22 Januari 2020

Darmawisata Bersama Mama, Bawa Bekal Tanpa Pegal


Istilah darmawisata biasanya dianggap sebagai momen jalan-jalan bersama teman-teman sekolah di pergantian tahun ajaran baru.
Padahal sejatinya makna darmawisata ialah kunjungan yang singkat dengan tujuan bersenang-senang, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Pastinya hal ini akan menyenangkan bisa dilakukan bersama yang tersayang. Akan jadi salah satu kenangan hidup yang berkesan.

Tidak harus dengan teman, saya memilih darmawisata dengan Mama. Tujuannya agar bisa mempererat hubungan batin di antara kami. Maklum walau terlihat akur, sebenarnya kami memiliki banyak konflik kecil. Yah namanya juga ibu dan anak.

Mama seorang pekerja, waktu luangnya jadi tak terlalu banyak untuk anak-anaknya karena juga disibukkan dengan pekerjaan rumah tangga. Sebagai anak pertama, saya merasa 'jauh', hingga akhirnya kami benar-benar terpisah saat saya kuliah karena tinggal di asrama. Sebulan sekali kami bertemu, entah dengan saya yang pulang ke rumah atau Mama yang mengunjungi saya di asrama.

Setelah lulus pendidikan diploma dan bekerja, barulah saya punya keinginan memperbaiki hubungan kami. Apalagi pekerjaan saya sebagai penolong persalinan, tentulah melihat dan membantu bagaimana terciptanya bonding antara ibu dan bayi baru lahir. Membantu orang saja bisa, mengapa tak mencoba bagi diri sendiri?


Perjalanan ke Lembang Bersama Mama Tersayang

Saat itu saya sudah bekerja di Yogyakarta. Mama juga jadi sering mengunjungi saya, mengalami kali pertama jalan-jalan lintas provinsi. Dari Surabaya ke Yogyakarta, Mama naik bus. Lalu saya punya ide mengajak Mama darmawisata ke provinsi yang lain lagi: Jawa Barat. Tapi naik kereta, dan itu sudah pasti seru karena jadi pengalaman kami naik kereta ke Bandung.

Untuk pesan tiket kereta, karena saya tak punya banyak waktu luang untuk ke stasiun pusat Yogyakarta, saya memakai online tiket agent (OTA) Traveloka. Awalnya tertarik pada iklannya di layar kaca, setelah dibuktikan sendiri ternyata memang benar-benar mudah. Tidak perlu keluar rumah, tidak perlu antre di stasiun juga tidak perlu tertipu calo demi mendapatkan tiket kereta berdua dengan Mama ke tempat wisata impian di Bandung: Lembang. Ah senangnya...

Saat itu Mama sudah ada di Jogja. Kebetulan ada liburan yang cukup panjang, karena ada tanggal merah di hari Jumat. Beliau terkejut waktu saya kabari kalau saya sudah punya tiket ke Bandung. Tinggal bawa uang secukupnya, kan masih ada saldo tabungan di rekening, nanti bisa diambil lewat ATM.

Mama yang biasanya heboh kalau akan jalan-jalan karena selalu menyiapkan bekal perjalanan, jadi bengong. "Masak apa ya yang awet untuk berhari-hari tanpa ribet menghangatkannya?" ujarnya.

Saya tertawa. Lalu menjelaskan kalau kami tak perlu bawa bekal makanan, cukup baju seadanya dan mukena. Makanan minuman bisa dibeli di perjalanan. Untuk transportasi dan akomodasi juga nanti tanya-tanya saja ke sana. Rekomendasi utama tinggal cek di Traveloka, agar liburan ke Lembang dijamin menyenangkan.


Usaha yang Dilakukan Agar Darmawisata Bersama Mama Kian Berkesan

Yang saya sesali kala darmawisata bersama Mama saat itu ialah anggaran dana yang saya miliki sangatlah minim. Andai saya bukan pegawai honorer... Andai tabungan lebih banyak lagi... Pastinya Mama jadi lebih nyaman dan selalu mengenang hal indah pada perjalanan kami ini.

Saya ingat karena gaji pas-pasan yang saya miliki, jadinya hanya bisa menyewa penginapan yang biasa saja fasilitasnya. Tidak ada yang istimewa, bahkan masih lebih nyaman di rumah sendiri. Mama memang tak berkomentar apapun, beliau sudah cukup bangga karena anak perempuannya bisa mengajaknya jalan-jalan berdua saja sampai Lembang. Mau tidur di single bed untuk berdua pun, tak masalah.

Andai saat itu saya sudah bisa menggunakan fitur Paylater milik Traveloka, niscaya Mama saya inapkan di villa populer di Lembang. Apalagi ada banyak villa nyaman dengan view indah yang ditawarkan di OTA ini. Ah memang kalau mau cari villa di Lembang lebih baik pakai Traveloka Paylater. Bahagia sama Mama dulu, bayarnya belakangan.


Keunggulan Memesan Villa di Lembang via Traveloka
Katanya, rata-rata 24 % pesan villa online di Indonesia ternyata dilakukan dadakan atau yang dikenal dengan istilah last minute. Yaitu pada sehari sebelum kedatangan atau di hari-H, seperti yang saya alami dengan Mama. Kala itu karena pertama kali ke Lembang, saya sengaja tak order tempat inap karena belum tahu maunya ke Lembang sebelah mana. Apakah bakal kemalaman kalau ke Floating Market Lembang atau masih ada waktu usai turun dari main di Bosscha. 


