28 Januari 2020

Pembersih Botol Susu Pilihan Ibu


Diare menjadi penyebab ketiga kematian bayi di dunia setelah infeksi pernafasan dan komplikasi bayi prematur. Data ini saya ambil dari Institute for Health Metrics and Evaluation yang dipublikasikan lewat ourworldindata.org, data terbaru pada Februari 2018. Mirisnya, ternyata salah satu penyebab diare pada bayi adalah salah mencuci botol susu sehingga bayi jadi sakit. Duh!

Mungkin mencuci botol susu dirasa sebagai pekerjaan yang mudah. Tapi nyatanya banyak ibu yang masih belum bisa mencuci botol susu dengan benar. Saya, salah satunya. Akibat pernah salah mencuci botol susu, Zril anak saya, pernah kena diare. Beruntung saya langsung tanggap dan diare lekas teratasi. Terlambat melakukan penanganan diare, bisa berdampak pada dehidrasi yang berujung kematian. Seram!

Bukan hanya botol susu yang wajib dijaga kebersihan dan kesterilannya, alat makan dan makanan si kecil pun demikian. Seorang ibu harus tahu bagaimana cara membersihkan kesemuanya tersebut dengan benar sebelum digunakan ataupun dimakan si kecil. Jika keliru saat membersihkan, bisa-bisa virus, bakteri, dan parasit membawa berbagai penyakit yang dapat mengancamnya. Mulai sariawan ringan sampai yang lebih serius seperti muntah-muntah dan diare.

Kesalahan yang Sering Dilakukan

- Menunda Mencuci Botol
Dari pengalaman saya selama ini, rasa malas mencuci botol kadang mendera. Karena setelah habis sebotol, Zril minta sebotol susu lagi dan itu saya berikan dengan memakai botol susu yang baru. Akibatnya saya lalu menunggu tumpukan botol susu dulu baru setelah itu mencucinya. Padahal hal ini salah besar! Apalagi bila diletakkan di wastafel, tempat yang merupakan sarang kuman.

Selain itu, ASI perah dan susu formula bisa meninggalkan noda di dasar dan pinggiran botol. Bila dibiarkan dan tak segera dicuci mengakibatkan nodanya menumpuk dan semakin susah dibersihkan. Akan ada kerak yang membuat botol susu pudar warnanya dan tampak kotor. Pun memicu bakteri karena kerak ini membuat botol susu menjadi lembab, kondisi yang disukai bakteri.

- Tidak Mencuci Tangan
Sebelum mulai mencuci botol susu, alat makan dan buah serta sayur yang akan dikonsumsi si kecil, ada baiknya mencuci tangan terlebih dahulu. Seorang ibu yang notabene selalu melakukan banyak pekerjaan rumah, tentunya tangan tak selalu bersih. Misalnya saat asyik menyapu, eh si kecil minta dibuatkan susu. Pasti sapu langsung diletakkan, kemudian mengambil botol susu dan segera menyiapkan susu. Cuci tangan dilupakan.

Bisa jadi tangan ibu menjadi biang keladi penyebaran bibit penyakit. Jika tidak mencuci tangan terlebih dahulu, bisa saja kuman-kuman pada tangan itu lalu pindah ke botol susu si kecil. Akibat si kecil jadi sakit.

- Tidak Maksimal saat Membersihkan Botol Susu
Jujur deh selama ini bagian botol yang mana yang selalu dibersihkan? Biasanya hanya bagian dalam botol, bagian luar botol dan dot. Leher botol dan penyambung dot dengan botol biasanya hanya dibilas tanpa sabun. Tidak ikut digosok sampai bersih seperti bagian dalam botol susu.

Padahal di sinilah kerak susu berbekas dan bisa menjadi tempat berkumpulnya kuman. Coba deh amati, biasanya masih banyak kerak yang menempel tapi luput dari perhatian. Hendaknya bagian tersebut jangan sampai diabaikan. Dot dan penghubungnya (gelang dot) yang berulir itu sebaiknya dilepas dulu, baru dicuci dan disikat hingga bersih.

