22 November 2019

Alasan Blogger Wajib Beli Domain



Bagi saya, ngeblog itu bukan lagi sekedar hobi namun juga rutinitas.
Hobi bisa saja berganti seiring bertambahnya usia, namun rutinitas ialah yg biasa dijalani sehari-hari. Seorang blogger bukanlah blogger bila tak mampu mengurus blognya. Pun bagaimana blogger yang profesional dan pemula dapat terlihat dari blog yang dimilikinya.

Dulu karena menganggap ngeblog adalah hobi karena bisa menuangkan segala keluh kesah perasaan, saya tak pernah berpikir akan memiliki domain. Saya yang awam berpikir bahwa itu pemborosan. Untuk apa mengeluarkan sejumlah biaya per tahunnya hanya demi hobi, bila gratis saja bisa. Hingga selama bertahun-tahun saya berdiam diri dalam blogspot.com, terkungkung dan menjadi pribadi yang egois tidak mau mendengarkan nasehat teman-teman blogger.

Memang sesama blogger itu hubungannya dekat, bak saudara. Meski tinggal terpisah, misal yang satu di ujung barat Jawa dan satunya lagi di ujung timur Jawa, tetap saling terhubung. Apa-apa demi kemajuan blogger pun disebar dari tulisan ke tulisan, termasuk manfaat memiliki domain. Hingga akhirnya, batu yang terus tertetesi air pun berlubang jua, hati saya luluh. Saya pun beli domain di Qwords!


Setelah membeli domain, saya merasakan sendiri ada yang berbeda. Ternyata ada banyak manfaat yang saya ingkari selama ini karena ego diri. Biaya yang tak seberapa tak sebanding dengan aneka manfaat yang didapat, diantaranya:

1. Menunjukkan Profesionalisme

Tidak dipungkiri blogger yang memiliki domain dan tidak akan terlihat profesionalitasnya. Secara otomatis, mereka yang memiliki domain, apalagi bila namanya mudah dihapal akan memiliki kesan tersendiri di mata blogger lainnya. Branding istilahnya.

Asal tahu saja, sekedar kilas balik masa lalu sebelum saya mengubah nama domain menjadi kata-artha.com ini, namanya adalah argalitha.pw. Mungkin rekan blogger yang sudah kenal lama pasti mengingat kisah yang ditulis dalam blog berdomain unik tersebut ialah kisah cinta setengah monyet. Walau profil blogger saya jelas tertulis nama Artha, tetap saja yang diingat pembaca ialah nama domain saya. Hingga beberapa tahun berlalu, saya pun bertemu salah satu pembaca blog dan bertanya, "Jadi namanya bukan Mbak Litha, ya?"

Dari pengalaman ini saja membuktikan bahwa domain membuktikan profesionalitas seorang blogger. Padahal saya masih pemula saat itu, namun berhasil branding membuat saya sukses dan mempunyai banyak pembaca tetap. Apalagi bagi mereka yang punya bisnis, memiliki domain adalah wajib. Sebagai bukti bahwa bisnisnya serius dan tidak main-main. Pilihlah nama yang tepat dan mudah dihapal. Harus!


2. Ramah SEO

Alasan mengapa saya tak lagi menggunakan domain .pw dan malah menjadi.com karena ingin ramah SEO. Meski .pw ialah nama domain unik namun cakupannya tak luas. Apalagi .pw bukan domain kode daerah kita, tapi Palau. Di mana itu? Pokoknya jauh. Jangan dipikirkan karena terlalu berat.

Berbeda dengan domain .com yang cakupannya sudah internasional. Dengan demikian akan lebih mudah muncul di mesin pencari. Pasti setiap blogger ingin artikel blognya berada di halaman pertama Google kan? Maka dari itu pilih domain yang tepat sesuai kebutuhan yakni .com.