Beruntung mencari villa di Lembang juga bisa mudah ditemukan dengan Search yang bisa langsung mengetik nama hotel yang pernah dibaca di suatu review dan ingin dicoba, Filter yang bisa menentukan harga yang diinginkan, juga dengan Sort untuk melihat rating, harga tertinggi, dan harga terendah. Pun ada fitur Hotel Near Me lalu pilih Villa, keluarlah hasil yang bisa dipilih sesuai keinginan dan kemampuan finansial pekerjaan kontrak seperti saya.



Fitur Traveloka Paylater yang Membantu Wujudkan Darmawisata Bebas Rasa Kesal
Pada darmawisata dengan Mama berdua saja ke Lembang memang tak membawa banyak bekal sehingga badan tak pegal. Tapi yang membuat saya kesal, mengapa saat itu tidak memanfaatkan layanan Traveloka Paylater agar bisa wujudkan kenangan indah tak terlupakan. Andai saat itu berani pakai Traveloka Paylater, pastinya yang Mama ingat bukannya tidur berpelukan di ranjang yang sempit, tapi leganya tidur di kasur King size yang empuk dan nyaman.


Sat itu saya pilih Pay at Hotel, dari awal sudah tahu berapa budget yang disiapkan jadi akhirnya dapat tempat inap yang ekonomis. Padahal dalam pembayaran pesanan villa di Lembang, Traveloka juga menyediakan pilihan Paylater. Walau meski tidak punya kartu kredit atau enggan memakainya, boleh melunasi pembayaran di akhir bulan ketika tagihan sudah keluar. Perusahaan solusi travel online ternama di Indonesia ini memberikan cicilan tanpa kartu kredit, dengan jangka waktu  1 hingga 12 bulan dan berlaku untuk semua produk yang tersedia di Traveloka, kecuali untuk produk Pembayaran Tagihan dan Produk Konektivitas.



Asyiknya lagi, proses pendaftarannya cepat dan mudah. Setelah syarat terpenuhi dan pendaftaran disetujui, kita bisa dapat limit hingga Rp 50.000.000,-. Benar loh, ini bukan angka nol yang terlalu banyak saya ketik. Nah dengan adanya pinjaman dana di awal, tentunya kita bisa darmawisata dengan perasaan ringan tanpa beban. Tidak perlu lagi menabung dalam jangka waktu lama untuk mewujudkan perjalanan impian, ya?

Saya jadi kesal karena dulu tidak berani pakai Traveloka Paylater. Dulu saya pikir, kalau 'hutang' secara online begitu, pasti cara menagihnya seram. Ternyata saya salah kaprah! Benar kata orang, tidak kenal maka tidak sayang. Makanya sekarang saya mau kenalan lebih lanjut dengan Traveloka Paylater.

Kenyamanan pengguna adalah prioritas utama yang Traveloka berikan. Meskipun bersifat pinjaman kredit, PayLater yang didukung oleh PT Pasar Dana Pinjaman (Danamas), tidak melakukan penagihan layaknya debt collector. Cara menagihnya bukan dengan meneror semua kontak yang ada di ponsel kita, tapi justru menggunakan tata cara penagihan yang beretika dan manusiawi.

Traveloka PayLater jadi yang pertama mengantongi izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Karena itu komitmennya untuk menghadirkan pengalaman traveling dan lifestyle melalui berbagai inovasi, salah satunya dengan sistem notifikasi di aplikasi Traveloka yang berguna sebagai pengingat agar pengguna menyelesaikan kewajibannya. Untuk melakukan pembayaran memakai Traveloka PayLater, jumlah transaksi minimal harus Rp 50.000,-. Lebih baik membayar pembelian PayLater sebelum batas pembayaran demi menghindari denda keterlambatan.

Traveloka Paylater juga memiliki sistem transparan sejak awal. Dirincikan mengenai segala biaya yang dibebankan kepada pengguna, mulai dari bunga cicilan, biaya keterlambatan cicilan, hingga biaya lain-lain. Dengan demikian jadi bisa tahu dengan jelas berapa jumlah pinjaman beserta besaran cicilan dan waktu jatuh tempo sejak awal mengajukan pinjaman. Berbeda dengan beberapa pinjaman online ilegal yang kerap menagih bunga cicilan yang mencekik tanpa sepengetahuan pengguna.

Cara bayar cicilan Traveloka PayLater pun semudah mengajukannya. Tinggal buka aplikasi Traveloka dan pilih menu Pay Later di tab pembayaran. Di sini kemudian kita bisa lihat daftar pembayaran saat ini dan mendatang, lalu pilih pembayaran yang ingin diselesaikan. Klik bayar sekarang dan selesai. Jumlah yang dibayarkan harus sudah sesuai dengan kode unik dari Traveloka agar pembayaran bisa segera diproses.

Uh rasanya ingin mengulang darmawisata lagi dengan Mama tersayang memakai jasa perusahaan dari kelompok usaha Sinarmas ini. Maunya memanfaatkan fitur PayLater yang hadir sebagai opsi pembayaran yang baru tanpa biaya tersembunyi dan menawarkan beragam pilihan rencana angsuran dengan cara mudah. Asyiknya lagi Traveloka PayLater juga memastikan transaksi yang dilakukan pengguna terjamin aman, dengan privasi data tidak bocor sehingga bisa jadi rahasia agar Mama tidak cemas memikirkan bagaimana cara anaknya menyenangkan hatinya. 