- Tidak Membilas Menggunakan Air Mengalir
Mencuci botol susu dan alat makan si kecil memang menghabiskan banyak air karena harus dibilas hingga bersih. Jangan sampai ada busa atau sabun yang tersisa yang bisa menyebabkan penyakit. Seorang ibu harus telaten, tidak hanya merendam dengan air panas, menyikat botol dan membilas hingga sabunnya hilang. Tapi juga membilas di bawah air mengalir.

Demi menghemat air, ada ibu yang memilih membilas botol susu dan alat makan si kecil dengan cara merendamnya di wadah yang berisi air bersih. Setelah busanya menghilang, baru diangkat dan dikeringkan. Padahal hal itu justru membuat kotoran kembali menempel. Mungkin memang botol pertama akan terlihat bersih, tapi botol selanjutnya terkena bekas sabun dari botol yang pertama. Rasanya membilas dengan merendam seperti itu akan membuat kuman kembali bersarang.

Sama seperti usai mensterilkan dengan cara merebus, namun setelah itu tak segera diangkat padahal proses sterilisasi usai. Air di panci sterilisasi mendingin, bakteri bisa kembali menempel. Proses sterilisasi jadi percuma bila botol susu tak segera ditiriskan dan dikeringkan dengan lap bersih lalu disimpan di tempat yang kering.

- Menggunakan Pembersih Botol yang Salah
Karena mengira cara membersihkan botol susu dan alat makan si kecil sama dengan milik orang dewasa, maka ibu biasanya menggunakan sabun cuci piring untuk membersihkannya. Inilah salah satu kesalahan yang paling fatal.

Sabun cuci piring biasa memiliki kandungan surfaktan yang kebanyakan berasal dari bahan kimia, oleh karena itulah memiliki daya pembersih yang lebih baik daripada surfaktan dari bahan alami. Sayangnya... Surfaktan dari bahan kimia ini cenderung lebih sulit dibilas sehingga bisa meninggalkan residu yang dapat membahayakan kesehatan si kecil. Karena itulah untuk membersihkan botol susu, alat makan dan segala buah sayur yang akan dimakan Zril, saya memakai Baby Bottles & Accessories Cleanser dari Pigeon.

Alasan Harus Memakai Pigeon Liquid Cleanser



Sebagai ibu, harus cerdas dan cermat memilih mana yang terbaik demi kebaikan sang buah hati. Itulah mengapa saya memilih Pigeon Liquid Cleanser bernama Baby Bottles & Accessories Cleanser dari Pigeon. Pigeon Liquid Cleanser ini terbuat dari bahan-bahan alami food grade. Mampu membunuh bakteri dan efektif menghilangkan sisa lemak susu. Busanya pun sedikit sehingga proses mencuci jadi lebih mudah dan membilas jadi lebih cepat dan benar-benar bersih.


Tidak hanya untuk membersihkan botol susu dan alat makan, Pigeon Liquid Cleanser juga bisa untuk membersihkan peralatan ASI perah, empeng, mainan bahkan sayur dan buah. Sudah teruji secara dermatologis, paraben free dan lembut di tangan. Ah komplitnya... Yang terpenting, Pigeon Liquid Cleanser ini tidak mengandung metal sequestrants, stabilizing agent, antiseptik, dan sebagainya yang biasanya ada pada sabun cuci piring biasa.

Pigeon Liquid Cleanser ini juga tidak menimbulkan aroma karena tidak memakai pewangi. Tidak seperti sabun cuci piring biasa yang punya aroma yang sangat kuat, sampai sulit menghilangkan bau tersebut walau sudah dicuci berkali-kali. Bau sabun pada sabun cuci piring pun menempel pada telapak tangan. Tapi Pigeon Liquid Cleanser ini  tidak berbau sama sekali.

Produk Lain dari Pigeon


Selain Baby Bottles & Accessories Cleanser, Pigeon juga punya Pigeon Baby Laundry Detergent. Bedanya dengan deterjen biasa adalah Pigeon Baby Laundry Detergent ini punya formula khusus yang bernama teknologi Trap, Lift and Clean. Baik untuk mencuci dengan tangan maupun memakai mesin cuci. Terbuat dari bahan-bahan yang mampu membersihkan noda tanpa merusak pakaian, kulit tangan dan mesin cuci. Tangan tetap halus lembut karena Pigeon Baby Laundry Detergent tidak mengiritasi kulit.

