12 Desember 2018

Keunggulan Virtual Server Domainesia




Halo Temans,
Bagaimana, sudah senang nge-blog?
Beberapa minggu ini saya membahas serba-serbi tentang serunya blogging bagi ibu rumah tangga. Mungkin Temans ada yang tertarik mengikuti jejak saya sebagai pencerita dunia maya atau mungkin lebih suka membaca? Tidak apa, dari awalnya hanya membaca, lama-lama pasti naksir untuk mencoba dan lebih menekuni dunia blogger. Bahkan lebih tekun dan ulet dibandingkan saya yang belajar otodidak ini.

Kali ini saya ingin membahas tentang virtual server. Nah, apa lagi nih? Temans bertanya-tanya ya. Bahasannya sepertinya agak berat. Haha, jangan khawatir. Saya akan mencoba menjelaskannya dengan bahasa yang mudah dipahami, terutama bagi kaum emak seperti saya.

Sebelum mengenal apa itu virtual server, ada baiknya berkenalan dulu dengan server. Ibaratnya komputer itu adalah server. Tapi bukan komputer biasa, tapi yang memiliki spesifikasi lebih tinggi dibanding komputer lainnya. Jadi server ini bisa membantu memenuhi kebutuhan komputer lainnya. Sebagai ‘kepala suku’-nya komputer, gitu loh.

Nah di dalam komputer pasti ada sistem operasi yang membuatnya mampu bekerja. Tapi sistem operasi dalam server akan berbeda dengan yang ada pada komputer biasa. Bukan windows atau linux. Pastinya yang ada di dalam server adalah yang spesial dengan sistem operasi yang lebih ringan demi mendukung kinerja kerjanya.

Kemudian ada yang namanya VPS (Virtual Private Server). Ini merupakan mesin virtual yang berada dalam sebuah server. Jadi ini server di dalam server. Kalau diibaratkan, server ialah gedung apartemen dan VPS ialah 1 unit apartemennya. Sehingga bisa disimpulkan bahwa membeli VPS akan jauh lebih murah dibanding membeli server. Dengan memiliki VPS, maka akan lebih mudah untuk membuat apa saja sesuai kebutuhan yang memakai sistem internet.

Untuk jelasnya, ini dia beberapa kelebihan bila memiliki VPS:

1. Membangun application server
Memiliki VPS berarti memiliki layanan khusus yang membutuhkan instalasi software tertentu. Contohnya untuk :
- VPN (Virtual Private Network) yang mengubah IP. Hal ini karena konten akan melewati VPS terlebih dahulu sebelum mengirim ke ISP, baru masuk ke Komputer anda.
- Proxy, ini mirip VPN namun tidak seleluasa VPN dalam penggunaanya.
- Game Server, karena VPS dapat digunakan untuk Game Private Server seperti RF Online, Minecraft, Ragnarok, dan lain-lainnya.
- Shoutcast Hosting, dengan adanya VPS bisa loh membuat Radio Online sendiri.

2. Membangun web hosting. VPS sangat cocok untuk memulai bisnis web hosting dengan anggaran yang terbatas, namun ingin memberikan layanan berkualitas. Apalagi VPS dapat difungsikan menjadi tempat menyimpan Web sehingga lebih leluasa menggunakan resource VPS untuk Web Pribadi.

3. Membangun mail server. 
Adanya VPS tidak membuat batas pengiriman email pada setiap user, seperti yang terjadi pada penyedia shared hosting. Bahkan via VPS, bisa kirim ribuan email secara serentak, misalnya pada pengiriman newsletter. Namuan tentu ada resikonya, misalnya resiko blacklist IP oleh provider email lainnya.

4. Server bagi website performa tinggi. 
Dengan budget terbatas, VPS sangat cocok bagi pemilik website yang ingin resource CPU dan memory tinggi. Jadi bagi pemilik blog populer, toko online yang sukses, atau forum dengan member aktif ratusan ribu, penggunaan VPS bisa menjadi solusi.

Nah bagi kalian yang butuh rekomendasi VPS terbaik, ada loh penyedian VPS yang memiliki banyak fitur unggul. Inilah Virtual Server DomaiNesia atau yang lebih dikenal dengan nama: VM.


Keunggulannya adalah:
1. Instant Spin, dengan akses root kurang dari 40 detik
2. SSD (Solid State Drive) dipakai sebagai media penyimpanan
3. Spesifikasi Node/ Hypervisor sebagai pondasi utama server yang terbaik, dengan menggunakan kombinasi dari Dual Intel Xeon E5, Minimum 64GB ECC Registered Memory, Enterprise SSD dengan RAID sebagai Node/ Hypervisor Virtual Server.
4. Menyediakan Lisensi Software berbayar seperti cPanel, CloudLinux, Softaculous, dan lainnya.
5. Menggunakan Bentuk Virtualisasi KVM untuk efisiensi dan performa tinggi. Dengan demikian aktivitas dari satu Virtual Server tidak akan mempengaruhi Virtual Server yang lain dalam satu Hypervisor.
6. Memiliki OS (Operasi Sistem) yang Beragam seperti Ubuntu, CentOS, Debian serta custom ISO.

Menarik, bukan?
Dengan adanya Virtual Server Domainesia tentu memudahkan kita dalam optimasi blog.




0 kata para sahabat:

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca ^^
Tolong berkomentar dengan sopan yaaa... Maaf kalau ada yang belum terjawab :*