137 komentar:

  1. Mama pasti banggaaaa dan hepi banget punya anak kayak dirimu Mbaaaa
    Moga2 bisa liburan dgn lebih enjoy dan assoy geboyy ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih, mbak. iyah rencananya tahun ini pengen liburan sekeluarga, sebab Mama jg gak mau pisah sama cucu2nya. hihi

      Hapus
    2. Iya, sepikiran nih sama aku. Aku jadi mupeng juga deh ngajak mama jalan-jalan. Bisa tanpa ribet ya kalo pake Traveloka. Mana ada fitur Pay Later yang bakal bikin kita gak perlu banyak khawatir

      Hapus
    3. Bahagianya yang masih punya mama, semoga sukses membahagiakan ibunda ya

      Hapus
  2. Wah,special kali yaaaa
    Kl jalan bareng kawan sih biasaaa
    Bareng mama luar biasaa

    Sehat selalu yaaa

    BalasHapus
  3. Aku belum pernah pakai traveloka pay later. Ternyata ini terjamin ya.
    Btw, mama pasti senang dan bangga denganmu mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, aku pun belom pernah nyoba Pay Later. Tadinya takut gimana-gimana, ternyata aman ya. Kudu nyoba deh lain kali.

      Hapus
    2. Sama aku juga belum pernah, sptnya harus coba juga hehe

      Hapus
  4. Traveloka ternyata ada fitur pay later juga ya? Bisa jadi pilihan kalau suatu hari nanti mendadak perlu menginap di suatu tempat yang harganya di luar budget nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju, fitur ini amat membantu para pengguna app Traveloka agar semakin mudah dan terjangkau dalam membayar biaya perjalanan ke berbagai destinasi impian.

      Hapus
    2. Nah bener. Fitur Pay Later ini pasnya dipake saat genting ya. Kalo buat liburan atau senang-senang mah, enaknya bayar langsung aja.

      Hapus
  5. Baru tau tentang Traveloka Paylater, asyik ya bisa seneng2 dl bayar belakangan. Salam buat mamah nya mbak.

    BalasHapus
  6. Keren ya traveloka ini bisa bayar belakangan pake fitur pay later, jadi kalau udah sumpek tapi lagi gak ada uang bisa tetap pergi liburan.

    BalasHapus
  7. Wah banyak fitur menariknya ya di Traveloka. Sekarang liburan jadi lebih mudah dengan Traveloka.

    BalasHapus
  8. Seru banget pasti liburan bareng mama :)

    Aku malah pake paylater traveloka buat staycation :))))

    BalasHapus
  9. Kebahagiaan mama yang utama.
    Sangat membantu banget utk menyenangkan orang tersayang Traveloka Paylater ya, apalagi kalau tengah bulan :)

    BalasHapus
  10. Mamanya seneng banget bisa diajak jalan-jalan begini, ya. Apalagi gak pakai ribet. Gak usah bawa banyak bawaan. Bayarnya pun bisa nanti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penginapan di Lembang juga semakin banyak pilihannya. Tetapi, kalau mau praktis memang enakan booking lewat Traveloka

      Hapus
  11. Hiks senangnya bisa bikin senang mama
    Cukup buka Traveloka, semua yang dibutuhkan tersedia

    BalasHapus
  12. Bahagia banget ini bs bawah jalan-jalan Mamanya. Traveloka PayLater ikut andil memberikan kemudahan. Seru ya!
    Aku belum pernah nyoba sih.
    Karena CC yg kupegang emang buat keperluan kantor.

    Tapi aku lumayan srg beli tiket, booking hotel di Traveloka

    BalasHapus
  13. Pake traveloka iti gampang dan cepet. Gak ribet. Terus paling lengkap pilihannya. Bukan akomodasi aja Aku juga pake traveloka buat nyari tiket kereta kalo mau ngetrip kemana aja.

    BalasHapus
  14. Fitur ini idenya adik saya yg bikin. Hehehe. Dia pribadi beberapa kali pernah make buat diri sendiri, khususnya kalo kepepet pengen liburan ke Bali ketemu saya dan ponakan-ponakannya. Saya saja ragu awalnya dengan aplikasi kayak gini, takutnya kejebak kayak cerita-cerita gak enak ala pinjaman P2P lending gitu. Ternyata gak. Cuma yaaaa kita tetap harus bijak menggunakan segala kemudahan.

    Ngomong-ngomong soal jalan-jalan sama mama, urusan camilan di mobil dan makan pasti aman. Yg namanya mama itu udah pasti senengnya bawa bekal. Hahaha. Mungkin si mama gak mau anak-anaknya bela beli bela beli terus. Jadinya suka bawa bekal. Di mobil udah kenyang, akhirnya di restoran makan ya sekenanya saja. Hihihi.

    BalasHapus
  15. Wah play later menggoda banget kudu hati2 nih itung2 an nya takut besar pasak dari pada tiang. Tapi beneran ini fitur asyik tinggal bijak aja mengendalikan n menej keuangan kita

    BalasHapus
  16. wah asyik ay bisa jalan2 sama ibu, menyenangkan hati mereka itu sesuatu banget

    BalasHapus
  17. Dah lama banget nihhh gak pernah quality time berdua sama Ibu saya, apalagi sejak saya pindah ke Jakarta.

