Categories

09 November 2020

4 Skill yang Dibutuhkan untuk Posisi Relationship Officer di Bank


Sumber : tweakyourbiz.com


Penilaian skill dalam melamar sebuah pekerjaan harus diperhatikan bagi calon pelamar. Setiap posis selalu membutuhkan keahlian tertentu, baik itu yang sesuai jurusannya maupun tidak. Contohnya saja pekerjaan sebagai relationship officer di bank. Walaupun posisi ini dibuka untuk semua lulusan dari berbagai jurusan, ada kemampuan tertentu yang harus dimiliki. 


Kemampuan inilah yang akan menjadi penilaian pihak perusahaan apakah kandidat tersebut sesuai dengan posisi yang sedang dibuka. Nah bagi kamu yang saat ini sedang mengincar posisi relationship officer di perusahaan perbankan, sebaiknya ketahui terlebih dahulu skill apa yang dibutuhkan agar lolos seleksi nantinya. 


Skill yang Harus Dikuasai untuk Melamar Relationship Officer di Bank

Sebagian besar kemampuan yang dibutuhkan sebagai relationship officer biasanya sudah dijelaskan pada lowongan yang sedang dibuka. Lowongan relationship officer BCA adalah salah satunya yang saat ini perlu diambil. Karena lowongan ini dibuka hingga akhir tahun 2020 ini. Jika kamu benar-benar tertarik, sebaiknya mulailah untuk mempersiapkan kemampuan sesuai dengan yang dibutuhkan. 


Ada beberapa skill yang harus dimiliki oleh seorang relationship officer sebagai berikut :

  • Menguasai public speaking

Sebagai seorang yang bekerja untuk membangun suatu relasi dengan nasabah, kemampuan berbicara di depan banyak orang dibutuhkan. Hal ini berkaitan dengan tugas dalam posisi ini yaitu menawarkan produk-produk yang dimiliki bank, khususnya soal kredit atau pinjaman bagi nasabah yang membutuhkan. Jika tidak pandai dalam berbicara dengan orang banyak, lalu bagaimana hubungan antara perusahaan dan bank dapat berjalan dengan baik. Oleh karena itu pada lowongan relationship officer BCA salah satu syarat yang dibutuhkan adalah memiliki interpersonal yang baik. 


  • Memiliki kemampuan negosiasi

Bukan hanya menjelaskan, tetapi seorang relationship officer juga harus menawarkan dan bertindak sebagai solusi dari permasalahan yang dimiliki oleh nasabah. Pada prosesnya akan terjadi negosiasi antara nasabah dengan perwakilan bank ini. Jadi tidak heran jika kemampuan negosiasi akan menjadi penilaian tersendiri dalam tahapan seleksi pendaftaran kerja. Tujuannya adalah, jika kemampuan negosiasi baik selama program maka target bisa tercapai dan evaluasi karyawan tersebut juga baik. Karena program relationship officer BCA mengharuskan individu untuk bisa membantu tercapainya target bulanan yang telah ditetapkan. 


  • Mampu melakukan analisa

Analisis potensial dan kredit menjadi tanggung jawab relationship officer, jadi kemampuan analisa juga menjadi penilaian terbesar. Kamu yang melamar tidak harus langsung tahu bagaimana cara analisis nasabah potensial. Namun setidaknya kamu memiliki dasar melakukan analisa dengan baik. Misalnya mampu membaca data nasabah dan tahu kriteria apa saja yang dibutuhkan dalam analisis hingga mengetahui mana yang memiliki potensi bagus. 


  • Mampu memecahkan suatu masalah

Tidak semua orang memiliki kemampuan untuk memecahkan suatu masalah dengan baik. Bekerja sebagai relationship officer justru membutuhkan kemampuan ini. Karena nantinya akan bekerja langsung di lapangan, maka karyawan tersebut harus bisa mengambil keputusan dengan tepat sebagai pemecahan sebuah masalah. Tak selalu menunggu perintah dari atasan namun paham betul apa solusinya. Tentu saja solusi yang dilakukan harus sesuai dengan peraturan yang berlaku di perusahaan. 


Program relationship officer BCA adalah suatu kesempatan yang besar untuk diikuti. Kamu perlu tahu dan setidaknya mengenali potensi yang dimiliki saat ini. Apakah kamu suka bekerja dengan banyak orang dan mencari relasi baru? Apakah kamu cukup percaya diri untuk berbicara di depan khalayak umum? Jika semua skill ini ternyata selama ini dimiliki, mengapa tidak mencoba mendaftar sebagai relationship officer?


1 komentar :

  1. Berat juga tuh karena kemampuan publik speaking susah belajarnya. Lebih banyak bakat alam menurut saya

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca ^^
Tolong berkomentar dengan sopan yaaa... Maaf kalau ada yang belum terjawab :*

Back to Top