3. Lebih Semangat Mengurus Blog

Karena sadar bahwa akan ada biaya yang dikeluarkan tiap bulannya untuk mengurus perpanjangan domain dari tahun ke tahun, maka secara otomatis blogger jadi lebih terpacu mengurus blognya. Misalnya saja mengusahakan selalu update artikel, optimalisasi SEO, menjawab komentar pembaca dan sebagainya. Berbeda saat memiliki blogspot.com gratisan, pasti 'semau gue'. Sampai tumbuh sarang laba-laba karena tidak pernah diisi pun, tak mengapa.

Akan sayang rasanya bila tak memperbaiki isi blog setelah berdomain. Rasanya seperti membuang-buang biaya dan tidak menghargai pilihan yang diambil sendiri. Bukankah untuk memiliki nama domain yang sesuai juga buah dari berpikir dan memutuskan mana yang terbaik? Termasuk beli domain di mana agar mudah dalam perpanjangannya. Saya sih rekomendasikan ke Qwords saja.


4. Dapat Banyak Tawaran Kerja Sama

Alhamdulillah selama saya sudah memiliki domain ini, banyak tawaran pekerjaan yang saya dapat via email. Namun bukan berarti semua ini didapatkan dengan instant. Butuh 'pengabdian' dalam waktu yang lama sehingga blog mampu terurus dan memiliki performa yang baik. Pun tulisan yang semakin menarik pembaca menjadi kunci utama bagaimana hingga bisa kerjasama dengan blogger berdomain itu datang.

Saya ingat saat pertama kali mendapat tawaran job pasang iklan di blog berdomain saya ini. Saat itu tawsran malah datang dari Malaysia, mereka mempromosikan wisata di sana. Saya mendapat bayaran $10. Kalau dinominalkan uang sekarang, tak banyak ya. Namun namanya perdana dapat tawaran kerjasama, saya senang sekali.

Dari situ saya jadi koreksi diri, mana bagian dari blog saya yang menarik dan mana yang tidak. Bagian yang membosankan lalu saya hapus dan menambah banyak artikel yang disukai pembaca. Bahkan tulisan saya sampai disebar di Kaskus, dengan mencantumkan alamat blog berdomain saya ini. Senang? Awalnya sebal sebab mencatut tanpa izin, beruntung masih menyertakan sumber.

Jadi bagi teman-tan blogger yang masih pakai blogspot.com gratisan, lebih baik segera hijrah dengan membeli domain di tempat yang tepat. Niatkan untuk semakin memperbaiki diri dalam dunia literasi, jangan niat mencari sejumlah pendapatan. Dengan mutu blog yang semakin apik, niscaya akan ada banyak rezeki. Yang utama, nama domain harus ciamik nan mudah diingat ya.





53 komentar:

  1. Hihi,, Mbak Artha gak sendirian kok berpikir lama dl br beli domain. Lah lebih parah saya, buat blog 2009, nulisnya 2011, vakum sampe rame lg 2017 beli domainnya 2019, wakwauuu. Tp bagaimanapun, I enjoyyyy my process.

    BalasHapus
  2. Beli domain itu bikin kita makin semangat nulis yaaa mba. Itu yg aku rasain pribadi. Apalagi aku baru setahun ini tahu bahwa blogger ternyata bisa jadi side job. Telat banget tahunya. Tapi lebih baik terlambat dari pada tidak, katanya begitu. Hehehe. Dengan punya TLD, kita mau gak mau harus semangat buat update terus artikel. Artikelnya bagus mba.

    BalasHapus
  3. Iya mbak, salah satu alasan saya membeli domain pun agar saya dapat tawaran kerjasama hehe aduh matre amat sih talk.

    Tapi alhamdulilah mbak, waktu aku mulai beli domain kan pas aku hamil saki, selama hamil alhamdulilah ada aja rejeki buat saki. Dari mulai diapers, bedak bayi, dan segala macam toiletrisnha dari bedak, sabun, sampo, semua ga beli, minyak telon, susu bayi, main di arena bermain, emaknya juga dapat anti Stretch Mark alhamdulilah

    Dan aku beli di qwords. Betah banget disini

    BalasHapus
  4. Emma Emmy emmm.

    Mantap nih, jadi pengen sewa domain. Hehe.