    Sehat-sehat buat Mama ya mbaaaa

    BalasHapus
  18. Belakangan ini aku pun kepikiran kepengan ajak ibuku jalan-jalan ke Bandung, Mbak. Maunya menginap barang dua atau tiga hari gitu. Ibu belum pernah liburan di Bandung. Padahal kami cuma tinggal di Bogor. Cukup dekat sebetulnya. Dengan adanya Pay Later, jadi kepengen coba, nih. Ini berlaku untuk akomodasi dan transportasi juga nggak, sih? Atau akomodasi saja?

    Udah kebayang nih, pasti ibu senang banget sesekali leha-leha menikmati pemandangan indah dan udara sejuk.

    BalasHapus
  19. Aku sekarang hidup berdua aja sama Ibu. Jadilah kita mesra selalu dalam segala duet kehidupan hehehe kemana2 selalu berdua. Aku juga buka sultan sih yg bisa aka kemana2, tapi yg penting quality time berdua sih ya

    BalasHapus
  20. aku jaid keinget sama mama :( belum pernah liburan bareng lagi sama mama sejak punya anak huhuhuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga aku dikasih rejeki buat ngajakin mama aku liburan bareng sama cucu2 ya mbak :(

      Hapus
  21. Ga pernah tahan setiap buka traveloka, godin banyak promo soalnya haha. Sekarang jadi kepingin juga nih ajak orang tua berlibur nyobain pake traveloka paylater

    BalasHapus
  22. aq juga kalau jalan-jalan selalu pesan di traveloka, bahkan untuk jalan-jalan dalam kota saja seperti main di playground sama anakku karena ada banyak diskon di travelokanya

    BalasHapus
  23. Asyiknya ya bisa jalan-jalan baren keluarga terkhusus mama tanpa pegal, hehe. Apalagi dibantu dengan layanan dari traveloka bikin perjalanan makin mudah dan asyik ya Mbak.

    BalasHapus
  24. asyik juga ya pakai paylater bokek-bokek bisa minjam dulu ya ....

    BalasHapus
  25. Semoga nanti ada kesempatan untuk lebih maksimal lagi membahagiakan Mama ya, Tha.

    Baca ini jadi ngayal kelak anak perempuanku juga mengajakku liburan berdua saja. Ah, manisnya ....

    BalasHapus
  26. Aku juga pengguna setia Traveloka soalnya mudah dan kadang banyak promo menarik..tapi belum pernah cobain fitur Pay Laternya..takut lupa bayar wkwkkw

    BalasHapus
  27. Ikh samaan kita mba. Aku juga akhir bulan kemarin ngajakin mama liburan ke hotel lembang dan mama seneng banget. Sekarang kalau mau jalan-jalan jadi lebih mudaj ya mba dengan traveloka ini. Ngomong-ngomong semoga bonding bersama ibunya semakin terjalin ya mba 🙂

    BalasHapus
  28. Asyiknya bisa ajak Mama jalan-jalan ya mbaaa. Seru lagi karena ada traveloka pay later, ngebantu banget dengan aplikasi dan fitur-fitur lengkap & super canggihnya!

    BalasHapus
  29. bener emang dengan traveloka perjalanan kita menjadi lebih mudah dan nyaman. dulu sebelum menggunakan aplikasi ini, setiap mau ke palembang harus cari tiket di outlet. parahnya lagi kalo pas dadakan ada tugas kantor yang harrus berangkat sedangkan sudah sore untuk cari tiket aja outletnya tutup.

    sejak pake traveloka kapan pun mau cari tiket bisa dan ga was was lagi kalo ada tugas keluar kota dadakan.

    BalasHapus
  30. Wah asik ini ya sekarang bisa pesan tiket kereta api dan bayarnya bisa nanti ya mbak. Apalagi kalau dadakan harus keluar kota dan uang sedang pas-pasan bisa menggunakan ini ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Efek habis baca tulisanmu ini, aku jadi langsung cek tiket untuk ke Yogyakarta. Pengen ngajak mamahku liburan pakai kereta juga ah.

      Hapus
  31. MasyaAllah... bisa darmawisata dengan orangtua itu sebuah kenangan banget. Terutama bagi orang yang seperti saya, yang nyaris tak pernah melakukannya, dan sekarang ibu tak bisa ke mana-mana karena berkursi roda. Terima kasih, kisah indhnya Mbak. Tetap cintai Mama sampai akhir, ya.

    BalasHapus
  32. Seneng banget baca keseruan wisata kakak sama ibunda, berhubung masih waktu liburan semester bisa banget nih nyoba paylater di traveloka ^•^ Nice Info, terimakasih kk

    BalasHapus
  33. traveloka emang udah jadi aps andalan ya buat jalan2, aku pun kalau mau liat harga hotel, harga tiket, ceki cekinya emangvia traveloka ajah

    BalasHapus
  34. Bisa buat Mama bahagia itu masyaAllah.. Traveloka sekarang makin kece yaa ada fitur paylater nya juga pas nih kalo isi dompet lagi pas-pasan.. hahha..

    BalasHapus
  35. Aku sendiri memang untuk kredit dan pembayaran yg semacam pay later agak takut mba,karena salah salah tagihan yg tadinya gak seberapa bisa jadi memuncak.

