Categories

24 November 2020

Cara Menyimpan dan Membersihkan Perhiasan


Wanita biasanya mempunyai lebih dari satu perhiasan. Koleksi anting misalnya bisa beberapa macam, ada anting emas, anting perak, dan anting platinum. Berbagai perhiasan itu agar awet baik wujud dan nilainya harus disimpan dan dirawat dengan baik.

Cara menyimpan perhiasan

Meskipun tidak ada cara yang salah untuk menyimpan perhiasan, ada beberapa cara yang lebih baik untuk menyimpan anting, gelang, kalung, dan cincin agar tetap teratur. Tips berikut ini akan berguna terutama jika kamu adalah tipe orang yang sering salah atau lupa menempatkan barang.

  • Jika kamu mempunyai banyak anting-anting berbentuk kail (fish hook), belilah earring tree untuk menggantung koleksi anting-antingmu. Simpan anting jenis stud (tusukan) pada potongan kulit yang sudah dilubangi dengan paku payung.
  • Kalung bisa disimpan pada pengait (seperti gantungan baju) yang ditempelkan ke dinding, untuk mencegah kekusutan. Kamu juga bisa membeli necklace tree, yang mempunyai cabang-cabang tempat menggantung kalung.
  • Gelang jenis non rantai umumnya lebih mudah disimpan, bisa ditumpuk di sebatang kayu atau dimasukkan ke kotak perhiasan. Gelang rantai halus cara menyimpannya seperti menyimpan kalung untuk mencegah kekusutan.
  • Cincin bisa disimpan di kotak atau di mangkuk. Agar lebih artistik kamu bisa menggunakan wadah atau mangkuk yang cakep seperti mangkuk keramik.
  • Jika dibawa bepergian perhiasan harus dikemas dengan baik. Pisahkan masing-masing bagian perhiasan agar tidak terjadi kusut. Tempatkan masing-masing perhiasan dalam wadah atau kantung yang bisa ditutup dengan baik dan berilah label. Untuk cincin semua cincin yang dibawa bisa disatukan dalam satu wadah.
  • Perhiasan yang sangat mahal harganya sebaiknya disimpan di brankas yang letaknya tersembunyi. Atau bisa menyewa safe deposit box di bank untuk menyimpannya. Ini juga berlaku untuk perhiasan yang harganya tidak terlalu mahal namun mempunyai nilai yang tinggi seperti bersejarah, warisan turun-temurun, atau simbol organisasi tertentu.


Cara membersihkan perhiasan

  • Logam akan mempunyai bercak noda seiring waktu, ini hal yang tidak bisa dihindari. Selama kuningan, tembaga, emas, dan perak terpapar udara dan kelembapan, mereka lambat laun akan kehilangan kilau karena oksidasi. Tetapi ada cara untuk mengembalikan perhiasan ke kilaunya semula dengan menggunakan produk-produk rumah tangga.
  • Logam seperti kuningan bisa digosok dengan saus tomat.
  • Campuran air lemon dan garam sangat bagus untuk membersihkan tembaga.
  • Untuk perhiasan emas yang tidak dilapisi, gunakan air hangat dan sabun pencuci piring untuk membersihkannya.
  • Setetes pasta gigi dengan pemutih gigi non gel sangat cocok untuk membersihkan perak.
  • Kamu juga bisa membeli cairan pembersih perhiasan yang banyak dijual di pasaran.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca ^^
Tolong berkomentar dengan sopan yaaa... Maaf kalau ada yang belum terjawab :*

Back to Top