Categories

14 November 2019

Selain MC Handal, Ini Dia yang Bikin Pesta Ulang Tahun Anak di Rumah Menjadi Meriah

jasa mc

Tak terasa 2 minggu lagi, Zril anak lelaki kami, genap berusia 2 tahun.
Rasanya baru kemarin saya melahirkan dan menyusuinya, tahu-tahu sekarang sudah pandai menyanyi dan menirukan mengaji. Alhamdulillah... Semoga tumbuh jadi anak sholeh kebanggaan orang tua. Aamiin.

Awalnya saya tak ada niat membuat pesta perayaan untuk mengingat tanggal lahirnya. Tahun sebelumnya pun saya hanya membuat nasi kuning untuk dibagikan ke tetangga sebagai bentuk syukur atas nikmat diberi anak lelaki yang manis. Namun beberapa hari lalu Mama mertua menanyakan akan ada apa di Desember nanti, mau buat acara ulang tahun atau tidak. Ah... Mana bisa menolak, takut mengecewakan orang tua.

Namanya juga cucu pertama dari pihak orang tua suami dan cucu pertama laki-laki dari pihak orang tua saya, Zril mendapatkan banyak perhatian dari kakek neneknya. Belum ulang tahun pun hadiah yang didapat sudah sangat banyak, semuanya mainan sampai bingung diletakkan dimana lagi. Apalagi nanti saat perayaan pesta ulang tahunnya, pasti hadiah akan semakin banyak. Bertabur banyak cinta dari sanak saudara pula.

Karena tak biasa dengan pesta ulang tahun, saya dan suami memutuskan pesta ulang tahun Zril nantinya digelar di rumah saja. Kesannya tak terlalu formal. Agar lebih seru, kami membuat daftar apa saja yang perlu dilakukan dan disiapkan. Di antaranya:

1. Menyusun Daftar Tamu Undangan

Sejak menikah, kami tinggal terpisah dengan kedua orang tua kedua belah pihak. Karena kami tinggal di lingkungan yang baru, maunya mengundang para tetangga yang memiliki anak sepantaran Zril, maksimal anak SD. Tujuannya agar mereka juga mengenal Zril dan bisa jadi teman Zril. Tak kenal maka tak sayang, kan?

Selain tetangga, kami juga akan mengundang sanak saudara. Sepupu saya kebanyakan juga tinggal di Sidoarjo meski beda kecamatan. Undangan tak bersifat memaksa, kalau luang silakan datang. Tidak perlu juga membawa kado, nanti jadi memberatkan. Asal hadir memeriahkan acara pesta ulang tahun Zril saja, kami sudah sangat senang.

Karena tempat kerja suami lumayan jauh, tentunya domisili teman-temannya juga jauh dari rumah kami. Karena itulah kami tak mengundang teman-teman kerja suami daripada menyusahkan. Lebih baik bawa nasi kuning ke kantor sebagai bentuk selamat. Beres kan.


2. Menyusun Rangkaian Acara

Beberapa waktu lalu, Zril pernah diundang datang ke pesta ulang tahun anak tetangga. Acaranya hanya duduk begitu datang, berdoa, bagi bingkisan lalu pulang. Begitu saja. Kurang meriah!

Belajar dari situ, kami lalu berencana membuat pesta ulang tahun Zril nanti full musik. Bukan hanya lagu anak-anak, tapi juga lagu rohani. Tujuannya agar anak-anak juga tahu bahwa ini bukan acara hura-hura, tetapi sebagai bentuk syukur karena Zril sudah diberi kehidupan yang baik.

Nantinya acara akan dibuka dengan sambutan ucapan terima kasih karena telah hadir, doa bersama, potong kue, acara hiburan dengan games berhadiah dan foto bersama. Kalau ada foto kan jadi bisa mengabadikan momen menyenangkan ini. Bisa terlihat pula siapa-siapa yang datang dan membuat Zril mengenang momen menyenangkan ini.


3. Mencari MC yang Handal

Susunan acara yang sudah apik tak akan lancar terlaksana bila tidak ada MC-nya. Yap adanya pembawa acara yang memimpin dan mengatur jalannya sebuah acara, terlebih pesta ulang tahun, menjadi utama. MC pesta ulang tahun juga bukan sembarang orang. Harus yang handal dan berpengalaman menghidupkan suasana ulang tahun anak.