    Untungnya Traveloka punya sistem perincian biaya yg transparan. Jadi kita sebagai pengguna bisa mengkalkulasi berapa tagihan yang harus dibayar nantinya,

    BalasHapus
  36. Kalau untuk kondisi biasa, saya pilih langsung bayar aja. Tapi kalau kondisi mendesak, bisa lah jadi pilihan traveloka paylater ini. Membantu di saat genting dan kantong sedang tipis

    BalasHapus
  37. Wahhh baru tahu nihhh tak coba juga deh ngajak emmak pakai pay latter, sing penting bisa nyenengin ortu dlu insyaallah rezeki bakal ngikut yaaa

    BalasHapus
  38. Aku juga suka nih Mbak liburan bareng Ibu. Jadi kalau liburan ke mana-mana ya mesti ngajak ibu. Ah apa liburan nanti aku pake Traveloka pay later aja ya biar nggak khawatir kelamaan nunggu uang ngumpul, hihi.

    BalasHapus
  39. Aku belum pernah pake traveloka paylater hehehe, tapi ini alternatif bagus untuk beli tiket or hotel saat kondisi mendesak :)

    BalasHapus
  40. Samaan kita kak...traveloka selalu jadi andalan... ga hanya perbandingan harga saja... tapi tempat memesan kala membutuhkan cepat dan mendesak

    BalasHapus
  41. Jadi ingat ibu di rumah, udah lama ga kuajak jalan2 juga, pokoknya wajib dijadwlakan niy, terima kasih mba sudah mengingatkan

    BalasHapus
  42. Bahagia banget mba punya waktu berikan kesempatan jalan jalan ama mama. InsyaAllah jadi ladang pahala ya mba. Senangnya juga bisa beli di Traveloka

    BalasHapus
  43. memang mekanisme pembayaran pay later ini membantu banget yaa mba...tidak begitu memberatkan asal ngga terlambat bayar. Selamat jalan - jalan lagi dengan mama

    BalasHapus
  44. Seneng banget kalo traveling bareng Mama, aku pun seneng banget kalo jalan-jalan sama Mama btw aku auto download Traveloka nih setelah baca ini

    BalasHapus
  45. Seneng ih jalan ajak Mama. Mamanya juga seneng. Apalagi ada fitur traveloka yang mendukung

    BalasHapus
  46. Traveloka makin banyak fitur yang memudahkan utk jalan-jalan. Tapi saya mah ga berani pake fitur pay later. Kayak maksain diri gitu buat liburan.

    BalasHapus
  47. Seru banget ya sama judulnya, Darmawisata apalagi bisa bareng mama dan pakai aplikasi Traveloka pasti makin lengkap momentnya

    BalasHapus
  48. Ah seru banget jalan2 kak. Aku jg klo annti punya uang lebih mau ajak keluargaku ku jalan2 whehe

    BalasHapus
  49. Salut sekali berusaha untuk dekat sama Mamanya. Selagi beliau Sehat memang Ada baiknya diajak darmawisata supaya beliau lebih bahagia

    BalasHapus
  50. Seru banget nih jalan-jalan bareng mama, emang ya kalau liburan sama keluarga tuh kesannya beda banget. Pay later dari traveloka ini jadi solusi untuk yang mau liburan.

    BalasHapus
  51. Wah sweet banget ya ngajakin mamanya liburan biar bisa bonding. Anyway, Traveloka tu emang paling the best sih menurutku. Pemakaiannya mudah enggak ribet, dan pelayanannya oke. So far aku selalu puas pake Traveloka untuk beli tiket pesawat, pesen hotel, dan beli voucher makanan hehe

    BalasHapus
  52. Waahhh...seru jalan sama mama... Semoga kita semua diberikan kesehatan dan rezeki untuk selalu membahagiakan mama

    BalasHapus
  53. Seru banget yah piknik sama mama, aku harus nyoba juga nih. apalagi pakai traveloka pasti praktis yah :)

    BalasHapus
  54. Kayaknya hampir tiap bulan ada aja ya fitur baru traveloka yang memudahkan penggunanya traveling ♥️

    BalasHapus
  55. Kapan-kapan diulang lagi mbak liburannya sama mama pake traveloka paylater, mungkin ke kota lain yang gak kalah asyik juga 😄

    BalasHapus
  56. Duuh ngomongin darmawisata jadi ingat masae SMP-SMA deh :D ahhh bonding time with mom banget nih Mbaak hehe. Ku kayaknya belum pernah berdua aja samae ibuku, tapi bertiga sama kakak n ibu sering hehe.

    BalasHapus
  57. Harus sering-sering nih manjain mama, selagi mama masih sehat dan bisa diajak jalan-jalan. Kalau dulu mau travelling suka ribet mikirin budget akomodasi dan transportasinya yah, tapi sekarang sejak ada Traveloka Payleter udah ngak bingung lagi kalau lagi butuh mau bepergian bisa pakai Payleter dulu...Traveloka memang OTA andalan banget nih.

    BalasHapus
  58. Aku sering pakai Traveloka blum pernah mba pakai traveloka Paylater ternyata enak bngt ya keknya besok2 perlu aku cobaa

    BalasHapus
  59. Wahhh . Traveloka Paylater ?! Mataku langsung bling bling . Pikiranku langsung pengen ke suatu tempat yang ingin sekali aku datangi . Jadi bisa darmawisata tanpa perlu bingung . Makasih mbakk infonyaa

    BalasHapus
  60. Kalo paylater bisa di cicil juga kah pembayarannya? Ada batasan juga ngga Mba?