Pigeon Baby Laundry Detergent diformulasikan dengan bahan-bahan yang mampu membunuh bakteri dan hanya memiliki sedikit busa. Hal ini membuat proses mencuci baju si kecil jadi lebih cepat dan mudah dibilas. Baju si kecil pun nantinya tidak bau deterjen dan tidak mengiritasi kulit sensitifnya.

Senang sekali produk Pigeon menjadi sahabat terbaik ibu karena bisa membantu membersihkan tanpa meninggalkan residu yang bisa menimbulkan penyakit pada sang buah hati Asyiknya lagi rangkaian produk ini sudah tersedia di minimarket dan toko-toko terdekat. Membelinya jadi lebih mudah. Terima kasih, Pigeon!

69 komentar:

  1. waktu anakku masih bayi, produk botol, sabun dan pembersihnya memakai pigeon

    BalasHapus
  2. Asyik bgt unboxing produk2 pigeon kak aku suka bgt pakai pigeon

    BalasHapus
  3. Wah Sama dong aku juga memakai produk dari pigeon karena menurutku bagus dan sudah tersedia di minimarket

    BalasHapus
  4. Pigeon bagus ya mba, plus food grade lagi, jadi gak was-was untuk bersihin botol susu dan perlengkapan baby

    BalasHapus
  5. Wah bisa untuk mencuci buah dan sayur juga ya. Jadi enggak worry ya kalau anak-anak mau makan buah dan sayur.

    BalasHapus
  6. Dulu anakku sering mencret akibat botol susu yang enggak bersih. Untung sekarang ada pigeon yah

    BalasHapus
  7. Aku belum pernah nyoba pigeon, aku cuman pakai merk lain. mungkin nanti mau nyoba ah

    BalasHapus
  8. Nah iya kadang karena punya botol susu cadangan kita suka sepele ya nggak langsung cuci botolnya, padahal karena nggak dicuci jadi sarang kuman. Btw aku mau rekomendasikan pigeon ini ke adikku yang anaknya masih minun susu botol biar rajin bersih2 :)

    BalasHapus
  9. Saya nih dulu suka menunda-nunda mencuci botol susu. Apalagi kalau malam, udah ngantuk berat, akhirnya paginya kelabakan, saat si bocah minta minum susu sementara botol masih kotor semua.

    Mencuci botol susu bayi memang harus diperhatikan betul ya tingkat kebersihannya, karena pencernaan bayi itu kan rentan banget.

    BalasHapus
  10. Minggu lalu habis jenguk anaknya teman yang dirawat di RS gara-gara diare. Diduga karena mainannya gak bersih. Sedih deh kalau denger kasus gini. Btw, aku juga pakai Pigeon buat bersih-bersih perlengkapan anak di rumah

    BalasHapus
  11. Ini penting banget pembersih botol susu, biar bayik tetep sehat.

    Ku ngurus baby usia 1 bulan seminggu ini, hhuuuu pake botol dan bingung nyucinya pake apa hahhaa. lupa udah lamaa ga ngurusin perintilan bayik. Ahh, rekomen banget ini ..

    BalasHapus
  12. Belum pernah make deh produk pige on yang lain selain bedaknya, kayaknya boleh juga nih dicobain.
    Biar nyuci perlengkapan botol susu dan makan minum si kecil lebih bersih dan hygienis :)

    BalasHapus
  13. Makin bersih tentunya botol minuman si dedek yah dengan produk ini. Aku tuh sering juga melihat teman yang udah punya baby menunda untuk cuci botol susu anaknya, ternyata gak bagus yah.

    BalasHapus
  14. Produk pembersih botol susu keponakan aku juga pakai dari pigeon ini mbak

    BalasHapus
  15. Iiih aku sampai sekarang kadang masih suka nunda-nunda cuci botol. Wah salah yo ternyata! Baiklah, kudu lebih rajin ini. Fighting!