    BalasHapus
  5. Merasa tercambuk saya Mak. Namu begitu karena domain saya gak bayar sendiri jadi masik suka suka aja ini ngeblognya. Gini aja ngaku blogger. Duh malunyaaa. Makasih sharingnya Maak

    BalasHapus
  6. sejujurnya alasan supaya lebih terlihat profesional adalah alasan utama aku beli domain hehehe

    BalasHapus
  7. Aku setujuu banget nih sama postinganmu, terutama mendatangkan kerjasama dengan banyak brand.. Saat ini, banyak brand lebih tertarik dgn blog yg tld yaa..

    BalasHapus
  8. Aku pertama kali ngeblog yang jadi fokus malah tampilannya dulu.
    Hihii...template nya mana yaa...yang aku banget.
    Jadi gak maju-maju, gonta-ganti template melulu.
    Sekarang jadi sadar bahwa gonta-ganti template menyebabkan nilai DA yang gak stabil juga.

    Jadi fokus di konten yaa, kak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salut sama kak Artha...yang menulisnya selalu penuh penjelasan secara real.
      Jadi makin yakin, kalau blogger uda nge-review sesuatu, pasti dari hati.

      Hapus
    2. setujuuu banget mba Lendyyyy
      aku juga demen nangkring di blog Mak Artha

      Hapus
  9. Setuju mbak..
    Memang klo punya domain sendiri akan terlihat profesional

    Dan klien kebanyakan minta blogger yg pny domain snediri

    BalasHapus
  10. Yaashh bener bangettt.. Membuka lebih banyak pintu rejeki buat para blogger klo udah sewa domain mbakkk 🤣😅🤣

    BalasHapus
  11. setelah punya domain sendiri, rasa memiliki nya tuh semakin tinggi mba jadi soal kelancaran aksesnya, tampilannya, sampe tulisannya beneran dijaga banget.

    BalasHapus
  12. Alhamdulillah sejak beli domain juga alhamdulillah tawaran rejeki juga banyak mba. Selain itu memang aku setuju kalau terlihat profesional :)

    BalasHapus
  13. Bener banget mbak, kalau dah punya domain sendiri itu kayak punya lapak buat usaha, jadi mesti dimanfaatkan. Selain tentunya niat awal adalah menebar informasi yang bermanfaat bagi oranglain.

    BalasHapus
  14. Memang baiknya punya domain tld, meski blognya gratisan di blogspot. Tapi juga tidak wajib.
    Banyak teman saya yang ajek dengan domain ekstensi mereka dan tetap berprestasi.

    BalasHapus
  15. Setuju banget, walopun blog bisa dibuat dengan cara gratisan, tapi kalo mau profesional, punya domain sendiri akan sangat menguntungkan. Ya branding, ya profesional. Toh zaman sekarang, beli domain berkualitas gak mesti dengan harga yang mahal ya :)

    BalasHapus
  16. Aku dari awal ngeblog sudah beli domain, tapi pas tahun 2017 kemarin telat perpanjang, jadi beli deh domain baru ahaha...sayang banget yang lama hilang.

    BalasHapus
  17. Ah iyaaa... sejak jaman masih pake nama argalitha kita udah berteman ya Tha. Waktu masih rame-ramenya kuis dan giveaway di blog ya. Seru sekali jaman itu. Senang sekali engkau muncul lagi setelah lumayan lama hiatus.
    Emang bener deh nama domain tuh pengaruh banget ke branding kita, apalagi blog kita kan masuknya blog personal ya. Yang diingat ya nama orangnya.

    BalasHapus
  18. Setuju nih mbak,,, saya juga udah punya blog sejak kuliah namun masih gratisan dan ngisinya pun ya semau gue... hehe
    Baru beli domain setahun belakangan dan alhamdulillah beberapa bulan setelah beli domain ada aja ya tawran kerjasama... MAsya Allah...