    BalasHapus
  61. Ooooo bisa ternyata ya ga pake kartu kredit bayarnya Tha? Terus ntar kita bayarnya via apa?
    Boleh juga nih jadi opsi perjalanan agar tidak terasa terlalu berat di saat membayar sekaligus gitu ya.

    BalasHapus
  62. Wah. Anyar iki...baru tahu. Makasih infonya. Lumayan bisa nyicil. Etapi, bunganya berapakah? Totalnya apakah hingga 2 kali lipat? Perlu d coba ki...

    BalasHapus
  63. Salah satu cita2ku juga ngajak ortu berwisata gtu mbak :D
    Seneng pastinya ya ibu diajak piknik sama anaknya :D
    Adanya paylater memudahkan ya, tapi kalau bisa sih gak pakai paylater beli tiketnya, mari kita menabung biar bisa membahagiakan ortu aamiin semangat :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin. wajib bs senengin orang tua, mbak. rezeki lancar

      Hapus
    2. Aamiin. Iya gak bakal ada ruginya ya mbak menyenangkan hati orang tua yg ada malah untung krn doanya mengalir buat kita banyak2

      Hapus
  64. Aduh Traveloka gak habis2 berinovasi. Pantas aja disebut Unicorns. Bentar lagi naik kelas tuh ke Decacorn. Pakai PayLater membantu pas jalan2nya akhir bulan. Nunggu gajian tanggung amat. Jadi PayLater jadi alternatif.

    BalasHapus
  65. Kenapa perginya cuma sama mamanya, Tha? Apakah papanya nggak suka pergi jalan-jalan ke Lembang? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena kerjanya gak bs ditinggal
      kalau mama kan bs dapat cuti dr ruangan

      Hapus
  66. Ternyata Traveloka Pay Later punya solusi buat pelanggan yang gak punya kartu kredit ya jadi lebih mudah ya ada program cicilannya sesuai yang dipilih

    BalasHapus
  67. Kebayang sih pas lagi diluar kota, gak ada sanak saudara, tiba-tiba kehabisan bekal dan gak bisa pulang. Nah, Traveloka Pay Later ini pasti manfaat banget.

    BalasHapus
  68. Oh jadi maksudnya pay later itu ngutang dulu ya? Boleh juga nih kalau dalam keadaan darurat :D

    BalasHapus
  69. Senang banget bisa jalan-jalan alias Quality Time bareng ibunya ya, Mbak. Dan lagi, perjalanannya jadi lebih mudah karena ada Traveloka.

    BalasHapus
  70. Wah, Traveloka memamg bisa diandalkan ya. Mau pesan ini itu gampang. Mana ada fitur Pay Later pula. Jadinya gak perlu khawatir. Ke mana aja dan ngapain aja plus ke mana saja bisa dengan Traveloka.

    BalasHapus
  71. Jujur, aku engga berani pakai PayLater di Traveloka. Kayaknya mudah yah, kita bias jalan-jalan dulu, bayar belakangan. Tapi karena hrs scan KTP, wah...aku engga berani. Yawdah, aku kelompok paynow aja. Hehe...

    BalasHapus
  72. Aku pas ke Lembang itu jamaah alias bareng-bareng. Jadi gak ada agenda nginep di sana. Kalau ada kesempatan lagi, kudu banget nginep barang 1-2 hari. Bisa banget lah cek di Traveloka

    BalasHapus
  73. Baca tulisan mba Artha saya jadi kangen banget bisa liburan sama Mama. Btw, Traveloka Paylater ini bisa bayar belakangan gitu ya Mba.

    BalasHapus
  74. Iya pake paylater itu nyaman banget mbak. Aku udah pernah pakenya karena kalau bayar pake paylater jadi lebih murah gitu, hahaha. Intinya seh yang penting bayar tepat waktu. Kalau telat bayar itu yang kena berbunganya

    BalasHapus
  75. Seru banget ya jalan-jalan dengan mama, Insya Allah Maret nih pengen ke Surabaya bareng mama dan kiddos

    BalasHapus
  76. ASyik ya bisa pakai Paylater, jadi memudahkan banget kalau mau jalan - jalan tapi lagi low budget yah, jadi bisa beli dulu bayar belakangan.

    BalasHapus
  77. Wah, baca artikel ini jadi tercerahkan deh. Oooh ternyata gitu ya kalau pakai Paylater. Tadinya agak ragu sih mau pakai paylater. Tapi ternyata nggak semenyeramkan itu ya. seneng deh kalau bisa dikasih rincian transparan gitu sejak awal.

    BalasHapus
  78. cukup menggunakan traveloka paylater, sangat memudahakan dalam transaksi apalagi untuk liburan sungguh sangat mneyenangkan saaat liburan

    BalasHapus
  79. alhamdulillah ikut seneng. mamanya pasti bahagia banget ya mba.
    jadi pengen nyoba traveloka paylater

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah lama banget ga jalan2.
      alo pake traveloka paylater, jalan2 tertunda karna ga punya duit ga jadi alasan lagi kan :)

      Hapus
    2. udah lama banget ga jalan2.
      alo pake traveloka paylater, jalan2 tertunda karna ga punya duit ga jadi alasan lagi kan :)

      Hapus
  80. Saya baru tahu ternyata menggunakan paylater itu nagihnya nggak kayak bank nagih tunggakan, pakai debt collector yang bikin serem, nggak kayak pinjaman online juga yang neror kontak seisi HP. Alhamdulillah cara nagihnya manusiawi.

