pembalut malam, jika kita hendak mau tidur. Jenis pembalut ini memiliki daya serap yang tinggi dan ukurannya cukup panjang. Sehingga saat tidur tidak akan mengalami kebocoran.
  • Pembalut bersayap. Jenis pembalut ini lebih aman dan dapat mempertahankan posisinya selama kita beraktifitas.

2. Lepaskan lapisan kertas di belakang pembalut
Tujuannya yaitu untuk membuka lapisan perekat pada pembalut. Jika perekatnya sudah terbuka, kemudian tempelkan pada area celana dalam di posisi yang pas.

3. Pastikan kita nyaman saat pembalut ditempelkan di celana dalam

  • Jika jenis pembalut bersayap yang dipilih, maka sebelum kertas perekat dibuka, sebaiknya letakkan dulu pembalut di atas celana dalam.
  • Jika dalam posisi duduk atau berbaring, perlu menggerakkan pembalut sedikit ke belakang agar posisinya pas dan kita pun nyaman saat memakainya.

4. Berdiri, lalu pakai kembali celana, dan sesuaikan pembalut di posisi yang pas
Pastikan kita sudah merasa nyaman saat kembali memakai celana dengan pembalut di dalamnya.

5. Cuci tangan menggunakan sabun
Setelah mengganti dan memakai pembalut yang baru, kkemungkina kita mengusap vagina. Jadi saat itu pula pastinya bersentuhan dengan bakteri. Oleh karena itu, pastikan tangan steril kembali, yaitu dengan cara membersihkannya dengan menggunakan sabun dan air hangat.

Untuk memastikan telah memilih pembalut yang benar, sebaiknya cari tahu merek pembalut yang aman menurut dokter.
Dengan tips di atas, kita tidak akan khawatir lagi mengalami kebocoran saat menstruasi.
Semoga bermanfaat!

14 komentar:

  1. Saya mau komen apa yah hehehe

    BalasHapus
  2. Tapi masih ad loh mba yg pakai kain ganti pembalut

    BalasHapus
  3. Cuci tangan dengan sabun wajib, karena kita ga tau kan bakteri itu datang dari mana saja. Cuci tangan sebelum ganti pembalut dan sesudahnya.

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Tambahan lagi mba harus rutin diganti pembalutnya biar arda V tetap bersih, bebas dari bakteri dan jamur :D

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Jadi ingat waktu awal-awal pake pembalut sering bocor karena ternyata cara pemasangannya yang nggak benar. So bermanfaat banget nih tipsnya Mbak.

    BalasHapus
  8. Waah ternyata gitu ya kak, aku baru tahu niih.. Makasih infonya kak ^^

    BalasHapus
  9. Pengetahuan ini penting banget ya untuk yang baru pertama kali memakai pembalut. Terutama anak anak kita yang baru menstruasi agar mereka lebih percaya diri

    BalasHapus
  10. Tips nya berguna sekali mba buat yang lagi belajar pakai pembalut..

    BalasHapus
  11. tips nya bermanfaat dan berguna banget mba, jadi sekarang sudah tau cara pemakaian yang benar kalau pakai pembalut hehe

    BalasHapus
  12. Okay banget ini tipsnya mba untuk adik2 kita yang baru saja mau menggunakan pembalut, dulu aku juga bingung awal dan malu tanya2 hihi

    BalasHapus
  13. Padahal sudah pakai pembalut sejak masih SMP sampai sekarang punya anak 2, tetap aja kadang nggak pas pakainya, akhirnya bocor deh, hahahaah. Memang harus hati-hati pas masang biar nggak gampang geser

    BalasHapus
  14. Aku pakai pembalut kadang masih suka salah juga nih mba, makanya suka tiba-tiba geser dan tembus. Tiap 3 jam sekali ganti kalau lagi penuh-penuhnya. Kurang nyaman soalnya hehe

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca ^^
Tolong berkomentar dengan sopan yaaa... Maaf kalau ada yang belum terjawab :*