    BalasHapus
  16. aku dulu direbuuus semua botol susu - dot dan lain lain,
    ga pede aja gitu dicuci biasa, secara gitu perut anak taruhannya yaa, kan kasihan

    sekarang udah ada pembersih botol susu, memudahkan dan irit air - listrik - gas

    BalasHapus
  17. Noted banget nih kadang ART di rumah kurang maksimal dalam membersihkan karena ada noda tertinggal dalam botol.hiks

    BalasHapus
  18. Memang banyak kasus disebabkan salah saat membersihkan botol bayi pada anak, itu karena belum bersih saat membersihkannya.
    Kebanyakan para ibu hanya menggunakan sabun cair biasa ya mba.

    Kuman / bakteri yang bersarang dibotol bayi berkembang lalu masuk ke pencernaan anak, untuk itu selalu perduli dan perhatikan peralatan makan anak terutama botol susu nya

    BalasHapus
  19. Rangkaian produk Pigeon ini beneran membantu tugas Ibu ya, menjaga bayi dan peralatannya dari kuman dan bakteri. Mudah didapatkan pula. Bisa jadi pilihan nih

    BalasHapus
  20. Sebelumnya tau produk pigeon lebih dominan perlengkapan mandi bayi sekarang bahkan udah ada untuk cleanser juga ya..kandungan produknya pasti lebih baik untuk bayi

    BalasHapus
  21. Nanti aku rekomendasikan sama kawanku yg udah punya anak ya kak.. produknya bagus ternyata.

    BalasHapus
  22. Produk sleek ini juga bagus buat mencuci buah dan baju, ya, Mbak. Memang benar sih kebersihan botol Susu harus diperhatikan banget. Kasian anak kalau minum dari botol yang kurang higienis.

    BalasHapus
  23. Ternyata pentingnya cuci tangan sebelum membersihkan peralatan bayi seperti botol susu. Kuman di tangan itu banyak banget yang memnyebabkan anak jadi diare

    BalasHapus
  24. Dengan sleek jadi aman ya untuk semua perawatan anak-anak ya Tha
    barokallah syukurlah juga bisa mudah didapatkan ya di toko terdekat

    BalasHapus
  25. Wah bisa dipake buat nyuci buah dan sayur juga, ya? Bisa lebih secure nih kalau gitu. Selama ini aku nyuci buah dan sayur cukup pake air mengalir saja

    BalasHapus
  26. Selama ini aku hanya pake bedak dan parfum pigeon aja, ternyata liquid cleansernya juga bagus kayaknya ya. Lain kali mau nyoba ah, apalagi bisa buat sayur dan buah juga.

    BalasHapus
  27. Baru tahu diare penyebab kematian ketiga, keliatan ringan tapi bahaya banget ya😩
    Pernah pake sampho pigeon untuk anak, klo sabun pigeon liquid cleansernya, bagus ga pakai aroma, lebih natural, ntar coba akh

    BalasHapus
  28. Wah seneng deh Pigeon juga ngeluarin produk pembersih peralatan makan dan minum balita. Sebagai salah satu pengguna Pigeon sejak anak pertama, 18 tahun lalu, aku ikut seneng. Recommended deh produk Pigeon mah.

    BalasHapus
  29. Baca kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan seperti menunda mencuci botol, jadi ingat dulu sewaktu punya bayi suka kelupaan, tidak langsung mencuci botol karena ketiduran dan buru-buru berangkat kerja. Tapi Syukurnya mencuci bersih sehingga anak-anak tidak sakit.

    BalasHapus
  30. Betul..kadang penyakit berawal dari perut. Harus bener-bener jaga kebersihan. Apalagi untuk anak yang daya tahannya belum kuat. Harus ekstra menjaga kebersihan alat makannya.

    BalasHapus
  31. Apa cuman aku yg baru tahu kalau produk Pigeon ada yg buat bersihin botol + deterjen juga ya mbak
    Emang utk si kecil Gimana pun harus dijaga betul soal kebersihan nya
    Baik baju atau 🍼 nya

    BalasHapus
  32. Pigeon ini emang produk the best yang udah dari jaman dulu ya kak emang gak di ragukan lagi

    BalasHapus
  33. Bener banget step-stepnya. Urusan bersihin botol bayi ini emang kayaknya gampang dan sepele. Tapi kalau gak tahu step yang tepat ya jadinya gak maksimal. Bahaya buat kesehatan anak. Aku biasanya di tahap sebelum masuk sterilizer tak siram air mateng dulu atau air mineral. Baru deh terakhir masuk sterilizer.

