26 Januari 2020

Main, Selfie dan Baca Buku di Alun-alun Kota Mojokerto



Hampir tiap kota atau kabupaten di Indonesia memiliki alun-alun sebagai pusat daerah. Biasanya ada masjid dan kantor pusat pemerintahan di dekatnya. Begitu pula yang ada di Kota Mojokerto. Kota terkecil di negara kita ini juga memiliki alun-alun yang menjadi tempat rekreasi sekaligus sarana bersantai keluarga.

Alun-alun Kota Mojokerto terletak di Jl. KH Hasyim Ashari, Mergelo, Kauman, Kecamatan Prajurit Kulon. Tempat ini tidak pernah sepi pengunjung. Areanya yang luas digunakan untuk bermain anak-anak. Di sore hari saat kami ke sana, tampak beberapa anak kecil main skuter yang dihiasi lampu warna-warni. Ada tempat persewaannya di sini, tepatnya di dekat tugu di tengah alun-alun.


Oiya Temans, tahukah kalian bahwa pada zaman penjajahan Belanda, Kota Mojokerto memiliki peranan penting bagi bangsa kita. Dahulu dengan adanya Markas Besar Divisi I dibawah pimpinan Panglima Divisi Sungkono, kota ini merupakan garis depan pertahanan Jawa Timur. 

Nah sebagai basis perjuangan, segenap masyarakatnya sungguh bersemangat dalam berjuang menghadapi serangan kolonial. Untuk mengenang momen bersejarah ini dan juga dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, maka kemudian diselenggarakanlah gerak jalan Mojokerto – Surabaya. Selain itu dibangun pula monumen proklamasi yang berdiri kokoh di tengah Alun-alun Kota Mojokerto.


Agar tidak ketinggalan zaman dan semakin mengundang pengunjung, alun-alun ini direnovasi dan menjadi lebih indah. Ada kolam air yang memancarkan air mancur di sekeliling tugu Alun-Alun, dihiasi dengan beberapa arca. Lampu warna-warni juga dipasang di area luas alun-alun demi memancarkan pesonanya di malam hari. Selain itu taman juga dibenahi dengan adanya area potret dan area khusus para lanjut usia (lansia) yang diberi batu-batu halus untuk terapi kaki.






Asyiknya bersantai di alun-alun Kota Mojokerto ialah kita tidak diganggu oleh pengamen atau pedagang asongan. Para penjual kaki lima (PKL) di pelataran juga tidak ada karena sudah dipindahkan ke Jl. Benteng Pancasila. Ada juga yang pindah di sebelah barat, seberang jalan, tempat dimana tampak ada bianglala dan arena bermain lainnya seperti yang ada di pasar malam.

Tidak perlu ragu untuk datang bersama keluarga. Alun-alun Kota Mojokerto memiliki area parkir yang luas untuk kendaraan roda 2 dan berada di dalam alun-alun. Tepatnya di seberang masjid Al Fattah. Untuk parkir mobil di bagian luar, dengan penjagaan ketat dari pihak alun-alun dan masjid. Dengan demikian kita jadi tidak perlu mencemaskan keamanan kendaraan.


Selain itu alun-alun ini juga memiliki toilet yang bersih. Sama sekali tidak ada kesan jorok dan membuat nyaman untuk memasukinya. Di malam hari, toilet ini juga berhiaskan lampu warna-warni, indah sekali. Lokasinya ada di sisi barat.

Di samping toilet, ada perpustakaan kontainer. Pemerintah Kota Mojokerto berusaha menumbuhkan minat baca warganya dengan pembuatan fasilitas ini di area ruang terbuka hijau (RTH) Alun-alun Kota Mojokerto. Warnanya cerah sekali. Begitu masuk ke dalamnya, terasa sejuk oleh pendingin ruangan. Sayangnya ruangannya sempit, hanya ukuran 5x2 meter.


Perpustakaan kontainer ini memiliki koleksi buku yang banyak untuk segala usia. Dibuka dari pukul 08.00 WIB hingga 20.00 WIB, kita bisa puas menikmati buku-buku yang disediakan oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Mojokerto ini. 



Ada area baca di luar ruangan, sungguh lapang dan bersih. Disediakan pula banyak tempat duduk di halaman perpustakaan, sungguh asyik membaca buku di bawah pohon yang rindang. Buku juga boleh dibawa pulang, asalkan sudah menjadi anggota perpustakaan.


