Categories

26 Januari 2020

Taman Ria Suropati: Tidak Hanya Berenang, Tapi Juga Edukasi Mengenal Flora, Fauna dan Mencintai Alam Sekitar



Siapa sih yang tak suka bermain air?

Dulu semasa BabyZril masih usia di bawah 1 tahun, kami telah mengenalkannya main air dengan cara berendam dan memakai pelampung di leher. Ala-ala baby spa, padahal renang dan berendam di bak air kamar mandi.  Hihi, maaf ya Zril. Saat itu kami selaku orang tua masih belum berani mengenalkan Zril pada kolam renang umum. Jadi yaa seadanya, di dalam rumah saja dengan pengawasan penuh. Aman.

Kolam renang umum terkadang kesannya jorok. Apalagi yang banyak diisi anak-anak. Kandungan urine dalam kolamnya itu loh… Terkadang pula air kolam renang ialah yang berkaporit tinggi. Sebagai orang tua tentu was-was akan kesehatan si kecil dong. Apalagi anak belum setahun. Keamanan juga hal terpenting yang perlu diperhatikan dalam pemilihan kolam renang umum.

Bersyukur saat pulang ke Pasuruan, kami menemukan kolam renang yang termasuk bersih nan aman. Namanya Taman Ria Suropati. Letaknya di desa Ranggeh, Kecamatan Gondang Wetan, Kabupaten Pasuruan. Mudah sekali akses menuju ke sini. Petunjuk jalannya jelas, ada banner besar di tepi jalan utama. Tinggal masuk ke gang besar sekitar 500 meter, kompleks pemandian ini ada di sebelah kiri jalan.

Tidak perlu khawatir parkir penuh karena di sini area parkirnya luas sekali. Tak jarang ada beberapa bus wisata yang mengisinya, oleh karena tersohornya pemandian buatan ini sampai ke luar kota. Apalagi karena lokasi tidak jauh dari pusat kota, hanya sekitar 15 menit, maka mereka yang usai ziarah ke makam Kyai Hamid di depan alun-alun Kota Pasuruan, kebanyakan akan mampir ke sini pula. Sungguh tempat yang cocok untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

Dengan tiket Rp 15.000,- maka Teman-teman bisa mendapat banyak kesenangan di Taman Ria Suropati ini. Selain bisa menikmati kolam renang untuk anak-anak dan dewasa, bisa juga memancing, kuliner ikan, bermain becak air, wisata keliling taman ria dengan kereta kelinci, wisata petik buah, menikmati aneka kuliner di area food court, mengenalkan bermacam hewan pada si kecil serta sekedar bersantai melepas penat di gazebo bergaya arsitektur Jawa bawah pohon yang rindang.

taman-ria-suropati

Area wisata ini memang mengedepankan unsur air dalam pengolahan dan penataan kawasannya. Taman luas di belakang kolam renangnya memiliki parit yang bersih sebagai sirkulasi air. Terhubung pula pada kolam-kolam tempat berenang aneka ikan, unggas, buaya dan juga sebagai tempat minum berbagai macam burung yang berada di kawasan ini. Jadi jangan tanyakan lagi betapa asrinya bila berkumpul bersama keluarga di Taman Ria Suropati. Boleh membawa makanan dari luar, dan akan nikmat sekali bila disantap bersama-sama keluarga besar di dalam gazebo di bawah poho rindang yang banyak terdapat di sekeliling kolam renangnya.

Untuk kolam renangnya sendiri, memanfaatkan sumber air artesis sehingga tingkat kebersihan dan kesegarannya terjamin. Sungguh berbeda dengan wisata air lainnya. Air di kolam renang tanpa kaporit karena artesis dari kedalaman 220 meter. Selain itu juga mengandung mineral.


Ada beberapa macam kolam di Taman Ria Suropati. Kolam untuk dewasa yang memiliki seluncur dan prosotan, ada di bagian depan. Di sampingnya ada banyak pilihan untuk kolam anak-anak, kedalamannya tak sampai 1 meter. Bermacam permainan air juga ada banyak. Jadi tidak perlu khawatir anak akan bosan main air. BabyZril yang saat itu masih umur setahun, saya ajak berendam di kolam yang hanya sedalam 30 cm. Seru… Ia tertawa-tawa melihat patung kodok yang mulutnya mengucurkan air.

Bagi yang tidak bisa berenang, ada penyewaan ban. Harganya Rp 10.000,-. Nanti diberi tiket yang setelah selesai bisa dikembalikan lagi. Bila pengembalian ban disertai dengan tiket tersebut, maka akan diberi kembalian Rp 5.000,-. Murah sekali bukan? Bisa pilih ban besar yang bisa dipakai 2 orang atau ban donat untuk 1 orang. Loket penyewaan ban lokasinya ada di depan stand kereta kelinci.

taman-ria-suropati

Toilet di tempat ini juga ada banyak dan termasuk terjaga kebersihannya. Ada shower untuk bilas badan di dalamnya. Tersedia pula toilet dan tidak berbayar. Selain itu juga ada mushola yang bersih dan nyaman untuk dipakai beribadah. Bagi perempuan, tersedia banyak mukena sehingga tidak perlu repot membawa dari rumah.


taman-ria-suropati


taman-ria-suropati

Setelah puas berenang, ada baiknya berkeliling Taman Ria Suropati menggunakan kereta kelinci. Tiketnya hanya Rp 5.000,- per orang untuk 2 putaran areal yang luas ini. Nanti akan melewati taman-taman yang banyak berisi beragam satwa mulai dari ular, buaya, burung-burung, merah, beruang, kera dan masih banyak lagi. Di taman itu pun terdapat beragam flora mulai dari tanaman hias hingga tanaman berbuah yang bila berbuah bisa diikutkan wisata petik buah.


Kalau perut lapar dan tidak bawa bekal dari rumah, ada banyak pilihan makanan yang dijual di food court. Tersedia mulai dari makanan berat seperti pecel, rawon, soto, hingga bakso. Pun jajanan seperti cimol, pisang keju, hot dog, burger, es cendol, aneka jus, dan masih banyak lagi. Area ini ditata begitu instagramable, jadi selain makan juga bisa jeprat-jepret.

taman-ria-suropati

Di belakang food court ada area untuk memancing. Di situ juga ada becak air berbentuk bebek dan perahu naga. Kalau mau mengayuh memutari kolam pancing, silakan masuk ke sini ya. Selagi Ayah memancing, Ibun dan si kecil bisa naik becak air. Wah asyik ya!


Sungguh komplit berwisata di Taman Ria Suropati. Konsepnya tidak hanya wisata air, tapi juga edukasi mengenal aneka flora dan fauna. Si kecil bisa diajari bagaimana cara merawat lingkungan dengan tidak membuang sampah, tidak memetik bunga dan tanaman sembarangan serta tidak menyakiti hewan liar. Kebersamaan dan keakraban keluarga pun terjalin dengan berkumpul dan menikmati indahnya alam di Taman Ria Suropati Pasuruan.




Saya tunggu kedatangan Teman-teman di tanah kelahiran saya, ya…
Tunggu juga update video Taman Ria Suropati di Youtube channel saya.
Ciaoooo!

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca ^^
Tolong berkomentar dengan sopan yaaa... Maaf kalau ada yang belum terjawab :*

Back to Top