    BalasHapus
  81. Traveloka selalu jd pilihan utamaku kalo beli tiket, tiap traveling :). Udah banyak dapat tiket2 promo berkat traveloka ini..pernah jg dpt hotel gratis pas ke Laos, Krn bayar pake poin2 yang udah banyak aku kumpulin :D. Makanya seneng tiap pake traveloka .. apalagi banyak promo jg Ama beberapa kartu dari bank yang ikut kerjasama.

    Aku blm tertarik coba paylater sih, msh LBH suka bayar lgs pakai kartu debit/kredit :D

    BalasHapus
  82. Gitu dong kalau jalan ajak orangtua. Kebanyakan gadis kalau pergi sama orangtuanya suka risih. Jadi takjub deh sama kamu.

    Btw ini beneran pakai traveloka? Wah seru ya bisa kayak gitu

    BalasHapus
  83. Asyik ya ada paylater bisa pesen kamar meski lagi bokek. Bisa bayar bulan depannya
    Sayangnya paylater ini baru ya. Baru 2 tahunan ya kayaknya. Atau malah belum ada 2 tahun ya mbak?

    BalasHapus
  84. Fasilitas paylater ini memang membantu banget ya mbak. Aku sering pake nih, apalagi kalo udah akhir bulan, uang di dompet udah tipiiiiis. Hehe.

    BalasHapus
  85. seriusan deh kak, aku baru tau loh kalau di Traveloka ada fitur pay later ini wkwk.. Jadi lebih praktis yaa kalau mau liburan / staycation tapi gajiannya masih beberapa hari lagi XD

    BalasHapus
  86. Akhirnya ada Traveloka Pay Later ya, kak. Liburan jadi nggak khawatir. Malah makin terencana.

    BalasHapus
  87. Ngajakin ibu traveling,tentu semua harus siap.
    Mulai dari hotel,tempat wisata yang ingin dikunjungi sampai kulineran.
    Dan untungnya sekarang ada Traveloka Paylater yang semakin memberi kemudahan saat berpergian

    BalasHapus
  88. pasti mamanya bangga dan seneng tuh.
    kalau saya biasanya jalan-jalan sekeluarga. itupun kalau bapak yang ajak.
    tapi makin dewasa saya malah makin sibuk, jadi jarang jalan-jalannya.

    BalasHapus
  89. Kubelom pernah coba fitur paylater ni mba... sama soalnya takut diteror. Eh ternyata nggak gitu ya prosedurnya... wkwkwk. Deur ah, bsk cobain pake paylater.

    BalasHapus
  90. Kalau pergi sama Mama itu memang paling enak. Aman urusan perut selama di perjalanan. Mama selalu siap bawa bekal lengkap.

    Pay later ini sangat menggoda banget. Bisa liburan kapan saja. Nggak perlu tunggu tabungan terkumpul.

    BalasHapus
  91. Kebetulan aku sendiri belum pernah pakai Paylater dari Traveloka ini mba. Dan ada wacana sih mau jalan-jalan pertengahan bulan ini, bisa jadi opsi pilihan nih buat pakai Traveloka Paylater

    BalasHapus
  92. Aku kalo untuk jalan jalan keluar kota dan nginep nginep pakenya Traveloka, bisa lebih murah dan trusted. Tapi baru denger tentang si PayLater ini boleh juga kalo kepepet asal tetep dibayar ya hehe

    BalasHapus
  93. Asyiknya Mba bisa ajak Mama nya Mvak untuk jalan jalan ke Lembang. Dadakan seru pula sampai mamanya Mba nggak bawa bekal. Padahal ciri ibu ibu banget tuh, kalau mau jalan ya masak masak dulu buat bekal selama di jalan.

    BalasHapus
  94. Lumayan juga ya kalau ada paylater. Tapi aku lebih memilih nabung sih daripada ditagih gini mbak, hahaha. Boleh kan ya aku berpendapat berbeda dengan mbak artha, hehehe. Aku pun ingin ngajak ibu traveling tapi belum keturutan, semoga segera deh, amiin

    BalasHapus
  95. Wah, jalan-jalan seru :D. Sudah tau paylater tapi blm pakai :D

    BalasHapus
  96. Jadinya memudahkan juga yah, apalagi kalau lagi lowbudget terus ada tiket murah, langsung deh pake paylater.

    BalasHapus
  97. Sekilas aku pernah lihat traveloka paylater di apps nya, tapi belum minat daftar. Lumayan juga ya limitnya sampai 50 juta hehehe

    BalasHapus
  98. Senangnya bisa ajak Mama traveling ya. Saya palingan bisanya ajak mama mertua, karena mama kandung udah meninggal. Gak usah tunggu ada budget ya, bisa pakai Traveloka paylater.

    BalasHapus
  99. Senangnya bisa berlibur bareng mama tercinta. Apalagi bisa memberikan yang terbaik.