    BalasHapus
  19. Nomor 4 nih yang paling kerasa manfaatnya. Sejak pake domain sendiri, tiap bulan selalu aja ada tawaran ya. Dan iya, bikin kita semangat merawatnya. Dari semangat buat naikin DA PA. Hingga berusaha apdet supaya traffic stabil :D

    BalasHapus
  20. Benar banget nih Mbak, kalau mau fokus jadi blogger baiknya beli domain biar lebih profesional selain itu juga kalau punya domain sendiri kita jadi lebih fokus ngurus blog. Ini udah saya rasain juga sih.

    BalasHapus
  21. Wah mbak Artha, aku juga br seminggu nih pake domain .com, aku mulai ngeblog THN 2016 tp akhir 2017 aku vakum sih, dan baru aktif lg oktober thn ini. Setelah ada teman yg kasih pencerahan dan aku pikir berulang-ulang akhir nya aku beli domain. Salah nya aku pas beli domain blm kepikiran ttg personal branding. Jd pas beli domain masih pakai nama lama lehabarqa.com yg seharus nya coretan emak.com. ahhh semoga thn depan pas perpanjangan bisa di rubah.

    BalasHapus
  22. makasih sarannya kak, aku beli domain gegara ikut2an padahal nulisnya jarang2 huhu tapi rejeki ada aja kak sejak pake domain

    BalasHapus
  23. Setuju mbak, saya malah punya 3 domain mbak dan mengurusnya lumayan juga hehe.

    BalasHapus
  24. Bener mbak, saya juga merasakan perbedaan ketika beli domain. Banyak kesempatan yang bisa diambil.. Alhamdulillah, bisa merasakan dapat duit dari ngeblog.. Hihi..

    BalasHapus
  25. Dulu waktu belum serius males banget belin domain tapi lama-lama kesini dan emang mau serius jadi memantapkan diri untuk beli domain. Penting banget kalau untuk blogger.

    BalasHapus
  26. Wha emang wajib donk...apalagi yang emang diniatin untuk profesional ya...Apalagi skr pilihan paketnya banyak dengan harga dan layanan yang oke banget

    dianesuryaman dot com

    BalasHapus
  27. Kalau sekarang kayanya wajib ya blog pakai domain untuk branding & memudahkan juga sih. Aku dari awal ngeblog udah langsung pakai domain dulu supaya gampang diingat

    BalasHapus
  28. Awal beli domain dulu itu cuma agar nama domainku tidak diambil orang dan biar gampang diinget sih. Memang penting sekali ya nama domain ini, apalagi yang diniatkan untuk profesional.
    Btw aku masih inget nih mana domainmu yang argalitha *eh bener ya? :D

    BalasHapus
  29. Tulisannya cakep banget nih. Dan aku setuju banget kenapa blogger wajib beli domain. Kalau aku pribadi sih beli domain sekalian untuk branding sebagai penulis buku. Niat awalnya, blog untuk tips menulis dan etalase buku-bukuku yang sudah diterbitkan. Sekarang mah blognya malah bisa cari uang sendiri. ya udah sekalian aja ... hahaha

    BalasHapus
  30. alhamdulillah aku dah jadi pelanggan setia qwords buat dua blog domain dot com.
    jujur dulu beli domain alasannya biar keren aja. soal dapet tawaran job itu bonus. makanya skr tetep setia pake domain berbayar meskipun sepi job ahahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo ada job berkat punya domain berbayar, itu adalah bonus :)

      Hapus
  31. Aku ngeblog curhat pas jaman galau di kampus pas 2008 😅 pake domain jg baru2 aja nih mba akuu. Dulu dpt job 25rb udah seneng bgt aku mba. Terus pindah deh jadi dotcom 😁

    BalasHapus
  32. Saya terpengaruh beli domain karena waktu itu ada yang bilang biar lebih profesional. Tetapi, memang enak juga. URL jadi lebih singkat

    BalasHapus
  33. Kepikirian beli domain kayaknya gara-gara ikut FunBlogging. Sebelumnya sih, udah punya blog tld namun yg khusus bisnis. Eh, ternyata emang TLD jadi banyak perkembangannya. Sampai skrg masih ada blog yg gratisan. Sebagai kenangan. Wkwkwk.