    BalasHapus
  34. You are right. We have to take extra effort’s to make sure that the health and cleanliness of our kids are well guarded

    BalasHapus
  35. Bener bngt nih kadang sering lupa utk cuci botol susu langsung,,, adikku pun pakai pigeon nih kak utk cuci botol susu babynya

    BalasHapus
  36. Paket lengkap banget ini, bisa membersihkan botol susu sampai membersihkan sayur dan buah. Bisa nih kasih produk Pigeon ini buat jadi alternatif kado temenku yang baru lahiran mba.

    BalasHapus
  37. Aku baru tau sama pembersih botol pigeon ini mba. Lengkap ya fungsinya bisa buat membersihkan sayur n buah juga. Pas banget buat anak yg udah MPASI ini..

    BalasHapus
  38. Kalau urusan kebersihan untuk bayi & anak memang kudu bener diperhatikan ya Mak karena anak-anak rentan banget sama kuman penyakit. Semoga banyak ibu yang semakin paham soal ini

    BalasHapus
  39. Pigeon keren nih mengeluarkan produk pembersih yang aman untuk anak. Emang sih ya, kalau untuk anak harus dipilihkan yang formulanya aman untuk kesehatan mereka.

    BalasHapus
  40. Sekarang Pigeon ada pembersih botolnya juga yah saya baru tau hehehe, taunya perlengkapan bayi lainnya kayak bedak.

    BalasHapus
  41. Duh, jangan jangan, botol anakku nampak mulai pudar warnanya karena kadang memang aku agak malas langsung mencuci botol susunya yang baru banget selesai dipakai.

    BalasHapus
  42. Aku taunya dulu bedak dan botol susu oigeon ternyata sudah ada pembersih botolnya. Memang kalau nyuci botol anak kudu pakai sabun yg tepat supaya anak gak ganpang diare yaa

    BalasHapus
  43. Saat anakku masih nyusu di botol akupun mencucinya pake pembersih botol pigeon. Lemak susunya langsung hilang dan ga banyak divergent nya

    BalasHapus
  44. Pigeon tuh produk favorit buat anak2ku mom aku selalu pakai ini sejak dlu mulai dari botol susu dan perlengkapan makannya juga aku pakai pas bngt ada pembersihnya juga

    BalasHapus
  45. Pentung bgt ya buat milih pencuci peralatan makan dan minum bayi
    Biar higenis ya

    BalasHapus
  46. Waaah, patudu dicoba nih pogrom liquid nya untuk mencuci peralatan makan dan liquid pencuci baju si kecil.. Aku tuh kenal pigeon udah lama, tapi hanya tahu kalau pigeon cuma ngeluarin alat perlengkapan makan dan perawatan tubuh anak aja..

    BalasHapus
  47. Baru tau loh pigeon ada produk bottle cleanser dan laundry detergent nya. Aku pengguna setia pigeon padahal. Produk-produknya dari mulai dot sampai sabunnya cocok di anakku. Hmm, nanti aku mau coba ah 2 produk baru ini.

    BalasHapus
  48. Pigeon juga memiliki bahan yang memang bagus banget untuk bayi ya mbak. Kalau untuk mencuci peralatan bayi dan anak memang harus agar bakteri dan kuman menjauh serta mampu melindungi si kecil.

    BalasHapus
  49. Wah ternyata produk pigeon makin banyak ya. Aku cuma tau botol susunya aja

    BalasHapus
  50. memang harus telaten banget ya mencuci botol dan peralatan bayi lainnya ini. untung sekarang sudah ada banyak produk pembersih botol khusus bayi seperti pigeon ini ya jadi ibu tak perlu khawatir lagi

    BalasHapus
  51. produk pigeon ini memang terkenal bagus buat baby ya kak.
    tapi buat mommy2 harus tetep telaten jaga kebersihan semua perlengkapan baby ya kak

    BalasHapus
  52. Ini aku banget nih, yanh sering asal kalo nyuci botol. Tapi anakku belum Ku pakein dot atau wadah susu lain, masih asix. Entar deh kalo udah mpasi, aku perbaiki cara nyuci botolku, hehehe.