    BalasHapus
  100. Kalo aku sih mending nabung dulu, terus menikah baru jalan-jalan. Kalo sekarang jalan-jalan gak asik sih kalo belom nikah, gak ada yang manjain gitu

    BalasHapus
  101. Suami ada Beberapa kali menggunakan Traveloka paylater ini. Lumayan ngebantu sih pas kepepet harus naik pesawat sementara uang lagi tipis

    BalasHapus
  102. Belum pakai fitur Traveloka yang Paylater ini. Memang membantu ya..secara kami juga bebayaran pakai katu kredit untuk pemesanan untuk kepraktisan, tapi di tanggal tagihan dilunasi.
    Wah.. Makin lengkap saja layanan Traveloka ya...

    BalasHapus
  103. Paylater ini memang kemudahan, tetapi selayaknya digunakan saat emergency saja, menurutku. Karena seringkali entah krn kita lupa atau kenapa, bisa jadi ribet saat nanti jatuh tempo. Memesan dan membayar awal, adalah lebih baik.

    BalasHapus
  104. Yang dari Jogja pengen ke Bandung. Aku yang orang Bandung malah pengen ke Jogja. Ehehe.
    Aku belum nyobain fitur paylater dari Traveloka nih. Semudah itu ya ternyata. Jadi kalau mau liburan tapi budgetnya belum ada bisa berarti ya pake paylater hehe

    BalasHapus
  105. Traveloka ini memudahkan banget buat kita yang mau liburan, apalagi sekarang ada pay later. Liburan bisa jalan terusss..

    BalasHapus
  106. Paylater traveloka menggoda ini, mau liat2 ah supaya bs ngebolang lagi

    BalasHapus
  107. saya baru tahu traveloka ada paylater kayak gini dan bisa tanpa kartu kredit juga

    BalasHapus
  108. Kalau pakai trabeloky pay later bisa bayar belakangan yah. Jadi buat yang lagi gugup, Traveloka ini membantu banget ya

    BalasHapus
  109. Senengnya bisa jalan-jalan sama mama, sehat cantik mamanya Alhamdulillah. Kalau aku sedih.. ibuku udah ga bisa jalan jauh.. kena lengeropopentulang. Jalannya aja pakai tongkat. Btw Traveloka ada pay later membantu banget yah yang pingin jalan jalan . Apalagi sama keluarga

    BalasHapus
  110. Eh aku banget nih mbak, udah syerem duluan kalau ditawarin pinjol. Soalnya pernah tau, ada teman yang kena tagih, padahal yg pinjam bukan dia.

    Syukurlah Traveloka paylater gak kayak gitu.. Bisa dipertimbangan next time buat ngajak ortu jalan2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju, kalau data pengguna aman kan kita tenang, enggak bakal disalahgunakan. Jadi peasaran pakai Taveloka Paylater

      Hapus
  111. Saya belum pernah pakai traveloka paylater. Next time kalau mau jalan-jalan bisa pakai ini ya mbak. Detail sekali.

    Ibu pasti senang diajak jalan-jalan begini ya mbak.

    BalasHapus
  112. Aku baru ngeh sama Traveloka Paylater ini. Ternyata semudah itu prosesnya ya
    Kalau begini mah gak pakai galau lagi, semua orang bisa jalan-jalan

    BalasHapus
  113. Makin banyak aja ya fiturnyA traveloka. Pantesan jadi makin populer dan banyak yg pakai

    BalasHapus
  114. Traveloka ini udah jadi OTA favorit banget, fiturnya banyak dan lengkap. Bikin liburan jadi mudah.

    BalasHapus
  115. mba Arthaaa...liburannya nambah ke daerah Jekardah dong mbaaa hihi. Aku salut banget sama dirimu yang bisa ajakin mamah jalan-jalan, pasti beliau hepi banget!

    BalasHapus
  116. Aku udah pernah denger soal paylater dari Traveloka ini. Efektif ya karena jugajmenyediakan cara pembayaran yang praktis untuk cicilan online dan telah bekerja sama dengan banyak bank

    BalasHapus
  117. asiknyaa,, aku pun pengen ajak ibu jalan2, tapi kita ga bisa srg2 karna aku harus rantau di kota...

    btw enak ya di traveloka kini makin byk fiturnya mbak

    BalasHapus
  118. Aku sih belum pernah pakai traveloka paylater bun, biasanya bayar pakai credit card atau langsung transfer tunai. Tertarik sih pakai paylaternya, pengajuannya langsung di approved atau bagaimana bun?

    BalasHapus
  119. Udah pernah coba fitur Traveloka waktu pesan hotel di Semarang. Waktu itu pas belum gajian bookingnya karena takut keburu penuh pas bertepatan liburan akhir tahun. Ngebantu banget deh Paylater ini.

    BalasHapus
  120. Wah jadi pengen ke Lembang juga nih, udah lama sekali gak ke sana, skrng kyknya pilihan penginapan banyak banget ya kalau liat di apps Traveloka :D
    Pengen juga ngajakin ortu berlibur gtu naik ke Lembang :D

    BalasHapus
  121. Aku belom pernah menggunakan paylater nih, belom kepepet. Btw seneng banget ni bisa ngajak jalan2 Mamaa ke Lembang, pasi bahagia. Next kalo ke lembang beneran sekalian kopdar nih.

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca ^^
Tolong berkomentar dengan sopan yaaa... Maaf kalau ada yang belum terjawab :*