Untuk mencari MC yang sesuai tak lagi sulit sebab kini telah tersedia jasanya di Sociabuzz. SociaBuzz merupakan situs online marketplace untuk mencari dan memesan berbagai jasa kreatif, misalnya jasa MC.
jasa mc

jasa mc

Tinggal pilih sesuai kategori yang diinginkan dan disesuaikan dengan budget yang dimiliki. Ini adalah cara yang mudah dan cepat dalam mencari MC handal sesuai keinginan. Selain MC ulang tahun juga tersedia MC pernikahan loh. Pastinya acara resepsi pernikahan / wedding pun jadi lebih meriah. Oiya bisa juga cari MC untuk acara seminar. Lengkap ya...


4. Menyiapkan Makanan, Minuman serta Bingkisan

Pesta ulang tahun di daerah Jawa identik dengan nasi kuning. Karena itulah demi menghemat anggaran biaya, saya berencana memasak nasi kuning dan lauknya sendiri. Mudah, kok. Lauknya juga hanya gorengan ayam dan perkedel kentang. Ditambah sambal goreng kering dan mi goreng, makin nikmat dan disukai anak-anak. Tentu saja masakan tidak boleh pedas.

Selain nasi kuning juga ada paketan camilan anak yang terdiri dari aneka snack dan susu kemasan kecil. Dibungkus menggunakan plastik lucu warna-warni, pasti membuat anak happy. Bingkisan ini nantinya dibawa pulang oleh mereka yang hadir.


5. Menyiapkan Dekorasi Pesta Ulang Tahun

Harus ada balon, itu yang terpikirkan pertama kali. Sesuai dengan lagu balonku, harus ada balon warna hijau. Kan nantinya di pesta ulang tahun juga akan diputarkan lagu tersebut. Anak-anak jadi lebih bersemangat menyanyi bila ada contoh nyata di hadapannya. Selain balon juga akan ada hiasan pita warna-warni di pojok rumah.


6. Menyiapkan Baju yang Seragam

Pastinya karena ada sesi foto, saya memikirkan agar memakai baju yang seragam untuk saya, Zril dan AyahZril. Maunya kakek nenek juga begitu sebab usai acara, saya ingin foto di studio dan langsung dicetak ukuran besar untuk dipajang di pigora.

jasa mc

Pasti menyenangkan dan jadi bagus hasilnya bila pakaian seragam. Tak perlu sama persis, warna senada pun sudah cukup manis.

7 komentar :

  1. Waaa Zril udah mau umur 2, senangnyaaaaa. Asik ya ada Sociabuzz, bisa pilih karakter MC sesuai dgn kemauan kita. Dan banyak job2 lain juga yg menariik

    BalasHapus
  2. Lho aku baru tahu di Sociabuzz ada jasa MC juga! Wah enak gini sih ya, daripada nembang-nembung minta bantuan sana-sini padahal nggak ada yg berpengalaman jadi MC. hahhaa

    BalasHapus
  3. Jadi semakin mudah kitanya, hanya perlu menyiapkan bujet aja

    BalasHapus
  4. MC itu ibaratnya adalah jantungnya acara kalau MC garing acarapun ga menarik apalagi ini pesta ultah anak ya mba yang ada pada nangis jamaah bikin puyeng semuanya hahaha

    BalasHapus
  5. Aku gabung juga di Sociabuzz tapi jadi silent observator aja hahaha.. Jujur sampai sekarang belum kepikiran merayakan ultah anak yang ngundang orang rame-rame gitu. Hihii seru padahal kayanya yaa bikin acara ultah buat anak :)

    BalasHapus
  6. Wah aku baru tau loh bisa ya cari MC ,di socuabuzz ini, anak anak pasti seneng deh MC keren desain acara dekor juga,jadi referensi nih kalau mau buat acara

    BalasHapus
  7. Ku teringat pernah ngemci di ultahnya anak tetangga, deg degan, karena itu baru pertama kalinya ngemci. Eh, s semenjak itu kalau disuruh ngemci saya gak demam panggung lagi, malah ketagihan, hihihih..Dan sekarang nyari MC pun bisa lewat online..duh makin canggih

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca ^^
Tolong berkomentar dengan sopan yaaa... Maaf kalau ada yang belum terjawab :*

Back to Top