    BalasHapus
  53. Pigeon adalah produk toiletries bayi yang jadi favorit kami sekeluarga mom.

    Produknya lengkap, dari sabun, odol, detergent, pelembut, pembersih botol, bedak, bedak padat, gunting kuku, sisir, dsb.

    Karena pilihannya yang banyak, dan memang kualitasnya terbaik, karena itu, ga perlu repot2 pilih merk lain. Cukup pigeon sajaaa

    BalasHapus
  54. Jadi ingat dudulu tuh botol susu direndam pakai air hangat agar lebih steril..

    BalasHapus
  55. Sedikit ribet treatment bayi tapi jangan mengeluh ya Ibu2 kan cuma sebentar paling dua tahun seperti itu, tapi anak kita jadi sehat dan steril.
    Ini Produk paling legend nih Mba, kualitasnya gak usah dipertanyakan lagi :)

    BalasHapus
  56. Asik pigeon makin lengkap, produk andalan pas anak-anak bayi. Peralatan makannya kuat banget. Eh sekarang ternyata ada larutan pencuci alat makan dan sabun cair untuk baju juga

    BalasHapus
  57. aku baru tahu Pigeon ada produk pencuci botol, dulu pas anak-anak kecil memang perlu banget mencuci botol dengan sabun khusus. Diare tampak sepele tapi mematikan ya, thanks sharingnya mbak

    BalasHapus
  58. kalo nggak baca ini masih nggak tau kalo pigeon ngeluarin produk pembersih botol nya hehe, sebelmnya belin keponakan - keponakan botol susu nya aja hehe

    BalasHapus
  59. Udah ga bisa ditawar lagi deh soal higienitas peralatan bayi mah. Daripada bayi sakit kan, semua harus bersih.

    BalasHapus
  60. Kalau soal bayi emang harus extra hati2 apalagi kebersihannya. Semangat terus ibu ibu 💪

    BalasHapus
  61. Mencuci peralatan makan, apapun itu memang sebaiknya di air mengalir sih, apalagi buat bayi. Daan kesemua tips di atas betul banget. In syaa Allah tulisan ini akan bermanfaat bagi mamah-mamah muda. :)

    BalasHapus
  62. AKu jadi ingat zaman anak2 masih balita dulu :) AKu juga pakai Sleek lho. Hati tenang deh semua wadah makanan dan minuman si kecil bebas bakteri ya...higienis. Bahkan sayur2an dan buah2an juga aku bersihkan pakai Sleek hihihih. Ga pakai dot dan botolnya sih karena anak2ku menyusunya langsung dari aku :D

    BalasHapus
  63. Menundanya mencuci botol ternyata berpotensi menimbulkan kuman ya mom? Huhu masih seeing nih Aku, mau segera tobat ahh :( urusan kesehatan anak emang kudu hati hati bangrb

    BalasHapus
  64. Aman untuk mencuci buah dan sayur juga, ya? Kalau saya juga tertarik dengan detergentnya. Ukurannya kecil, kayaknya penting juga buat dibawa saat traveling

    BalasHapus
  65. Masa-masa mencuci botol susu itu sudah lewat buatku
    Tapi sekarang berganti dengan masa mencuci tumbler air minum yang dibawa ke sekolah
    Perlakuannya ya sama aja kayak botol susu deh

    BalasHapus
  66. Produk pigeon ini banyak variasi nya ya..
    Apalagi untuk anak yg masih bayi kehigienisan itu suatu hal yg primer harus diperhatikan

    BalasHapus
  67. Wah iyaa yaa kak, hal yang kadang dianggap sepele ternyata berdampak besar kalo kita lakukan berulang ulang. Musti lebih bersih lagi yaa buat peralatan si kecil :)

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca ^^
Tolong berkomentar dengan sopan yaaa... Maaf kalau ada yang belum terjawab :*