15 Desember 2018

Memanfaatkan yang Ada di Dapur untuk Perawatan Wajah yang Murah Meriah




Setiap perempuan pasti ingin selalu terlihat cantik. Bukan saja karena polesan make up, tapi yang memang cantik alami dengan wajah bersih dan segar. Caranya? Tentu wajah harus dirawat. Kata siapa perawatan wajah itu harus malah? Ada kok yang murah meriah dan mudah bikinnya.

Inilah yang saya terapkan. Dulu setelah menikah, saya pernah pakai MS Glow. Namun karena harganya lumayan, saya tidak mengulang membelinya lagi. jadi beralihlah saya ke yang murah meriah serta alami. Walau hasilnya bertahap, namun efeknya lebih baik dan tahan lama.


Apa sajakah itu? Temans semua pasti juga punya kok di dapur masing-masing. Yuk baca dulu lalu ikuti rutinitas saya yak.

Siap?
Mulai!


1. Air rendaman teh
Sudah tahu belum kalau rendaman teh itu banyak sekali manfaatnya? Apalagi yang sudah semalaman dan berbau khas. Mungkin banyak yang bilang ini teh basi lalu dibuang. Eits, jangan dulu. Pakai cuci muka saja agar lebih bermanfaat.

Air rendaman teh yang dimaksud adalah teh tawar yang tidak dicapur gula apalagi susu. Kalau terasa manis, nanti wajah kita dikrubuti semut loh. Biasanya di sore atau malam hari, MasBoz suka minta dibuatkan teh hangat. Nah kan saya pakai teh celup, jadi ambil 1 kantung lalu dicelupkan di 1 cangkir air panas untuk MasBoz, sisanya masuk ke wadah khusus untuk rendaman teh. Air panas dalam cangkir lalu diberi gula, diaduk dan diserahkan MasBoz. Sedangkan yang di wadah khusus masuk kulkas agar dingin ketika dipakai sebelum tidur dan di pagi hari.

Manfaat air teh ini bisa untuk membersihkan wajah dari kotoran, debu, dan bakteri yang menyumbat pori-pori. Wajah jadi bersih dan cerah. Teh memiliki unsur anti bakteri. Selain itu vitamin E dalam air teh juga bisa menjaga elastisitas kulit dan mengurangi gejala penuaan dini plus pengenduran kulit wajah. Untuk mengurangi kantung mata, cukup letakkan kantung teh celup di kantung mata sambil tiduran selama 15 menit. Setelah itu semua, langsung bilas dengan air bersih yang mengalir ya biar makin bersih dan segar.


2. Air cucian beras
Tahu kisah cowok berkulit gelap yang rutin cuci muka dengan air beras lalu berubah menjadi putih bak artis K-Pop, tidak? Kisah ini viral dan memang khasiat air cucian beras itu benar adanya. Saya sudah membuktikan sendiri. Caranya tinggal mencelupkan kapas ke dalam air cucian beras, mengusap sekaligus memijit area wajah dengan lembut selama beberapa menit, lalu biarkan mengering agar vitamin dan mineral yang ada terserap oleh kulit.

Tapi air cucian beras yang dipakai adalah bilasan ketiga, ya. Air cucian beras yang pertama dan kedua kan sangat kotor karena fungsinya untuk membersihkan beras dari kotoran yang menempel. Bagian ini saya gunakan untuk siram tanaman. Baru bilasan terakhir, yang warnanya putih keruh, saya ambil untuk membasuh wajah.


3. Jeruk nipis
Biasanya kalau beli lontong kikil atau soto, dapat potongan jeruk nipis. Karena kurang suka asam, tidak saya gunakan untuk makanan melainkan untuk menghilangkan komedo dan mencegah jerawat di wajah. Karena dapat jeruk nipisnya jarang-jarang, jadi jarang pula saya lakukan. Namun ternyata benra-benar berkhasiat, hingga detik ini tidak pernah jerawatan lagi. komedo di hidung juga sedikit. Kandungan Vitamin C, Zat Besi, Kalsium, Fosfor, Mineral, Asam Sitrun, Asam Sitrat, Asam Amino, Minyak Atsiri serta AHA (alpha hydroxy acids) sangat berguna untuk kesehatan kulit wajah. Zat-zat ini bisa mencerahkan kulit wajah serta dapat meregenerasi sel kulit. 

Dulu semasa masih tinggal di rumah Mama, kami punya pohonnya. Jadi tinggal ambil jeruk, potong buahnya dan peras airnya. Lalu digunakan sebagai masker dengan mengoleskan merata ke seluruh wajah dan didiamkan selama 30 menit. Pada awalnya mungkin nakan terasa perih atau gatal. Itu respon alami, kok. Kalau mau ditambah madu asli untuk mengurangi rasa tersebut. Tapi pada penggunaan kedua dan seterusnya, rasa itu berkurang dengan sendirinya.


4. Tomat
Walau jarang bikin sambal, tapi saya maish sering beli tomat. Sebab kandungan vitamin A-C-E, flavonoid yang anti radang dan likopen yang antioksidan  sangat baik untuk merawat kesehatan kulit wajah. Selain itu juga mengandung asam salisilat sang obat jerawat alami. Ada juga kandungan asam yang berperan dalam penyerapan minyak kulit berlebih dan menyamarkan pori-pori.

Lengkap sekali manfaatnya, bukan? Cara penggunaannya juga mudah. Tinggal haluskan 1 buah tomat lalu dicampur 1 sendok teh gula. Teksturnya akan sedikit kasar, dan ini bisa jadi scrub alami. Langsung oleskan di wajah, gosok perlahan dan diamkan selama 5 – 15 menit. Segera bilas dengan air hangat, tepuk-tepuk wajah dan keringkan dengan handuk bersih. Ah rasanya kulit jadi halus sekali. Baunya juga enak!


5. Mentimun
Kalau bikin sayur asam, selalu ada ketimun atau timun. Selain dimakan, juga bisa mngatasi mengatasi masalah kulit seperti kulit wajah berminyak, kering, dan sensitif loh. Juga bermanfaat untuk mengembalikan warna kulit akibat sengatan matahari, mengecilkan pori-pori, dan mencegah penuaan dini. Mentimun pun memiliki kandungan antioksidan dan silica yang bisa menghilangkan lingkaran hitam di sekitar mata.

Pernah tahu iklan di televisi yang pakai potongan timun diletakkan di bagian mata yang tertutup tidak? Nah cara penggunaan untuk mengurangi kantung mata seperti ini. Diamkan selama sekitar setengah jam, mata merem sambil asyik rileksasi mendengarkan musik. Kalau mau memutihkan wajah, campur timun yang telah dihaluskan dengan perasan jeruk lemon. Lalu oleskan merata seperti memakai masker. Setelah itu baru dibasuh dengan air bersih.


Mudah sekali, bukan?
Tidak perlu takut menggunakan bahan perawatan alami. Tidak ada efek sampingnya, kok. Asal teratur, manfaat kulit bersih, sehat dan segar akan banyak terasa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca ^^
Tolong berkomentar dengan sopan yaaa... Maaf kalau ada yang belum terjawab :*