    BalasHapus
  34. Yang no 4 saya rasakan bgt. Setelah hampir 1 tahun ini pindah tld, byk kesempatan bisa dicoba. Meskipun kadang keangkut kadang tidak, karena berkaitan dengan performa blog (DA/PA dan tetek bengeknya), tapi saya sangat bersyukur bisa dapat pendapatan dari ngeblog..

    BalasHapus
  35. Betul banget nih, jadi semangat ngeblognya kalau udah punya domain sendiri. Lagian gampang diinget ya alamat blog kita kalau udah menentukan domain yang kita inginkan

    BalasHapus
  36. Daku punya tiga blog dan yang dua blog ini sekarang jarang nerima job karena DA nya nyungsep, kudu lebih semangat lagi apdetnya hihi

    BalasHapus
  37. Aku bikin blog Nov 2016, sebulan pertama gratisan, bulan depannya langsung beli domain dot com. Alasannya waktu itu sederhana, ini nama blog kok panjang amat ya hahaha.
    Da Alhamdulillah bener alasan di atas termasuk bisa lebih berkembang dengan adanya penawaran kerjasama dan lainnya

    BalasHapus
  38. Semuanya itu aku setuju banget. Dulu jujur waktu awal ngeblog masih bingung knp orang pada rame pake dot com. Eh ternyata.. Sebegini pentingnya..

    BalasHapus
  39. Alhamdulillah sejak punya nama domain sendiri tawaran job mulai berdatangan walaupun nggak banyak-banyak amat. Menunjukkan profesionalisme dalam ngeblog juga ternyata manfaatnya bisa dilirik berbagai brand atau agency.

    BalasHapus
  40. Aku dulu pas beli domain tuh lagi pas2 san banget tapi semangat banget buat ngeblog. Jatuh deh pilihan pada Qwords dan pas banget ada promo dan potongan harga. Happy banget sampai sekarang

    BalasHapus
  41. Dulu waktu beli domain tujuan saya memang ingin lebih profesional. Selain itu sejak beli domain, otomatis jadi terpacu untuk ngisi blog, soalnya sayang sudah mengeluarkan biaya

    BalasHapus
  42. Punya domain sendiri itu, langkah awal serius nge-blog ya, mba.
    Rasanya pede lumayan terdongkrak :)

    BalasHapus
  43. Dulu sejak awal mindahin ke WP udah langsung beli domain, awalnya krn keliatan keren aja, krn zaman itu jg dah banyak blogger yg nulis diary di blog, trus ikutan hahaha. Ternyata banyak kesempatan dan rezeki yang menghammpiri saat nama blog berdomain pribadi :D

    BalasHapus
  44. Kalau dulu beli domain biar banyak dapat job. Iya kuakui aku emang blogger matrek hehe. Pakai domain nama sendiri karena nggak punya ide pakai nama lain yang keren. Eh ternyata jadi personal branding sampai sekarang.

    BalasHapus
  45. Biar dibilang professional kalau Aku sih😁 krn klo udah berdomain berasa tanggung jawab Aja pads tulisan yg mau d share k org2

    BalasHapus
  46. Setuju banget mba, kalo dengan blog yang udah tld, jadi lebih profesional. Buktinya banyak brand ngajakin kerja sama syarat nya kalo blog udah tld kan. Kita pun jadi semangat update, hahaha

    BalasHapus
  47. Aku setuju sama poin no 4, emang udah ngerasain juga sih bedanya, terpampang nyata :D

    BalasHapus
  48. I have used my own domain in the last five years and I love it. I think it become sort of a trademark of you and your writing to have these domain using your own choice

    BalasHapus
  49. Sepakat banget mba beli domain ya karena ngerasa profeisonal dan satu sisi juga jadi makin bayak penawaran kerjasama :)

    BalasHapus
  50. bener banget niiih, domain itu penting banget sih yaa sebagai identitas blogger juga hihihi, aku juga dulu langsung beli domain biar lebih profesional aja hehehe

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca ^^
Tolong berkomentar dengan sopan yaaa... Maaf kalau ada yang belum terjawab :*