19 Desember 2018

Mewujudkan Impian Menghadiri Paris Fashion Week





Banyak yang menjuluki Paris sebagai kota yang romantis. Maka tidak heran banyak pasangan ingin mengunjungi dan menghabiskan waktu di kota yang identik dengan menara Eifel tersebut. Paris juga dikenal sebagai pusat mode dunia. Bersama Milan di Italia, London di Inggris, dan New York di Amerika, keempatnya bahkan disebut sebagai  “the global big four fashion capitals of the 21th century”. Disebut demikian sebab salah satunya karena usaha yang konsisten untuk terus mengembangkan dunia mode, dengan Paris yang punya Paris Fashion Week (PFW) misalnya.


Temans tahu tidak kalau PFW itu diselenggarakan 6 kali dalam setahun. Orang-orang yang bekerja dalam industri mode, mulai dari perancang busana legendaris, ternama, hingga yang baru, berduyun-duyun memadati acara eksklusif ini. Meski selalu menjadi fashion week terakhir setelah New York, London dan Milan, namun PFW tidak pernah kehilangan pamornya. Sayangnya tidak mudah mendapatkan akses atau undangan untuk menghadiri fashion show atau after party karena dunia mode sangat eksklusif dan rahasia. Apalagi setelah serangan di Paris pada tahun 2015, lokasi fashion show dirahasiakan hingga tepat sebelum acara dimulai.



Dari apa yang saya baca di INSIDR, cara terbaik mendapatkan informasi lengkap seputar PFW adalah dengan mengikuti bloggers atau it-girls di Instagram. Ikuti hashtags #PFW #PFWinvitation karena undangan menonton peragaan busana maupun acara terkait lainnya juga sering di-upload lewat media sosial. Mengikuti it-girls populer Paris seperti @jeannedamas juga akan sangat membantu. Kemudian setelah mendapat gambaran dimana kira-kira lokasi PFW, maka mari duduk santai sambil makan crêpe dan melihat street style terbaik para fashionista.

Asal Temans tahu, sebelum, setelah, dan selama fashion show berlangsung maka beberapa tokoh fashion industry ternama berkeliling area-area tersebut. Temans jadi bisa mengabadikan mereka lewat foto. Terutama bila Temans berada di bagian utara taman Tuileries atau gang-gang kecilnya. Atau mungkin di balik toko-toko Carrousel du Louvre, siapa tahu Temans bisa melihat beberapa panitia ataupun model berlarian mengejar waktu dari peragaan busana satu ke yang lainnya.


Usai puas menikmati Paris Fashion Week, lebih baik beristirahat di daerah Opera yang adalah pusat mode. Di sini juga restoran buka hingga tengah malam sehingga Temans tidak sampai berperut keroncongan setelah seharian berkeliling. Di daerah Opera juga ada banyak transportasi publik, terutama roissy bus yang membuat akses ke bandara CDG menjadi lebih mudah.

Menurut apa yang saya baca di INSIDR, hotel terfavorit adalah Hotel Chavanel yang berada di pusat distrik fashion & luxury. Hotel milik Sophie Charlet sang pencinta fashion dan design ini sangat mewah dengan ornamen berhias renda, beludru, kasmir dan wol. Temans jadi bisa merasakan suasana ceria dan tenang di tengah ibukota Prancis ini. Ditambah resepsionis yang buka 24 jam dan siap memberikan rekomendasi restoran dan bar terbaik di area sekitar hotel. Asyik, bukan?

Kalau sudah berada di Paris, jangan lupa untuk menyusun agenda belanja. Demi menghemat waktu, lebih baik tahu jam operasional toko-toko yang akan dikunjungi. Sebagian besar toko besar buka jam 9 pagi sampai 7 malam. Sedangkan toko-toko yang lebih kecil buka mulai jam 10 pagi hingga 6 sore, terkadang tutup jam 12 hingga 2 siang untuk makan siang. Dengan demikian bisa membagi waktu antara belanja, makan dan jalan-jalan di sekitar lokasi PFW.


Sekedar info, nih. Januari adalah waktu terbaik untuk belanja di Paris. Koleksi lebih beragam dengan potongan harga yang lebih besar. Dan lagi, tidak banyak turis yang berkunjung di bulan ini. Toko-toko cenderung lebih sepi sehingga tidak perlu antre dan berebut. Suasana belanja jadi lebih menyenangkan, apalagi ditambah jalanan yang indah diselimuti salju.

Bila belum mengerti tentang mode terbaru, bisa mencoba layanan personal shopper Galeries Lafayette. Dengan didampingi oleh ahli fashion yang siap memandu berkeliling pusat perbelanjaan besar, Temans mendapat saran dan tips terbaik seputar merek / tren terkini. Dengan demikian, penampilan terbaik pun didapatkan. Ditambah akses ke lounge dan fitting room pribadi sehingga pengalaman belanja semakin sempurna. Untuk info lebih lanjut, bisa menghubungi INSIDR melalui chat.



1 komentar:

  1. Paris juga jadi kota impianku. Semoga suatu saat bisa ke sana. Aamiin.

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca ^^
Tolong berkomentar dengan sopan yaaa... Maaf kalau ada yang belum terjawab :*