Pssst! Di sore hari ada SAMSAT keliling di depan alun-alun Kota Mojokerto

Kalau alun-alun di tempat kalian, ada perpustakaannya juga tidak?



17 komentar:

  1. Sekarang sepertinya di setiap alun-alun daerah sudah bagus-bagus banget ya jadi kalau main kesana bersama anak-anak jadi lebih berwarna. Yang Mojokerto juga bagus nih gak kalah dengan tempat yang lainnya.

    BalasHapus
  2. Asyik banget deh, saya dulu waktu masih tinggal di Jombang sering banget main ke Mojokerto, tapi kok ya kayaknya nggak pernah ke sini ya.
    Biasanya cuman ke Carrefour ya itu sama makan penyetan sambel apa gitu, lupa namanya hihihi.
    ternyata ada tempat sekeren ini, anak-anak bakalan betah nih main ke sini :)

    BalasHapus
  3. Bagus sekali alun alunnya, kalau di jakarta saya ga tau alun alun itu apa, yang saya tau hanya RPTRA saja yang di dalamnya komplit dengan berbagai macam buku dan berbagai macam permainan anak

    BalasHapus
  4. Di Medan yang ada taman kota saja Mba. Gak ada alun-alun.
    Senang sekali ada tempat asyik kayak alun-alun Mojokerto ini ya Mba. Jadinya bisa Quality Time sama keluarga dengan dana yang minim.

    BalasHapus
  5. Bagus ya...
    Aku pny banyak sdr d mojokerto, kpn2 aku mw main kwsana ah

    BalasHapus
  6. Aku iri, alun-alun kota Kediri jelek sekali, banyak PKL dan semarawut hiks
    Kalau ke Mojokerto pengin mampir ah ke alun-alunnya. Komplit ada perpuatakaannya juga. Keren!

    BalasHapus
  7. Salah satu tujuan destinasi tiap ke daerah/kota adalah alun2. Tapi ngga banyak yg Lengkap fasilitasnya macam Alun-Alun Mojokerto ini. Plus bersih. Cocoknya banger buat menghabiskan weekend bersama keluarga.

    BalasHapus
  8. senang deh aku baca tulisan bunda, menambah wawasan ku mengenai kekayaan nusantara.

    BalasHapus
  9. Kalau di tempatku yang ada ruang baca nya itu RPTRA, kapan-kapan boleh nih merasakan ke alun-alun

    BalasHapus
  10. alun-alun ada perpustakannya? kok asik banget.. bisa baca-baca di bawah rimbunnya pohon.. dan moga tempat ini selalu terjaga kebersihannya biar yang dateng jadi nyaman

    BalasHapus
  11. Ternyata banyak menyimpan nilai sejarah perjuangan ya.
    Alun-alun kota Mojokerto disulap sedemikian rupa agar banyak orang terutama anak-anak betah berlama-lama bermain disana.
    Jadi para orang tua nggak khawatir anaknya bermain tanpa adanya gangguan kendaraan berlalu lalang.
    Keren banget konsep nya

    BalasHapus
  12. waah bersih yaa mbak Alun-Alun Kota Mojokerto, mau aku masukin list buat jalan-jalan ah hehe. Keren sekali perpustakaannya, kelihatan sangat dirawat dengan baik. Di tempatku, Alun-Alun Sidoarjo ada perpustakaan juga tapi perpustakaan keliling yang mobil begitu :)

    BalasHapus
  13. Sekarang hampir disetiap kota alun-alunnya direnovasi agar jadi tempat yang lebih nyaman untuk masyarakat sekitar ya mbak. Beberapa ada yang sudah punya fasilitas kayak di alun-alun mojokerto ini nih. Tapi asik ya di alun-alun Mojokerto para PKL nya udah punya tempat sendiri untuk berdagang.

    BalasHapus
  14. Bagus amat alun² nya kak..bisa jadi tempat hiburan ajak anak² dikala bosen dirumah bisa jjs kesana

    BalasHapus
  15. Bagus banget kak alun-alunnya. Banyak hal bisa dilakukan di sana. Anak-anak pasti happy banget dibawa ke sini. Seru!

    BalasHapus
  16. Bagus yah alun2 nya kak jadi bisa buat tempat hiburan anak2 secara hemat hehehe

    BalasHapus
  17. Bagus banget ya penampakan alun-alun mojokerto nya mba. Bersih dan bikin semangat nih jalan santai.

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca ^^
Tolong berkomentar dengan sopan yaaa... Maaf kalau ada yang belum terjawab :*